Surat Pembaca

Pelayanan Buruk CIMB Niaga

Tanggal 21 Maret 2023, saya menerima billing statement kartu kredit CIMB Niaga. Betapa kagetnya saat saya melihat ada interest dan cashback program (CR). Dalam waktu yang tidak sedikit, saya mencoba menghubungi call center CIMB Niaga. Namun jawabannya sangat tidak clear dan nihil solusi, karena sambungan terputus di menit ke-30.

Dia menyatakan akan mengajukan permohonan pembebasan interest, dan menyatakan agar ke depannya saya melebihkan total tagihan saya. Karena interest disebabkan oleh kurangnya pembayaran senilai 0,91 rupiah. Saya pun sangat keberatan, karena solusi yang ditawarkan sudah pernah saya lakukan pada Bulan Juni 2022. Terlampir bukti gambar pembayaran melalui Tokopedia, yang sudah saya lebihkan dari tagihan.

Lebih dari 6 bulan pembayaran dilebihkan, tapi angka 0,91 rupiah di tagihan saya masih ada sampai hari ini. Bahkan menyebabkan timbulnya interest yang tidak sedikit. Saya sangat kecewa apabila interest yang disebabkan oleh kekurangan tersebut, baru ada muncul pada tagihan bulan ini.

Selama lebih dari 5 tahun menjadi nasabah Bank CIMB Niaga, saya hampir tidak pernah telat bayar atau membayar minimum. Dari aduan yang saya lakukan, tidak ada inisiatif dari pihak Bank CIMB Niaga untuk menindaklanjuti aduan saya, baik via telepon ataupun email.

Saya sangat keberatan dengan kedua poin aduan saya di atas. Saya tunggu itikad baik CIMB Niaga. Thanks.

Amelia Nur Oktavia
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Amelia

No. 020/CCG/MBCX/IV/2023 5 April 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Amelia Nur...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Udah dihubungi Min, katanya lagi dicek dulu nanti senin dihubungi lagi. Will see ya!

      Sejak tanggal 21 saya tidak langsung dicek ya?

  • Pelit bgt ya, disuruh lebihkan dari tagihan. Tagihan 3.453.490,91 dibayar 3.453.500 alias lebih 9 perak dan 9 sen. Coba deh dilebihkan 10rb. Ngelebihin jangan tanggung² 500rb juga boleh

    • Nanti saya coba cek aturan OJK bahwa nasabah harus sedekah ke Bank. Terima kasih solusinya, :)

      • Bukan sedekah mbak. Maksudnya kalau dilebihkan pembayaran gak akan jadi masalah toh nanti akan jadi saldo CR dan mengurangi tagihan bulan berikutnya..... Kalem aja sih membalas komentarnya. Mbaknya udah coba cek mutasi kartu kreditnya belum secara berkala? Harusnya udah dikoreksi. Coba cek dulu.

        • Kalau ada aturan baik dari internal CIMB atau OJK saya harus melebihkan 500rb, boleh dishare di sini mbak?

          Kalau buat mbaknya mungkin tidak masalah melebihkan nominal seperti di atas, tapi ada orang lain yang mungkin dananya terbatas meskipun bisa dikoreksi di bulan berikutnya.

          Iya mbak, iya… kami nasabah harusnya aktif f/u ke bank bukan ke MK ya?

          Case closed ya Mbak, saya akan tunggu jawaban dari karyawan cimb melalui call di Senin. Thanks :)

          • Itu cuma balasan santai aja mbak. Gak perlu ditanggapi serius. Mbak nya puasa tapi gampang emosian. Cek dulu mutasinya. Udah belum? Siapa tahu udah dikoreksi. Selamat berpuasa dan tetap tahan emosi. Tapi kalau mbaknya ada rencana mau tutup kartu kredit lebih bagus sebenernya. Siapa tau mau menghindari riba menjelang lebaran tahun ini. Salam..... ??

  • Coba kedepannya bayar di via bank CIMB langsung. Jangan lewat pihak ketiga. Kebanyakan nasabah kartu kredit gini. Demi mengincar cashback akhirnya kena biaya tak terduga.

    • Siappp!!! Sebetulnya tidak ada kaitannya dengan cashback. Mungkin solusinya tutup saja ccnya. :)

        • Apa hub dgn riba segala??menabung trmsk riba atau tdk ??yg tdk riba tdk usah punya rekening,simpan duit d rmh,btw arti riba itu apa sih secara mikro dan makro .?

        • @Inti itu hak nasabahnya. Anda tidak perlu panas kalau ada yang bilang r1ba. Karena mmg konsepnya bank konvensional itu memang r1ba. Kok sepertinya anda kepanasan.

        • Akad riba itu apa ya??apkh punya tabungan d bank tdk trmsk riba & arti riba secara mikro & makro itu apa yg sebnr nya??

    • Anw pak, kalau ada kaitannya pembayaran dengan ecommerce (alih2 nasabah ingin cashback), apakah ada korelasinya antara biaya yang sudah dibayarkan bahkan dilebihkan sejak juni 2022 kemudian muncul biaya “siluman” di Maret 2023.

      Kalau ada tolong boleh dibagi referensinya, saya akan coba bantu edukasi ke rekan2 terdekat saya.

      Thanks

      • Harusnya kalau punya rekan yang sama-sama pengguna kartu kredit pasti akan dapat informasi kalau ada kesalahan sistem di billing tagihan Maret 2023 ini. Pernah juga ada yang kirim surat ke MK baru-baru ini sebelum anda. Dan sepertinya anda gak sendirian. Tapi memang semua nasabah kartu kredit CIMB terdampak. Coba tanyakan ke rekan anda sesama pengguna kartu kredit CIMB. Seharusnya udah terkoreksi per 23 Maret 2023 lalu.

        • Fyi, saya up surat ini tgl 21 maret, MK baru publish surat saya di tgl 23 Maret.

          Thanks.

          • Karena 22 dan 23 tanggal merah dan cuti bersama mbak. Makanya mbaknya udah buru2 ngegass dulu sebelum masalah kelar. Biasanya jatuh tempo kan masih lama 14 hari dari tanggal cetak.

  • Ditagihkannya sejak kapan? Setiap bulan atau baru di Maret 2023 ini? Kalau di Maret 2023 ini setahu saya semua nasabah sudah diadakan reversal karena kesalahan sistem. Coba cek mutasi kartu kredit anda. Informasi sudah disampaikan via Blast Message WA oleh akun resmi CIMB NIAGA bahwa khusus billing statement Maret 2023 terdapat kesalahan sistem sehingga memunculkan biaya interest. Tapi hanya untuk Maret 2023 ini saja dan itupun sudah dikoreksi (reversal).

    Tapi kalau anda sudah dikenakan Interest setiap bulan sejak Juni 2022 kemungkinan memang ada yang salah dengan pembayaran anda.

    • Baru bulan ini, saya juga tidak terima WA Blast.
      Bahkan saat saya menghubungi call center CIMB tidak ada informasi demikian, yang ada baru pengajuan dan saya diminta membayar sesuai tagihan.

      Kemarinpun pihak CIMB yang menghubungi saya utk menindaklanjuti tulisan ini tidak ada informasi tersebut. Bahkan dia baru akan melakukan pengecekan dan menghubungi saya kembali di Senin.

      • Nomor WA diusahakan segaris dengan nomor yang terdaftar di kartu kredit karena segala informasi penting kebanyakan disebarkan lewat WA. Coba cek kembali mutasi kartu kredit anda seharusnya sudah dilakukan reversal. Dan kalau tidak ada tagihan lain bisa diabaikan saja.
        Tapi kalau belum ada reversal dibayarkan saja. Nanti akan direversal di tagihan bulan berikutnya.

        Ini saya sertakan screenshot dari bank CIMB.

        https://ibb.co/0Zd16r7

  • Silakan cek WA anda yang nomornya terhubung dengan kartu kredit anda. Akan ada pesan yang menyatakan kalau terjadi kesalahan sistem dari CIMB NIAGA untuk tagihan Maret 2023.

    https://ibb.co/0Zd16r7

  • Saya juga dikenakan Interest untuk dua kartu yakni Octo card dan JCB. Namun udah terkoreksi per 23 Maret 2023 lalu.

    Seharusnya semua nasabah yang dikenakan Interest akibat bug di sistem ini sudah dikoreksi. Silakan cek di aplikasi octo mobile. Kalau ada tanda minus berarti udah dikoreksi.

  • Saya juga nasabah CIMB CC, rekening saver, rekening ponsel, valas memangbtagihan bulan Maret 2023 agak mengejutkan tiba2 muncul "interest" di tagihan cc, kenapa kaget ? Karena setiap bulan saya selalu melebihkan pembayaran hingga jadi credit bahkan creditnya lebih dari 30 ribu, bulan sebelumnya malah credit nya lebih 200bribu tiap bulan selalu lebih minimal 30 rbu karena saya tahu akan ada buaya materai, tapi tumben sih muncul "interest" cuman kalo di case saya,yah saya sih masih diemin aja maunya liat beberapa bulan ke depan spt apa, karena saya selalu lebihin tiap bulan, bahkan sampe 200K, tapi tiba2 WA Blast dari CIMB setelah seminggu tagihan keluar, permohonan maaf dan katanya akan di kreditkan di tagihan bulan April 2023,ga bisa upload foto ya disini spy bisa saya kasi liat WA blastnya.

  • Seumpama saya, saya lunasi terlebih dahulu kemudian lalu ajukan resign kartu, hari itu juga.

  • Biasanya ada nominal sen karena dipakai untuk transaksi yang melibatkan kurs valas. Dulu saya juga begitu, jadi tiap bayar tagihan selalu dibulatkan ke atas, kalau ke bawah jadinya malah kurang bayar bisa kena bunga. Di CIMB baik OCTO Clicks atau OCTO Mobile sudah tidak support pembayaran sampai ke sen (di belakang koma). Ini memang merepotkan untuk membuat tagihan menjadi nihil. Saran saya coba pake bank lain untuk transfer/bayar ke kartu tersebut, tentunya yang masih mendukung pembayaran sampai ke nominal sen. Salah satu yang pernah saya coba adalah tabungan Neo WOW dari BNC (neobank).

  • Emg bulan maret ini cimb eror 2 kartu kredit dr 4 kartu cimb sy. cimb saya yg 1kena bunga 36rb + yg 1nya lg koreksi cashback. Untuk yg cashback dpt 96rb trs terdapat koreksi 2x 96rb 96rb tp setelah sy jumlah total tagihan sy sdh bener tdk mengurangi cashback yg d berikan. Jd sy pikir pasti ada erornya. Dan lagi interest cm 36rb dikit drpd tlp le cs via hp pulsa kesedot banyak. sy pikir ini pasti eror krn cimb pk sistem yg baru octo blm stabil. Trs bbrp hr yg lalu sekitar tgl 20an sy ada wa dr cimb maaf mohon abaikan bunga yg tertera pada tagihan bulan maret. pembebanan bunga segera km koreksi. Jd semua nasabah mengalami hal tsb dikarenakan sistem cimb yg baru berubah. Semenjak jd octo mobile yg baru. Ternyata sy baca di kabar pembaca banyak yg komplain mengenai ini.