Surat Pembaca

Sudah Bayar Tagihan SINGA Tapi Tetap Ditagih

Pada tanggal 11 Juli 2023, saya melakukan pinjaman di aplikasi SINGA. Pinjaman pertama sebesar Rp2.000.000, dengan tenor 3 bulan dan total pengembalian Rp2.640.000. Pinjaman kedua sebesar Rp2.500.000, dengan tenor 3 bulan dan total pengembalian Rp3.300.000. Pada hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023, saya melakukan pembayaran dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pinjaman pertama saya bayar Rp1.848.000,- sesuai dengan tagihan yang tertera. Pembayaran saya lakukan melalui M-Banking BCA ke Virtual Account Bank MANDIRI dengan penerima XENDIT SINGAID FERDIW 88908423663026443 pukul 09:15:40 dengan STATUS BERHASIL.
  2. Pinjaman kedua saya bayar Rp3.234.000,- sesuai dengan tagihan yang tertera. Saya mendapat potongan terakhir karena saya melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo. Pembayaran dilakukan melalui M-Banking BCA ke Virtual Account Bank MANDIRI dengan penerima XENDIT SINGAID FERDIW 88908423689070528 pukul 10:02:42 dengan STATUS BERHASIL.

Terhitung sejak hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023, sampai dengan surat ini saya buat pada tanggal 24 Juli 2023, saya terus menerima telepon dari SINGAID yang menyatakan bahwa saya belum melakukan pembayaran pinjaman yang pertama.

Saya sudah mencoba klarifikasi dengan mengirimkan bukti transfer baik melalui WhatsApp dari agen SINGAID maupun email ke customer service di alamat cs@singa.id. Namun jawaban yang saya terima selalu sama yaitu diminta untuk mengirimkan bukti transfer dan juga dinyatakan bahwa pembayaran belum diterima.

Pengaduan melalui email tidak memberikan solusi yang memuaskan, dan melalui WhatsApp dengan agen juga sama, bahkan saya disampaikan bahwa saya memiliki tagihan yang sama nilainya. Jika saya memiliki tagihan yang sama, berarti dengan pinjaman awal sebesar Rp2.000.000, saya harus mengembalikan lebih dari Rp3.700.000. Apalagi ketika mencoba menghubungi nomor telepon yang tertera di aplikasi yaitu 021 53169858, sama sekali tidak pernah diangkat.

Berikut saya lampirkan bukti transfer, pengaduan melalui email, WhatsApp, dan foto aplikasi sebagai bukti pembayaran yang sudah saya lakukan.

Ferdi Widianto
Pesawaran, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SINGA.ID atas Surat Bapak Ferdi Widianto

Kepada Yth. Bapak Ferdi Widianto, Menanggapi pengaduan Bapak Ferdi Widianto di Media Konsumen tanggal 24 Juli 2023 dengan judul “Sudah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hati2 Pak, Singa ID banyak penipuan seperti ada sindikatnya. Lebih baik tidak usah dibayar

    • Anda mampu bayar koq mau pakai aplikasi2 pinjol gini, akhirnya menyusahkan diri sendiri. Skrg pinjol gitu belum jatuh tempo sdh di telp2, kadang cs nya kayak orang bego, agar si nasabah kena denda dsb. Itu trik2 mereka agar bisa ngais lebih.

      • Iya ini dipaksakan bayar supaya tidak ber urusan lagi tapi ternyata malah seperti ini

    • Kalau tidak dibayar rumit banget pak malah ga tenang di teror terus. Kalo sudah bayar masih di teror kita bisa lapor🙏

    • Sampai hari ini belum ada respon dari pihak singa untuk menyelesaikan masalah ini

  • Saran untuk galbay masbro kalau di acc lagi, bunga admin gk masuk akal itu.

    • Semoga pihak singa segera merespon keluhan ini dan masalah saya bisa segera selesai dan saya lunasi

  • Terima kasih juga buat BCA karena memberikan respon yang baik dengan menelpon dan akan memastikan bahwa transfer yang saya lakukan sudah terkirim dan sampai ke nomor virtual account tersebut

  • Bubarkan semua pinjol meresahkan masyarakat bunganya selangit teror setiap hari dengan makian

  • Kejadiannya mirip sama saya beberapa tahun yang lalu. Bayar pinjol ke virtual account katanya ga masuk, padahal jelas2 ada bukti transfer dan struk dari atm. Besoknya saya ke Bank langsung, dan CS bang langsung saya sambungin ke bagian keuangan pinjol. Eh masih kekeuh aja tuh pinjol bilang ga masuk, padahal dari pihak bank nya langsung ini yang ngomong. Malah saya dibilang nilep duitnya sama yang nagih. Bagusnya pinjol2 ini dibubarin aja semua. Toh OJK juga terkesan lepas tangan dengan banyaknya aduan pinjol yang jelas2 sudah terdaftar di OJK.

  • Terima kasih atas saran bapak ibu semua. Alhamdulillah Masalah ini sudah selesai. Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik. Aamiin

    • Pak.. Gimana caranya mereka percaya bapak sudah bayar? Kan mereka tetep bilang blm bayar .. Apakah pihak BCA info ke singa nya?

  • Pinjol kelas teri gak usah di bayar , singa bantu saku pinjam yuk pinjam duit . Ada pundi .ada kami, gk sah di bayar .. galbaykan .. tuman kl di bayar

  • Blok aja nox pinjol itu nga sesuai ojk bungax gila minta ampun potongan pun besar