Surat Pembaca

Rekening Bank Permata Saya Dibobol 5x dalam 3 Menit Tanpa Dimintai OTP!

Saya Sherla, nasabah PermataBank dengan nomor rekening 98******99. Pada hari Jumat tanggal 28 April 2023 pukul 22.04, saya menerima SMS notifikasi bahwasanya ada transaksi pendebitan sebesar Rp842.225. Mengetahui bahwa rekening saya telah dibobol, saya langsung menelepon ke CS Bank Permata dan meminta agar rekening saya diblokir.

Pemblokiran memang telah berhasil dilakukan. Namun sebelum diblokir, pelaku sudah melakukan 4x transaksi lagi dengan nominal yang sama Rp842.225, yang totalnya sebanyak 5 transaksi, dengan total nominal Rp4.211.125.

Yang saya pertanyakan adalah, mengapa transaksi-transaksi tersebut bisa berhasil didebit tanpa OTP? Lantas apa gunanya OTP jika transaksi bisa lewat begitu saja tanpa OTP?

Sepatah masukan untuk Bank Permata, mohon dibuatkan hotline untuk permintaan pemblokiran kartu, sehubungan dengan waktu tunggu yang cukup lama sebelum saya bisa terhubung langsung dengan CS Permata. Rekening saya dibobol 4x ketika menunggu! Begitu juga dengan sistem keamanan yang sangat mudah dibobol.

Mohon agar tim Bank Permata dapat segera melakukan pengecekan dan melakukan refund ke rekening saya.

Sherla Fongky
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Sherla Fongky

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Sherla Fongky, berjudul “Rekening Bank Permata saya dibobol 5x dalam 3 menit...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Maaf kak, sbnrnya kalo mau cepat bs blokir sendiri lewat PermataMobile X, gak pake nunggu2 langsung gak bs dipake lg kartunya.

  • Seingat saya dulu saat pertama kali pembukaan rekening bisa via aplikasi sempat terjadi pembobolan masal pada rekening nasabah Permata untuk transaksi di luar negeri dan banyak sekali yang kena termasuk saya hingga permata harus merefund byk transaksi yang bermasalah itu. Entah bocor dari mana, apa pembukaan rekeningnya via aplikasi?

  • Saran nih buat mbanya, untuk transaksi online usahakan jangan menggunakan debit secara langsung, coba gunakan virtual card/prepaid card (contoh jenius punya) jadi diisi sesuai yang mau dipakai, walaupun bobol ga langsung ke rekening utama. Atau gunakan dompet pihak ketiga seperti gopay,dana,ovo atau linkaja, isi sesuai jumlah belanja kita, ini salah satu cara meminimalisir pembobolan.

    Kemudian, setiap mendapat kartu debit baru, usahakan hanya anda saja yang memegang, jangan pernah kasih ke orang lain, walaupun tidak anda kasih tahu pin kartu debit tersebut, hindari/periksa edc yang mencurigakan.

    Semoga bermanfaat

    • bank permata di bobol untuk transaksi tersebut sangat sulit.kemungkinan dari pihak ke 2 yg di bobol.berharap uang bisa kembali sulit.tutup akun solusi terbaik

  • Permata emng parah sih, gua mau masuk mbanking aja kaga bisa, krn verifikasi wajah gagal mulu. Padahal itu mbanking punya gw sendiri

    • Permata ga pernah pake verifikasi wajah deh
      Saya pake permata mobile X buat payroll dan deposito ga pernah tuh pake verifikasi wajah
      Cukup user id dan password doang

  • Albert kerja di permata ya ? Tahu tidak systrm permata terjelek .saya mau akses sudah masukkan semua user id dan password ,sukses .eeh begitu mau ke fave wajah puluhan kali tidak bisa .akhirnya rek saya tetap bisa masuk..aneh .kan ?

    • Kayanya permata ga pake verifikasi wajah deh tinggal masukin user id dan password!!soalnya saya payroll pake permata dan selalu pake permata mobile X
      Bahkan proses ganti hp aja cukup pake otp dan user id ga pernah ada verifikasi wajah

  • ini dari luar ya kayaknya emang gak pake otp

    Saya juga pernah transaksi di LN cuma butuh nomor kartu dan cvv.

    Kemungkinan nomor kartu ini udah terbobol

    Dan kalau begitu, kalau kita tidak awas, mau di bank manapun sama aja

    Solusinya :
    1. Ganti nomor kartu
    2. Jaga kerahasiaan nomor kartu dan cvv, dan PIN
    3. Jangan pernah menyimpan data kartu pada browser atau toko/merchant online yg menawarkan pembayaran melalui kartu kredit/debit spt Paypal misalnya

    • iya memang agak berisiko kalo bank membuka akses debit online, mungkin saat ini bisa dialihkan gpn dulu jangan visa/master

  • itu transaksi ke onlydomains tuh, coba lapor aja ke onlydomains untuk ngelacak siapa yang gunain atm agan

    siapa tahu duit bisa kembali

  • Izin nyimak, agak unik juga dan saya masih ragu juga
    Transaksinya dimana itu bisa dijelaskan?

    Terus apakah sebelumnya kena install 2 apk yang aneh gitu di whatsapp Group?

  • cuma mau kasitau aja, ga hanya tjd d bank permata, tp semua bank yg bekerja sama dgn visa/mastercard, kalo data2 anda sudah bocor: (nomor kartu, exp date, 3 angka CVV), maka siap2 saja akan ada pembobol kartu anda.
    transaksi internasional ga perlu otp, seperti transaksi di google play / purchase game online, tiket di agoda dll