Surat Pembaca

Rekening Bank Permata Saya Dibobol 5x dalam 3 Menit Tanpa Dimintai OTP!

Saya Sherla, nasabah PermataBank dengan nomor rekening 98******99. Pada hari Jumat tanggal 28 April 2023 pukul 22.04, saya menerima SMS notifikasi bahwasanya ada transaksi pendebitan sebesar Rp842.225. Mengetahui bahwa rekening saya telah dibobol, saya langsung menelepon ke CS Bank Permata dan meminta agar rekening saya diblokir.

Pemblokiran memang telah berhasil dilakukan. Namun sebelum diblokir, pelaku sudah melakukan 4x transaksi lagi dengan nominal yang sama Rp842.225, yang totalnya sebanyak 5 transaksi, dengan total nominal Rp4.211.125.

Yang saya pertanyakan adalah, mengapa transaksi-transaksi tersebut bisa berhasil didebit tanpa OTP? Lantas apa gunanya OTP jika transaksi bisa lewat begitu saja tanpa OTP?

Sepatah masukan untuk Bank Permata, mohon dibuatkan hotline untuk permintaan pemblokiran kartu, sehubungan dengan waktu tunggu yang cukup lama sebelum saya bisa terhubung langsung dengan CS Permata. Rekening saya dibobol 4x ketika menunggu! Begitu juga dengan sistem keamanan yang sangat mudah dibobol.

Mohon agar tim Bank Permata dapat segera melakukan pengecekan dan melakukan refund ke rekening saya.

Sherla Fongky
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Sherla Fongky

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Sherla Fongky, berjudul “Rekening Bank Permata saya dibobol 5x dalam 3 menit...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Data kartu debet atau kredit anda bocor tuh. Transaksi di merchant tertentu memang tidak perlu otp, cukup dengan nomor di depan dan nomor di belakang. Ini bisa terjadi pada bank apa pun, selama nomor kartu tidak dijaga dengan baik.

  • Saya jugak pernah gitu.. Karena kelalaian nomor kartu, tahun dan no cvv ke kasih sama penipu.. Akhirnya lapor sma permata bank, ganti kartu.. Dan selesai.. Sekarang aman permatanya..

  • Update terkait surat dan keluhan saya terhadap bank Permata :

    pada tanggal 9 Mei 2023, bank Permata telah menghubungi saya kembali (setelah saya isi dan kirimkan Surat Pernyataan Penolakan Transaksi kepada cs bank Permata) dan menginformasi, dikarenakan proses pengecekan ke pihak Visa yang akan memakan waktu agak lama (max 21 Juni 2023) , pihak bank Permata akan menggunakan dana talangan untuk refund yang bilamana melalui hasil pengecekan visa dan disimpulkan bahwasanya saya yang melakukan transaksi tersebut , maka dana tersebut akan ditarik kembali.

    Hari ini , tanggal 10 Mei 2023, setelah saya lakukan pengecekan mutasi rekening , dana sebesar Rp.4.211.125 dari bank Permata telah dikirimkan kembali ke rekening saya.

    Terima kasih kepada Bank Permata yang sangat cepat tanggap terhadap keluhan nasabah dan menyelesaikan masalah.

    Tidak lupa juga saya berterima kasih kepada pihak Media Konsumen yang telah membantu saya dan juga teman-teman yang telah memberi doa dan masukan-masukan yang sangat membantu.

    Regards,
    Sherla

    • Handphone dicuri 2x dipakai buat top up gopay udah lapor cs malah nasabah juga yg salah bisa bobol password pin ma otp canggih kali maling sekarang, mana ada tanggapan bakal dibalikin, cs nya nggas doank gak mao kalah ngomongnya.

  • cuman mau bagi pengalaman saja
    saya gk pernah pake bank Permata (jadi gk tahu ada fitur non aktifkan transaksi internasional nya atau enggk)

    tp saya punya aplikasi dr Bank Lain..
    ya kalau saya aktifkan transaksi internasional, saat saya belanja di E-commerce luar negeri emang tanpa OTP.
    dan berhasil terdebit. tp sms pemberitahuan transaksi tetap masuk

    Namun kalau saya tidak aktifkan transaksi internasional maka saya gk bisa melakukan pembayaran utk e-commerce luar negeri.

    kalau jarang/tidak pernah belanja diluar Negeri mending transaksi internasionalnya di nonaktifkan saja