Surat Pembaca

Shopee Instant Sangat Merugikan Seller

Saya adalah salah satu penjual frozen food yang cukup aktif di marketplace Shopee sejak 2018. Tidak pernah ada kendala apa pun di platform tersebut, dari awal saya berjualan sampai pada beberapa bulan lalu. Seperti yang kalian ketahui, salah satu jasa kurir yang ada dan TIDAK BISA DI NON-AKTIFKAN adalah Shopee Instant. Dan itu cukup bermasalah untuk saya. Sangat banyak driver fiktif yang mengambil paket saya dan mengirimkan ke customer, sedangkan paket masih ada di saya.

Sepertinya oknum-oknum nakal ini sudah tahu celahnya Shopee. Karena beberapa kali saya komplain via CS Shopee (chat), selalu dibalas dengan “Kita akan investigasi perihal ini ke kurir”. Namun sampai pada batas waktu pemesanan, otomatis selesai dan ongkir masuk ke oknum-oknum tersebut.

Tidak ada penyelesaian yang serius dari pihak Shopee dan seakan-akan selalu membiarkan hal ini terjadi dan ini sangat merugikan saya. Yang lebih parahnya ada potensi pelanggaran hak, karena kita sebagai seller dituntut untuk selalu meng-aktifkan Shopee Instant (tidak bisa dinon-aktifkan).

Mungkin kalian sebagai pihak Shopee tidak mau tahu dan tidak peduli dengan hal-hal seperti ini. Namun ini sangat amat merugikan kita sebagai seller, ketika setiap hari selalu ada ORDERAN YANG DIAMBIL FIKTIF dan SELESAI tanpa ada bantuan atau solusi apa pun dari pihak Shopee.

Berikut beberapa bukti yang saya screenshot:

Terima kasih.

Konstara Prawiro
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Nah, baru kejadian sama saya. Saya beli headset menggunakan pengiriman instant karena butuh saat itu juga. Dari proses order, pickup sampe pengiriman saya pantau terus... Sampai di aplikasi tertera pesanan sudah sampai, saya bingung kok kurir ga ada tlp. Owh mungkin barang dititipkan di bagian front office karena menggunakan alamat kantor. Begitu saya tanya ke front office, ga ada yang terima barang saya. Saya cek di aplikasi, foto penerimaan hanya seuprit telapak tangan yang entah telapak tangan siapa atau mungkin itu telapak tangan kurir'y sendiri dan satu lagi foto di sebrang kantor saya, bukan di kantor saya. Lucunya ketika saya komplain ke CS shopee, pihak shopee membela pihak kurir hanya berdasarkan foto telapak tangan yang seuprit dan foto sebrang kantor saya. Wkwkwk... Konyol sekali