Kecewa dengan Kualitas dan Layanan Garansi Kipas Angin SEKAI

Saya ingin memperingatkan pada masyarakat, terutama penduduk Kota Banjarmasin, agar berhati-hati membeli barang elektronik dengan merek SEKAI, karena kualitas produk dan layanan garansinya yang sangat jelek.

Pada tanggal 04 Maret 2023, saya membeli kipas angin SEKAI tipe HSN 2037 RI 90 watt seharga Rp600.000 di Toko Pratama Elektrik, Jl. Perintis Kemerdekaan No.20A, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70115. Sejak saat itu sudah 3 kali dalam kurun waktu kurang dari setahun, kipas angin SEKAI tersebut mengalami kerusakan. Yang mana CV Star (selaku distributor dan pelaksana garansi dari produsen merek SEKAI yang berlokasi di Jalan Anang Adenansi, No. 22, Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 70231, Indonesia) menolak garansi penggantian spare part dan hendak meminta pembayaran dari penggantian spare part.

Atas dasar hal tersebut, saya keberatan untuk membayar ongkos penggantian spare part, karena barang masih dalam garansi yang meliputi jaminan perbaikan, penggantian spare part, bahkan penggantian produk seutuhnya.

Demikian hal ini saya uraikan untuk masyarakat, terutama penduduk kota Banjarmasin, agar berhati-hati membeli barang elektronik merek SEKAI. Berikut saya lampirkan bukti foto dari kasus tersebut. Terima kasih!

Ferdy Sera
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Kecewa dengan Kualitas dan Layanan Garansi Kipas Angin SEKAI

  • 14 Januari 2024 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Barang second atau gimana? Kok lecek bagian kabel!kalo resmi sih biasanya garansi pun ada syarat dan kerusakan benar benar dimungkinkan kesalahan produksi!

  • 14 Januari 2024 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Mahal banget om harganya, punya ku merek goldpion udh 4 tahun belum pernah servis, meski memang gak sekenceng lagi awal, tapi masih adem lah, harganya cuma 300rbn

  • 14 Januari 2024 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Lha itu barang jelas jelas baru dan bergaransi, kan sudah 3 kali rusak dan 3 kali pula masuk di bengkel garansinya yaitu CV stars Banjarmasin selaku pelaksana klaim garansi yang ditunjuk oleh produsen sekai dengan status yang dipahami, dan dinyatakan sendiri oleh CV stars adalah barang bergaransi.

    Mengenai syarat garansi, maka saya tegaskan sejak dibeli barang tidak pernah digunakan diluar petunjuk pemakaian termasuk dalam hal lingkungan barang itu digunakan masih dalam standar penggunaan.

    Mengenai harganya memang mahal rp. 600000 nggak sebanding amat itu dengan kualitas dan layanan garansinya.

    • 15 Januari 2024 - (14:47 WIB)
      Permalink

      Ha 600 rb mahal banget harganya sekai 300 rb udah bagus banget ini beli dimana ? Hampir 2 kali lipat harganya.

  • 14 Januari 2024 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Biasanya garansi setahun tapi ada batas klaim. Mungkin cuma boleh 2x klaim dan yg ke 3 harus bayar partnya. Merk2 itu biasanya kawat dinamo dari aluminium bukan tembaga. Jd biasanya gak awet kalo nyala trus menerus

  • 14 Januari 2024 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Kalau saya tetep setia sama Maspion, awet kwalitasnya bagus, biarpun harganya murah cuma 300 rb, tapi sudah 7 tahun belum pernah servis, padahal dipakai non stop karena suhu di jatim panas banget.

    • 15 Januari 2024 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Kipas angin itu barang jarang rusak, karena cuman dinamo, bearing dan kapasitor saja yg biasanya bermasalah. Harusnya tahunan baru rusak antara tiga alat anda diperbaiki dengan parts kanibal atau teknisinya yg tidak kompeten, atau di gunakan di ruang penuh debuh sehingga debu cepat merusak kipasnya. Coba cek lagi parts2 apa saja yg rusak di 3 perbaikan apakah sama atau berbeda.

  • 15 Januari 2024 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Rusaknya kenapa atau karena apaa? Kok gak dijelasin? Atau gak berani jelasinnya?
    Yang digaransi itu hanya rusak karena cacat pabrik.
    Kalo rusak karena pemakai, misal kepanasan dijemur, atau kesiram air, atau listrik tidak stabil, atau kesalahan pemakaian lainnya, ya gugur garansinya..

  • 15 Januari 2024 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Berikut Untuk artikel mengenai kipas angin sekai diatas :
    1. Kerusakan pertama adalah putaran kipas angin melambat setelah dipakai 2 hari dipakai. Dan di jawab CV stars (pelaksana klaim garansi dari produsen sekai banjarmasin) hal itu adalah wajar. Terus di minyakin sama mereka.

    2. Kerusakan kedua adalah kipas angin mati total ( tidak mampu berputar sama sekali) kira kira 2-3 bulan dipakai sejak tanggal dibeli. Yang dinyatakan oleh CV stars disebabkan sekering putus dan telah diganti Sekeringnya.

    3. Kipas angin berputar mengeluarkan bunyi suara jangkrik dan remote yang kadang-kadang berfungsi dan juga kadang-kadang vtidak berfungsi. Atas kerusakan yang ketiga ini CV stars menyatakan boshing kipas rusak dan telah diganti dan meminta saya untuk menunggu satu bulan untuk penggantian sparepart remote terkait perbaikan remote kipas dan menagihkan biaya penggantian boshing sebesar Rp. 15000 dan untuk sparepart remote sebesar Rp 50000. Penagihan ini saya tolak karena barang masih dalam status garansi dimana pembicaraan garansi yang terjadi ini tidak memiliki persyaratan apa pun dan akan dipahami oleh orang satu Indonesia meliputi jasa perbaikan, penggantian sparepart atau bahkan penggantian barang sepenuhny tanpa biaya.

    Karena saya menolak membayar biaya penggantian sparepart, CV stars memutar balikkan perjanjian garansi yang sudah terjadi diatas dengan menyatakan penggantian boshing kipas yang sudah terlanjur tanpa membicarakan terlebih dahulu mengenai biayanya kepada sayaakan dianggap amal kepada saya ( digratiskan).

    Lha nggak pernah ada yang di amalkan kepada saya. Perbaikan kipas angin tersebut tanpa biaya selama dalam masa garansi murni adalah kewajiban CV stars sesuai dengan perjanjian yang telah terjadi.

    Pada akhirnya saya bawa kembali itu kipas angin dalam keadaan remote yang kadang berfungsi dan kadang-kadang tidak tersebut.

    Nah saudara saudara semua yang tidak ingin bernasib sama seperti saya diatas, berhati hatilah berurusan dengan produk SEKAI dan seluruh pihak Terkait pada artikel saya di atas.

    • 16 Januari 2024 - (01:59 WIB)
      Permalink

      Namanya barang, apalagi elektronik ya seperti itu pak, untung² an, bahkan kadang sekelas panasonic pun ga awet kalau pas kena barang yg kurang ok, jadi bukan semua produk nya bermasalah, kalau saya amati, yg ditekan kan disini adalah pelayanan garansi, bukan masalah produknya, semoga segera terselesaikan dengan baik pak.

  • 16 Januari 2024 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Produk kipas (fan, exhaust, dll.) SEKAI memang lebih murah dibandingkan kompetitor, dan kualitas juga biasa aja. Mengenai ketentuan garansi, apa tidak ada authorized service center di tempat Anda? Mungkin toko tempat Anda beli yang bermasalah, maunya jual aja giliran ada trouble nggak mau bantu.

  • 16 Januari 2024 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Toko pengecernya juga bermasalah (PRATAMA ELEKTRIK BANJARMASIN DI JL. SULAWESI SIMPANG EMPAT BANJARMASIN). Pada saat saya beli, saya tanya ada garansi nggak? Nggak ada katanya. Setelah mengalami kerusakan pertama saya bawa itu barang ke CV stars selaku pelaksana garansi dari sekai di banjarmasin (informasi lewat internet). Saya tanya disana barang bergaransi nggak sambil menunjukkan nota pembeliannya?
    Terus dijawab CV stars : bergaransi katanya.
    Terus terjadilah kerusakan sampai 3 kali yang semuanya diterima dan dipahami oleh CV stars sebagai barang bergaransi dimana pada kerusakan yang ketiga terjadilah masalah layanan garansi seperti yang saya
    Uraikan diatas!

    Entah mana yang tidak benar toko pengecer atau CV stars, saya tidak tahu. Yang jelas saya sebagai konsumen cuma ngikutin aja keterangan semua pihak yang berakhir pada sengketa layanan garansinya

    • 16 Januari 2024 - (18:35 WIB)
      Permalink

      buset kipasnya belum setaun udah kaya gitu burik amat wkwkkkwk. bujegile si harga 600rb kipas gitu doang, mending beli online omm

 Apa Komentar Anda mengenai kipas angin SEKAI?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kualitas dan Layanan Garansi Kipas Angin SEKAI

oleh Ferdysera dibaca dalam: 1 menit
15