Kerasnya Hidup di Era Digital

Salam. Saya ingin bercerita tentang yang saya alami di aplikasi pinjaman online Akulaku. Singkat cerita, saya download aplikasi Akulaku untuk mengajukan pinjaman, dengan verifikasi data pribadi saya yang ditentukan oleh aplikasi pinjaman tersebut. Saya lolos verifikasi dan diberikan pinjaman awal dengan limit Rp300 ribu.

Tidak berselang waktu, saya langsung bayarkan lagi dengan menginginkan limit pinjaman saya dinaikkan. Benar, limit pinjaman saya naik ke Rp900 ribu. Tidak berselang waktu lama, saya bayarkan dengan cepat lagi, supaya bisa menaikkan limit pinjaman. Saya berpikir biarlah saya rugi bayar bunga. Lalu proses verifikasi lagi, lolos dengan tenor diberikan Rp1.200.000, dalam jangka waktu 30 hari.

Tidak lama kemudian saya bayarkan lagi, ingin menaikkan limit. Namun limit pinjaman saya tidak berubah, saya pikir mungkin saya bayarkan ini baru bisa dinaikkan. Sekitar 2 mingguan saya membayar pinjaman saya lagi, yang masih jauh dari jatuh tempo. Saya bermaksud mengajukan pinjaman sesuai dengan tawaran iklan di aplikasi, dengan limit Rp3.000.000 dan tenor tiga bulan. Saya lalu mengajukan pinjaman dengan limit Rp3.000.000 sesuai di aplikasi, tapi ternyata saya hanya bisa mengajukan Rp300 ribu.??

Saya tetap mengajukan pinjaman Rp300 ribu lagi, tapi dari aplikasi pinjaman Akulaku menyebut tidak lolos verifikasi. Saya hubungi pihak aplikasi dengan layanan yang tercantum di aplikasi dan meminta kebijakan, malah disarankan untuk menaikkan kredibilitas kredit saya, diharuskan untuk membeli produk di aplikasi Akulaku dengan cara membayar cash. Ketentuan yang tidak jelas, dengan limit PayLater Rp900 ribu yang diberikan, tapi tidak bisa untuk digunakan.

Kebijakan sistem aplikasi pinjaman online Akulaku, sangat membuat saya kecewa atas suku bunga yang telah saya bayarkan sebagai konsumen.

Ibrahim
Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Ibrahim

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Ibrahim pada tanggal 11 April...
Baca Selengkapnya

80 komentar untuk “Kerasnya Hidup di Era Digital

  • 12 April 2023 - (03:57 WIB)
    Permalink

    nanti giliran macet koar2 d tagih dc arogan lah dll duh ada2 saja ga kapok2 urusan ma pinjol

    • 15 April 2023 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Nggak dikasih pinjam bgslah terhindar dari hutang dan riba.. knp hrs komplain di media konsumen.. nanti klw gagal byr dan dikejar2 DC komplain lagi di mediakonsumen.. hidup tanpa hutang lbh tenang dan tentram.

      • 19 April 2023 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Yaaa emang sudah parah kok aku laku byk promo di playleter tapi tidak ada yg bisa di gunakan terus buat apa promo itu jujur akulaku yg sekarang sungguh mengecewakan

  • 12 April 2023 - (05:03 WIB)
    Permalink

    Klo sy selalu bayar jauh sebelum jatuh tempo justru krn takut GalBay. Emang limit jadi turun tp ada rasa plong bisa lunas lebih awal Tp bbrp minggu kemudian limitnya naik lagi dan belum ada minat utk meminjam lagi

  • 12 April 2023 - (05:05 WIB)
    Permalink

    suatu hari akan mengalami=
    1. tdk bisa login, mau bayar jadi tdk bisa dan diteror dc.
    2. sudah dibayar lunas tapi di sistem belum terferivikasi, hingga dianggap blm masuk uangnya, akhirnya jadi bulan2an dc.
    3. ketika ada masalah di aplikasi eror, lapor cs tdk ditanggapi atau cuma lempar sana sini, hingga suruh menunggu berminggu2 dan masalah mulai dr awal lagi (blunder).
    4. ketika mau bayar lupa, duit tdk ada atau kepakai buat keperluan lain

  • 12 April 2023 - (05:14 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk
    Naikin limit hutang buat apa?
    Kalau buat mobilitas dan travel dsb, lebih baik cc ajah. Pinjol mah ga guna.

  • 12 April 2023 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Aku laku bagus bgt, tapi nih demi zat Allah SWT,, saya kena korban dihipnotis,intiny modusny speak daftarin ojek online (saat itu saja ojek on-line grabbike). Nah taunya masuk ke aku laku ambil HP dan cairin dana pinjol 1,5jt,, (dikirain daftar ojek online gitu begitu) nah total 5jtan,, dan dituduh saya yg nyolong, malah hp saya dicolong trus diancem piso, akibatny bansos online KTP saya rusak, giliran beneran butuh buat modal kerja,malah GK tembus2, ada org 6 bulan GK pegang duit masih hidup? Saya 6 bulan gara2 ulah tuh org GK bisa ngelamar kerja, GK ada HP,,nelpon temen sodara GK bisa,, akulakuny platform ny udah keren, saya dari SMP 10tahun lalu khen tau perjalanannya dari paltform kecil, skrg booming,, good job! Dan terus maju, kampret kecil kalo GK dipenjara di bunuh aja tumbal buat penguasa, biar Indonesia makin maju..

  • 12 April 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Cara yang udah anda lakukan udah umum soalnya.. Sistem sudah bisa membaca.. Kebanyakan cara begitu HIT and RUN..

    Cth 300rb byr 400rb rugi 100rb
    900rb byr 1jtan rugi 100rban
    Dan seterusnya.. Dengan harapan limit akan terus naik..
    Begitu limit dikasih 3jt 5jt dst.. Kabur GALBAY… Aplikasi pinjol sudah bisa membaca modus seperti ini.. Walaupun mgkn anda tdk berniat tp modusnya sama dengan yg berniat dan mayoritas caranya seperti ini di pinjol.. Mgkn bs lebih natural kalo mau naik limit…
    Beli token listrik, bayar.. Beli pulsa.. Beli jepit rambut.. Vakum beli lagi akan terlihat lebih REAL penggunaannya..

  • 12 April 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Mas nya lucu, Srimulat mah kalah.
    Lagian maruk banget jadi orang, pengen naikin limit dengan instan tapi yang ada malah kena zonk, btw mantep mas, rasakan kemurniannya.

  • 12 April 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Judulnya gak ngotak….. Wkwkwkw…..
    Udah tau kalau hidup di era digital itu keras, masih juga pakai cara2 kayak gini. Ini mah udah basi,,,sistem di pinjol mana pun bisa mendeteksi cara beginian. Kalau mau trik nya sini saya kasihtau….

  • 12 April 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Jangan pinjam di aku laku pak,gak akan dapat duit gedde…mending pinjam di showroom motor,..motornya sama bpkbnya bawa…bilang aja tukar ama duit…aman ..pak di jamin gak akan ada DC yang neror

  • 13 April 2023 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Emang gak jelas kok AKULAKU, apapun masalahnya, solusi cuma belanja di apk dgn cara cash…
    Tapi gak pernah slsai masalahnya, aneh!!

  • 13 April 2023 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Manusia bijak muncul, bukan komen soal yang dikeluhkan, malah komentarin utngnya, yang ngutang siapa, yang sok pusing siapa, emangnya ts bikin surat ini buat ente? Kenapa jadi pada sewot, ini media konsumen, coba komentar cerdas dikit sesuai topik, jangan dungu terus, kalau punya pendapat soal yang dipersalahkan ts silakan komen, kalau gak punya ya diem ja, soal utang atau gak utang bukan urusan ente, si jgan bloon komen

  • 14 April 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Emang bs wkwkwkwk.. Bikin headline cerita gini bisa.. Bikin content ajaa hasilin duit drpd mikir cari utangan duit. Ada2 ajaa..

  • 15 April 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Saya setiap hari dispam WA Allobank dikasih limit kredit 16 jt aja ga mau berurusan dgn pinjol. Serem takut ga kebayar hidup dikejar-kejar utang. Selagi masih bisa dibeli lebih baik jgn berurusan dgn pinjol, klo sudah kejebak hutang pusingnya tujuh keliling

  • 15 April 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Terimakasih atas komentarnya..
    Saya hanya cerita yg saya alami..
    Komentar anda yg anda lontarkan itu itu jawaban balasannya di alam lain..

  • 16 April 2023 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Memang betul sih di era di gital ini memang keras tapi ada juga yang lembeknya kerasnya ya itu banyak yg terjerat pinjol segala jadi abis.bukan tambah kaya malah tambah payah.lembeknya bisa klik langsung jadi.kalau pinjol kedepannya di tutup kedepannya indonesia apakah tambah amburadur atau kah masyarakatnya tambah maju atau maju mundur cantik

  • 17 April 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    gini aja nulis surat pembaca.
    hadehh…
    dah sana pakai aplikasi lain spt adakami, kredit pintar, dsb

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 80 komentar sampai saat ini..

Kerasnya Hidup di Era Digital

oleh Ibrahim dibaca dalam: 1 menit
80