Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

67 komentar untuk “Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

  • 7 Februari 2023 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Berarti sistem BCA yg salah, masa gak sinkron sama data kependudukan dukcapil, habis gitu petugasnya dari CS sampai security gak menolong samsek, double impact ??

    37
    7
    • 8 Februari 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      mungkin ektp kamu yg gk singkron dgn sidik jari yg tersimpan dalam chips ektp. yang kedua kamu mungkin pernah punya kasus di bca, banyak ektp skrng saat di verifikasi dgn sidik jari tidak cocok, dan biasanya ektp palsu. alias data bajakan.! ini sebenarnya bentuk kehati hatian pihak bca. karena kalau rekening nanti disalah gunakan, BCA juga yg pusing dipanggil polisi bolak balik

      29
      21
      • 8 Februari 2023 - (08:07 WIB)
        Permalink

        sekarang banyak ORNG coba memakai data bajakan, untuk buka rekening , makanya bank perlu mencocokannya dgn sidik jari yg tersimpan didalam chips ektp, jika gak cocok dgn sidik jari, sekalipun nik nya aktif , sudah pasti itu data bajakan alias PALSU.!!

        8
        9
        • 10 Februari 2023 - (16:10 WIB)
          Permalink

          Utk kantor cabang yg anda datangi udah 6 org yg tdk bs buka rek.BCA. dikalikan 50rb ssma dengan 300rb. Ada brp kacab BCA yg bisa membuka rek. tabungan di indonesia? Wooowwwww… saya bertanyèk?

    • 8 Februari 2023 - (12:34 WIB)
      Permalink

      Loh anda rugi 50 ribu? Itu rekening anda udah jadi, saldo 50 ribu masuk di rekening anda, anda udah ada M Banking nya. Trus anda bilang sulit buat rekening? Anda salah judul harus nya anda bilang sulit dapat kartu ATM bukan buka rekening karena dari foto yang anda lampirkan itu adalah rekening anda

      49
      5
    • 8 Februari 2023 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Jika d tempat saya, untuk membuat rekening BCA untuk bisa M-banking di arahkan untuk nomer telp yg pascabayar. Untung saja dulu saya bisa buat rekening sblm ada anjuran yg sperti itu.

      4
      1
    • 8 Februari 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Double kill.. Trus uang setoran gk balik.. Triple kill.. Bawa anak bocah 2 th pula ke bang.. Maniac.. Pulang dengan rasa kecewa.. SAVAGE…

      1
      11
    • 9 Februari 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Sebenernya lebih gampang bikin online.
      Itu kan jg udah terbikin rekeningnya.
      Cm tinggal ATMnya aja.
      Lagipula bs tarik duit tanpa ATM.jd sebenernya ga terlalu masalah utk urusan ATM.

  • 7 Februari 2023 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Ternyata bank yg 1 itu problematik juga ya, hahaha. Bank lain aja bisa buka rekening online tanpa ke cabang. Tapi ini sdh buka online gagal, trus si cs gak bisa ngasih solusi. Ditambah di twitter juga ga ada solusi. Mending skip aja om, buka rekening digital bank lain byk yg lebih bagus.

    15
    18
    • 8 Februari 2023 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Inilah sistem keamanan yg baik, ada kecurigaan langsung ngeblok, dan hebatnya bca itu apa2 digital, hilang atm mudah, ngeblok salah tranfer langsung dilayani dgn baik, bagi saya bca adalah bank terbaik

      32
      3
  • 7 Februari 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Kacau sih sampai miss info begini, kek dilempar-lempar padahal udah antri smpe setor loh, masih sempet” nya saranin ke dukcapil harusnya dari awal dong jan asal suruh setor dulu, mending buka di tempat lain yg gak ribet dan jelas gak ngerepotin …

    16
    7
  • 7 Februari 2023 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Ah gak bener itu. Seharusnya bisa.

    Kalau eKTP gak bisa di verifikasi, bisa pakai SIM atau NPWP atau Kartu Keluarga.

    15
    3
    • 8 Februari 2023 - (15:20 WIB)
      Permalink

      Ini masalah buka rekening atau apaan dah?
      Kalonrekening, itu anda sudah dapat no relening dan uang setoran sudah masuk ke rekening anda?

      Apakah yg bermasalah cetak buku tabungan atau atm kah?

  • 7 Februari 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama cuma beda bank aja sih, kalo ane beberapa waktu lalu bank bumn casenya. Daftar online sampe udah jadi rekening pas ke bank offline, bilangnya ktp gabisa terverifikasi, padahal beberapa bulan lalu bisa dipake buat ganti kartu atm bca di mesin CS digital.

    5
    1
    • 8 Februari 2023 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Saya juga pake BCA, bikin lewat online,
      Kemudian bikin ATM nya lewat cabang BCA
      Dan berhasil

      Turutin saja saran BCA nya datang ke dukcapil,
      Atau kalo masih penasaran bikin ATM sendiri lewat mesin ATM, kalo masih gagal mungkin fix cip dan sidik jari tidak sinkron..

  • 7 Februari 2023 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan mbaknya melakukan proses transfer 50rb itu ke rekening siapa ya ?
    Klo ke rekening atasnama mbak sendiri berarti mbak sudah buka rekening secara tidak langsung.

    21
    2
    • 7 Februari 2023 - (21:19 WIB)
      Permalink

      Di beberapa tempat pelayanan BCA sebenarnya di bawah bank lain gembar gembor nya saja baik pelayanan nya , saya juga punya pengalaman buruk buka tabunganku di BCA bg junction Surabaya…manyun cs nya

      6
      2
    • 8 Februari 2023 - (00:37 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwk… Udah ada no rek nya, udah ada mbca nya… Bilang susah buka rekening…. Ketawain aja TSnya

      7
      3
    • 8 Februari 2023 - (01:12 WIB)
      Permalink

      Dibaca om bro, yg bermasalah saat mau cetak kartu ATM Krn untuk cetak kartu lewat mesin harus scan KTP.

  • 7 Februari 2023 - (17:27 WIB)
    Permalink

    1 Bulan yg lalu saya buat rekening BCA untuk Ibu saya yang umur 60thn via online gampang. Diminta isi data diri, Upload KTP & NPWP, Foto, Verifikasi melalui Video Call sekitar 10 menit setelah itu rekening jadi dan langsung transaksi.

    Minggu kemarin akhirnya datang juga ke Cabang karena orang tua maunya pakai ATM.

    14
    • 7 Februari 2023 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Katanya Satpam BCA bisa membantu ??? Pelayanan terbaik. Kok malah bikin kecewa nasabah?

      1
      10
      • 8 Februari 2023 - (00:22 WIB)
        Permalink

        Loh, satpam bisa bantu apa?? Satpam kn udah sesuai prosedur… Mau buka rek BCA emang d arahkan ke mesinnya dulu dg pertimbangan nunggu antrian di cs lama.. Dr pd nunggu mending pke mesinnya… Nah begitu ada problem di mesin satpam arahin ke cs… Kelar tugas satpam… Selebihnya urusan yg berwenang… Emang cs harus maksa cs nya?? Komen di MK yg berbobot dikitlah, jgn kek komen di tiktok

        13
        1
  • 7 Februari 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Aku mau buka rekening perusahaan saja susah minta ampun. Di mandiri hitungan menit clear.

    #bcagedangansidoarjo

  • 7 Februari 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Hampir di semua bank sekarang memang mewajibkan e-KTP nya bisa scan sidik jari ketika buka rekening. Malah bank BCA lebih mending, karena sidik jarinya hanya wajib ketika buat rekening saja. Di bank BNI, mau perpanjang kartu ATM saja wajib sidik jari. Kalau tidak bisa, tidak akan dikasih kartu ATM yang baru.

    Untuk bank BCA, kalau e-KTP kamu tidak bisa sidik jari, kamu bisa buat rekening online. Menurut saya ini adalah opsi yang tepat untuk kamu.

    10
    1
  • 7 Februari 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Ini cabang bca mana? Setau sy pelynan bca bagus,,itu ky,a judulnya salah deh bukn sulit bikin rkening tpi cetak kartu atm itu km sdh stor tunai artinya rekening sdh aktf (d acc) knp dsaranin ke dukcapil munkin ktp nya rijek (patah/poto sdh blur) biasanya sperti itu,ktp yg rijek tdk bs d scan.

  • 7 Februari 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Coba ke kantor BCA yg lain, apakah prosedurnya sama kayak gitu juga? Kemaren aku bukain rekening online BCA buat adikku ga ada masalah. Bahkan ga perlu nyetor 50ribu. Cuma daftar online via aplikasi BCA mobile, trus verifikasi data diri & verifikasi dgn petugas bank via VC & langsung ke kantor BCA utk ambil kartu ATM di mesin ATM. Ga perlu ke CS dan gam sampe 10 menit selesai….

  • 7 Februari 2023 - (21:50 WIB)
    Permalink

    50 rebu x 6 = 300.000
    Lumayan juga ya klu yg daftar sehari ada 20 orang . Masih lebih jika dibagi2 buat beli lato-lato ??

    1
    11
  • 7 Februari 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    sebelum ke dukcapil, coba cocokan data ktp dengan data kartu keluarga. karena kemarin data ktp saya ternyata berbeda dengan data pada kartu keluarga. saya tidak tahu bagaimana ini terjadi, padahal saya 2x memperbaharui data setelah menikah pecah kk dan rubah status ktp, dan yang ke dua setelah kelahiran anak pertama.

    info tambahan: teman saya baru saja melahirkan anak kedua, saat mengurus KK dan selesai, ternyata hanya anak kedua yang masuk KK sedangkan anak pertama dihilangkan dari KK. terpaksa komplain dan urus ulang.

  • 7 Februari 2023 - (23:32 WIB)
    Permalink

    Sudah ada tanggapan dr petugas bca. Tapi saya sudah buka rekening bank lain.
    Dan suami saya menyarankan tidak usah melanjutkan pembukaan rekening di bca
    Thanks media konsumen.

    2
    10
    • 8 Februari 2023 - (00:33 WIB)
      Permalink

      TS nya ngawur.. Yg komen gk di pahami dulu ke ngawur an TS..
      Itu rekening udah jadi… Udah punya no rek.. Udah punya mbca… Cuma kurang ATM aja… Duit anda gk ilang.. Haduh… Mau di bilang bodoh takut gk Terima… Wkwkwk

      10
  • 8 Februari 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Itu sebenarnya sdh jd rekening online nya, cuma mungkin TS mau pke ATM nya.

    Saya malah kartu atm nya ga di ambil sama sekali, Krn kan sdh di permudah mau setor tunai atau tarik tunai bisa pke cardless di aplikasi BCA Mobile, mau transaksi lain nya jg semuanya mudah, malah (menurut saya) aplikasi BCA Mobile lebih sederhana tampilan dan mudah penggunaan nya di banding bank lain (saya pke Brimo juga) maaf, ini bukan iklan cuma sedikit agak bingung dgn TS. Rekening nya kan sdh jd, mungkin masalah nya di alat finger print nya, atau jempol kita ada luka.

    Tapi juga TS bilang sdh bikin rekening lagi di bank lain, jd komentar ini buat pembelajaran aja deh.

  • 8 Februari 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    ini terjadi sama seperti tmn saya saat daftar Online, pilihan kartu pas daftar online cmn tersedia yg GPN, sedangkan saat mau dicetak, kartu di mesin cmn ada yg Mastercard, hasilnya gagal verifikasi,
    akhirnya CS/Teller memverifikasi secara manual tanpa menggunakan mesin.

    dan selesai verifikasi ya sudah CS/teller berikan kartu fisik Mastercard.

    CS/teller cabang yg ibu Dewi sepertinya dia kagak paham bahwa rekening udah berhasil dibuat dan sudah bisa digunakan transaksi… buktinya bisa terima saldo 50 rb

  • 8 Februari 2023 - (07:40 WIB)
    Permalink

    “KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak?”

    Sementara screenshotnya gambar m-banking atas nama dia. Berarti rekening dia udah jadi. Kenapa dibilang tidak bisa membuat rekening?

    Soal urusan KTP, dia (TS) tidak menyebutkan masalahnya apa. Ada apa dengan KTP dia? Kalau memang masalah ada di KTP nya (misal. No NIK tidak terdaftar di dukcapil, dst) ya berarti KTP dia yg bermasalah dan memang harus diurus ke instansi terkait. Itu bukan urusan bank.

    Justru kalau (misal) No. NIK tidak sinkron tapi diacuhkan, malah ini bisa jadi masalah di depan nanti. Bisa jadi rekening kejahatan.

    Tapi kalau masalahnya adalah mesin otomatisnya tidak bisa men-scan KTP dan ternyata sistem manualnya tidak tersedia (sehingga data tidak bisa di-input secara manual), ya berarti sistem di BCA yg kurang bagus.

  • 8 Februari 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Ketika calon nasabah bilang ke security “mau buka rekening”, biasanya akan diarahkan ke orang/petugas diluar kantor untuk dibantu prosesnya. Tapi saya pribadi merasa cara ini berbelit-belit, jauh lebih mudah dengan CS yang di dalam kantor. Saran saya ketika ditanya security, bilang saja “mau setor tunai/mau ambil buku tabungan” maka calon nasabah akan diarahkan ke CS yang didalam.
    Saya pernah buka rekening di kantor pondok lestari ciledug, sekitar 10-15 menit semua sudah beres. Yang penting ktp & domisili (bila menggunakan ktp daerah).

    1
    1
  • 8 Februari 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    saya pernah dulu hilang atm bca..diarahkan ganti atm lewat mesin di samping pintu masuk.saat verifikasi sidik jari tidak bisa/akhirnya diarahkan ke cs offline baru bisa ganti atm.
    kemungkinan sistem bca yg error masalah finger print.

  • 8 Februari 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Biasanya data yang tercetak di KTP & data yang di chip KTP berbeda.
    Klo kata calo KTP ini hal lumrah karna blanko KTP yang ga dipakai kerok untuk di cetak KTP baru, padahal isinya beda.

    Di bca emang ga banyak A i u e o klo KTP dan chipnya sesuai, karna mereka punya alat nfc yang langsung konek ke dukcapil

  • 8 Februari 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    bank serba salah. kl mudah buat tabungan meski ktp&ttd ga sinkron, nanti diprotes. anggapannya ktp palsu tp bisa buat tabungan.
    bank strict banget soal ini, diprotes orang juga.
    dilematis memang

  • 8 Februari 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Itu masalah di fingers print nya , kalau gagal berarti itu bukan data data lu , kalau itu KTP lu asli ga bakal gagal, logika aja pas daftar e KTP aja kita disuruh fingers print .

    • 9 Februari 2023 - (06:25 WIB)
      Permalink

      Ane bikin M banking BCA di rmh,. Ga nympe 15 mnit, rekening langsung aktif, udh bs di pake brtransaksi, klw utk urusan kartu ATM, ane ga butuh, soalnya kan di M banking ada fitur cardless, udh 7 bulan trakhir, ane klw tarik tunai ga pernah pake krtu ATM, jaringan mesin ATM BCA mudah di temui juga sih, jadi ane ga ngrasa ksulitan buat tarik tunai pake fitur cashless., Ga perlu dibikin repot,. ? Apalagi smpe harus bikin thread di mediakonsumen., ?

 Apa Komentar Anda mengenai Buka rekening baru BCA?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

oleh dewi dibaca dalam: 1 menit
67