Shopee Instant Sangat Merugikan Seller

Saya adalah salah satu penjual frozen food yang cukup aktif di marketplace Shopee sejak 2018. Tidak pernah ada kendala apa pun di platform tersebut, dari awal saya berjualan sampai pada beberapa bulan lalu. Seperti yang kalian ketahui, salah satu jasa kurir yang ada dan TIDAK BISA DI NON-AKTIFKAN adalah Shopee Instant. Dan itu cukup bermasalah untuk saya. Sangat banyak driver fiktif yang mengambil paket saya dan mengirimkan ke customer, sedangkan paket masih ada di saya.

Sepertinya oknum-oknum nakal ini sudah tahu celahnya Shopee. Karena beberapa kali saya komplain via CS Shopee (chat), selalu dibalas dengan “Kita akan investigasi perihal ini ke kurir”. Namun sampai pada batas waktu pemesanan, otomatis selesai dan ongkir masuk ke oknum-oknum tersebut.

Tidak ada penyelesaian yang serius dari pihak Shopee dan seakan-akan selalu membiarkan hal ini terjadi dan ini sangat merugikan saya. Yang lebih parahnya ada potensi pelanggaran hak, karena kita sebagai seller dituntut untuk selalu meng-aktifkan Shopee Instant (tidak bisa dinon-aktifkan).

Mungkin kalian sebagai pihak Shopee tidak mau tahu dan tidak peduli dengan hal-hal seperti ini. Namun ini sangat amat merugikan kita sebagai seller, ketika setiap hari selalu ada ORDERAN YANG DIAMBIL FIKTIF dan SELESAI tanpa ada bantuan atau solusi apa pun dari pihak Shopee.

Berikut beberapa bukti yang saya screenshot:

Terima kasih.

Konstara Prawiro
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Shopee Instant Sangat Merugikan Seller

  • 24 Maret 2023 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Admin pusat resolusi shopee kayak ga di training dan gak ada guidance nya utk menangani masalah. Asal main kasi keputusan aja, mungkin malah ga di baca masalah nya apa. Yg penting case closed.

    9
    3
  • 24 Maret 2023 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Kalau ngga bisa di non aktifkan brarti sopi main curang, nggak fair, kurir lain bisa di non aktifkan tapi punya mereka sendiri tidak bisa

    9
    3
  • 24 Maret 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Update:
    Tidak ada tindak lanjut Case saya sampai pesanan di shopee otomatis selesai dan ongkir masuk ke kurir fiktif.

    Berikut email update dari CS mereka:
    Hai little_maria,
    Kami memahami kendala yang kamu alami terkait pesanan yang tidak di pickup kurir namun sudah di selesaikan. Dapat kami informasikan:

    – Nomor pesanan : 230318QQJP4YTR

    – Status pesanan : Sudah selesai dan dana sudah di lepas ke saldo penjual kamu pada tanggal 23 Maret 2023

    – Jika produk pesanan masih berada di kamu, kami sarankan kamu dapat melakukan diskusi secara langsung dengan pihak pembeli ya Kak untuk melakukan pengembalian dana kepada pihak pembeli diluar sistem Shopee, dikarenakan pesanan sudah terselesaikan pada sistem Shopee

    – Terkait pihak driver akan kami bantu tindak lanjuti sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku

    Kami berharap kendala yang kamu alami dapat segera terselesaikan dengan baik dan tidak terulang kembali ya Kak.

    Demikian kami informasikan. Setelah ini akan ada survey kualitas layanan untuk meningkatkan pelayanan kami, mohon kesediaan Kakak mengisi surveynya ya Kak. Semoga sehat selalu.

    Salam Hangat,
    Akai
    ———————————————————————————————————————————–

    Disini saya membalas: “Lalu kalo seperti ini, yang harus menanggung ongkir siapa?”

    Dan sudah ditebak, tidak ada balesan apapun dari CS Shopee. Benar-benar monopoli dan bad CS.

    7
    3
    • 24 Maret 2023 - (14:09 WIB)
      Permalink

      ini malah pembelinya yang rugi ya barang belum terima tapi danan diteruskan ke penjual? pembelinya gak komplain?

      • 24 Maret 2023 - (14:24 WIB)
        Permalink

        Nah iya kak, itu dia masalahnya. Investigasi shopee itu ga pernah bener dan lelet. Ketika batas waktu terima pesanan selesai dan saldo masuk ke kita sebagai penjual, baru dapet email dari CS Shopee yang menginfokan bahwa case closed karena pesanan telah selesai dan suruh kita dan buyer untuk diskusi kembaliin dana. Lah trus ongkir yang udah masuk ke driver fiktif piye?? Kan pasti ujung-ujungnya seller yang harus ganti kalo mau reputasi tetap bagus.

        Kejadian seperti ini udah berkali-kali kena ke kita, makanya akhirnya kita up di media konsumen.

        4
        1
        • 26 Maret 2023 - (04:15 WIB)
          Permalink

          Gini aja kak, nanti kalo ada order dari customer, suruh customernya ganti ekspedisi, kan bisa. Jadi kalau ada order yg masuk menggunanakan shopee xpress, ya suruh aja customernya ganti.
          Dan sekarang ada kok pilihan kalau mau tutup expedisi, coba aja komplain ke cs nya, terus kasih liat semua bukti2nya. Saya waktu itu bgitu, shopeexpress saya, ditutup sama cs nya selama 1 bulan, malah sampai sekarang sudah 3 bulanan masih tidak terbuka, kecuali customer beli produk menggunakan expedisi shopee tp ambil di agen terdekat

  • 24 Maret 2023 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Jualan di Sopi = Bikin Emosi.
    Jualan di Sopi = Membatalkan Puasa.
    Jualan di Sopi = HARAM? NAJIS?

    #mikir

    7
    6
  • 24 Maret 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    mungkin bs taro caption di deskripsi, abis check out ubah kurir ke gojek/grab instan. pesanan yg memakai shopee express tidak ditanggapi

    2
    4
    • 24 Maret 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Kadang ada buyer yg ntah lupa, malas, gak ngerti arau emg gak mau tahu ya. Kalo saya sih sbg buyer tiap x checkout selalu langsung saya ubah layanan kurirnya. Tapi sbg seller, daya sudah taro deskripsi ini di chat dan di informasi toko, tapi gak pernah tuh ada buyer yg mau repot” ubah kurir, walaupun saya sudah kasih waktu 1 jam utk buyer ubah kurir, sebelum saya proses dan keluar no resi.

      1
      2
  • 24 Maret 2023 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Cs shopee itu gak bisa nyelesain masalah, jawaban merekapun jawaban template semua, pasti jawabannya nanti akan kita sampaikan ke tim terkait, lah tim terkaitnya pun nanti juga gak nyelesain masalah dan juga ngasih jawaban jawaban template juga

    5
    2
    • 25 Maret 2023 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Betul.. kalo kita chat kebanyakan seperti Robot yg jawab. CS sop…kerjanya duduk santai ngobrol dan ngemil makanan. Gak peduli sama setiap komplain yg masuk. Hmm…para CS nya perlu di “bina” lg tuh.

      1
      1
  • 25 Maret 2023 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Iya memang ga bisa dinonaktifkan ..mana kurir sopi xpres geradak geruduk kalau pickup sampai ada yang ketinggalan..

  • 25 Maret 2023 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Shopee gimana y itu.. sering bgt baca dsni bermasalah bgt CSnya. Kalo sekiranya g bs krja mnding out z kalian para CS. Untuk seller, selain taro info d deskripsi tentang kurir yg harus dipilih alangkah lbh baik jg chat buyer langsung ketika mreka bli dan kasih penjelasan. Sertakan jg kata2 jika tdk mau ganti kurir dan terjadi kendala maka ongkir ditanggung pembeli. Dgn gtu mreka akan sdkit was2 dan mgkn lgsg ganti kurir

    2
    1
  • 17 April 2023 - (03:10 WIB)
    Permalink

    Nah, baru kejadian sama saya. Saya beli headset menggunakan pengiriman instant karena butuh saat itu juga. Dari proses order, pickup sampe pengiriman saya pantau terus… Sampai di aplikasi tertera pesanan sudah sampai, saya bingung kok kurir ga ada tlp. Owh mungkin barang dititipkan di bagian front office karena menggunakan alamat kantor. Begitu saya tanya ke front office, ga ada yang terima barang saya. Saya cek di aplikasi, foto penerimaan hanya seuprit telapak tangan yang entah telapak tangan siapa atau mungkin itu telapak tangan kurir’y sendiri dan satu lagi foto di sebrang kantor saya, bukan di kantor saya. Lucunya ketika saya komplain ke CS shopee, pihak shopee membela pihak kurir hanya berdasarkan foto telapak tangan yang seuprit dan foto sebrang kantor saya. Wkwkwk… Konyol sekali

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress Instant?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Shopee Instant Sangat Merugikan Seller

oleh LittleMaria dibaca dalam: 1 menit
18