Tokopedia Berat Sebelah Soal Diskusi Solusi Komplain, Dengan Menahan Dana Penjualan

Pada tanggal 25 Februari 2023 saya ada penjualan di Tokopedia berupa VGA RTX 2060. Dalam hal ini memang pembeli mengajukan komplain agar Tokopedia meninjau transaksi. Namun sudah jelas komplainnya itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi, sehingga pencairan dana ke penjual menjadi tertunda.

Pukul 17.51, seorang pembeli mengirim chat di Tokopedia menanyakan ketersediaan barang dan ingin cepat-cepat dikirim hari itu juga. Setelah saya respons, beberapa menit kemudian langsung saya packing dan hubungi kurir untuk pickup barangnya.

Lalu setelah kurir pickup barang, pembeli ingin membatalkan transaksi, dengan alasan alamat yang pembeli cantumkan salah. Sementara barang sudah di-pickup kurir, jadi saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut.

Singkatnya pada tanggal 28 Februari 2023, pembeli mengajukan komplain dengan alasan produk tidak sesuai. Padahal dia sendiri mengatakan bahwa barang belum dibuka dan dites. Lalu saya tolak komplain, karena memang komplainnya tidak sesuai dengan apa yang pembeli katakan.

Setelah itu pembeli mengajukan banding agar Tokopedia menyetujui solusi komplainnya, dengan meminta waktu lebih untuk melakukan pengetesan barang, karena pembeli beralasan bahwa dia sedang tidak ada di tempat untuk melakukan pengetesan barang.

Awalnya Tokopedia memberikan waktu sampai tanggal 1 Maret 2023 kepada pembeli agar melakukan pengetesan barang,. Namun pembeli minta tanggal 3 dan oleh Tokopedia dikabulkan. Lalu pembeli minta tanggal 5 dan dikabulkan kembali. Ini tentu menyalahi aturan Tokopedia sendiri yang mengatakan bahwa transaksi akan selesai otomatis 2×24 jam jika pembeli tidak mengkonfirmasi penerimaan barang.

Fajar Ardiansyah
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tokopedia Berat Sebelah Soal Diskusi Solusi Komplain, Dengan Menahan D…

oleh Fajar dibaca dalam: 1 menit
36