Surat Pembaca

Kecewakan Banyak Nasabah, BNI Tetap Menolak Memberikan Spending Reward Rp15 Juta

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kembali kepada Media Konsumen, karena telah memuat artikel saya kembali. Pada tanggal 28 Februari 2024, saya menerima tanggapan via telepon dari Bank BNI terkait surat pembaca saya sebelumnya:

Adapun mereka mengatakan bahwa cashback Rp15 juta tetap tidak bisa diberikan, dengan alasan “Kuota telah Terpenuhi”. Berikut kembali saya lampirkan bukti-bukti, yang mana pada saat awal saya apply kartu kredit ini tidak ada disebutkan adanya “Kuota” untuk program Spending Reward Cashback Rp15 juta.

Saya juga mendapat email dari BNI, mereka menutup nomor pelaporan saya: 2-00021336278, 2-00021196747, 2-00021036179, 2-00021321730, yang mengajukan banding terkait keberatan saya atas “kuota cashback 15 juta” yang telah penuh. Pengaduan yang saya buat terhadap pihak OJK juga di tolak oleh Bank BNI, dengan alasan “Seluruh Kuota Telah Terpenuhi”

Betapa kecewanya saya atas tanggapan dari Pihak BNI terkait program spending reward ini. Sebagai nasabah, jujur saya sudah lelah sekali berurusan dengan Bank BNI. Saya merasa tidak ada itikad baik yang diberikan oleh Bank BNI sampai hari ini.

Bukankah perubahan sepihak terhadap syarat dan ketentuan selama program berjalan ini adalah hal yang bertentangan dengan POJK 22 Tahun 2023 Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan? Yang mana Bank BNI melanggar Pasal 49 dan Pasal 92.

Jika tahu BNI akan mengubah ketentuan secara sepihak, saya tidak akan mengikuti program ini. Saya sangat menyesal dan kecewa telah menggunakan kartu kredit ini dalam jumlah spending yang nominalnya tidak kecil jika akan berakhir seperti ini.

Adapun yang telah saya sampaikan pada surat sebelumnya, jika memang ini akhir dari tanggapan BNI kepada saya, saya tidak akan segan untuk membagikan pengalaman buruk saya terhadap Bank BNI kepada seluruh relasi yang saya kenal. Saya juga akan membagikannya melalui media sosial saya. Dan untuk ke depan dan seterusnya, saya juga tidak pernah percaya dan mau menggunakan atas tawaran-tawaran yang disampaikan oleh Bank BNI lagi.

Dear Bank BNI, saya tetap tidak terima atas respons kalian terhadap saya. Saya harap semoga ada respons positif dan itikad baik yang kalian berikan kepada nasabah-nasabah yang telah kalian kecewakan. Tolong berlaku adil seperti batch sebelumnya, dengan tetap mengakomodir Spending Reward sesuai dengan janji awal kalian.

Saya harap ke depannya sebagai bank besar ternama di Indonesia, Bank BNI bisa lebih menghargai nasabah-nasabah kalian.

Feny Febrianti
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • harusnya kompak semua bergabung sewa pengacara ajukan tuntutan, saya yakin bisa karena kelas atas semua yang spendingnya diatas 50 juta 3 bulan terakhir. harus dibuat jera bank seperti itu jangan sampai nanti ada promo lain yang menjebak konsumen.

  • Lagi lagi , bank BUMN yang bermasalah, baik jika kita GOOGLE pun selalu yang banyak masalah bisa diduga bank2 BUMN, padahal kalau dari kasus TS diatas sesuai dengan UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan nasabah, harusnya BNI dalam kasus ini patut diduga melakukan pelanggaran yang diamanahkan oleh UU , bisa dilaporkan baik secara pidana maupun perdata, cuman pertanyaannya apakah BNI sebagai bank besar tidak malu ? masalah sekecil ini ( 15 juta ), mosok mau digugat dulu baru mau bayar ? sedangkan TS juga sudah kasih bukti2 jelas ?halooo?

  • Saya juga sama mengalami hal serupa. Saya sudah sampaikan dengan laporan 200021842387 dan 200021548927 namun sampai dengan sekarang juga tidak digubris oleh pihak BNI. Pihak BNI bilang bawasannya program hanya bisa di claim di awal bulan, padahal di bulan sebelumnya saya sudah menyelesaikan challenge spending dengan transaksi 50jt tiap bulan dan poin reward yang seharusnya di burn juga sudah mencukupi (min 60.000 BNI point rewards).