Surat Pembaca

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Banyak bgt yg komen, yg sok tau, yg ngejudge, yg nuduh, yg bela, yg nyudutin, yg iseng doang he he he.

    Tunggu hak jawab dr BCA, sdh disampaikan ke TS, cuma blm ada di MK

  • Saya tidak habis pikir dengan apa yg ibu dewi dan suami pikirkan tentang tulisan kalian ini. Jika kalian adalah orang yg bijak, sepertinya kalian akan berpikir panjang untuk membuat tulisan seperti ini. Sebagai mantan pekerja di bank, sedih saya membaca tulisan ini. Sebab,
    1. Rekening anda sudah jadi
    2. Uang 50 ribu itu adalah milik anda bisa anda tarik kembali jika ingin
    3. BCA sedang berhati atas data yg kurang sesuai di era yg sudah canggih untuk penipuan
    4. Ini yg lebih penting ! Tulisan anda ini bisa memutus rezeki pekerja Bank yg di cabang yang anda tulis. Mereka bisa kehilangan pekerjaan mereka.

    Kedepannya saya harap anda lebih bijak lagi dalam bertindak. Saya tidak tega untuk mengatakan kalian sebagai orang bodoh, saya doakan kalian selalu sehat baik badan maupun hati kalian. Terimakasih sudah membaca komentar ini.

  • mengenai uang yg 50 ribu. itu kan mbanking sudah aktif. coba tf ke rek lain. apa ke temen sesama bca.
    dulu ktp saya sangat kotor. di tempel di mesin yg buat cetak atm saja nggaj kedetek. tapi pegawai bca berbaik hati. kaya nya di imput scara manual.
    mungkin pegawai nya yang malas untuk masalah ini.

  • Masak w aja bikin rek BCA bisa 4 rek BCA,sangat gampang dan mudah bikin rek BCA,blum apa2 udh emosi dluuan coba cek di duckapil benr ngk itu ektpnya,norak masak bikin rek ngk bisa udh koar koar aja

  • Poinnya lebih baik online semua. Saya buat rekening online gmpang dan pengambilan ATM juga mudah.

    Istri saya buka rekening online dan ATM pun dikirim lewat kurir sampai ke rumah tanpa harus ke ATM. Ada baiknya riset dulu sebelum bikin. Karena di mobile banking nya ada beberapa keterangan ATM dikirim atau diambil ke cabang

  • Ane bikin M banking BCA di rmh,. Ga nympe 15 mnit, rekening langsung aktif, udh bs di pake brtransaksi, klw utk urusan kartu ATM, ane ga butuh, soalnya kan di M banking ada fitur cardless, udh 7 bulan trakhir, ane klw tarik tunai ga pernah pake krtu ATM, jaringan mesin ATM BCA mudah di temui juga sih, jadi ane ga ngrasa ksulitan buat tarik tunai pake fitur cardless., Ga perlu dibikin repot,. ? Apalagi smpe harus bikin thread di mediakonsumen., ?

  • Mending di BNI aja buk buka rekening..kalau rekening udah jadi gagal create ATM di mesin ..tetap bisa buat manual di cs..sekian semoga membantu..

  • klo BCA gak perlu kartu ATM selama rekeningnya aktif, di aplikasi mobile BCA sudah ada menu Cardless, tinggal ke mesin ATM terdekat

  • Lha Itu kan rekeningnya sudah jadi.. Kalo cmn ga bs bikin kartu atm coba pakai fitur cardless nya bca... Sy juga skrg jarang narik duait pakai kartu banyakan cardless.

  • Ini kesalahan prosedur dari bca, kenapa bisa rekening terbuka sebelum kyc selesai?? Ujungnya nasabah yang dirugikan, apakah ini strategi baru mencari pengendapan dana??? Hahhahaha