Surat Pembaca

Tokopedia Berat Sebelah Soal Diskusi Solusi Komplain, Dengan Menahan Dana Penjualan

Pada tanggal 25 Februari 2023 saya ada penjualan di Tokopedia berupa VGA RTX 2060. Dalam hal ini memang pembeli mengajukan komplain agar Tokopedia meninjau transaksi. Namun sudah jelas komplainnya itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi, sehingga pencairan dana ke penjual menjadi tertunda.

Pukul 17.51, seorang pembeli mengirim chat di Tokopedia menanyakan ketersediaan barang dan ingin cepat-cepat dikirim hari itu juga. Setelah saya respons, beberapa menit kemudian langsung saya packing dan hubungi kurir untuk pickup barangnya.

Lalu setelah kurir pickup barang, pembeli ingin membatalkan transaksi, dengan alasan alamat yang pembeli cantumkan salah. Sementara barang sudah di-pickup kurir, jadi saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut.

Singkatnya pada tanggal 28 Februari 2023, pembeli mengajukan komplain dengan alasan produk tidak sesuai. Padahal dia sendiri mengatakan bahwa barang belum dibuka dan dites. Lalu saya tolak komplain, karena memang komplainnya tidak sesuai dengan apa yang pembeli katakan.

Setelah itu pembeli mengajukan banding agar Tokopedia menyetujui solusi komplainnya, dengan meminta waktu lebih untuk melakukan pengetesan barang, karena pembeli beralasan bahwa dia sedang tidak ada di tempat untuk melakukan pengetesan barang.

Awalnya Tokopedia memberikan waktu sampai tanggal 1 Maret 2023 kepada pembeli agar melakukan pengetesan barang,. Namun pembeli minta tanggal 3 dan oleh Tokopedia dikabulkan. Lalu pembeli minta tanggal 5 dan dikabulkan kembali. Ini tentu menyalahi aturan Tokopedia sendiri yang mengatakan bahwa transaksi akan selesai otomatis 2×24 jam jika pembeli tidak mengkonfirmasi penerimaan barang.

Fajar Ardiansyah
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masalah terselesaikan, barusan pihak toped telpon minta postingan ini dihapus karena dari pihak toped sudah menutup komplain, tapi di status pesanannya mencantumkan "transaksi telah dikonfirmasi pembeli dan menunggu review Tokopedia."

    02 March 2023
    10:02 WIB
    Transaksi selesai.
    Dana akan diteruskan ke penjual.

    02 March 2023
    10:02 WIB
    Transaksi dikonfirmasi.
    Transaksi telah dikonfirmasi pembeli dan menunggu review Tokopedia.
    Solusi dari Resolusi

    28 February 2023
    10:02 WIB
    Pesanan dikomplain oleh pembeli.

    26 February 2023
    14:38 WIB
    Pesanan telah tiba di tujuan.
    Dana akan diteruskan ketika barang dikonfirmasi pembeli atau otomatis dalam 48 jam.
    Received by OCTA

    25 February 2023
    18:49 WIB
    Pesanan telah dikirim.
    Pesanan dalam proses pengiriman oleh kurir.

    25 February 2023
    18:01 WIB
    Pemesanan sedang diproses oleh penjual.

    25 February 2023
    17:57 WIB
    Verifikasi Konfirmasi Pembayaran.
    Pembayaran telah diterima Tokopedia dan pesanan sudah diteruskan ke penjual.

    • Dah saya printscreen supaya sy bisa nandain tu org biang rusuh marketplace.
      Kalau ada problem seperti ini biar jadi bukti ke tokped agar lebih jeli dalam menangani suatu masalah ?
      Meski nanti postingan ini dihapus sy masih nyimpen SS nya .

    • nah ini kasus di blowup di viralkan, abis itu baru di tanggapi.
      masalah kelar minta di hapus

      jgn mau om biar aja ga perlu di hapus jadikan history pembelajaran

      tokped sendiri memang makin ke sini makin parah ko layanannya

      mau separah2nya user kalo tokped nya bener masi mending
      kalo ini malah memperkeruh masalah

      • sebagai tambahan, masalah terselesaikan itu sudah jadi kewajiban tokopedia, seharusnya ga perlu sampai ke arah ini.

        setelah begini minta di hapus alasan "karena dari pihak toped sudah menutup komplain"
        ini sih sudah kewajiban dari tokopedia dan tidak ada hak tokped sebetulnya minta hapus. selama memang info yang di kasih TS sesuai keadaan sebenarnya sebetulnya ga ada masalah mau di posting, walaupun bagi toped ini aib tapi ini sangat membantu konsumen tokped yang lain

        ini kualitas SDM nya perlu di pertanyakan abis itu sepihak minta hapus postingan, kecuali dari tokped kasih om uang kompensasi ke om sebagai pihak yang di rugikan baru minta hapus postingan ini masi lebih rasional

        • Ya Kak, sy tunggu sampai Toped posting tanggapan disini aja biar fair, abis itu boleh lah sy hapus. Bukan cuma dengan telpon.

          • @fajar, yang gak kalah pentingnya, chat ke pembeli, kasi tau tanggapan para pembaca MK atas tingkah-lakunya, kali aja bisa bikin tu pembeli kapok :) :)

          • tetep aja, pihak toped boleh saja klarifikasi di sini(malah wajib sebagai tanggung jawab toped), tapi kalo hapus postingan si jangan mau om, ini sih ga fair.

            kasarnya om sebagai TS malah egois, masalah kelar tapi malah hapus postingan padahal info2 ini berguna sekali buat pengguna / calon pengguna toped yang lain.

            mohon di pertimbangkan lagi

  • memang kenyataanya begitu tokopedia lebih mementingkan PEMBELI DARI PADA PENJUAL,, KALAU DI MARKET SEBELAH BARU MENTINGIN PENJUAL DARI PADA PEMBELI. saya sendiri merasa sangat HERAN !!!

  • Dan ini terjadi ke saya,saya memposting iklan penjualan smartwatch saya di akun tokped saya,kemudian terjadi transaksi awalnya lancar2 saja dengan buyer dan komunikasi lancar,Pemasalah muncul saat barang sudah di terima oleh buyer saya sempat menghubungi buyer tolong di cek apabila ada kendala atau komplain tolong segera kontak saya namun tidak di respon oleh buyer sampai hari batas akhir yang di berikan oleh pihak tokped selama 2 x 24 jam barang di terima,saya mendapat notifikasi tentang komplain yg diajukan oleh buyer ke tokped.Saya sempat menolak komplain dengan alasan saya sebagai seller sudah mencoba hubungi buyer setelah barang diterima untuk mengecek dan mengkonfirmasi apakah ada kendala dengan barang pesanannya,Dengan gampangnya buyer menjawab di forum diskusi yg disediakan pihak tokped bahwa menunggu garansi yg disediakan tokped selama 2 x 24 jam karena sepertinya tidak ada solusi yg baik akhirnya saya terima solusi yg di berikan pihak tokped untuk refund,yang membuat saya jengkel sebagai seller adalah alamat pengembalian sudah saya kirim namun barang tidak kunjung di kembalikan terhitung dari tanggal 2 mei barang diterima tanggal 4 mei dikomplain dan sampai dengan surat ini di buat belom ada itikad baik dari si buyer untuk mengembalikan barang saya,di hubungi susah satu2 media yg di respon hanya forum diskusi komplain yg jadi pertanyaannya pertanggung jawaban kondisi barang saya bagaimana karena saya tidak tahu selama itu kondisi barang saya seperti apa.Memang saya akui salah saya juga tidak detail dalam rincian terhadap iklan yg saya posting di akun tokopedia,namun seperti yang sudah saya sampaikan setelah barang sampai saya sudah mencoba menghubungi si buyer namun sulit sekali,saya pikir pihak admin tokped juga bijak namun sepertinya berat sebelah,semoga kedepan lebih berhati2 lagi bila bertemu dengan buyer seperti ini.