Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain.Ā Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Buka rekening baru BCA:
[Total:375    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

67 komentar untuk “Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

  • 8 Februari 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Download BCA mobile bikin di rumah sambil video call teler malah enak ke bank tinggal ambil ATM nya

  • 8 Februari 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Lebih baik gunakan media yang bener sih. Jatohnya kaya gini menjatohkan nama besar bca. Dan kenanya kaya masnya ga bisa make m banking bca yg bener.

    Sebenernya itupun kalao mau narik duit pun udah bisa. Ga perlu atm. Atm sekarang cuman buat pegangan aja selebihnya bisa pakai m banking untuk tarik atau setor. Saya sudah sering tarik/setor tanpa atm. Hanya menggunakan handphone aja.

    Ibu perlu atm untuk apa sebenernya? Kalaupun buat tarik m banking saja perlu.

    Lain kali belajar dlu untuk menggunakan m banking. Di kasih tau cara narik duit yg gampang malah mnta yg ribet.

  • 8 Februari 2023 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Rekening TS sudah jadi. Yang belum itu cetak kartu debit. Cetak kartu debit bisa di semua cabang.

    Saran aku kalo sulit fingerprint ini tangan TS kemungkinan sama kayak aku. Tangan kering. Harus di basahi atau dilembabkan dikit. Biasanya aku cuci tangan dikit agar sedikit lembab. Karena aku sering pake mesin fingerprint ini saat berurusan dengan bank. Bank memastikan data biometrik kita sama dengan ktp.

    • 8 Februari 2023 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Klw menurut anda susah bikin rekening bca, anda salah justru pembuatan rekening online mebuat jadi mudah, daftar Secara online tinggal datang ke bank samain data cetak kartu atm sy mau bca konpesional mau bca digital semua daftar online dan sangat mudah, mungkin ktp anda biometrik(data ganda)

  • 8 Februari 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Itu rekening mu udah jadi Panjul, yang belum jadi itu kartu atm nya. Saya juga bikin online soalnya langsung jadi. Tolong lebih cermat sebelum men-judge kawan

  • 8 Februari 2023 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Lrbrhjxndbbdjdmmsn,pusing,hduuhjekdjjdjddjdjbdb,pusing,jdjdjjdjdkkcjbdbd,pusing,jfjjfjjfjfjjfjfjfjjfjxkxjsgfa,biaya hidup mahal,hdjsjjdjdjddhhdjejjeujej,pusing,hdhhhdhdjjdjjdjjcjjcj,biaya hidup mahal,djjdjdjjdjoakwjhejejkdkkcj,pusing,hruduuduhfhcjockfkdjrjejjsj,biaya hidup mahal, uridjkxkjdndklskzkzkjzhxhdhdhhd,pusing,jdjhdjdjjdjdjdijdjjdjdjdkowhwg, biaya hidup mahal,idjjdjdjjdjdjdmrbbhfkckckck,pusing,jdjkdodokdndbshyahshshhdbdndn,tetap bersyukur yang penting sehat.

  • 8 Februari 2023 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Banyak bgt yg komen, yg sok tau, yg ngejudge, yg nuduh, yg bela, yg nyudutin, yg iseng doang he he he.

    Tunggu hak jawab dr BCA, sdh disampaikan ke TS, cuma blm ada di MK

  • 8 Februari 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Saya tidak habis pikir dengan apa yg ibu dewi dan suami pikirkan tentang tulisan kalian ini. Jika kalian adalah orang yg bijak, sepertinya kalian akan berpikir panjang untuk membuat tulisan seperti ini. Sebagai mantan pekerja di bank, sedih saya membaca tulisan ini. Sebab,
    1. Rekening anda sudah jadi
    2. Uang 50 ribu itu adalah milik anda bisa anda tarik kembali jika ingin
    3. BCA sedang berhati atas data yg kurang sesuai di era yg sudah canggih untuk penipuan
    4. Ini yg lebih penting ! Tulisan anda ini bisa memutus rezeki pekerja Bank yg di cabang yang anda tulis. Mereka bisa kehilangan pekerjaan mereka.

    Kedepannya saya harap anda lebih bijak lagi dalam bertindak. Saya tidak tega untuk mengatakan kalian sebagai orang bodoh, saya doakan kalian selalu sehat baik badan maupun hati kalian. Terimakasih sudah membaca komentar ini.

  • 8 Februari 2023 - (23:07 WIB)
    Permalink

    mengenai uang yg 50 ribu. itu kan mbanking sudah aktif. coba tf ke rek lain. apa ke temen sesama bca.
    dulu ktp saya sangat kotor. di tempel di mesin yg buat cetak atm saja nggaj kedetek. tapi pegawai bca berbaik hati. kaya nya di imput scara manual.
    mungkin pegawai nya yang malas untuk masalah ini.

  • 9 Februari 2023 - (02:59 WIB)
    Permalink

    Masak w aja bikin rek BCA bisa 4 rek BCA,sangat gampang dan mudah bikin rek BCA,blum apa2 udh emosi dluuan coba cek di duckapil benr ngk itu ektpnya,norak masak bikin rek ngk bisa udh koar koar aja

  • 9 Februari 2023 - (05:41 WIB)
    Permalink

    Poinnya lebih baik online semua. Saya buat rekening online gmpang dan pengambilan ATM juga mudah.

    Istri saya buka rekening online dan ATM pun dikirim lewat kurir sampai ke rumah tanpa harus ke ATM. Ada baiknya riset dulu sebelum bikin. Karena di mobile banking nya ada beberapa keterangan ATM dikirim atau diambil ke cabang

  • 9 Februari 2023 - (06:27 WIB)
    Permalink

    Ane bikin M banking BCA di rmh,. Ga nympe 15 mnit, rekening langsung aktif, udh bs di pake brtransaksi, klw utk urusan kartu ATM, ane ga butuh, soalnya kan di M banking ada fitur cardless, udh 7 bulan trakhir, ane klw tarik tunai ga pernah pake krtu ATM, jaringan mesin ATM BCA mudah di temui juga sih, jadi ane ga ngrasa ksulitan buat tarik tunai pake fitur cardless., Ga perlu dibikin repot,. šŸ˜ Apalagi smpe harus bikin thread di mediakonsumen., šŸ¤£

  • 9 Februari 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Mending di BNI aja buk buka rekening..kalau rekening udah jadi gagal create ATM di mesin ..tetap bisa buat manual di cs..sekian semoga membantu..

  • 9 Februari 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    klo BCA gak perlu kartu ATM selama rekeningnya aktif, di aplikasi mobile BCA sudah ada menu Cardless, tinggal ke mesin ATM terdekat

  • 9 Februari 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Lha Itu kan rekeningnya sudah jadi.. Kalo cmn ga bs bikin kartu atm coba pakai fitur cardless nya bca… Sy juga skrg jarang narik duait pakai kartu banyakan cardless.

  • 10 Februari 2023 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Ini kesalahan prosedur dari bca, kenapa bisa rekening terbuka sebelum kyc selesai?? Ujungnya nasabah yang dirugikan, apakah ini strategi baru mencari pengendapan dana??? Hahhahaha

  • 10 Februari 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Itulah BCA. Sistem keamanannya lumayan ketat, makanya jarang kasus penipuan pake rekening BCA karena kalo d BCA terintegrasi lgsg dgn dukcapil sehingga jika ada kejanggalan data KTP maka akan lgsg ditolak. Rekomendasi CS juga sudah benar, untuk melakukan verifikasi ulang data anda di dukcapil, karena itu sudah bukan wewenang pihak bank. Lah kalo anda ngeyel apa maksudnya pihak bank yg harus ngurus KTP anda di dukcapil? Saya dulu pernah mengalami masalah yg sama karena tidak sinkron antara data nama Ibu kandung yg tertera di dukcapil dan di bank, padahal cuma beda 1 huruf. Akhirnya selesai setelah memperbaiki data di dukcapil dengan verifikasi ulang dengan data KK dan akta kelahiran.

    Saya sendiri meragukan pendapat TS ttg CS yg tidak supportif, karena sepengetahuan saya CS BCA benar2 orang yg paham betul tentang pelayanan. Jangankan CS, di tingkat satpam aja memiliki tingkat pelayanan dan pengetahuan produk yg sangat baik.

    Saran saya ya mending pake bank Per**** atau bank B**, mungkin disitu lebih mudah dalam membuat rekening. Karena kebanyakan modus2 penipuan rata2 pake dari 2 bank ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Buka rekening baru BCA?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

oleh dewi dibaca dalam: 1 menit
67