Surat Pembaca

Akun Shopee Dibekukan, Sudah Hubungi Lewat Email dan Telepon Sampai 7 Kali tapi Tidak Ada Kepastian

Dear Admin,

Saya pemilik akun Latopia Modern Furniture sudah lebih dari 1 bulan akun kami diblokir dengan alasan

“Dapat kami informasikan, akun anda dibatasi karena kami menerima laporan sebelumnya dari Pembeli pada pesanan 230320VCT4Y9TB Nominal Rp1,543,776 yang menginformasikan jika belum menerima pesanannya.

Sebelumnya kami menerima laporan dari pengguna shopee terkait adanya pesanan yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, kami sangat menyarankan Anda untuk menyelesaikan permasalahan terlebih dahulu dengan pelapor dan silahkan lampirkan bukti percakapan atas kesepakatan dengan pelapor mengenai kendala tersebut.”

Kami bergerak di bidang furnitur dengan volume produk yang cukup besar. Namun, sistem Shopee tidak memiliki sistem pesanan di mana produk bisa dikirimkan oleh penjual sendiri seperti di marketplace lainnya.

Oleh karena itu, kami mengirimkan invoice terlebih dahulu dan unit produk kami kirimkan setelah invoice diterima oleh pelanggan. Jika unit belum diterima oleh pelanggan, kami menganjurkan untuk mengajukan komplain sebelum unit tersebut diterima. Namun, sebelum kami mengirimkan unitnya, akun saya diblokir oleh pihak Shopee. Oleh karena itu, kami tidak bisa melihat status pesanan komplain tersebut. Akibatnya, kami membatalkan pengiriman produk karena status pesanan tidak jelas.

Namun, ada beberapa unit yang sudah diterima oleh pelanggan dan dana sudah masuk ke saldo akun penjual. Kami khawatir ada beberapa dana yang sudah masuk ke saldo penjual padahal produk belum kami kirimkan. Hal ini menjadi kendala karena akun kami sudah diblokir oleh pihak Shopee.

Saya berharap pesanan yang sudah saya kirimkan unitnya dan dana sudah masuk ke saldo penjual bisa dicairkan sebagaimana hak kami. Selain itu, saya berharap akun bisa dipulihkan agar pesanan yang belum saya kirimkan dan dana sudah masuk ke saldo penjual dapat saya selesaikan. Saya bertanggung jawab atas hak-hak pelanggan.

Sudah saya ajukan permohonan pemulihan akun melalui email, namun belum mendapatkan penyelesaian terkait permasalahan di atas. Semoga pihak Shopee bisa menyelesaikan permasalahan ini. Terima kasih.

 

Mohammad Fahmi Aldiansyah
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • apakah untuk pembeli tersebut sudah diinfokan sistem pengirimannya saat pesanan tersebut masuk? bahwa yang dikirim hanya invoice dan barangnya menyusul?

    • "Oleh karena itu, kami mengirimkan invoice terlebih dahulu dan unit produk kami kirimkan setelah invoice diterima oleh pelanggan. Jika unit belum diterima oleh pelanggan, kami menganjurkan untuk mengajukan komplain sebelum unit tersebut diterima." Anda waras pak? Setengah kentir sepertinya.

      Anda penjual yg aneh. Invoice anda kirim lewat jasa kirim harusnya anda beri catatan bahwa unit akan dikirim sendiri dan harusnya juga unit ya langsung anda kirimkan, kenapa juga harus menunggu invoicenya sampai terlebih dahulu. Ya jelas komplain lah yg beli.

      • kami menganjurkan untuk mengajukan komplain kepada pembelisebelum unit tersebut diterima.

      • barang yg kami jual berukuran 200 cm x 180 cm bahkan ada yg satu mobil beberapa unit set interior,bukan barang kecil yg berukuran 1 kilo kaka,jd perlu proses yg tidak mudah.

        • apakah ada informasi pasti hari pengiriman fisiknya ke pembeli misalkna tanggal berapa akan dikirim? tidak semua pembeli mau repot.ngerti dengan mengajukan komplain
          mungkin selama belum ada opsi kurir sendiri/solusi pengiriman yang baik makan bisa dipikir ulang untuk berjualan di sana dulu... dan semoga saldo yang sudah ada bisa dicairkan

          • semua data ada di shoppe kita gk bisa masuk,alamat nomer tlp sma ada di akun..

      • Sebagai pembeli saya pernah mengalaminya.. waktu itu pesan meja komputer bahan kayu yg dipoles mengkilap. Bukan bongkar pasang..tapi bentuk jadi (permanen).
        Setelah transaksi - besoknya saya kaget Krn yg datang ojek online hanya bawah invoice. Saya was-was..kok aneh.. saya langsung hubungi toko tersebut minta penjelasan. Penjelasan mereka sama seperti yg anda jelaskan diatas.. dan secara logika masuk akal juga, krn barang berat gak mungkin dipaket/dibawa kurir. Toko furniture tersebut punya armada sendiri dan mereka Janji besok dikirimnya..bahkan kalau saya minta malam itu harus dikirim mereka mau kirim malam itu juga ( jam 19.00)
        - bisa jadi penjual itu takut mengalami hal yg anda alami dan kebetulan penjual masih satu kota dg saya.
        Esok harinya barang itu sudah saya terima (proses 2 hari)

        Kemarin saya iseng buka lagi history pesanan yg saya beli ini (meja komputer) ternyata ditulis hanya 500 g. Barang ini berat..untuk membawa perlu 2 orang. Mungkin kaau diltulis aslinya bisa 100 kg - kesimpulannya untuk pemilik toko Furniture, konsumen pesan atau tanya bisa di chat dulu SOP pengirimannya atau di jelaskan di diskripsi produk.

        Kebetulan saya juga penjual online mengalami hal yg sebaliknya. Customer beli tv smart 43 inch minta dikirimkan barangnya via bus dengan alasan biar cepat. Invoice dikirim sesuai yg ada dipesanan toko online saya. Dan saya tolak.

      • Nasib seller

        Diberikan prioritas daftar produk ikut canpage gk mesti edit langsung jos karna rakting bagus gk usah daftar sudah di daftarkan oleh pihak yang mendukung dan selalu di pantau omset telihat 1 perak keatas dengan penjulan lebih dari 1000 produk sebulan (omset satu perak rakting tertinggi dari sekian seller urutan ke 6 )

        Marketplace:: Hi seller kebijakan baru volume yg tidak dirubah akan dibebankan ongkir kepada pihak seller silahakn rubah SKU dengan real volume dan berat

        Seller: Admin cek unit volume sebelum

        Marketplace::,Maaf SKU yang ada edit tidak bisa kamu edit karna SKU yang ada edit dalam tahap ikut campage promo

        Seller: mesti di rubah nick kirim sendiri takut rugi di potong ongkir kelebihan volume

        Marketplace:: Maaf untuk mengajukan pemindahan kurir dikirim sendiri tidak bisa di lakukan saat campage sampai menunggu campag selesai) ( biasa 1 minggu)

        Marketplace: maaf untuk mengajukan pepindahan kurir dikurir sendiri aau dikirirm olhe pihak kurir toko butuh waktu 2 minggu oleh team kakait (kata orang sunda) terkait mungkin ya maksudnya

        Marketplace:: jika tidak mengirim Unit Melebihi SLA maka anda akan kena point kebijakan dan toko anda anda tidak bisa berjualan selama 1 bulan kedepan karna anda kena point melangar kebijakan

        seller: kirim aja dah dari pada kena point karyawan mau kerja apa sebulan gk jualan produksi bisa gulung tikar

        Marketplace:: Pencairan anda 2 perak potongan kelebihan volume anda 3 perak anda minus 1 perak

        Marketplace: silahkan anda edit SKU didalam sytem yg volumenya Tidak sesuai

        seller: Gk usah di edit bos duitnya sudah habis gk bisa jualan lagi,kenapa loe kasih tau klu duit suah habis

        hanya becanda tidak ada niat menyudutkan marketplace manapun yang memberi kebijkan tersebut.agar yang berkomentar miring bisa memaklumi kanrna berjulan di arab dan di amerika berbeda bos kebijakanya,

    • sudah kaka,akan tetai mungkin tidak bisa sabar,jika kami di market place lain tidak seperti itu systemnya kami mengajukan kepada pihak marketplace tersebut untuk mengirim sendiri oleh pihak kurir toko untuk barang yg riskan rusak dan volume besar selain ongkosnya cukup membebankan kepada pembeli karna volume furniture dan interior itu besar,jika sudah di terima maka pihak pemebeliakan kompirmasi sendiri diaplikasinya dan jika blm mereka perpanjang masa terimanya tanpa harus menjalankan invoce agar sytem bisa berjalan,tp di shoppe tidak ada sytem di kirim oleh kurir sendiri,dan sanagt berkendala unutk kami penjula furniture yg ber volume besar yg tidak bisa di kirirm oleh kurir karna merka punya maksimal volume

      • Ada kok kak dishope untuk pengiriman jasa kirim sendiri,namanya fitur termasuk ongkos kirim ,kalau fitur ini sudah aktip kakak bisa langsung kirm pesanan bila ada pesanan masuk tinggal klik kirm otomatis status pesananan bisa berubah menjadi dikrim fitur ini disediakan Shope untuk produk digital dan juga produk produk fisik berukuran besar,jadi tidak perlu repot lagi kak krim invoce karena pesanan berjalan otomatis

    • Akar dari permasalahan ini terjadi dimarketplace dimana kami bberdagng di era digital kebijakan kurir akan sama,kami mengalami kerugian yang cukup besar saat kendala di berlakukan volume yang tidak sesuai akan di bebankan kepada pihak seller kita menjual barang lebih dari 1700 produk furniture custom non rakitan dengan segmen pasar yang berbeda berbeda ukuran dan jenis yg tidak bisa kita kilo sesuai dengan real unit butuh satu persatu untuk mengedit produk dalam setiap SKU,Akan tetapi pesanan tetap masuk walau kami blm sempat sma edit berat yg real terlanjur konsumen tlah mmesan barang,jika kami tidak mengirim kami menjaga reputasi toko yang telah kami bangun selama 3 tahun pembakaran uang seperti layaknya pembisnis yang lain kami lakukan dengan harga campag yg cukup murah minim margin belum lagi iklan berbayar belum potongan affiliate alhasil produk kami terjual laris sehari bisa mencapai 300 unit dengan omset yg cukup tinggi ratusan juta,alhasil teryata itu bukan lah sebuah keuntungan buat saya selaku pembisnis melainkan malapetaka ,karna unit yg belum di edit volumenya tetap harus berangkat karna jika tidak akun kami akan di kenakan point dan tidak bisa berjualan sesaui kebijakan mereka ibarat buah simaakama,terpakasa kami mengirim unit yg ratusan itu kepada pihak konsumen,,pertimbagan kami jika kami tidak mengirim kami akan tidak bisa berjualan dan karyawan kami bagai mana ansibnya..saya berpikir demi membela mereka kami lanjutkan pengiriman saya tau akan merugi diluar kendali saya teryata kerugian yang kami dapat sunguh diluar perkiraan saldo unit dagang yang kami miliki minus tak kembali bukanya untung malah kami menjadi hutang kepada pihak kurir ,modal habis dan menjadi akun yg terlibat hutang kelebihan ongkir,tp kami ingin tetap menjalankan usaha ini dengan model pas pasan. dengan pola mengirim unit sendiri agar kejadian di atas tidak terulang kembali dengan segala keterbatasan armada ,akan tetapi tidak semudah yg saya bayangkan semua berat karna kami bukan perusahaan yg berpengalaman di bidang pengiriman barang degan volume sehari ratusan unit keberbagai penjuru sabang samapi meroke..dan di satu ketika kami mengalami hal yg kami ungkap di atas,driver kami mengalami kendala invoce sudah masuk terkirim lebih dulu dan mearka pasti marah karna unit belum juga sampai driver kami mengirim dengan jam kerja yg tidak normal dr bogor ke bekasi ke bintaro ,sampi karawang waktu membuat mereka terteter unit kadang di bawa kembali,blm yg baru masuk belum yg lama blm terkirim,terjadi lah hard komplain dari setiap pelanggan kami.sampai di ujung titik akun kami dibekukan ,,kami mohon maaf kepada semua konsumen kami yang hari ini mungkin membaca komentar dan kendala yang terjadi atas keterbatasan pihak kami dalam menjalakan amanah,akan tetapi tidak ada satupun yang kami rugikan kecuali keterlambatan dan tidak ada niat kami untuk beindikasi kepada tindakan yang bisa merugikan pihak lain.

  • Seharusnya bisa barang dulu yg dikirim, baru invoice belakangan. Pengalaman saya belum pernah invoice diterima lebih dulu ketimbang unit nya. Kalo memang persiapan nya lama (nunggu kiriman unit searah alamat tujuan), ya buat aja sistem PO atau panjangin estimasi. Ribet lah kalo beli barang yg nyampe invoice nya duluan. Pake pengajuan klaim berarti lebih dr 2 hari. Nanti belum diminta bukti bahwa unit belum diterima, lalu penjual kirim bukti seolah2 unit sudah di kirim. Hadeh.. sory bukan buruk sangka, tp memang indikasi cuma jualan invoice seharga furnitur.

    • maaf ka jualan somai sama jualan baso memang beda..permasalahanya.mesen 3 resinya satu di satuin ancur..3 paket lemari non rakitan 2 lemari resi cmn satu di kirim satu komplain juga padahal masih di jalan,,systemkan robot meraka tidak tau kendala kita..

    • maaf ka blm tau ya, ketika dikirim oleh kurir klu kaka pernah julaan dan pernah merasakan sebagai penjual barang bervolume besar ,modal kaka bisa habis.salah volume dan kita sebagai konsumen custume non rakitan yg ukuran dan berat tidak beraturan dan tidak bisa di estimasikan beratnya dana saya habis 70 jt,,untuk mengantikan ongkir kelebihan volume yang di potong oleh pihak kurir(saya tidak berkata memang kurir yari duit jualan resi seharga furniture) klu saya merasa itu kelalaian saya.

    • saldo pencairan anda 90 jt dan anda kebihan volume dari berbagai paket misal kirmm 100 paket,,saldo anda minus 10 jt.apakah pihak mereka memberikan email kepada pihak kami tentang kelebihan volume atas kesalahan berat..yag ada dana anda menjadi hutang kepada pihak kurir yg 10 jt dana di potong kembali jika ada pencairan dana berikutnya.modal dan keuntungan raib dimakan kurir,yg hanya ada miliki akun yang diangap punya utang kiriman,,sunguh kah adil UKM yang bermodal kecil seolah di anggap penipu ketika hanya telat kirim atau mengalami kendala,mereka seolah tidak pernah melakukan kerugian terhadap UKM seperti kami seperti hal di atas

    • karyawan saya 57 orang di rumahkan tersisa 10 orang karna gk bisa beli bahan baku,modal habis dimakan kurir dengan alasan dana saldo pencairan di potong oleh kurir saldo minus.alibi mereka setelah dana habis memberikan notice,hai seller yg terhormat barang anda kebihan volume tolong dirubah sku yg volume tidak sesauai.maaf saya gk bisa jualan lagi gk sah di ganti kiloan soalnya dana saya dan modal sudah habis.sma seller hanya bisa berkometar di forum..kenapa kami ingin mengirim oleh pihak sendiri kejadian di atas bukan untuk menipu konsumen kami pun berat mengirim satu persatu dengan keterbatasan aramada,apa lagi untuk menipu hanya permasalah seperti td tidak mau terulang kembali karna mencari modal sulit.tp kami tetap ingi berjualan karna kasihan jika tutup karyawan kami punya anak istri dirumah,

  • Unit dikirim kok setelah invoice sampai, ***** banged! Untungnya apa nunggu invoice sampai duluan?

    • maaf bos mental dan pemikiran saya berbeda dengan andaseolah anda menyudutkan saya dalam berkomentar.bisnis bukan sekedar profit bisa bermafaat untuk orang lain,anda terlalu dangkal menilai orang ,saya blm pernah merugikan orang seperti yg anda tuduh..saya punya karyawan mental saya berbeda,saya mengajih mereka bukan dengan cara menipu.

    • Klo mau maen kurir sendiri gtu lebih mudah di BL. Mereka ada opsi pengiriman "ambil di tempat". paling hanya kena biaya admin. 2rb. Ga ribet setingnya.

  • tp ketika jualan di market sebelah walau dikirim oleh kurir aplikasi,,ketika tulis volume misal 120x90x40 yg besar konsumen pesen 3 dengan volume besar,mereka memberikan 3 resi karna mereka tau gk mungkin ukuran segitu bisa disatukan ,mungkin beda server beda system kali ya...tidak ada system yg sempurna bug

  • Seharusnya si shopee ini bisa sistem kurir seller untuk produk tidak umum dan berdimensi besar.
    Tp entahlah emang budeg gak mau terima saran masyarakat.
    Penyakit dicari sendiri mereka mah.

    Ujung-ujungnya seller dirugikan. Sudah sering kejadian, bukan sekali-duakali.

    • Maaf anda buka permasalahan tapi tidak fokus ke masalah inti malah cenderung melebar kemana mana bahkan cenderung curhat yang tidak jelas, sebagai seller harus bisa berpikir seperti pembeli, ngak semua pembeli maunya sistem yg sama, kadang walau sudah di jelaskan bisa jadi si buyer berubah pikiran, yg rugi seller. Memang susah sebagai seller tapi harus pertimbangkan kalau si orange tidak bisa kayak si hijau atau lainnya ya ikutilah aturan si orange atau mungkin tidak jualan di orange, bukan anda berharap si orange ikut anda. Semoga masalah anda selesai.

    • Ada kok kak dishope kurir selernya,namanya fiturnya termasuk ongkos kirim,kalau fitur ini diaktifkan otomatis kalau ada pesanan masuk tinggal klik kirm saja otomatis status pesananan berubah menjadi dikrim,
      Fitur ini sangat cocok untuk produk yg berukuran besar.

    • Solusi nya jangan kirim invoice nya sebelum barang sampai. Atau dikira2 sendiri supaya invoice jangan sampai duluan. Ngga usah menyalahkan siapa2 ubah strategy simple aja.

  • Kalau saya beli kulkas dan ac di tokopedia pakai kurir toko, tapi invoice dikirim pakai jasa kirim nya

  • Semoga UKM di negeri kita dan deplover web bisa lebih berkembang dinegeri kita kini bermuculan payment gateway yang bisa menegahi setiap transaksi yang bisa di percaya oleh konsumen.terkadang mereka membuat kebijakan aneh dan yg terkadang mereka lah yang tepecaya dan web individu UKM seolah web pising yang tidak dipercaya seolah mereka lah raksasa web page one yang susah dkailahkan,padahal hanya bermodal server kolam mereka memotong nilai setiap transaksi melebihi bunga bank yang di terapkan negeri kita OJK setiap bulan (mereka pertransaksi ) mereka hanya bermodal server hosting dan domain yang tak ada ruginya sedang kita seller mengahadapi konsumen komplain dan returd seolah terkadang seller adalah mahluk yang merugikan dengan memberikan kebijkan yang terkadang merugikan seller ,mereka lupa seller lah yang memberikan cuan kepada mereka yang memutar ekonomi negeri ini diera industri 4 0, semoga web lokal UKM negeri ini bisa di terima dan dipercaya oleh kunsumen indonesia menjadi smat buyer .kanra web individu juga memeilik payment gateway yang didalamnya memeliki payment gateway seperti marketpalce ,di era offline berilah produk dalam negeri di era digital belanjalah kepada web lokal agar bisa berkembang untuk bisa berkembang.karna disana kami tidak harus membayar fee yang cukup lumayan memberatkan kita ,kami hanya bermodal hosting dan domain pertahun dan bukan membayar petransaksi seperti dalam kolam web mereka.semog era kejaan web lokal individu degan memiliki payment gateway bisa di jadikan kepercayaan terhadap publik saat berbelanja butuh sosialisasi.CEO dan team AGC mereka memang hebat yang bermodal besar membayar ke jagat pemilik alam maya Mbah kakung karna bermodal besar.kita hanya UKM webnya ada di page 100 Tak ada yang Lihat karna tak mampu membayar ke pada mbah kakung

  • Curhat mamah dedeh

    Dulu dia minjemin duit di dunai maya,,eh dia buka juga marketplace kebijkanya aneh,

    lentenir kalau telat bayar di denda gede katanya tp menurut saya masih wajar kenapa orangnya mau pinjem
    Tapi jama sekarang dagang aja kena denda, ada lkita dagang gak pinjeum duit tp loe kena denda

    Misal kita jualan produk di kolam mereka dengan harga 25 ribu ,tp seller telat ngirim kena denda 50 ribu kaluu barang yg kita jual cmn 25 ribu bayangkan lo kirim satu nombok 25 ribu,kebayang klu ada pesanan 20 unit masuk kena denda telat kirim 1 jt ketika dikirirm nilai barang cmn 500 ribu duit modal habis bos...

    UKM selalu jadi korban di era digital

    Saat semua pedagang disuruh berjualan online berbasis era idutri 4.0 grey heart berkeliaran UKM jadi korban

    belum lagi lahir penghisap darah newbie yang berkedok melakun seminar degan judul TRIK CARA MENINGKATKAN PENJULAN oleh mastah bin pulan bin suhu agar pesana naik dengan trik abu nawas dengan membeli atau ikut seminar berbayar mereka atau membeli sebuah tool program seolah program mereka workit dengan baik yang akan meningkatkan penjual menunuju sukses secara instan dan tak harus belajar SEO dalam dunia marketing .sebenarnya mereka adalah dukun penganda uang di zaman sebelum firaun masih bujangan masih sering nongkrong di Blok M dijaman masih analog, yang seolah akan membuat anda kaya secara instan sedangkan kita suruh bayar ,kalau kalian bisa kaya dengan cara kalian kenapa kalian masih butuh duit dari newbie yang pengen nyari duit kecil

    UKM oh UKM nasib mu malang nak...

  • Makin dibaca kebawah kok makin ga ngerti aku... ???????

    Jadi intinya shoppe, Ongkir, UKM, Web developer, Industri 4.0, Grey Heart, Firaun?