Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Purna Jual Sepeda Listrik Uwinfly Indonesia

Saya adalah customer sepeda listrik Uwinfly Indonesia. Saya membeli sepeda listrik DF-5 berwarna orange di Toko Tiobikeshop, melalui e-commerce Shopee. Saya membeli sepeda tersebut secara online pada tanggal 14 Agustus 2022 dan saya terima pada tanggal 19 Agustus 2022.

Kronologi awal permasalahan ini adalah pada tanggal 29 November 2022, saya laporan ke toko bahwa sepeda saya tiba-tiba kondisi daya baterai tidak berfungsi saat di-charge (pengisian daya baterai sudah tidak berfungsi seperti awal beli). Namun tidak ada follow up apa pun kepada saya atas laporan tersebut.

Kemudian saya hubungi kembali pada tanggal 25 Desember 2022 melalui telepon. Saya menyampaikan semua kendala saya, lalu oleh toko saya disuruh menghubungi nomor customer service Uwinfly pusat di nomor 0813-1010-1717. Di sini saya sudah hard complain, karena saya merasa kendala saya tidak ada solusinya.

Akhirnya pada bulan Januari 2023, ada kesepakatan dengan toko bahwa akan dikirimkan teknisi dari pusat semua biaya di-cover oleh pihak toko. Namun tidak berhenti di sini, meski awalnya saya pikir akan berjalan lancar. Pada saat teknisi melakukan kunjungan ke tempat saya pada tanggal 12 Januari 2023, saat itu dia bilang mengaku resmi dari PT. Uwinwly Indonesia (nama teknisi tersebut Rizky).

Hasil dari kunjungan hari itu, dia bilang bahwa aki sepeda listrik saya kosong dan harus di-charge ke pusat. Sehingga keempat aki sepeda saya dicopot dan dibawa beliau pergi, katanya mau di kirimkan ke pusat untuk di-charge. Setelah itu dia bilang saya akan dihubungi kembali oleh Uwinfly untuk dilakukan survey pelayanan. Namun setelah dua hari tidak ada kabar apa pun, sehingga saya menghubungi teknisi Rizky kembali menanyakan kelanjutan service-nya. Jawaban dari teknisi, masih diproses dan saya disuruh menunggu info dari Uwinfly pusat.

Kemudian pada tanggal 21 Januari 2023, saya menghubungi Call Center pusat Uwinfly. Namun tidak ada jawaban sama sekali, chat WA saya diabaikan. Lalu tanggal 24 Januari 2023, saya mencoba hubungi lagi, berhasil terhubung dengan CS Ayu. Infonya pada saat itu tim pusat belum menerima aki dari teknisi Rizky. Jujur hari itu saya sudah hard complain juga dan dia bilang akan bantu konfirmasi lagi saya disuruh tunggu. Namun tidak ada kabar lagi sampai pada tanggal 29 Januari 2023.

Puncaknya pada saat saya hard complain pada tanggal 30 Januari dan respons mereka hanya dialihkan ke form

Di sinilah puncaknya, pelayanannya sangat tidak ramah, aduan saya selalu dialihkan ke form umum komplain Uwinfly, katanya saya akan dihubungi 2 hari setelah isi form. Namun nihil juga hasilnya, sampai hari ini saya tidak pernah dihubungi oleh pihak Uwinfly. Dari awal sampai akhir, selalu saya yang menghubungi semua pihak. Padahal saya meminta hak saya terkait garansi, tapi terkesan seolah saya yang memohon-mohon.

Saya review juga terkait SDM Uwinfly yang perlu diperbaiki lagi. Mereka tidak mengerti posisi sebagai customer, tidak memberi solusi malah cenderung menyalahkan, dan tidak kunjung ada solusinya. Setiap menghubungi hanya berdebat, tapi tidak ada solusinya sama sekali. Singkat cerita, saya tidak direspons oleh mereka.

Akhirnya saya hubungi mereka kembali pada esok harinya, saya komplain kenapa tidak ada kejelasan. Respons dari CS, mereka akan mengembalikan akinya tanpa di-service. Woow keren dooong, udah nunggu lama-lama, tapi mereka sangat tidak etis sama sekali, gak ada nilai service-nya sama sekali. Lalu malam itu saya di-chat oleh teknisi, bahwa akinya akan dikembalikan.

Jujur saya marah juga pada saat itu dan info dari teknisi bahwa toko tidak meng-cover biayanya. Di sini saya langsung kontak toko, tapi toko bilang saya hanya disuruh sabar menunggu. Respons toko juga sangat tidak sopan, komplain saya hari itu dibilang tidak penting oleh beliau. Malah sebelumnya nomor saya yang lainnya diblokir. Orang ini sangat tidak sopan dalam menangani customer.

Intinya yang saya rasakan saat ini sangat merugikan sebagai customer. Bayangkan saja saya laporan dari November 2022, tapi sampai hari ini pun tidak ada hasilnya. Malah sepeda sudah dibongkar, tapi tidak tahu juga gimana perkembangan service sebenarnya. Saya merasa dipermainkan oleh mereka, karena sampai hari saya tidak ada titik terang dan gak tahu juga nasib aki sepeda saya sekarang seperti apa.

Rahadimas Lintang Duhita
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • TSNYA ciri sdm rendah, dari gaya chatnya saja menunjukkan orang ga sabaran. pihak toko wajar kasih FORM memang SOPnya seperti itu, baca dong buku garansinya yang nanggung pihak toko atau PABRIK? kalau PABRIK ya wajar dikasih FORM karena komunikasi via ONLINE, TS komplain ke office uwinfly pun JUGA dikasih FORM pasti ada DATA bosku, kamu ini sekolah apa tidak dikasih FORM malah bacotin sellernya.

    AKI RUSAK karena saya baca di komentar ente karena AKI KOSONG, DIBIARKAN MANGKRAK berarti ini sudah termasuk kesalahan pengguna karena tidak mencopot aliran listrik sehingga aki jadi DROP dan ga masuk garansi pabrik. Udah salah nyolot lagi ini customernya. CIRI SDM RENDAH

    • Kenyataan pun kalo udah isi form infonya akan dihubungi 2 hari. Tp realisasinya tidak ada smpe hari ini. Artinya prosedur jg perlu diperbaiki. Tidak sepenuhnya salah ada pada saya. Intinya kalo ada realisasi jg clear. Fokusnya ksna.

      • lah situ sudah tau aki soak karena ga dicas dan udah lama ga dipake kok tetap mau klaim garansi, kalau diformnya di isi jujur pasti pihak pabrik menolak klaimnya, yang salah sedari awal customer masih nyolot juga dichatnya, udah tau gratisan nunggu garansi ya itu sudah resiko kalau prosesnya lama, mau cepat ya isi strum / servis sendiri ke toko aki

  • Waduuh wkwk salah paham anda. Itu kosong krna tidak bisa di charge. Dr wal tidk kosong krna sudah report sjk november tdk ada respon otomatis krnntdk berfungsi mangkrak smpe januari ya kosong dong. Iya kamu yang tinggi kalo awalnya di respon lalu di potong pembicaraan itu juga tidk ada etikanya, bersembunyi dibalik form. Bilang sja komplain saya ini tdk penting, kesanya yg saya rasakan sperti itu. Kalo bicara garansi sdh saya pastikan dn sudah dijanjikan sndiri oleh toko, dn sblum memnggil teknisi pihak toko sndiri yg bilng akan di cover. Saya hnya mengikuti sja, tp pas dikejar tdk ada hasil tentu saya juga punya respon. Saya sudah mulai dr halus smpe model kek gmna gada kejelasan. Dn disitu sya tdk ada kata kasar sma skali. Saya hnya mempertnyakan janji mereka dg tegas. Smoga km yg paling tinggi tdak merasakan hal yg sama.

    • lah kocak komentar ente sendiri bilang karena lama ga dipake akhirnya pas dicek baterai kosong, ya jelas kosong kocak lah ente ga pake lama ga dicabut akinya ya soak itu aki, baru make motor listrik ya gini, sdm rendah ga mau pake form form lu pikir lu presiden apa maunya dilayani kayak sultan, bayar ga seberapa gratisan pula mintanya dilayani kayak sultan pergi ke arab dulu sono jadi tkw

      • Gada yg bilang minta dilayani kek presiden ya. Gaperlu giring2 opini yg diluar konteks. Km org uwinfly ya? Gaya hicaranya kok sma hehe. Susah emang biacara sma yg sdm super tinggi ini, emng saya ngapain kamu? Dn di chat jg td ada kata kasar. Saya mempertegas kejelasan, itu wajar. Kalo tdk bisa menepati janji ya jgn buat janji. Awal spedanya memang tiba2 tdk bisa di cas tp kondisi tidak kosong. Kalo tdk segera diperbaiki ya kosong krna mangkrak. Teknisipun jg bilng bgtu. Paham ngga. Tp serah situ si saya tdk bisa melarang org beropini. Yg bodohnya mmng saya pake sepda uwinfly itu saja. Krna saya jg punya sepda listrik merk selis pelayanan sgt profesional. Jadi saya juga paham bedanya. Sdmnya jga ga ketinggian krna komunikasi sgt lancar dn msaya tdk di persulit sma sekali.

        • Gada yg bilang minta dilayani kek presiden ya. Gaperlu giring2 opini yg diluar konteks. Km org uwinfly ya? Gaya bicaranya kok sma hehe. Susah emang biacara sma yg sdm super tinggi ini, emng saya ngapain kamu? Dn di chat jg tdk ada kata kasar. Saya mempertegas kejelasan, itu wajar. Kalo tdk bisa menepati janji ya jgn buat janji. Awal spedanya memang tiba2 tdk bisa di cas tp kondisi tidak kosong. Kalo tdk segera diperbaiki ya kosong krna mangkrak. Teknisipun jg bilng bgtu. Paham ngga. Tp serah situ si saya tdk bisa melarang org beropini. Yg bodohnya mmng saya pake sepda uwinfly itu saja. Krna saya jg punya sepda listrik merk selis pelayanan sgt profesional. Jadi saya juga paham bedanya. Sdmnya jga ga ketinggian krna komunikasi sgt lancar dn msaya tdk di persulit sma sekali.

        • kenapa gw ga suka sama si ts
          1. elu udah tau chargenya rusak kenapa ga langsung klaim garansi? nunggu ampe aki kosong baru komplain padahal aki kalo kosong pastik soak (kesalahan pengguna)
          2. udah tau garansi pabrik tapi ke tokonya bahasanya spam + ngancam2 jelekin toko padahal toko udah bantu (disini kalo gw tokonya juga ga bakal gw respon, mau dibantu gratisan ya bahasanya dijaga bos.
          3. kenapa kalau sudah tau yang bermasalah dichargenya kenapa ga suruh teknisinya bawa charge baru, udah dibawa akinya baru ngomel ngomel ke toko, hey yang bawa teknisi dari pabrik yang kau ancam + spam si toko, ya jelas toko blokir orang macam anda, ya wajar saya bilang kamu SDM rendah memang tidak ada nalarnya sama skali, klaim garansi saja spam toko + upload media konsumen malah ngancam2 pake pengacara, mau melawak situ hahahaha

      • Rudi km knpa nyolot sekali yaah, emng saya ngapain km sih smpe merendah rendah kan bgtu? Emng dstu ada ya kalimat saya yg merendahkan atau merugikan kamu, yg saya lakukan adalah ungkapan kekecewaan saya sesuai apa yg saya alami dn saya rasakan. Kalo bicara gratis ya saya memang suka gratis tp g gtu jg konsepnya. Kecuali saya sepeda itu tdk bayar, atau mungkin kamu yg beliin sepeda saya. Terlambat kalo kamu bilang gratisan, org saya beli gapake daun. Dn asal ditahu kalo sperti ini caranya sdh bukn soal biaya lg. Di awal sdh saya terangkan. Its abouts threats.

        • lah kalau situ ngomong soal biaya, sudah tau pelayanan jelek kok tetap mau akinya dibawa? kenapa ga servis sendiri saja? ngomongmu kayak sultan aja tapi aslinya maunya gratisan

          • Heheh yasudah cape ngobrol sma kamu, keliatan bgt km dr mana saya uda tau. Saya tunggu emailnya. Keberatan apa kmu terkait kasus ini. Saya tunggu ya bapak yang valuenya tinggi ini. Terima kasih. Mestinya kalo anda merasa tinggi harus nya paham kenapa berita bisa naik. Tidak serta merta pihak media menaik kan berita. Terserah anda mau bilang apa. Kalo ada keberatan silakan email saya.

        • Ngapain gua email lu orang ga jelas gini, udah nyadar kesalahan lu belum? Baca lagi baek baek biar lo nyadar gada yang namanya gratisan dilayani kayak sultan BOSS

      • Artikel saya jg sdh terverifikasi dn dibawah perlindungan undangan2 pasal 4 perlindungan konsumen, kalo berita ini naik, artinya sdh lolos sensor. Knp km sgt nyolot seolah saya membuat berita yg tdk benar. Kalo mau panjang hayuk rudii, email saya. Kalo menurut pengacara saya ini bisa masuk ke Pasal 433 RKUHP . Saya kalo menulis pun jg ada dasarnya tdk sembarangan. Drpda km ngobrol sma sdm yg rendah sperti saya. Entah saya yg rendah atau km yg ketinggian sdm. Lbh baik ngobrol sma pengacara saya. Silahkan email saya. Saya tunggu untuk keberatan anda terkait kasus ini. Terima kasih

        • Orangnya udh kabur kak ga ush di respon, palingan juga si idooo pake akun lain, mending langsung bawa ke pengadilan aja. Udh pencemaran nama baik sama merendahkan orang lain

          • hahaha lawak kau pencemaran nama baik, yang harusnya ini sitoko sama pihak u winfly bawa kepengadilan udah jelas yang ga baik niatnya si buyernya, wajar buyer beli ga ngerti aturan ya gini

          • Hahaha kocak si dia emang. Nyolot bgt. Cuma dia aja yg g mengerti situasional diantara yg lain. Uda keliatan drmana dia?. Kalo ga gree dg artikel yaudah ignore aja kn bisa, ngapain meluap2 kek pemilik toko aja sikap nya

          • Lah kocak si TS kolom komen ga boleh kontra, kok ngatur? Emang bener si toko sama si uwinfly customer nyolot gini kerjain aja biar kesel sendiri wkwkw

  • My attitude based on your treath. Wkwkk iyaudah iyain aja suka suka kamu biar seneng, cume debat sma org tdk jelas identitasnya
    Kalo mau panjang saya sdh bilang saya tunggu di email.

    • ngomongnya sok inggris udah sukurin sono aki lu ilang yang ga jelas itu elu komplen kok maksa bajigur emang

        • wah2, saya yang pertama kali commnet ternyata sampai saat ini sudah 5 hari pihak uwinfly blm ada kabar sama sekali.
          Hmm.. jadi sangsi ini saya beli sepeda listrikmya.

  • Alhamdulillah saya sdah menerima kabar kak, kalo aki saya akan diganti baru, sy mndpt informasi hari ini dari teknisi, besok pagi hari Minggu jm10 akan dilakukan kunjungan ke tempat saya. Terima kasih semuanya atas perhatiannya ??

  • Saya juga ada pengalaman buruk untuk merk uwinfly. Saya beli tipe rf6 di marketplace juga, baru seminggu tahu tahu jok belakangnya hilang jatuh di jalan entah dimana. Jadinya kabel kabelnya kelihatan, untung waktu saya belum sadar kalau ilang itu tidak hujan, kalau hujan sudah kelar sepeda listrik saya. Saya cari jok belakang buat nutup kabel kabelnya biar aman susahnya minta ampun. Cari di marketplace mau shopee, tokped, tidak ada semua. Saya juga keliling seprovinsi diy gak ada yang jual dong, ke dealer resminya langsung di jogja aja tidak ada. Saya sampai telpon toko resmi uwinfly di solo juga tidak ada. Dan herannya dealer dan toko resmi di kota berbeda serta toko toko di marketplace yang jual merk uwinfly bisa kompakan alasannya stok dari pabrik kosong semua hahaha… parah banget sih aftersalesnya

    Akhir cerita: beli jok merk lain walaupun beda bautnya, akhirnya diiket pake strap doang hahahaha, setidaknya masih bisa melindungi kabel kabelnya waktu di jalan…

  • Punya saya juga erorr nih. Beli 6 bulan yg lalu. Sekarang ga bs dicas. Kalo dicas nyala hijau terus, entah batrenya atau charger nya. Bingung mau komplain kemana. Cs uwinfly ditlp ga pernah diangkat

  • Saya sangat kecewa dengan product uwinfly.
    Saya punya sepeda listrik type DF3 dan punya permasalahan di controller saya rusak jika di pakai jalan bunyi dan getar. Saya bermaksud bawa ke tempat dimana saya beli sepeda listrik type DF3 dengan harapan ada perbaikan dan part. Tapi nyatanya sudah hampir masuk 2 bulan setengah belum ada juga part ya dengan info dari customer service model lama dan sudah tidak produksi lagi. Jadi asumsi saya kalau rusak tidak bisa di pakai lagi dan harus beli baru lagi sepeda listrik.!!!!!.
    Mohon Uwinfly Indonesia untuk perihal part harus di siapkan suku cadangnya dan menjadi perhatian khusus !! Tidak hanya menjual produk baru saja dan bermuncul terus model lain sehingga konsumen yang sudah membeli model sebelumnya ada kerusakaan tidak ada solusi jika ada trouble untuk perbaikanya.!!!
    Mohon menjadi perhatianya!!!!!!!!!!
    Semoga segera ada penangananya dari Uwinfly Indonesia untuk case saya ini!!
    Terima kasih atas perhatianya.