Surat Pembaca

Masalah Roaming di Luar Negeri, Telkomsel Sangat Sangat Mengecewakan

Halo, saya ingin menceritakan pengalaman buruk saya terhadap Telkomsel.

Baru-baru ini saya ada perjalanan ke luar negeri dan saya membeli paket roaming untuk internet. Pada saat saya di luar negeri pada tanggal 04 Januari 2023, saya ada masalah dengan kartu kredit yang mengharuskan saya untuk telepon call center kartu kredit tersebut. Setelah panggilan pertama, saya lihat tagihan internasional di aplikasi MyTelkomsel 0 atau tidak ada tagihan, karena ini saya asumsi telepon kartu kredit call center free.

Kartu kredit tetap bermasalah, jadi saya harus telepon lagi berulang-ulang untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan tagihan internasional saya di MyTelkomsel tetap nol. Sampai saya ada menerima telepon dari Indonesia, setelah itu saya lagi-lagi mengecek aplikasi my Telkomsel saya, ternyata ada tagihan Rp18.142 yang saya nilai lumrah.

Pada tanggal 7 Januari 2023, saya menerima SMS dari Telkomsel (terlampir) bahwa pemakaian saya Rp2.116.008 dan saya disarankan untuk membeli paket data Telkomsel. Membaca ini, saya berasumsi ini kesalahan sistem mungkin sistem membaca saya menggunakan internet dengan normal price atau tanpa pembelian paket roaming, jadi saya abaikan.

Bukti SMS

Sesampainya saya di Surabaya, nomor saya langsung diblok. Saya menghubungi 188, yang meminta saya membayar Rp2 juta sekian untuk membuka nomor saya, dikarenakan saya ada panggilan keluar selama saya di luar negeri. Di sini saya merasa ditipu atau dibodohi, karena sampai detik ini hari ini tanggal 11 Januari 2023, nomor saya masih diblok dan di aplikasi MyTelkomsel tagihan berjalan saya masih sekitar Rp300 ribuan dengan domestik Rp200 ribuan dan internasional Rp18.142 (foto terlampir).

Aplikasi MyTelkomsel

Yang tidak masuk akal lagi, saya sudah menyetel limit pemakaian internasional saya di maksimal Rp500.000. Ini sekarang nomor saya diblok oleh Telkomsel dan mengharuskan saya untuk membayar RP2 juta sekian, baru nomor saya akan dibuka. Saya sudah mengajukan protes ke 188 tapi ditolak. Saya mau ganti nomor juga berat, karena kerja bertahun tahun sudah pakai nomor ini. Tolong hati nurani Telkomsel!

Yogie Soliemin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • darimana ceritanya telpon call centre bank gratis ???
    telpon dari luar negri lagi..
    hadeh..
    sudah sesuai itu tagihannya

  • Tapi kok bisa melebihi limit yang saya set ya?
    Dan di my telkomsel semua tidak terdata??
    Hanya terdata panggilan masuk 18rb sekian?

  • Sorry tidak bisa kasih info atau saran yang membantu.

    Saya penasaran untuk paket roaming yang dibeli spesifikasinya apa, apakah hanya kuota internet atau ada paket telpon/sms ke Indonesia?
    Parah kalau paket roaming termasuk sekian menit telpon ke Indonesia tapi tidak memotong tagihan berjalan ketika digunakan.

    Untuk limit memang dari pengalaman beberapa rekan saya, bahkan untuk pemakaian domestik bisa overlimit tanpa blokir. Mengkhawatirkan sih...

    • Saya beli paket data roaming saja, tapi setiap x saya telp ke bank saya selalu mengecheck my telkomsel yang mana tagihan pemakaian international berjalannya, nol rupiah. Saya juga sempat menerima panggilan masuk dari indonesia, setelah itu saya check my telkomsel langsung ada tagihan internasional 18rb rupiah, darisini saya asumsi applikasi my telkomsel masih berfungsi dengan baik. Dan sy juga menerima sms dari telkomsel (terlampir) pemakian sementara sudah 2 juta dan disarankan untuk membeli paket data, dr pengalaman berjalan saya asumsikan mungkin sistem menghitung pemakaian data international saya dengan tarif normal karena saya disarankan membeli paket data jadi saya abaikan. Sampai saya sampai di indonesia nomor saya langsung diblok dan saya telp 188 untuk menanyakan hal ini, ternyata no diblok karena panggilan keluar yang tidak terdata di sistem applikasi my telkomsel. Disini saya merasa seperti dijebak. Bahkan saat saya menelpon 188 SEKARANG /HARI INI, robot sistem masih menginfokan bahwa tagihan berjalan saya total 300rb rupiah.
      Jadi bahkan my telkomsel app tidak ada record semua ini, dan sistem robot 188 pun juga menginfokan angka yang sama dengan my telkomsel.

      Terus buat apa saya set limit 500ribu untuk penggunaan internasionalnya????

      • Limit 500ribu panggilan internasional itu kalo situ telpon dari indonesia ke luar negeri....
        perhatikan deh, di atas panggilan internasional itu ada panggilan domestik, yg artinya telpon ke dalam negeri (indonesia ke indonesia).. gitu loh pak

  • Ya bayar lah pak kalau telpon dari luar ke call center sini,tahu lagi kalau telpon lewat WA atau aplikasi perbankan yang hanya menggunakan paket data. Kenapa melebihi limit yang ditentukan ? Itu dibaca lagi "Belum termasuk PPN 11% dan Pemakaian Telepon Selama Roaming ".
    Batas 500ribu itu hanya berlaku jika Bapak di Indonesia terus telpon nomer luar negeri. Untuk roaming susah ya untuk batasi sepertinya,kan ada pihak operator luar. Harus sinkronkan dengan sistem Telkomsel disini sepertinya tidak mungkin bisa. Jadi udah benar tagihannya

    • Saya tambahkan, lain kali kalau ke LN lagi bapak download Skype terus isi credit Skype pakai CC bapak. Bisa nelpon ke HP dan landlines di Indonesia pakai credit Skype itu, terakhir ingat saya cuma $10 dapat 170 menit not includes fee. Murah banget daripada pakai telepon langsung.

  • di Indonesia aja telp ke call center kartu kredit semuanya berbayar, mana ada yg gratis. aplagi di LN, trima telpon aja bayar roaming.
    masalah langsung cek di mytelkomsel namun blm melonjak biayanya, sy asumsikan krn penggunaan melebihi limit 500rb, maka system not refreshed.

    • Itu pemakaian sementara internasional saya 18rb, itu karena saya posisi diluar negeri terima telp pak bos. Jd itu biaya roaming. ?
      Panggilan masuk roaming disistem kebaca, kenapa panggilan keluarnya tidak?? Buat apa setting limit kalo bisa melebihi limit... untung kartu kredit ga begini ???

  • Ada satu lagi yang janggal... saya telp cs bank tgl 3 dan 4 januari... saya memakain nomor ini sudah tahunan average pemakaian saya hanya 200-300rb / bulan... saya sampai indonesia tanggal 10 dan nomor saya baru diblock dengan alasan pemakaian sudah jauh diatas pemakaian rata-rata(2juta sekian). Kenapa diblock nya kok nunggu tanggal 10 saat saya sampai di indonesia? Ga tanggal 3 dan 4 nya saat saya telp cs bank? Ini betul2 kayak jebakan... untung tanggal 5-9 saat saya masih diluar negri tidak ada pemakaian lagi... ?

    • Sy rasa wajar sih, karena paket roaming yg anda beli adalah data, dan anda ngelimit 500rb untuk panggilan internasional (ini buat dr indo ke luar termasuk terima telp)
      Dan anda tlp dr luar ke indo itu yg kena roaming biaya normal.
      Sy pernah mgalamin sendiri, untuk billing roaming lintas negara tidak langsung tercatat oleh system, butuh waktu 24 jam bahkan bs sampai 48 jam baru terbaca di aplikasi.
      Yg saya krng suka dgn telkomsel ini sering main block, dan buka nya mesti ke grapari gak bs by TRF atau call center, sy dah lamgganan 17 thn di kartu halo, cm gara² tagihan tidak biasa jadi di block.

    • kan ada dikirim email rincian tagihannya tiap bulan dari Telkomsel
      Disitu pasti kelihatan detil pemakaian
      Kalo belum jelas bisa langsung ke GraPARI untuk meminta penjelasan

  • Sudah 7 hari pak, di app saya pemakaian total masih 300rb. ? bahkan sampai sekarang

    • Seperti ada yg janggal nih sm telkomsel, sampai 7 hr gak masuk billing, terus telpon aja CS nya, minta bukti tampilkan di billing klo memang tagihan segitu.

      • Saya sudah komplen keras pak, sekarang no sudah diunblok, tinggal masalah biaya. Diluar benar / salah, semoga ini bisa menjadi masukan untuk kita semua. ?

        • So sistemnya leomoet atau lelet nerima, maklum mas di indo telat masih jauh teknologi, belum kuat ketepatan kayak di luar negri kurang kompeten, Masi banyak butuh perbaikan teroz ini tapi hasilnya sama sama aja, yg ada gak di perbaiki tapi nambah fitur fitur baru yg sulit dan rumit, SMS lelet atau suka lama bener atau gak bakalan dapet SMS konfirmasi, tapi tagihan berjalan terus cek secara manual emang udah kudu wajibe tanpa menghiraukan pesan" yg entah kapan bakalan muncul keterima, mungkin diya lelah.

    • Berbagi pengalaman saja telp pake halo dari luar negri itu sumary atau biaya nya tidak bisa di update dengan my telkomsel . jadi memang tidak bisa di kira kira semuanya.tahu tahu dapat tagihan melonjak memang seperti itu . saran saya jangan gunakan telp saat diluar negri karena telkomsel juga mengacu biaya pada setiap negara berbeda. ini sama seperti kasus saya dulu . gini saja minta dicicil bisa kok. dulu saya pernah.

      • Semoga ada win win solution ya.
        Sekedar saran buat yg ingin ke luar negri, kalo mau tlp ke instansi / bank yg di Indonesia, jauh lebih baik beli SIM Card di negara tujuan deh, krn pengalaman sy, kalo tlp ke instansi / bank pasti lamaaaaa, lagian tlp dari luar negri ke Indonesia jauh lebih murah lg.

  • So sistemnya leomoet atau lelet nerima, maklum mas di indo telat masih jauh teknologi, belum kuat ketepatan kayak di luar negri kurang kompeten, Masi banyak butuh perbaikan teroz ini tapi hasilnya sama sama aja, yg ada gak di perbaiki tapi nambah fitur fitur baru yg sulit dan rumit, SMS lelet atau suka lama bener atau gak bakalan dapet SMS konfirmasi, tapi tagihan berjalan terus cek secara manual emang udah kudu wajibe tanpa menghiraukan pesan" yg entah kapan bakalan muncul keterima, mungkin diya lelah.

  • Saya juga heran dengan anda..punya CC, bisa keluar negeri tapi cara berpikirnya masih pakai asumsi.

    Sampai di indo juga bukannya ke grapari protes yang perlu diprotes malah cm hub 188 dan MK. Ke Grapari aja belum tentu dapat solusi.

    Saya beramsumsi anda malas mencari info dan bergerak.

  • Kalo sudah lama gak menemukan solusi. Lebih baik dibayarkan daripada resiko semua Pinjaman ke depannya di Blacklist