Pembuatan Duplikat STNK dan KEUR yang Hilang Tidak Selesai-selesai oleh TRAC

Kepada Tim Kantor Pusat TRAC ASTRA

Perusahaan kami yang bergerak di bidang jasa pengiriman/kurir barang, hampir seluruh kendaraan operasional yang digunakan disewa melalui TRAC ASTRA. Pada tanggal 29 Agustus 2023, salah satu staf operasional dari gerai/cabang kami melaporkan kepada pihak pemilik kendaraan sewa (TRAC ASTRA) lewat layanan call center bahwa telah terjadi kehilangan dokumen kendaraan berupa STNK dan KEUR oleh driver kami.

Laporan sudah dicatat/dokumentasikan dengan nomor tiket 230824090030. Hari itu juga, staf kami langsung dihubungi oleh staf TRAC bagian dokumen kendaraan untuk ditindaklanjuti perihal laporan dokumen kendaraan yang hilang.

Besoknya (tanggal 30 Agustus 2023), sesuai yang dijanjikan oleh staf TRAC bagian dokumen kendaraan, dilakukan proses cek fisik oleh kurir dokumen TRAC di lokasi gerai/cabang kami. Diinformasikan pula bahwa berkas tambahan yang dibutuhkan (BAK, SIM Pengemudi, Surat lapor kehilangan dan kepolisian, konfirmasi add charge to customer) sudah lengkap dan masuk tahap persetujuan pengajuan biaya.

Kami selaku pelanggan sudah beritikad baik mulai dari melaporkan dan kesediaan untuk melakukan penggantian biaya duplikat atas dokumen kendaraan yang hilang tersebut. Namun, sampai dengan saat ini (sudah 2 bulan lebih), dokumen kendaraan tersebut tidak kunjung selesai.

Staf kami sudah berulang kali menanyakan kapan perkiraan duplikat dokumen kendaraan tersebut bisa diterima, mengingat sering ada razia gabungan. Kami juga sudah pernah mengajukan opsi agar kendaraan diberikan pengganti sambil menunggu dokumen selesai diduplikat, mengingat operasional internal kami yang sangat tinggi.

Saya menilai seperti ada ketidakberesan di jenjang berikutnya dari level staf operasional paling bawah, level 1. Mereka cekatan, responsif, dan bisa memenuhi janji jika dibandingkan dengan “atasan” level 2. Masa iya, untuk perusahaan ternama sebesar TRAC ASTRA, urusan duplikat STNK harus berbulan-bulan. Mari kita refresh lagi terkait penyederhanaan suatu proses supaya tidak terlalu lama, atau atas nama pelayanan, dilakukan rotasi ke mereka yang ada di level 2.

Salam perbaikan.

Sadiran
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pembuatan Duplikat STNK dan KEUR yang Hilang Tidak Selesai-selesai oleh TRAC

  • 20 November 2023 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Saya kira mobil trac yang ada di perusahaan saya saja yang ada kendala untuk setiap kebutuhan, ternyata di perusahaan lain juga ya wkwk.
    Apalagi kalo servis atau ganti ban, sudah chat ke cs dan di jadwalkan jauh-jauh hari yang biasanya minimal 3 hari dari buat laporan, eh sampe bengkel ga diapa-apain mobilnya, ternyata kata orang bengkel belum ada konfirmasi dari pihak trac, katanya spk belum ada.
    Cuma mikir aja, buat apa cs mengarahkan 3 hari kedepan kalau spk aja belum siap.

    Betul banget pendapat diatas, perbaikan lvl 2 sangat diperlukan, kan aneh aja yang lvl 1 seperti cs, sudah ramah, responsif dan cekatan tapi tindak lanjut dari atasan di lvl 2 berbanding terbalik dengan pelayanan bagus dari lvl1. Kadang kasian juga saya sama cs yang saya omelin kalo spk belum ada, padahal sebenarnya saya tahu itu bukan bagian mereka, tapi ya mau complain ke mana lagi kan 🤣

  • 26 Desember 2023 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih Media Konsumen, Masalah Pembuatan Duplikat STNK Saya Melalui TRAC Sudah Selesai

    Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, karena melalui Media Konsumen, permasalahan saya mengenai: pembuatan duplikat stnk dan keur hilang tidak selesai-selesai oleh trac, akhirnya selesai dan duplikat stnk dan keur sudah diterima dengan baik.

    Kedua saya sangat apresiasi atas atensi dari tim cepat tanggap dari penyedia jasa layanan (trac) yang dengan baik telah melakukan kunjungan serta memberikan penjelasan tambahan secara lebih detail terkait proses duplikat stnk dan keur pada saya. Dari penjelasan tambahan yang disampaikan tersebut akhirnya saya lebih dapat mengerti alur proses pembuatan duplikat stnk dan keur. Atas ketidakpahaman pada alur proses tersebut, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya pada pihak penyedia jasa layanan (trac)

    Saya ucapkan syukur alhamdulillah bahwa keluhan saya sudah ditanggapi oleh penyedia jasa layanan dan sudah selesai dengan baik. Dokumen kendaraan (STNK-KEUR) sudah diterima.

    Dengan demikian surat keluhan ini saya nyatakan saya tutup.

    Terima kasih dan salam,

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pembuatan Duplikat STNK dan KEUR yang Hilang Tidak Selesai-selesai ole…

oleh Xadiran0 dibaca dalam: 1 menit
3