Surat Pembaca

Paket Tidak Dikirim oleh Kurir J&T, Namun Diklaim Sudah Diterima

Dear J&T, Ekspedisi Besar di Indonesia. Saya melayangkan komplain (surat terbuka) untuk mewakili beberapa konsumen yang sudah mengalami pengalaman yang sama. Paket tidak diterima namun ditulis sudah diterima.

Saya bukan hanya mengalami kehilangan paket atau paket tidak dikirim oleh J&T sekali atau dua kali. Total sudah empat kali, dan kerugian paling besar mencapai 3 juta rupiah. Motif dan alasan selalu sama, paket sudah diterima oleh penerima, TAPI tidak ada bukti foto atau apapun, terlebih lagi saya tinggal di apartemen yang cukup bagus dan juga detail dalam hal pencatatan “drop barang/paket” setiap harinya.

Terlebih lagi, saya menerima paket lebih dari 20 buah setiap minggunya. Saya sampai bertengkar dengan konsumen dan pihak apartemen saya, dan harus mengganti rugi ke konsumen! Penanganan J&T sangat lama, hingga akhirnya mereka hilang bak ditelan bumi.

Saya hanya meminta “foto bukti penerimaan” paket, tidak lebih. Kenapa selalu seperti ini?? Apakah karena kami konsumen biasa/bukan tokoh publik??? J&T Indonesia, saya meminta pertanggungjawabannya.

Sudah seharusnya pihak ekspedisi lebih paham mengenai SOP/edukasi kurir akan pengiriman barang kepada konsumen, setidaknya jangan menghilang dan memberikan janji palsu!

Terima kasih.

Mishielda Glesia Putri
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • J&T Indonesia besar iklan saja!! Gembar gembor iklan bagi2 motor, paket konsumen hilang semunya tutup mata tutup telinga, bukti pengiriman paket tidak ada! Malah curhat kurir di pecat gara2 main uang COD. Kami sebagai konsumen tidak mau tau, mau main uang COD, main petak umpet kek, intinya tanggung jawab!?

    • JnT emang bermasalah, ga ada tanggung jawab nya sama konsumen, padahal paket ilang sama kurir/karyawa nya

    • Emang bnyak *****nya tuh agen yg tu. Sya jg prnh ngalamin.. sampe 2x... Paket statusnya sudah d terima tpi tidak ada d rumah. Sampe2 sya hrus k dtang k kantornya langsung...

  • JnT emang bermasalah, ga ada tanggung jawab nya sama konsumen, padahal paket ilang sama kurir/karyawannya

    • Kalau saya beda lagi kasusnya, diantara sekian banyak pilihan kurir memang yang ongkirnya murah untuk tujuan daerah saya hanya J&T, tapi leletnya ya ampuun nggak ketulungan. Khusus pengalaman saya, perbandingan dengan Ninja Xpress, Jakarta-Banggai Sulteng hanya butuh 3 atau 4 hari, paket langsung diterima, beda dengan J&T yang memakan waktu 10 hingga 15 hari.
      Makanya biasa saya melakukan transaksi di Lazada karena Lazada biasa memakai kurir Ninja Xpress, beda dengan Market Place lain yang tidak ada pilihan kurir Ninja Xpress.

    • Kak. Lapor ke whatsapp resmi nya jnt ... 0811-8466-188 ADA CENTANG BIRU NYA (terverifikasi) . Nanti langsung di tangani sama jnt pusat nya . Saya juga begitu kok .. dan Alhamdulillah dpt ganti rugi hehehe .. klu dr pusat itu langsung kena teguran kurir dan atasan nya juga kantor nya.

      • Memang jnt klw bukan dari marketpace gk akan di proses maka sebaik ny klw mau kirim" bukan marketplace mending yang lin ajha jnt semena" klw bukan di market place

  • Jnt tanggung jawab dong, masa masalah kaya gini ga ada solusi nya? Kan yg bersalah dr kurir kalian? Tanggung jwab lah! KALO GAADA TANGGUNG JAWAB DR JNT KAMI VIRALIN KALIAN

    • Sekelas jnt aja servicenya buruk. Cukup jne aja saya percaya, jnt banned. SOP perusahaan patut dipertanyakan!

  • Yup blakangan rada gak beres. Paket blm dikirim tapi kurir bisa klik terkirim. Spertinya demi uang antar. Sampe2 harus lapor dulu baru dikirim. Bingung tuh sistemnya bagaimana

  • Kapok pake j&t, barang rusak mulu. Sepertinya pake packing baja 10mm baru aman

  • Gokil kok buat SJ kurir udah dipecat aneh banget, spv nya siapa kira kira yang ngelolosin bawa paket. Kocak.

  • belanja di tiktok pasti pakai kurir jnt. dah kapok sy jg. skrg klo belanja tiktok, pake cod aja. lbh aman

  • PENGALAMAN SAYA DI JNT PAKET COD DI TOLAK KONSUMEN PAS MAU AMBIL KE GERAI UDA NUNJUKIN RESI(APK PAKET SDH TIBA DI GERAI) SAMA KERYAWAN NYA SURUH TUNGGU CHAT WHATSAPP DARI CABANG TERSEBUT YG BERISI PAKET SUDAH SAMPAI,,
    KEDUA KALI
    KESANA SELANG 2 HARI SETELAH DPT CHAT NYA KESANA NUNJUKIN NO RESI GA BISA HARUS CHAT WA KEBETULAN GA BAWA HP YG ITU(KARYAWAN GA MAU MENCARI SAMA SEKALI PAKET NY)
    BEGITU AMPE 4 KALI
    AKHIRNYA UD NYERAH GA MAU AMBIL LAGI TUH PAKET GILA AJA AMBIL PAKET RETURAN HARUS 5 KALI

  • JANGAN GUNAKAN EXPEDISI JNT,DIDUGA EXPEDISI JNT BANYAK SINDIKAT KRIMINALNYA,DAN PENANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA TIDAK ADA,YANG ADA PENANGGUNG JAWABNYA MASING MASING,DAN KALO ADA MASALAH SALING LEMPAR TANGGUNG JAWAB ANTAR AGEN DAN DC