Refund Kereta Cepat yang Lama

Selamat pagi Media Konsumen, terima kasih telah berkenan menayangkan keluhan saya.

Saya ingin menanyakan kepada pihak KCIC kabar mengenai refund 100% yang saya ajukan di Stasiun Halim pada tanggal 17-11-2023 lalu dan sampai sekarang belum dikembalikan. Refund saya ajukan dikarenakan tidak terbitnya tiket yang saya beli via aplikasi Whoosh, sementara rekening saya terdebit.

Saya sudah melakukan pelaporan secara bertahap ke pihak BNI, Doku, dan terakhir di layanan konsumen Kereta Cepat di Stasiun Halim. Di sana saya sudah melakukan pengisian Formulir Refund.

Di Stasiun Halim, setelah konfirmasi, pengecekan, dan pemeriksaan dengan petugas pelayanan, saya diberi 2 opsi yaitu dijadikan tiket kembali atau refund 100%. Saya memilih refund 100% karena saya harus membeli tiket ulang dari Padalarang ke Halim hanya untuk melaporkan masalah gangguan sistem tiket yang saya alami dikarenakan pelaporan refund hanya bisa dilakukan di Stasiun Halim. Pelayanan konsumen di Stasiun Halim sudah saya kategorikan bagus.

Mohon maaf saya mengadukan masalah ini via Media Konsumen dikarenakan posisi saya di Kalimantan hal tersebut jadi hambatan bagi saya apabila pengaduan konsumen harus berulang kali dilakukan di Stasiun Halim. Mohon maaf saya hanya ingin menanyakan kepastian refund saya mengingat ini sudah masuk akhir tahun yang mana setiap perusahaan sudah masuk pada tahap proses tutup buku.

Pengaduan terbaru saya ini upayakan di Media Konsumen karena saya menilai sebagai perusahaan besar dan baru seperti KCIC tentunya memiliki tanggung jawab menjaga marwah perusahaannya sehingga lambatnya proses refund seperti ini jangan sampai terjadi kepada orang lain di mana semua proses refund sudah diikuti tetapi tidak ada pelaksanaan pasti atas proses refund tersebut secara nyata.

Bagi saya, uang senilai 600 ribu bukan nilai yang besar, soalnya yang paling penting rasa aman, rasa nyaman, dan rasa percaya kepada pihak-pihak yang mengadakan pelayanan publik secara khusus KCIC pada masalah ini.

Saya harap pengaduan melalui Media Konsumen ini saya mendapatkan refund saya lebih cepat. Terima kasih.

Sepri Efandi
Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Refund Kereta Cepat yang Lama

  • 10 Desember 2023 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Kak saya merupakan salah satu korban juga, 2 tiket saya tak kunjung di refund sudah melebihi dari waktu yang dijanjikan selama 30 hari kerja.

    Saya sangat menyayangkan moda transportasi ini secara mobilitas cepat namun proses refund cenderung lelet

    • 10 Desember 2023 - (18:20 WIB)
      Permalink

      Harapan kita pihak KCIC memberikan respon positif agar moda transportasi ini bisa maju serta dipercaya masyarakat dan tidak lalai dengan tanggung jawabnya selain melayani masyarakat dalam moda transportasi dan juga proses administrasi refund

    • 25 Maret 2024 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama sudah 1 bulan lebih tidak ada kabar jelasnya…

      Ketika pengajuan refund dan mengisi formulir ada juga yang komplen dan mendatange CS bahwa dia mengeluhkan juga sudah lebih 1 bulan dan sudah beberapa kali bolak balik ke CS…

      Kayaknya mang ada yang salah dalam managemen…

  • 11 Desember 2023 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwkkw ngakak, ini aja baru 100 tahun balik modal owkwowkwo, lumayan buat bayar hutang ke koh winnie the pooh

    • 11 Desember 2023 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Tidak masalah pihak KCIC mau membayar atau tidak refund tersebut tapi dari masalah ini kita bisa menilai sejauh mau kredibilitas perusahaan sekelas KCIC menjaga Marwah perusahaannya. Apabila pihak KCIC membayar dan menanggapi positif secara bertanggung jawab refund tersebut ini menjadi bukti sebagai bahwa pihak KCIC sebagai perusahaan pelayan publik mereka bertanggung jawab. Tetapi bila mereka tidak bertanggung jawab atau lepas tangan silakan para pihak menilai layak tidaknya perusahaan ini diluar moda transportasi cepatnya. Makasih

  • 12 Desember 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Bginilah klau jiwa korup msih subur dijiwa para Pjb. Mrk tdk mau sadar bhw pjb digaji olh uang rky yg bayar pajak,bayar distribusi dll,mrk malah brlaku bak penjajah bg rkynya. Byk kasus dmana rky slalu jd korban. Rky diuber unt bayar pajak,tp uang pajak dimakan olh Alun dkk,mrk hidup mewah diatas pembayr pajak. Dlm hal kasus tiket,shrusnya tanpa dimintapun ktika ada error’ di sistem tiket online,mk sktikq hrus me refund uang ke konsumen,shg konsumen dpt mmbeli ulang tiket tsb. Hal tsb berguna unt konsumen yg dananya terbatas. Dg sistem online,ga ada alasan unt lemot

    • 12 Desember 2023 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Betul sekali refund adalah hak konsumen ketika suatu proses gagal akibat kegagalan sistem atau ketika konsumen ingin merubah jadwal keberangkatan. Baik itu refund 100 % atau dengan potongan. Mengenai siapa yang bersalah dari pihak KCIC saya tidak mau menyebutkan siapa, tetapi dalam kasus refund ini penanggung jawab nya adalah pihak manajemen KCIC selalu pemilik dan penanggung jawab Kereta Cepat. Jadi melalui Surat Pembaca Media Konsumen ini saya ingin melihat tanggung jawab pihak KCIC dalam refund tersebut. KCIC bukan bisnis hari ini besok selesai tapi bisnis bentuk layanan publik yang berkelanjutan. Masa 1 refund saya saja tidak bisa mengembalikan atau tidak ada keberanian menanggapi Suara Pembaca ini.. Kalo tidak ada tanggapan biar kita tau saja seperti apa pihak KCIC di mata masyarakat atau secara khusus untuk saya yang mengalami masalah refund saat ini . Masalah refund pasti akan terjadi di orang lain dengan kasus berbeda. Jadi kita tunggu saja apa tanggapan Pihak KCIC dalam kasus refund saya ini. Terimakasih

  • 16 Desember 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Wih 600 ribu di kali 100 orang. Uang itu. Penipuan kelas berat itu manajemen dan dirut nya, bilang refund. Kwkwkwkwkw 600 x 100 = 60.000.000 wkwkwk Parah.

    • 19 Desember 2023 - (22:15 WIB)
      Permalink

      Sudah 1 bulan lebih sejak tanggal 17 November batas maksimal sampai tgl 29 Desember maka sudah lewat 30 hari kerja. Apabila uang saya sampai tanggal 29 Desember tidak dikembalikan maka Fix mereka sudah mencuri uang saya melalui kegagalan sistem ckckcck…

  • 28 Desember 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Cased closed dana sudah direfund setelah 29 hari kerja tapi tetap terima kasih kepada KCIC

 Apa Komentar Anda mengenai Refund Kereta Cepat yang Lama?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Refund Kereta Cepat yang Lama

oleh Sepri dibaca dalam: 1 menit
10