Paket Tidak Dikirim oleh Kurir J&T, Namun Diklaim Sudah Diterima

Dear J&T, Ekspedisi Besar di Indonesia. Saya melayangkan komplain (surat terbuka) untuk mewakili beberapa konsumen yang sudah mengalami pengalaman yang sama. Paket tidak diterima namun ditulis sudah diterima.

Saya bukan hanya mengalami kehilangan paket atau paket tidak dikirim oleh J&T sekali atau dua kali. Total sudah empat kali, dan kerugian paling besar mencapai 3 juta rupiah. Motif dan alasan selalu sama, paket sudah diterima oleh penerima, TAPI tidak ada bukti foto atau apapun, terlebih lagi saya tinggal di apartemen yang cukup bagus dan juga detail dalam hal pencatatan “drop barang/paket” setiap harinya.

Terlebih lagi, saya menerima paket lebih dari 20 buah setiap minggunya. Saya sampai bertengkar dengan konsumen dan pihak apartemen saya, dan harus mengganti rugi ke konsumen! Penanganan J&T sangat lama, hingga akhirnya mereka hilang bak ditelan bumi.

Saya hanya meminta “foto bukti penerimaan” paket, tidak lebih. Kenapa selalu seperti ini?? Apakah karena kami konsumen biasa/bukan tokoh publik??? J&T Indonesia, saya meminta pertanggungjawabannya.

Sudah seharusnya pihak ekspedisi lebih paham mengenai SOP/edukasi kurir akan pengiriman barang kepada konsumen, setidaknya jangan menghilang dan memberikan janji palsu!

Terima kasih.

Mishielda Glesia Putri
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Paket Tidak Dikirim oleh Kurir J&T, Namun Diklaim Sudah Diterima

  • 9 Juli 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    J&T Indonesia besar iklan saja!! Gembar gembor iklan bagi2 motor, paket konsumen hilang semunya tutup mata tutup telinga, bukti pengiriman paket tidak ada! Malah curhat kurir di pecat gara2 main uang COD. Kami sebagai konsumen tidak mau tau, mau main uang COD, main petak umpet kek, intinya tanggung jawab!?

    12
    • 9 Juli 2023 - (13:28 WIB)
      Permalink

      JnT emang bermasalah, ga ada tanggung jawab nya sama konsumen, padahal paket ilang sama kurir/karyawa nya

    • 10 Juli 2023 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Emang bnyak *****nya tuh agen yg tu. Sya jg prnh ngalamin.. sampe 2x… Paket statusnya sudah d terima tpi tidak ada d rumah. Sampe2 sya hrus k dtang k kantornya langsung…

  • 9 Juli 2023 - (12:56 WIB)
    Permalink

    JnT emang bermasalah, ga ada tanggung jawab nya sama konsumen, padahal paket ilang sama kurir/karyawannya

    • 9 Juli 2023 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Kalau saya beda lagi kasusnya, diantara sekian banyak pilihan kurir memang yang ongkirnya murah untuk tujuan daerah saya hanya J&T, tapi leletnya ya ampuun nggak ketulungan. Khusus pengalaman saya, perbandingan dengan Ninja Xpress, Jakarta-Banggai Sulteng hanya butuh 3 atau 4 hari, paket langsung diterima, beda dengan J&T yang memakan waktu 10 hingga 15 hari.
      Makanya biasa saya melakukan transaksi di Lazada karena Lazada biasa memakai kurir Ninja Xpress, beda dengan Market Place lain yang tidak ada pilihan kurir Ninja Xpress.

    • 10 Juli 2023 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Kak. Lapor ke whatsapp resmi nya jnt … 0811-8466-188 ADA CENTANG BIRU NYA (terverifikasi) . Nanti langsung di tangani sama jnt pusat nya . Saya juga begitu kok .. dan Alhamdulillah dpt ganti rugi hehehe .. klu dr pusat itu langsung kena teguran kurir dan atasan nya juga kantor nya.

      • 11 Juli 2023 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Memang jnt klw bukan dari marketpace gk akan di proses maka sebaik ny klw mau kirim” bukan marketplace mending yang lin ajha jnt semena” klw bukan di market place

  • 9 Juli 2023 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Jnt tanggung jawab dong, masa masalah kaya gini ga ada solusi nya? Kan yg bersalah dr kurir kalian? Tanggung jwab lah! KALO GAADA TANGGUNG JAWAB DR JNT KAMI VIRALIN KALIAN

    • 9 Juli 2023 - (17:06 WIB)
      Permalink

      Sekelas jnt aja servicenya buruk. Cukup jne aja saya percaya, jnt banned. SOP perusahaan patut dipertanyakan!

  • 9 Juli 2023 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Yup blakangan rada gak beres. Paket blm dikirim tapi kurir bisa klik terkirim. Spertinya demi uang antar. Sampe2 harus lapor dulu baru dikirim. Bingung tuh sistemnya bagaimana

  • 9 Juli 2023 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Gokil kok buat SJ kurir udah dipecat aneh banget, spv nya siapa kira kira yang ngelolosin bawa paket. Kocak.

  • 10 Juli 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    belanja di tiktok pasti pakai kurir jnt. dah kapok sy jg. skrg klo belanja tiktok, pake cod aja. lbh aman

  • 10 Juli 2023 - (08:19 WIB)
    Permalink

    PENGALAMAN SAYA DI JNT PAKET COD DI TOLAK KONSUMEN PAS MAU AMBIL KE GERAI UDA NUNJUKIN RESI(APK PAKET SDH TIBA DI GERAI) SAMA KERYAWAN NYA SURUH TUNGGU CHAT WHATSAPP DARI CABANG TERSEBUT YG BERISI PAKET SUDAH SAMPAI,,
    KEDUA KALI
    KESANA SELANG 2 HARI SETELAH DPT CHAT NYA KESANA NUNJUKIN NO RESI GA BISA HARUS CHAT WA KEBETULAN GA BAWA HP YG ITU(KARYAWAN GA MAU MENCARI SAMA SEKALI PAKET NY)
    BEGITU AMPE 4 KALI
    AKHIRNYA UD NYERAH GA MAU AMBIL LAGI TUH PAKET GILA AJA AMBIL PAKET RETURAN HARUS 5 KALI

  • 10 Juli 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    JANGAN GUNAKAN EXPEDISI JNT,DIDUGA EXPEDISI JNT BANYAK SINDIKAT KRIMINALNYA,DAN PENANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA TIDAK ADA,YANG ADA PENANGGUNG JAWABNYA MASING MASING,DAN KALO ADA MASALAH SALING LEMPAR TANGGUNG JAWAB ANTAR AGEN DAN DC

  • 10 Juli 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Intinya pihak jnt harus memperbaiki sistem menejemen nya & memperhatikan hak2 gaji kurir yg selema ini miris liat gaji kurirnya. Kerja smpe mati2an gaji pas2an.
    Gimana kurir mau Bener kerjanya. Tolong lah di sejahterakan dulu kurir nya. Jangan cuma atasan2 aja di sejahterakan. Inget ga slogan ” kurir itu ujung tombak dalam dunia perkuriran ” gimana mau berjalan dengan baik kalo kesejahteraan kurir ga di perhatikan. Salam satu aspal !!!!

  • 10 Juli 2023 - (19:03 WIB)
    Permalink

    J & T baru kemarin sore, agen/counternya suka pindah2 lokasi, beda sama J yg lainnya… dari situ aja nilainya.

  • 10 Juli 2023 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Dstu kan sdh jelas di ambil kurirnya barang anda, dan sdh di pecat. Jd otomatis jnt hrs ganti rugi.

  • 13 Juli 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    PLEASE AKU JUGA SAMA, Paket udah 11 hari ga sampe sampe. tidak ada pertanggung jawaban sama sekali. gila banget memang, pengen ngamuk rasa nya.

  • 14 Juli 2023 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Pengalaman serupa baru saja beberapa hari lalu. Status dikatakan “di-reject oleh penerima” padahal datang ke tempat saya saja belum pernah. Lebih lucunya lagi alamat saya itu toko yang buka dari Senin-Minggu dan jam buka pkl 08.00-17.00 dan distatus pelacakan diantar sekita jam 12 siang. Duh, yang bohong siapa coba?

    Sempat hubungi chat resmi di website-nya malah ga dibalas-balas sampai besoknya padahal sudah berupaya dengan input data lengkap (sampai harga dsb yg belum pernah saya jumpai di ekspedisi lain). Akhirnya setelah di-ghosting oleh admin drop point, setelah 2 hari saya langsung datang ke drop point. Saya coba lacak di Google Maps lokasi drop point tersebut, ternyata ga sampai 15 menit dari tempat saya dan setelah sampai di sana coba apa alasannya? Katanya kurang tenaga dan ga ada maaf-maafnya (konsumen diminta maklumin perusahaan yg mismanagement).

    Sebelumnya sempat malah chat dengan admin drop point tersebut di ghosting, cuma barang difoto-in paginya dan sampai malam ga diantar-antar. Pas ke drop point tsb agak kaget, suasananya berantakan, paket bertebar dimana-mana sampai halaman samping dan nyangkut sana-sini di pojok meja meja admin.

    Ini sedang menunggu paket yg ke-2 kebetulan order-nya pada hari bersamaan dengan paket yg saya ambil langsung di drop point itu. Untuk paket yg ke-2 sudah 5 hari status ga update. Kecewa berat dan kapok pakai J & T makanya saya tulis di sini supaya jadi pelajaran kedepannya.

  • 16 Juli 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga alamin Dua minggu kemarin , saya beli barang yang istri saya mau , alamat saya sudah lengkap , tiba tiba pesanan udah selesai dong saya tanya istri ga nerima paket , tanya tetangga ga ada yg nerima juga , saya complain malah saya yg kena pihak pengirim malah bilang ini udah di terima sama yang bersangkutan padahal saya belum nerima , saya telusuri dapat nomor kurirnya malah ngomong “Maaf salah kirim alamat”

  • 17 Juli 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Banyak kejadian paket tidak di terima status di terima… Kebanyakan di duga oknum kurir yg tidak bertanggung jawab.. Seharus nya pihak perusahaan menindak tegas dengan memberikan sanksi tegas atau melaporkan ke pihak berwajib… Sesuai prosedur karena diduga melakukan pencurian…

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Paket Tidak Dikirim oleh Kurir J&T, Namun Diklaim Sudah Diterima…

oleh Misshelle dibaca dalam: 1 menit
23