Surat Pembaca

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • saya pernah dulu hilang atm bca..diarahkan ganti atm lewat mesin di samping pintu masuk.saat verifikasi sidik jari tidak bisa/akhirnya diarahkan ke cs offline baru bisa ganti atm.
    kemungkinan sistem bca yg error masalah finger print.

  • Biasanya data yang tercetak di KTP & data yang di chip KTP berbeda.
    Klo kata calo KTP ini hal lumrah karna blanko KTP yang ga dipakai kerok untuk di cetak KTP baru, padahal isinya beda.

    Di bca emang ga banyak A i u e o klo KTP dan chipnya sesuai, karna mereka punya alat nfc yang langsung konek ke dukcapil

  • bank serba salah. kl mudah buat tabungan meski ktp&ttd ga sinkron, nanti diprotes. anggapannya ktp palsu tp bisa buat tabungan.
    bank strict banget soal ini, diprotes orang juga.
    dilematis memang

  • Itu masalah di fingers print nya , kalau gagal berarti itu bukan data data lu , kalau itu KTP lu asli ga bakal gagal, logika aja pas daftar e KTP aja kita disuruh fingers print .

    • Ane bikin M banking BCA di rmh,. Ga nympe 15 mnit, rekening langsung aktif, udh bs di pake brtransaksi, klw utk urusan kartu ATM, ane ga butuh, soalnya kan di M banking ada fitur cardless, udh 7 bulan trakhir, ane klw tarik tunai ga pernah pake krtu ATM, jaringan mesin ATM BCA mudah di temui juga sih, jadi ane ga ngrasa ksulitan buat tarik tunai pake fitur cashless., Ga perlu dibikin repot,. ? Apalagi smpe harus bikin thread di mediakonsumen., ?

  • Download BCA mobile bikin di rumah sambil video call teler malah enak ke bank tinggal ambil ATM nya

  • Lebih baik gunakan media yang bener sih. Jatohnya kaya gini menjatohkan nama besar bca. Dan kenanya kaya masnya ga bisa make m banking bca yg bener.

    Sebenernya itupun kalao mau narik duit pun udah bisa. Ga perlu atm. Atm sekarang cuman buat pegangan aja selebihnya bisa pakai m banking untuk tarik atau setor. Saya sudah sering tarik/setor tanpa atm. Hanya menggunakan handphone aja.

    Ibu perlu atm untuk apa sebenernya? Kalaupun buat tarik m banking saja perlu.

    Lain kali belajar dlu untuk menggunakan m banking. Di kasih tau cara narik duit yg gampang malah mnta yg ribet.

  • Rekening TS sudah jadi. Yang belum itu cetak kartu debit. Cetak kartu debit bisa di semua cabang.

    Saran aku kalo sulit fingerprint ini tangan TS kemungkinan sama kayak aku. Tangan kering. Harus di basahi atau dilembabkan dikit. Biasanya aku cuci tangan dikit agar sedikit lembab. Karena aku sering pake mesin fingerprint ini saat berurusan dengan bank. Bank memastikan data biometrik kita sama dengan ktp.

    • Klw menurut anda susah bikin rekening bca, anda salah justru pembuatan rekening online mebuat jadi mudah, daftar Secara online tinggal datang ke bank samain data cetak kartu atm sy mau bca konpesional mau bca digital semua daftar online dan sangat mudah, mungkin ktp anda biometrik(data ganda)

  • Itu rekening mu udah jadi Panjul, yang belum jadi itu kartu atm nya. Saya juga bikin online soalnya langsung jadi. Tolong lebih cermat sebelum men-judge kawan

  • Lrbrhjxndbbdjdmmsn,pusing,hduuhjekdjjdjddjdjbdb,pusing,jdjdjjdjdkkcjbdbd,pusing,jfjjfjjfjfjjfjfjfjjfjxkxjsgfa,biaya hidup mahal,hdjsjjdjdjddhhdjejjeujej,pusing,hdhhhdhdjjdjjdjjcjjcj,biaya hidup mahal,djjdjdjjdjoakwjhejejkdkkcj,pusing,hruduuduhfhcjockfkdjrjejjsj,biaya hidup mahal, uridjkxkjdndklskzkzkjzhxhdhdhhd,pusing,jdjhdjdjjdjdjdijdjjdjdjdkowhwg, biaya hidup mahal,idjjdjdjjdjdjdmrbbhfkckckck,pusing,jdjkdodokdndbshyahshshhdbdndn,tetap bersyukur yang penting sehat.