Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

Pada tanggal 28 Oktober 2023, saya diundang ke dalam grup Telegram “Agoda Expert Day 1”, yang terdiri dari 20 member termasuk admin di dalamnya. Kemudian admin tersebut memberikan tugas atau misi dari 1 – 7.

Misi yang pertama sampai keempat, saya dikirimi link Google untuk memberi rating penilaian sampai bintang 5 dan memberikan ulasan “baik”, terhadap hotel yang terdaftar dalam aplikasi Agoda. Dari setiap link Google yang dikirim, link 1 – 4 yang berarti ada 4 hotel dengan memberi rating bintang 5. Setelah itu di-screenshot, lalu dikirim secara personal ke admin untuk memperoleh komisi.

Awalanya komisi masuk sebanyak Rp175.000 (total yang ditransfer). Transfer pertama Rp15.000, lalu Rp35.000 dan Rp125.000 setelah menyelesaikan misi 1 – 4. Masuk misi ke-5, seluruh member yang terdaftar disuruh untuk membuat akun melalui website https://agodaexpert.vip/#/login. Kemudian disuruh melakukan top up dana, untuk melakukan pembelian koin yang masuk ke dalam aplikasi Agoda Expert tersebut. Untuk top up dananya ditransfer ke rekening di bawah ini:

Bank: CIMB Niaga
Name: Dwi Khairani
Account No: 706851215800

Katanya setelah menyelesaikan misi dengan top up, nanti bakalan masuk refund dana yang telah kita keluarkan, beserta dengan bonusnya ke rekening kita sebagai member yang telah didaftarkan. Setelah top up dengan transfer ke rekening di atas, saldo kita akan masuk ke akun yang telah kita buat di aplikasi Agoda Expert tersebut (https://agodaexpert.vip/#/login) ini. Terus kita diarahkan oleh mentor (yang beda orang dengan admin) untuk melanjutkan tugasnya. Dalam tugas ke-5 ini dilakukan dua kali top up dana.

Pada hari pertama, benar setelah menyelesaikan tugas refund dana beserta bonusnya kembali ke rekening saya. Akhirnya masuk hari kedua, dengan admin dan mentor yang sama. Pada tanggal 29 Oktober 2023, kembali lagi semua member yang telah terdaftar dalam grup “#204 Agoda Expert Day 2” ini, dikasih misi lagi dari 1 – 10.

Misi 1-4 masih sama seperti dengan misi hari sebelumnya, dikirimkan link Google yang berisi pemberian rating bintang 5 untuk hotel yang terdaftar dalam aplikasi Agoda tersebut. Kemudian mendapatkan komisi Rp110.000, yang berhasil masuk ke rekening saya. Saat masuk ke misi ke-5, mulailah disuruh top up lagi.

Top up yang pertama masih dengan harga Rp450.000, yang ditransfer masih dengan rekening yang sama. Setelah itu ada lagi top up kedua, dengan nominal yang lumayan besar, Rp4 jutaan. Hari pertama top up hanya berlangsung 2x dan dana langsung refund beserta bonus. Namun setelah hari kedua ini, ternyata harus top up lagi sampai 3x, dengan harga yang melebihi dari Rp10 juta, untuk top up booking room yang katanya untuk meningkatkan kualitas dari Agoda sendiri.

Saya tidak melanjutkan top up tersebut, karena uang saya sudah habis untuk top up kedua. Saya coba untuk bertanya ke member yang lain, yang masing-masing member berbeda untuk mentornya. Kata mereka top up-nya cuma 2x, masih sama dengan hari sebelumnya. Beberapa member yang lain mengirimkan bukti dana mereka, yang telah berhasil refund beserta komisinya. Wallahu a’lam, saya tidak tahu apakah mereka benar atau mereka juga sebagian dari komplotan admin dan mentor yang penipu ini.

Saya coba untuk penarikan saldo, tetapi pernyataan mentornya tidak bisa melakukan penarikan sebelum misinya selesai. Saya ikhlas untuk dana yang telah saya top up, semoga ini menjadi pelajaran buat saya ke depannya.

Untuk Agoda, saya sangat kecewa ternyata cara aplikasi ini, sangat licik untuk mendapatkan rating yang ternyata semuanya manipulatif. Semoga ada balasan yang terbaik untuk orang-orang seperti mereka ini. Semoga bisa jadi pelajaran juga untuk yang lainnya. Terima kasih.

Layla
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

31 komentar untuk “Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

  • 31 Oktober 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Ini skrg sambil sy mengetik komentar ini sy lg ngerjain tugas dr GOGGGLEE, mayan buat duit jajan😁

    1
    1
  • 31 Oktober 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    percuma posting foto kak , itu bukan foto mereka tp hasil ambil dr tempat lain , justru kasihan orang yang benar-benar punya foto tsb tidak tahu apa-apa

    3
    1
  • 31 Oktober 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi…..
    Jika kalian buka Google Maps terus nyari tempat random misal dan terdapat banyak ulasan bintang 5 tanpa komentar,fix itu dari misi ginian.Sampe kuburan atau TPU dikasih bintang 5 + ulasannya bagus,bisa buat liburan bareng keluarga disini.Gajelas banget misi gituan hahaha

    1
    1
  • 31 Oktober 2023 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Masih ada aja yang kena tipu, Malah nyalahin Agoda nya lagi. Itu yang 19 orang digrup Tele itu semua ceceguk / antek² bahkan masih akun adminnya sendiri. Gampang loh buat bikin banyak akun tele, gitu aja masih percaya Kerjaan santai menghasilkan banyak uang. Kecuali Anda punya Perusahaan/ Ahli waris orkay raya tinggal tiduran dikasih duit terus.

    1
    1
    • 31 Oktober 2023 - (18:11 WIB)
      Permalink

      Lagi² penipuan kerja sampingan😵‍💫semoga diganti deh rejekinya sama Tuhan, dan lain kali browsing kek, belajar kek, klo ada tawaran yg to good to be true, ga ada duit cepet dgn kerja mudah, bahkan konten kreator, direktur ato apapun jga ada masalah dan resiko kerjanya

      1
      1
    • 7 Desember 2023 - (00:50 WIB)
      Permalink

      Korban penipuan Agoda Expert dengan misi berbeda setiap harinya.. day 1 dapet komisi 600rb.. lanjut day 2.. 26jt.. baru sadar ketika tidak bisa melanjutkan misi oleh admin (mentor) yg berbeda..
      Awal2 exited pasti..
      Lemas seketika setelahnya.. Baru sadar uang siapa aja yg raib..
      Semoga semua korban bisa mendapatkan rejeki lain..
      Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin 🤲

  • 31 Oktober 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    @Layla
    Tinggal lapor ke polres Cimahi ke bagian subdit reskrim cyber. Nanti biar mereka yang menangani. Udah pada tau kok mereka siapa ‘pemain’ nya. Tinggal nunggu laporan masyarakat dan digerebek.

    4
    1
  • 31 Oktober 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Semoga smartphone yang dipakai TS nggak minder dengan hape jadulnya Warren Buffett atau Pak Bas menteri PUPR.

    2
    1
  • 31 Oktober 2023 - (17:47 WIB)
    Permalink

    padahal satu groupnya itu satu komplotan..sengaja dipancing dengan dikasih komisi untuk meyakinkan korban. ketika ragu mau top up maka korban akan nanya ke anggota group dan udah jelas dibilang aman karena memang satu komplotan. akhirnya zonk…

    2
    1
  • 31 Oktober 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Lugu banget ya…cari penghasilan yg wajar² dan pasti² aja,, digabungin dg group penipu kok di ladenin…byk² istighfar aja…

    2
    1
  • 31 Oktober 2023 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Modus penipuan ini tuh jika saya perhatikan dan saya survey bermacam-macam gaya. Meskipun saya pribadi juga sudah pernah terperangkap di lingkaran setan penipuan ini. Betul menurut salah satu member MK jika uang habis baru sadar. Intinya mereka membuat sebuah pekerjaan online yang dibayar di awal lalu mereka (penipu) menyuruh top up dana untuk mencairkan uang hasil kerja tsb. Dimana-mana jika pakai akal sehat dan tidak kena gendam tidak ada pekerjaan online yang mengharuskan kita transfer uang ke nomor rekening pihak pemberi penyedia pekerjaan. Harusnya kita yang mendapatkan bayaran setelah mengerjakan tugas dari mereka. Ini adalah taktik dan strategi penipuan handal di THN 2022-2023 harap berhati-hati saudara. Jangan sampai Anda terjerumus untuk mentransfer uang kepada mereka

    2
    1
  • 31 Oktober 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Media konsumen itu buat menghubungkan konsumen dengan produsen atau penyedia jasa… bukan penghubung korban penipuan dengan penipunya… lagian baru kemarin kasus kaya gini masuk HL.. intinya karena maaf “kebodohan dan keserakahan” korban.. g ada yang namanya cari uang mudah.. plis tim editor redaktur atau apalah dari MK curhatan kaya gini g usah di naikin… langsung banned aja..

    3
    4
  • 31 Oktober 2023 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga dapet job part time dr shopee
    Tapi saya udah tau itu penipuan
    Jdi saya kerjain balik
    Pura2 lugu.. sampai pada tahap suruh tf yg jutaan, saya hapus telegramnya..
    Lumayan dapet 600rb lebih hehe

  • 31 Oktober 2023 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Prinsipnya, main troos selama anda masih dapat transferan. Lumayan (buat beli kuota atau bayar VIP platform berbayar) , daripada lumanyun.
    Giliran disuruh transfer (bahasa keren nya sih TOP UP), jawab saja Oke, karena tahap berikutnya mereka sudah memasang mesin penyedot uang.
    Tertawalah sepuas puasnya sambil buat akun baru. Ulangi dari awal.

  • 1 November 2023 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Cerita ini benar. Dan bodohnya saya jg tertipu sampe puluhan jt. Saya hanya ingin uang saya kembali tp malah saya terjebak.

  • 1 November 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Komentar sesepuh sesepuh dAn senior MK ini yg ane tungguin kalau masok modus ginian pasti dah pada rame… Ajeibbb kalau duit dah habis baru kesadar TS..

  • 1 November 2023 - (14:18 WIB)
    Permalink

    ini yang ke dua kalinya saya baca di MK tertipu kasus yang sama, bahkan yang kasus pertama saya baca bisa sampe membeli mobil loo, saya bingung kok bisa yaa lugu begitu smp transfer puluhan juta, beruntung uangnya gak banyak seperti yg pertama kalo gak bakal menangis

  • 1 November 2023 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Itu bukan program agoda resmi,
    Agoda cuma dicatut namanya untuk memperlancar aksi komplotan penipu itu, dan poto, jelas saya yakin itu bukan asli potonya dia.
    Hanya pesan untuk semuanya, kalau menemukan atau mengalami hal kayak begini, kalau di suruh milih atau klik ( pastikan bukan klik bahaya) kalau mau tahu nggak apa2, biasanya anda nanti pertama akan dipancing bonus bonus, ya kalau itung itung kita masih laba 400 rb. Nah ini selanjutnya pasti disuruh tf. Biasanya tf ke 1 sama ke 2 masih aman justru kita untung wkwkwk setelah disuruh tf jutaan atau ke 3 jangan mau itu mulai jurus ular mau melilit kita. Jangan hiraukan anda pasti akan rugi, saya sampai di marahin, diancam, dikatain penggelapan wkwkwk, udah tidak usah dihiraukan. Karena dia udah rugi karena tak hitung hitung udah untung 2,5 jt he.. He
    Sipenipunya bingung, pinginnya duitnya kembali. Sampai ngancam ngancam.
    Hanya saling mengingatkan, itu digroup TELEGRAM itu komplotannya. Setelah itu saya di blokir di group itu. Karena setiap follow saya sangkal.
    Akhirnya dpat uang dari penipunya wkwkwk

  • 1 Desember 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Hampir jadi korban hari pertama udah untung 450
    Hari berikutnya gitu suruh kasih penilaian dulu dapet 100 eh masuk tugas agoda expert coin gitu suruh top up 450 yaudah aku top up aja pake uang untung yang kemaren mereka kasih kan eh taunya tugas 2 suruh top up 4 jt wahhh kataku udah gabener nih terus aku buka google nemulah artikel ini ternyata bener fenifuan haha udah ga lanjut auto blok delete 🤣
    Masih untung 100 dah makasih buat beli kuota hasil ngasih penilaian 🤣

 Apa Komentar Anda?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

oleh Layla Radita Ramadhani dibaca dalam: 2 menit
31