Masalah Pengembalian DP oleh PT Esok Harapan Bangsa

Pada tanggal 1 April 2023, saya melakukan transaksi pembayaran DP ke PT Esok Harapan Bangsa, untuk mengambil franchise usaha es dawet (kamudawet.com). Saya tertarik, setelah melihat di iklan karena ada promo dari Rp6 juta menjadi Rp4,5 juta.

Namun yang tidak diduga adalah, DP yang saya transfer kemudian tidak bisa dikembalikan, karena saya tidak jadi berbisnis es cendol dawet. Saya kemudian memberitahu tim marketing dia untuk membatalkan DP, yang sudah saya kirim. Namun tim marketing mengatakan, bahwa DP yang sudah masuk tidak bisa dikembalikan.

Saat awal pembicaraan, tim marketing tidak memberitahukan kepada saya bahwa jika seandainya batal maka DP tidak bisa dikembalikan. Saya juga tidak melakukan MOU atau menandatangani persetujuan bahwasanya DP tidak bisa kembalikan. Sebelumnya mereka juga tidak memberitahu calon konsumen terlebih dahulu soal SOP terkait transfer DP. Setelah saya ingin batal baru mereka bilang bersandarkan SOP DP tidak bisa dikembalikan.

Namun hari ini ada follow up dari salah satu tim marketing mereka, terkait akan diteruskannya bisnis ini apabila ada pembayaran lanjutan. Saya kemudian mengatakan bahwa saya ingin batal dan tolong DP dikembalikan. Jawabannya sama saja dengan yang sebelumnya. Karena saya terus mendesak, akhirnya pihak yang menghubungi saya mengatakan dia akan membantu pengembalian DP bulan depan, tentunya dengan potongan.

Kok ada perusahaan yang pengembalian DP karena tidak jadi harus dipotong dan harus tunggu bulan depan? Memangnya kalian itu tidak mikir, kalau kamu memotong DP orang tanpa saya mendapatkan sesuatu, apa bukan namanya korupsi? Apakah reputasi perusahaan Anda cuma sebatas Rp 1 juta ya?

Eddy Suwito
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

73 komentar untuk “Masalah Pengembalian DP oleh PT Esok Harapan Bangsa

  • 17 April 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    “Kok ada perusahaan yang pengembalian DP karena tidak jadi harus dipotong dan harus tunggu bulan depan? Memangnya kalian itu tidak mikir, kalau kamu memotong DP orang tanpa saya mendapatkan sesuatu, apa bukan namanya korupsi?”

    Jawabannya, adaaaaaaaaa banyaaaaaak
    Perusahaan ;
    Developer rumah
    Dealer motor/mobil (beberapa)
    Usaha franchise lainnya
    Advertising

    Macem2 dah.

    Mungkin nextnya minta MoU atau syarat2 dan ketentuannya kalo mau mulai usaha franchise bang sebelum ke proses payment.
    Moga cepet beres dah.

    13
    2
    • 18 April 2023 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai karyawan developer ketawa melihat ini. Dia blm tau aja bahwa potongan DP dkantor saya bisa sangat besar ;D bahkan klo baru tanda jadi tidak bisa direfund. 10 juta hangus. Tapi tentu ada peraturan tertulis. tp potongan DP itu umum banget. wkwkwk

      8
      1
  • 17 April 2023 - (22:39 WIB)
    Permalink

    .uda biasa dp di potong .. tf aja kena admin . .coba beli motor bekas kasi dp..minta balik penuh gk bklan dikasih minimal di potong buat bensin dan rokok

    6
    1
    • 18 April 2023 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Itu namanya kamu tidak tahu hak konsumen, belajar ya hak konsumen itu gimana dari YLKI kalau kamu dirugikan kamu bole lapor YLKI

      0
      25
      • 19 April 2023 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Oi mas penulis.. Dikasi tau malah ngeyel, namanya DP emang ada potongan, sebagian malah ga bs balik. Kecuali klo beli motor trus motornya ga ada ya itu kesalahan dia. DP harus balik. Lah klo transfer trus tiba tiba ga jadi jualan dan minta balik itu kan kesalahan ada di penulis.. Udah bagus dibalikin dengan potongan. Kok malah teriak teriak hak konsumen dan maki maki orang, sana dinginkan kepala dulu. Duit emang lg susah, ekonomi lg berat tp bukan alasan untuk belaga bodoh

        3
        1
  • 17 April 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), ada pasal yang menyebutkan DP tidak bisa dikembalikan ya… (maaf kalo salah silahkan dikoreksi).

    DP itu kan sebagai tanda jadi (jaminan untuk mendapatkan barang dalam transaksi).
    DP bisa dikembalikan (utuh atau sebagian) KALAU ADA “kesepakatan untuk PENGEMBALIAN DP jika transaksi dibatalkan”. Jadi, kalau TIDAK ADA, ya berarti tidak dapat dikembalikan.

    Sepertinya logika TS terbalik… menurut TS karena tidak ada pernyataan “bahwa DP tidak bisa dikembalikan”, maka pembatalan transaksi “harus mengembalikan DP secara utuh.”

    10
    0
    • 18 April 2023 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Hah? Tidak ada kesepakatan pengembalian tidak bisa dikembalikan? coba baca artikel saya ya tidak ada kesepakatan DP tidak bisa di kembalikan artinya DP wajib di kembalikan karena tidak ada perjanjian tertulis mengenai DP tidak bisa di kembalikan. Logika kamu yg terbalik geblek

      0
      21
      • 18 April 2023 - (11:56 WIB)
        Permalink

        Memang ADA kesepakatan tertulis antara kamu dengan pihak PT itu?
        Kesepakatan yang menyatakan bahwa “Kalau terjadi pembatalan, maka DP dikembalikan secara utuh?”
        Kalau tidak ada, dari sisi logika hukum yang berlaku adalah apa yang sudah tercantum dalam Kitab hukum UU (pidana atau perdata).

        Sama seperti pencurian. Mengambil barang orang lain adalah tindakan pencurian (tercantum dalam KUHP).
        Kalau kamu parkir motor di minimarket (misalnya), tidak perlu memberikan pernyataan tertulis “Dilarang mengambil motor saya”. Orang yang mengambil, akan kena pasal pencurian.
        Tapi…. kalau anda ingin siapapun boleh mengambil motor tsb, maka perlu Anda berikan tulisan “Saya Izinkan untuk mengambil motor ini”.
        Ini yang dimaksud logika hukum.

        Kamu ini sepertinya tidak terbiasa dalam diskusi soal argumentasi hukum ya (minimal sebagai masyarakat yang terikat dalam UU Hukum) .
        Kalimat “Logika terbalik” berasa seperti menghina dan menyebut kamu bodoh,
        kamu jadi ngegas sehingga menyebut orang lain dengan kata geblek… 🙂
        atau memang etika kamu dalam merespon orang lain yang perlu diperbaiki?
        Semoga kamu terbiasa dengan istilah “Logika hukum yang terbalik” ya.
        🙂

        11
        1
        • 19 April 2023 - (19:13 WIB)
          Permalink

          Sabar bro kayak yang penulis tulis di chatnya dia baru aja abis main bitcoin… Jadi yah otaknya gak bisa mikir logis buktinya di main dp tanpa musyawarah ke keluarganya waktu kakaknya gk mau bantuin dia minta balik DP nya… Jelas2 waktu ambil keputusan gak di pikirin mateng2 maen bayar DP aja tanpa perencanaan mateng2
          Sabar bro mungkin dia masih stress???

          • 19 April 2023 - (20:26 WIB)
            Permalink

            Siap mas bro! 🙂 ?

        • 19 April 2023 - (19:28 WIB)
          Permalink

          Dibalik aja om , kedua belah pihak tidak ada kesepakatan soal DP bisa di kembalikan atau tidak . SOP perusahaan mengatakan tidak bisa di kembalikan , tetapi customer service tidak menyebutkan itu, dia hanya menawarin mau mengamankan DP atau tidak. Ts tergiur sesaat dan tidak pikir panjang. Pertanyaan kalau ts tidak tahu soal sop perusahaan dan customer service juga tidak kasi tahu SOP jadi salah siapa ?

      • 18 April 2023 - (18:21 WIB)
        Permalink

        Makanya karna tidak ada kesepakatan, maka berlaku pasal yg ada di UU tsb. Dimana DP tdk dpt dikembalikan apabila kamu membatalkan

        5
        1
    • 18 April 2023 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Ini gua copy paste UUD KUHP soal DP kamu baca baik baik ya

      Bisakah DP Hangus Jika Tidak Melunasi Sisa Pembayaran?
      Pengaturan mengenai down payment (DP) atau uang panjar mengacu kepada Pasal 1464 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”)yaitu:

      Jika pembelian dilakukan dengan memberi uang panjar, maka salah satu pihak tak dapat membatalkan pembelian itu dengan menyuruh memiliki atau mengembalikan uang panjarnya.

      Maka atas dasar itu, surat perjanjian yang dibuat oleh pihak pembeli dengan pihak penjual rumah, yang menyatakan bahwa DP akan hangus jika pembayaran tidak dilunasi adalah sah demi hukum sesuai syarat di Pasal 1320 KUH Perdata.

      (Pake surat perjanjian jual beli bos)

      12
      • 18 April 2023 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Kamu baca gak kalimat yg di pasal ini “Jika pembelian dilakukan dengan memberi uang panjar, maka salah satu pihak tak dapat membatalkan pembelian itu dengan menyuruh memiliki atau mengembalikan uang panjarnya. Disitu disebutkan jika salah satu pihak membatalkan maka pihak itu tdk dpt menyuruh memiliki atau mengembalikan uang panjarnya. Itu berlaku klo tidak ada perjanjian sebelumnya perihal uang dp itu. Jelas kok itu.kamu kan gak ada perjanjian pengembalian bearti gak dpt diminta balik.karna berlaku Pasal di UU itu.

        4
        1
      • 19 April 2023 - (19:19 WIB)
        Permalink

        Wait bos coba baca dulu bos yang bener
        Jika pembelian dilakukan dengan memberi uang panjar, maka salah satu pihak tak dapat membatalkan pembelian itu dengan menyuruh memiliki atau mengembalikan uang panjarnya

        Ada kata mengembalikan bos.. jadi yah yang namanya DP jelas angus dong bos… Jadi gini yah bos saya bantu jelasin…
        Jadi menurut tulisan di atas kalau misalkan ente yang batalkan secara sepihak otomatis dp hangus dan ente gak berhak untuk terima DP nya lagi bos karena itu kan tanda jadi… Sedangkan ente gak jadi franchisenya bos otomatis yah ente gak bisa minta dp nya balik
        Begitu juga kalau misalkan pihak pt yang ngebatalin sepihak karena misalkan bahan baku kurang atau daerah rencana ente dagang memang ada franchise yang sama otomatis dp harus di balikkan karena kan pihak pt yang ngebatalin
        Mangkanya tulisan salah satu pihak tidam dapat membatalkan itu untuk mengikat perjanjian bos.. tulisan salah satu pihak itu bisa buat pihak pembeli atau penjual bos

    • 18 April 2023 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Kalau mau kutip uud KUHP soal DP jgn setengah setengah ya bos , harap dibaca dulu UUD KUHP soal DP yg mana bos ya jgn di sama sama in ya

      12
  • 18 April 2023 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Coba dibalik ” perusahaan mana yang mengembalikan DP” sbb DP itu tanda jadi sbg ikatan saling percaya bahwa pembeli gak akan tiba2 PHP, pesen barang tp g jd atau produsen mengalihkan barang atau jasa ke orang lain pdhl sdh di DP. Disini sdh ada kesepakatan, situ pesen ngasih tanda jadi tp ujug2 g jd. Masih bagus itu dilanjut atau dikembalikan bln depan atau kepotong.

    4
    1
    • 18 April 2023 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Nah terus DP gua di pakai apa buat mereka? Ibarat kamu punya duit trf ke teman lu buat pesan barang terus gak jadi , terus teman loe belum pesan barang yg lu pesan, bole gak di kembalikan masa DP gua jadi biaya operasional mereka , mungkin lu banak duit kali jadinya duit lu buat org lain ?

      1
      16
      • 18 April 2023 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Sy gak akan sebodoh itu. Uang dp ya siap hilang sbagian atau semua. Coba bljr dikit baca undang2 perdata tentang uang DP. Kl mereka mau bawa urusan ke hukum kamu tmbh rugi byr sidang dll. Sdh bagus itu mau dibalikin bln dpn sebagian. Atau silahkan lanjutkan perjuanganmu sampai mereka jengkel.

        3
        1
        • 18 April 2023 - (13:53 WIB)
          Permalink

          Gak usah mengajurkan orang begini begitu saya gak minta pendapat loe ketempat lain aja kalau mau koment

          11
          • 18 April 2023 - (21:15 WIB)
            Permalink

            Klo gamau dikasi saran, mending jangan post ke MK, langsung aja sono tuntut, edi edi

            6
            1
    • 18 April 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      Coba dibalik aja deh loe digituin sama orang terus besok ya lu minta batal , terus di kasi tahu Sama orgnya ngak bole batal karena sop perusahaan begitu , padahal kamu tidak di kasi tahu soal sop perusahaan dia waktu dia nelpon kamu , jadi gimnaa perasaan loe? Pernah gak kamu sumbang. 1 juta secara sukarela ke orang lain?

      11
      • 19 April 2023 - (12:17 WIB)
        Permalink

        Tanpa dikasi tau pun kita juga harus tau sistemnya gimana, jangan asal nyemplung tapi gatau boss.. minimal mah ngerti
        perasaan? kesel mah iya, tapi bukan ke sana melainkan ke diri sendiri… kenapa dibatalkan padahal udh DP??
        btw, modal ketikan mah enak bossss…
        coba ketemu langsung sama pemilik usahanya, ngangengo tuh ngomongnya ??

    • 18 April 2023 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Masih lebih baik loe diam aja gak usah koment yg bukan urusan loe

      11
    • 19 April 2023 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Ga usah di baca lengkap jg anda sdh salah. Dstu di tulis “surat perjanjian”. Ada ga surat perjanjian anda?

  • 18 April 2023 - (01:23 WIB)
    Permalink

    Justru menghindari org2 yg ingkar komitmen makanya ada yg namanya DP. Gimana sih

    4
    1
    • 18 April 2023 - (06:47 WIB)
      Permalink

      Iya betul banget..

    • 18 April 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Terus duit gua diapain kalau gak jadi , disimpan dan di pakai buat biaya operasional mereka ya? Buat bantu mereka iklan di instagram yg menghabiskan duit juta ya bos? Emank gua pemilik / pemegang saham perusahaan harus kasi duit buat operasional mereka ?

      1
      12
  • 18 April 2023 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Nyimak aja deh

  • 18 April 2023 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Habis menang bitcoin ya…. Terus di buat DP, dan selanjutnya pingin batalin bisnisnya, lain kali pikir 2 kali klo ambil keputusan

    • 18 April 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Habis menang bitcoin macam mana? Ada disebutin habis menang bitcoin? Kog oon bangat ya, ?

      0
      11
      • 18 April 2023 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Di foto terlampir SS yg kamu bagikan itu kan ada tulisan menang bitcoin. Mabuk kamu ya

        • 19 April 2023 - (09:34 WIB)
          Permalink

          ya jelas aja penulis ngamuk, kalah bitcoin tapi pada bilang menang bitcoin. macam kalah taruhan, tapi dicieciein menang taruhan. makin gondok lah ati nya

          2
          1
  • 18 April 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penulis artikel lebih lucu lagi lihat komentar anda, “belum ada peraturan tertulis” kalau belum ada peraturan tertulis artinya belum legal, kalau kamu potong DP orang tanpa ada perjanjian tertulis bawasannya DP hangus jika tidak jadi membeli! Itu disebut dengan penggelapan , ngerti gak bos? Paham hukum dikit . Kecuali ada perjanjian tertulis / MOU kedua belah pihak, cuma by phone dan tidak di sebutkan oleh customer service bahwa DP tidak di kembalikan. Budayakan baca artikel orang sebelum koment

    2
    13
  • 18 April 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Sudah syukur bro DP dibalikin dengan potongan, saya aja pernah DP 20jt beli rumah tiba2 gak jadi beli oleh pengembang dibilang tidak bisa dibalikin lagi walaupun belum ada peraturan tertulis, itu dimana2 sama aja dp mmg gak bisa dibalikian kecuali ada kesepakatan ke2 belah pihak.

    4
    1
    • 18 April 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Kalau beli rumah jelas ada perjanjian Soal DP itu kan sudah KUHP soal DP rumah

      Bisakah DP Hangus Jika Tidak Melunasi Sisa Pembayaran?
      Pengaturan mengenai down payment (DP) atau uang panjar mengacu kepada Pasal 1464 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”)yaitu:

      Jika pembelian dilakukan dengan memberi uang panjar, maka salah satu pihak tak dapat membatalkan pembelian itu dengan menyuruh memiliki atau mengembalikan uang panjarnya.

      Maka atas dasar itu, surat perjanjian yang dibuat oleh pihak pembeli dengan pihak penjual rumah, yang menyatakan bahwa DP akan hangus jika pembayaran tidak dilunasi adalah sah demi hukum sesuai syarat di Pasal 1320 KUH Perdata.

      Ini beda gak bisa di samain

      2
      10
  • 18 April 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Apabila dalam suatu transaksi jual beli yang dilakukan oleh orang yang melakukan pembayaran DP batal atau putus sebelum selesai masa transaksi, maka berdasarkan ketentuan dalam Pasal 1464 KUHPer uang DP (Down Payment) yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. Namun, dalam prakteknya juga terdapat jual beli atas suatu barang yang dilakukan melalui perjanjian secara tertulis. Dalam beberapa perjanjian terkadang mencantumkan klausul bahwa apabila terjadi pembatalan jual beli, maka pembayaran DP harus dikembalikan oleh pihak penjual. Apabila terjadi perjanjian demikian yang disetujui oleh para pihak, maka DP tersebut harus dikembalikan. Hal demikian terjadi karena perjanjian yang dibuat oleh para pihak, mengikat para pihak yang melakukan perjanjian sebagaimana asas pacta sunt servanda dalam Pasal 1338 KUHPer yang menyatakan sebagai berikut:
    Semua persetujuan yang dibuat sesuai dengan undang-undang berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Persetujuan itu tidak dapat ditarik kembali selain dengan kesepakatan kedua belah pihak, atau karena alasan-alasan yang ditentukan oleh undang-undang.
    Persetujuan harus dilaksanakan dengan itikad baik.

    6
    2
    • 18 April 2023 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Nah ini baru benar , ini smart people tidak asal koment asal baca artikel tanpa di mengerti!! Saya terbitin artikel ini supaya yg lain hati hati kalau mau DP biar gak seperti ini bukan untuk berdebat. Sebenarnya mereka mau tidak mau kembalikan DP itu hak mereka tapi logika aja apa perusahaan yg mau besar tidak mau menjaga reputasi mereka hanya karena orang salah mengambil keputusan .

      1
      11
    • 18 April 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Nah… yang jadi pertanyaan, Apakah Ada kesepakatan antara kedua belah pihak yang menyatakan “DP DIKEMBALIKAN jika terjadi pembatalan”.

      Kalau baca dari surat keluhan si TS ini, Kesepakatan PENGEMBALIAN DP justru tidak ada, tapi si TS ini pengen dikembalikan…. ini yang aneh.. 🙂
      Logika hukumnya, kalo tidak ada, maka yang berlaku adalah Pasal 1464 KUHPer itu.

      7
      1
      • 18 April 2023 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Logika nya kalau kamu tidak mengatakan DP tidak bisa di kembalikan artinya tidak ada kesepakatan DP untuk tidak dikembalikan ngerti gak loe , baca artikel yg benar om kog susah bangat kamu baca artikel ,logika jgn di bolak balik aneh bangat kamu

        • 18 April 2023 - (14:36 WIB)
          Permalink

          Jadi gini Tong…. 🙂
          Di Indonesia ini, DP (Downpaymet/Uang Panjer) itu TIDAK BISA DIKEMBALIKAN.
          Udeh.., kagak bisa ditawar… soalnya ada pasalnye, ada dasar hukumnye…
          ade di KUHPer… ntu… Buku tebel isinya aturan hukum.
          udah ada yang sharing juga buat dibaca-baca ye…

          jadi, kalo Lo pengen tu DP dibalikin… harus ada kesepakatan sebelum transaksi…
          Kesepakatan yang berlawanan dengan isi pasal soal DP di KUHPER…

          Lo bikin tu kesepakatan… Bahwa DP bisa balik.
          Tapi bikinnya sebelum transaksi (penyerahan DP)… disetujui kedua belah pihak.

          Na.. lo ini rada2 kebalik…
          Lo pikir, karena gak ada pernyataan DP tidak bisa dikembalikan,
          maka DP itu HARUS dikembalikan.
          Kan ini namanya… pemahaman keblinger… atau emang lo kagak tahu ada pasal soal DP ini di KUHPER?

          Kan gak perlu dinyatakan lagi bahwa DP tidak bisa dikembalikan… karena ada dasar hukumnya.
          Keinginan lo itu yang mestinya lo buat kesepakatannya sama ntu perusahaan , biar lo bisa terima duit kembalian DP. Itupun kalo si PT itu sepakat…
          Gitu… 🙂

          10
          1
          • 19 April 2023 - (01:42 WIB)
            Permalink

            Om lagi puasa gak om? Puasa bole berantam gak om?

          • 19 April 2023 - (11:24 WIB)
            Permalink

            @cici, kamu siapa ya? ?Itu aja dibilang berantem… Seperti orang yang gak pernah berdiskusi aja.. santai aja yah… Kamu puasa kah? ??

  • 18 April 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Sebagai pemilik usaha dan orang tua juga pemilik usaha , saya harap untuk yang baca SP ini paham. DP itu sebagai bentuk komitmen. Konsumen jika sudah berkomitmen maka pemilik usaha juga harus mulai menjalankan komitmennya. Begitu DP diterima maka pemilik usaha ini segera mulai kondolidasi agar bagaimana supaya komitmen pembeli bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Tergantung usahanya konsolidasinya bagaimana, bisa dengan mulai kontak supplier atau mulai membeli sendiri keperluan modal. Yang pasti DP itu tanda jadi, dianggap sudah pasti oleh pemilik usaha. Coba dipikirkan dulu , sedikit banyak pasti sudah repot penjual untuk memenuhi komitmen Anda. Jadi sewajarnya DP itu tidak bisa dikembalikan ,yang itu juga sudah diatur di KUHP.
    Kalau TS sudah bebal, ga mungkin bisa dibilangin. Semoga yang baca artikel ini bisa ya memahaminya.
    Itu chat banyak sekali yang dihapus, ancaman dan makian apa aja yang dilontarkan TS ke pemilik usaha ?

    • 18 April 2023 - (13:29 WIB)
      Permalink

      Betul kak, jadi misalnya penjual kue dpt orderan, dikasih DP pasti dipake buat beli bahan2. Kuenya memang blm jadi, tp bahan udh dibeli, trs tiba2 yg udh DP ini mau batalin, ya penjual gak bs maksa utk tetap beli, tp DP jg gak bs dibalikin, kalo bs dibalikin keenakan bngt, pesen2 gak mikir panjang, bisnis org lain kok kyk pengen nyoba2 doank.

      • 18 April 2023 - (13:46 WIB)
        Permalink

        Analogi yg salah,kalau soal bahan dia sudah ada mereka supply untuk semua konsumen dia , ini gak sama dengan kamu pesan dari pedagang kecil yg dia harus ikuti pesanan/orderan yg kamu order. Ngerti gak? Kalau perusahaan besar mereka selalu ada bahan baku , dan jumlah bahan baku yg mereka sediain tidak tergantung dldari jumlah orderan yg masuk, tapi mereka sudah ada kuantiti minimal perbulan ngerti gak loe

        1
        12
        • 18 April 2023 - (14:43 WIB)
          Permalink

          Wkwkw…susah emang ngomong sm org gak ngerti etika bisnis. Sy kerja di bagian purchasing di maskapai, udh makanan sehari2 buka PO ke perusahaan besar, seperti Bogasari, Wilmar dll, walaupun gak pake DP, kalo sy udh forecast orderan per bulan, gak bs main cancel, karna produsen jg punya yg namanya production plan, bahan baku udh disiapin sesuai forecast customer, kalo batal gak segampang itu mengalihkan ke customer lain, karna semua customer udh ada forecast masing2 pak. Iya kalo kebetulan ada customer yg bs tampung produk yg batal kita ambil, kalo nggak? Kasian atuh salesnya disuruh bayarin.

          10
          • 18 April 2023 - (14:54 WIB)
            Permalink

            Disyukuri saja ga jadi buka bisnis, karakternya ga cocok buat buka usaha. Rejekinya di bidang yang lain.

          • 18 April 2023 - (18:26 WIB)
            Permalink

            Memang gak paham aslinya itu TS.

          • 19 April 2023 - (19:25 WIB)
            Permalink

            Etika bisnis itu mata pelajaran kuliah bukan? Dimana ada pelajaran etika bisnis di ajarin di universitas mana dek ,coba sebutin , anak saya kuliah di UPH business School saya tanya dia gak ada mata pelajaran namanya etika bisnis , atau lu yg ngarang sendiri?

    • 18 April 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Gimana gimana kog jadi berasumsi , dihapus karena itu chat pribadi ok

  • 18 April 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Bitcoin abis, lu kena liquid terus yaaa? Kwkkwk

    • 18 April 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Wow jadi nyindir orang ni ye , luar biasa ya

  • 18 April 2023 - (13:25 WIB)
    Permalink

    melihat2 komentar penulis, rasa2nya sy bersyukur kalo dp tidak dapat dikembalikan. hihihi sorry to say

    9
    1
    • 18 April 2023 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Lebih baik tidak beragama / atheist, daripada mulut kayak comberan, tak punya etika, mau menang sendiri.
      ga ada yg suka sama statement lu. what a pity. pathetic

      • 18 April 2023 - (18:28 WIB)
        Permalink

        Iya, kasihan ya, stress akut tuh. sukur2 ga gantung diri.

    • 19 April 2023 - (12:24 WIB)
      Permalink

      jelas lah.. liat OP nya kayak gitu saya juga jadi pingin ikut bully..

  • 18 April 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Ketahuan kan hari kamu seperti apa , saya udah sifat orang Indonesia , anti kritik seperti yg terjadi sama tiktokker gak heran gua sama sifat bangsa Indonesia yg sudah kena penyakit hati , luar biasa. Saya tidak mengharapkan duit saya kembali . Kalau saya mengharapkan duit saya kembali gak bakal saya nulis di sini , tujuan saya nulis disini bukan berharap duit saya kembali.

    • 18 April 2023 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Apa saya yang salah baca yah?

      ***Saya tidak mengharapkan duit saya kembali . Kalau saya mengharapkan duit saya kembali gak bakal saya nulis di sini , tujuan saya nulis disini bukan berharap duit saya kembali***

      Jadi berharapa dong?

      Ini sangat kontradiksi dengan tulisan TS. Ini tulisan yang saya kutip dari atas.

      **Saya kemudian mengatakan bahwa saya ingin batal dan tolong DP dikembalikan. Jawabannya sama saja dengan yang sebelumnya.**

      • 19 April 2023 - (10:13 WIB)
        Permalink

        wkwkkw kocak emang padahal di SP minta uang balik eh tapi di komen ini ngakunya malah sebaliknya wkwkwkw

      • 19 April 2023 - (10:13 WIB)
        Permalink

        ya begitulah kalo orang stress habis kalah bitcoin nya, ciri2nya sudah jelas: plin plan saat DP, suka berkata kasar, underestimate orang ga tau hukum, mau menang sendiri dgn pendapatnya, ga terima pendapat orang, pendapat orang dig0bl0k2in, sampai ngatain orang ga punya agama / menyembah berhala.
        saya jd prihatin..

  • 18 April 2023 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Cebi stress ngamuk2, balik ke kolam dulu biar adem pala lu eddy cebi

    3
    1
    • 18 April 2023 - (18:29 WIB)
      Permalink

      buat admin MK, tunggu apalagi, banned lah akun yg ky gini, gila bahasanya.

    • 19 April 2023 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Sama sama.tinggal di wakanda jangan ribut ya apalagi ini bulan puasa coy, dosa kamu nyinyir orang ingat kata nabi jgn sudzhon dan menghina orang siapa tahu orang yg kamu hina adalah junjungan mu !

      • 19 April 2023 - (13:43 WIB)
        Permalink

        @Cici, profil pict kamu pake fotonya artis dangdut itu ya.. 🙂
        Gimana,
        – udah dapet izin untuk penggunaan foto nya?
        – atau foto itu emang udah masuk dalam kategori public domain?
        Kalau semua jawabannya “Tidak”….
        kamu kayak orang yang memberi nasehat ke orang yang sedang berbikini untuk pake baju, tapi kamunya lagi telanjang…
        Pake baju yang bener/bagus dulu ya…
        hehhe.. 🙂

        1
        2
  • 18 April 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    @Eddy
    Hmmm kl menurut saya ya, biasanya kalau DP itu gak bisa refundable.

    Tergantung kebijakan kepada masing-masing perusahaan (vendor).
    Saya lihat dari attachment screenshoot dari marketingnya akan mengusahakan refund DP dengan adanya potongan. Biasanya potongan administrasi. Nah besarnya potongan ini yg belum diketahui nilainya dari DP itu berapa.

    Ini saran saya, terima aja kebijakan mereka untuk pemotongan DP nya, negosiasikan ke mereka jangan besar-besar. Lumayan nanti sisa DP nya yg diterima untuk modal usaha yg lain yg lebih nge-pas sama feeling si mas nya.

    Dalam hal memulai suatu bisnis yg perlu diperhatikan adalah kuatnya feeling. Meski modal banyak tapi feeling gak kuat, gak bakal lama bisnisnya.

    Saya ada tips, cari info di daerahmu potensi usaha apa yg bisa digali. Minta info ke dinas koperasi & umkm terdekat baik kota maupun provinsi. Buat modal usaha tp duit pas2an? Mereka bisa bantu modal & pendampingan ?. Soalnya negara sudah mengalokasikan dana untuk umkm.

    Ok sy doakan semoga cepat selesai urusannya.

    • 19 April 2023 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Makanya jangan berusaha di negara wakanda , wellcome to the jungle baby, ??? wakanda bentar lagi bakal perang saudara kaya di Sudan , semoga rakyat wakanda selalu sehat sentosa bisa menjalankan ibadah , jgn sampai wakanda terpecah belah akibat beda pendapat di MK , Puasa gak boleh nyinyir ya guys , ingat menahan lapar itu wajib, menahan dosa akibat nyinyir lebih bagus lagi ya

  • 19 April 2023 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Buat Mas @Eddy emang lose bitcoin berapa sih sampai stress kek gini. Saran saya lain kali kalo abis terima bansos gak usah ikut2an trading deh biar kalo kalah/rugi gak stress mikirin beli beras kek sekarang. Semoga DP nya bisa balik maksimal 20% yaa

  • 19 April 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Namanya DP artinya itu ada komitmen anda untuk membeli atau mendapatkan sesuatu. Kalau anda batal ya anda kehilangan DP karna gak semua perusahaan punya regulasi DP masuk dan kalau batal dari klien sendiri maka bakal dikembalikan…. Kecuali perusahaan yg membatalkan bisa DP anda dikembalikan

    • 19 April 2023 - (19:20 WIB)
      Permalink

      DP itu singkatan dari down payment , definisi DP belum bisa di sebut sebagai komitmen , komitmen terjadi kalau ada penandatangan MOU (memorandum of understanding) atau surat perjanjian / pakta integritas , jika belum ada berarti kedua belah pihak belum ada komit untuk terikat dalam suatu perjanjian

  • 19 April 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Mediakonsumen sepertinya kurang baik dalam menyeleksi surat yg masuk.. Surat kaya begini masa diterbitkan.. Penulisnya aja model begini.. Hadeh.. Kemana aja bang selama ini? Hidup di gua? hehe

Masalah Pengembalian DP oleh PT Esok Harapan Bangsa

oleh Sotoy Kamu dibaca dalam: 1 menit
73