Masalah “Key Blank” Motor Honda Vario

Berawal dari hilangnya kunci motor Vario 2016, akhirnya saya menggunakan kunci cadangan. Namun kunci cadangan tidak seperti kunci utama, yang memiliki fungsi answer key yang dapat memudahkan kita saat mencari posisi motor di parkiran. Kunci cadangan seperti kunci biasa pada umumnya, bisa digunakan normal pada motor, tapi minus fungsi answer key.

Kareena merasa kerap kerepotan saat di parkiran, saya pun mulai mencari info ke bengkel AHASS dan jawabannya cukup mengagetkan, yaitu harus “mengganti 1 set kunci “. Karena beberapa bengkel memberikan jawaban yang sama, akhirnya saya mulai berusaha menghilangkan keheranan saya “Semua berfungsi dengan baik, hanya answer key-nya yang tidak bisa digunakan, kenapa harus ganti satu set ?”.

Sampai akhirnya, ketika saya sedang browsing di toko online mencari spare part motor Honda Astre Prima 91, ternyata ada yang menjual “KEY BLANK” untuk motor Vario. Setelah saya search lebih jauh, key blank ini merupakan produk resmi Astra Honda Motor, dengan kode Part: 35121K59A10 dan AHM juga menyediakan key blank untuk motor Honda lainnya. Bermodalkan informasi ini saya menghubungi Astra Care untuk mencari tahu di mana saya bisa membeli key blank untuk Motor Honda Vario 2016.

Setelah melalui proses yang berliku, Astra Care menginformasikan bahwa saya bisa membeli melalui Daya Auto Cisalak. Namun karena tidak tersedianya stok dan sesuai opsi yang diberikan Pihak Daya Auto Cisalak, maka pada tanggal 9 November 2022, saya memesan spare part 35121K59A10 KEY BLANK Vario 2016 melalui Hotline Order, dengan KTP , STNK dan data-data penting motor diminta sebagai persyaratan.

Setelah key blank tersebut saya terima melalui jasa pengiriman pada tanggal 17 November 2022, saya pun melakukan setting Answer Key dengan mencontoh tayangan yang ada di sosial media dan hasilnya Answer Key bisa berfungsi dengan normal pada motor saya. Namun kegembiraan saya harus terhenti karena pada saat mencoba membuka penutup kunci, ternyata tidak bisa dan lagi-lagi dari media sosial saya memperoleh informasi hal ini terjadi karena kombinasi magnet key blank berbeda dengan kombinasi kunci asli.

Saya pun langsung menginformasikan ke pihak Daya Auto Cisalak mengenai permasalahan key blank tersebut dan disarankan membawa key blank tersebut ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Akhirnya saya bawa ke AHASS Daya Motor Bogor di Jl. Sholeh Iskandar dan setelah dilakukan pengecekan oleh pihak bengkel, hasilnya sama, permasalahan pada kombinasi magnet. Akhirnya saya serahkan key blank itu ke Daya Motor Bogor dan dicatat kombinasi magnet kunci cadangan dengan harapan segera dapat key blank yang sesuai.

Hari berganti minggu, hingga menjelang akhir tahun ternyata belum ada tindak lanjut. Beberapa kali saya tanyakan Daya Auto Cisalak, jawabannya “Belum ada konfirmasi dari main dealer” dan menyarankan untuk langsung menyampaikan keluhan ini melalui Honda Customer Care. Saya pun mengirimkan email ke dayacare@daya-mustika.com cc: AHM Customer Care <customercaremail@astra-honda.com>, dayamotorcisalak@gmail.com, cs@dayaauto.co.id, tentang tidak sesuainya kombinasi magnet pada key blank yang saya pesan dan jawaban yang saya dapat adalah:

Salam Satu Hati

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi

Terkait permasalahan yang Bapak alami, kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak AHASS terkait. Solusi yang dapat kami berikan adalah dengan mengganti 1 set kunci seperti informasi yang disampaikan oleh pihak AHASS sebelumnya.

Astra Honda Motor menyediakan spare part key blank pasti dengan maksud konsumen bisa mendapatkan pengganti jika kunci asli hilang. Dengan 4 lubang dan 3 magnet yang digunakan sebagai kombinasi, maka setidaknya ada 4 macam kombinasi magnet yang akan dibuat dan yang dikirimkan ke saya adalah salah satunya. Jadi seharusnya jawaban dan solusi yang benar adalah memberikan key blank dengan kombinasi magnet yang sesuai.


Jadi jawaban “Mengganti satu set kunci” merupakan jawaban “mintarin” yang tidak mencerdaskan kami sebagai konsumen. Kenapa tidak sekalian saja disarankan untuk mengganti motor ?

Saya pengguna setia motor Honda, setidaknya dibuktikan dengan 3 motor yang saya miliki, yaitu Honda Astrea Prima 1991 yang saya gunakan sejak kuliah, Honda Vario 2016 dan Honda CBR Street Fire 2019. Saya kecewa dan heran dengan pelayanan yang saya terima.

Permintaan saya  sederhana  segera mendapatkan key blank yang sesuai dan berikan informasi yang mencerdaskan sehingga kami tidak perlu mencari-cari melalui media sosial. Buktikan kalau kita memang SATU HATI!

Salam Satu Hati.

Muhammad Ichwan
Pengguna Setia Motor Honda
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Astra Honda Motor:
[Total:31    Rata-Rata: 2.5/5]

8 komentar untuk “Masalah “Key Blank” Motor Honda Vario

    • 14 Januari 2023 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Coba di bawa key blank nya ke tukang duplikat mas mdh2an kombinasi magnet nya bisa ktmu 🙏

  • 14 Januari 2023 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Coba di bawa ke duplikat kunci untuk meng akali magnet yg berbeda kombinasi dengan asli nya.Biasa nya tukang duplikat kunci lebih pintar meng akali kunci motor yg bermasalah.Atau solusi yg ke dua,bw 2 kunci motor secara bersamaan,yg pertama bw kunci cadangan dan satu lagi bawa kunci motor yg dapat dari Daya Auto cisalak yg sdh terkoneksi dgn smart key

  • 15 Januari 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    emang harus ganti satu set, karena kombinasi magnetnya pasti beda AHASS sudah memberikan saran yg baik. coba ketemapt duplikat untuk magnetnya mas

  • 15 Januari 2023 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Kombinasi magnet mah gampang tinggal lu bawa ke tukang kunci duplikat nanti benerin kok sama tukang kunci nya bayar nya juga murah, kalo lu ke dealer minta setting kunci kombinasi ya gak ada lah pasti mereka alatnya, atau pengennya gratis an kah mental nya makanya minta ke dealer ?
    Padahal tukang kunci duplikat di pinggir jalan itu banyak, entah pemalas atau gak tau atau pengen gratisan ? Who knows ?

    1
    3
  • 16 Januari 2023 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih Atas tanggapan atas surat yang saya buat…

    seperti yang saya tuliskan, saya memesan dan membeli Key blank melalui dealer resmi setelah berkomunikasi dengan Astra Care dan saran dari Daya Auto…
    jadi solusinya sebenarnya mudah yaitu AHM / Daya Auto memberikan saya Key blank dengan kombinasi magnet yang sesuai dengan Motor.

    kalau saya beli keyblank di toko online atau ditempat2 tidak resmi lainnya mungkin saran dan masukan untuk membawa ke tukang kunci akan saya lakukan..

 Apa Komentar Anda mengenai Astra Honda Motor?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Masalah “Key Blank” Motor Honda Vario

oleh muhammad ichwan dibaca dalam: 3 menit
8