Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

Pada tanggal 28 Oktober 2023, saya diundang ke dalam grup Telegram “Agoda Expert Day 1”, yang terdiri dari 20 member termasuk admin di dalamnya. Kemudian admin tersebut memberikan tugas atau misi dari 1 – 7.

Misi yang pertama sampai keempat, saya dikirimi link Google untuk memberi rating penilaian sampai bintang 5 dan memberikan ulasan “baik”, terhadap hotel yang terdaftar dalam aplikasi Agoda. Dari setiap link Google yang dikirim, link 1 – 4 yang berarti ada 4 hotel dengan memberi rating bintang 5. Setelah itu di-screenshot, lalu dikirim secara personal ke admin untuk memperoleh komisi.

Awalanya komisi masuk sebanyak Rp175.000 (total yang ditransfer). Transfer pertama Rp15.000, lalu Rp35.000 dan Rp125.000 setelah menyelesaikan misi 1 – 4. Masuk misi ke-5, seluruh member yang terdaftar disuruh untuk membuat akun melalui website https://agodaexpert.vip/#/login. Kemudian disuruh melakukan top up dana, untuk melakukan pembelian koin yang masuk ke dalam aplikasi Agoda Expert tersebut. Untuk top up dananya ditransfer ke rekening di bawah ini:

Bank: CIMB Niaga
Name: Dwi Khairani
Account No: 706851215800

Katanya setelah menyelesaikan misi dengan top up, nanti bakalan masuk refund dana yang telah kita keluarkan, beserta dengan bonusnya ke rekening kita sebagai member yang telah didaftarkan. Setelah top up dengan transfer ke rekening di atas, saldo kita akan masuk ke akun yang telah kita buat di aplikasi Agoda Expert tersebut (https://agodaexpert.vip/#/login) ini. Terus kita diarahkan oleh mentor (yang beda orang dengan admin) untuk melanjutkan tugasnya. Dalam tugas ke-5 ini dilakukan dua kali top up dana.

Pada hari pertama, benar setelah menyelesaikan tugas refund dana beserta bonusnya kembali ke rekening saya. Akhirnya masuk hari kedua, dengan admin dan mentor yang sama. Pada tanggal 29 Oktober 2023, kembali lagi semua member yang telah terdaftar dalam grup “#204 Agoda Expert Day 2” ini, dikasih misi lagi dari 1 – 10.

Misi 1-4 masih sama seperti dengan misi hari sebelumnya, dikirimkan link Google yang berisi pemberian rating bintang 5 untuk hotel yang terdaftar dalam aplikasi Agoda tersebut. Kemudian mendapatkan komisi Rp110.000, yang berhasil masuk ke rekening saya. Saat masuk ke misi ke-5, mulailah disuruh top up lagi.

Top up yang pertama masih dengan harga Rp450.000, yang ditransfer masih dengan rekening yang sama. Setelah itu ada lagi top up kedua, dengan nominal yang lumayan besar, Rp4 jutaan. Hari pertama top up hanya berlangsung 2x dan dana langsung refund beserta bonus. Namun setelah hari kedua ini, ternyata harus top up lagi sampai 3x, dengan harga yang melebihi dari Rp10 juta, untuk top up booking room yang katanya untuk meningkatkan kualitas dari Agoda sendiri.

Saya tidak melanjutkan top up tersebut, karena uang saya sudah habis untuk top up kedua. Saya coba untuk bertanya ke member yang lain, yang masing-masing member berbeda untuk mentornya. Kata mereka top up-nya cuma 2x, masih sama dengan hari sebelumnya. Beberapa member yang lain mengirimkan bukti dana mereka, yang telah berhasil refund beserta komisinya. Wallahu a’lam, saya tidak tahu apakah mereka benar atau mereka juga sebagian dari komplotan admin dan mentor yang penipu ini.

Saya coba untuk penarikan saldo, tetapi pernyataan mentornya tidak bisa melakukan penarikan sebelum misinya selesai. Saya ikhlas untuk dana yang telah saya top up, semoga ini menjadi pelajaran buat saya ke depannya.

Untuk Agoda, saya sangat kecewa ternyata cara aplikasi ini, sangat licik untuk mendapatkan rating yang ternyata semuanya manipulatif. Semoga ada balasan yang terbaik untuk orang-orang seperti mereka ini. Semoga bisa jadi pelajaran juga untuk yang lainnya. Terima kasih.

Layla
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

31 komentar untuk “Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

  • 9 Desember 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Kemarin saya baru saja diinvite ke grup tele-nya. Saya kerjakan semua dan memang benar ditransfer dan direfund. Kuncinya jangan greedy. Hari pertama itu mereka pasti meyakinkan para calon korban alias mancing. Hari kedua baru panen. Jadi cukup kerjakan hari pertama saja

  • 17 Desember 2023 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Saya sama persia baru siang tadi ikut . Sampai tugas ke 2 lumayan 5 jt. Disuruh top uo ke tugas 3. Mayan 20 jt. Dahlah mikir ini penipuan saya ikhlaskan yang 5 jt. 😢😢

 Apa Komentar Anda?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Modus Penipuan Agoda Expert!

oleh Layla Radita Ramadhani dibaca dalam: 2 menit
31