Perbaikan Unit Travelio Dibebankan ke Owner, Padahal Bukan Kesalahan Owner/Unit

Dear Travelio,

Saya akhirnya menulis lagi di sini, karena saya lihat respon di Liopartner (portal chat owner dan Travelo) sangat lambat dan jawaban CS disana sangat seperti robot saja (maaf) karena hanya menjawab berdasarkan SOP dan tidak melihat kemungkinan kesalahan lain yang terjadi.

Saya ada 2 masalah perbaikan unit oleh Travelio yang perlu didiskusikan sebab tidak dituntaskan di Liopartner. Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu menyamakan informasi dulu, kalau unit saya adalah unit baru serah terima beberapa bulan, dan peralatan di dalamnya juga semua baru.

Pada tanggal 14 Februari 2024, saya menerima notifikasi kalau water heater saya rusak dan perlu diperbaiki. Saya cukup terkejut karena water heater belum setahun, pemasangan baru beberapa bulan dan sudah rusak, tentu saja jika ada kerusakan ini harus saya urus ke garansi produk.

Pada foto nampak kalau water heater terpasang baik, namun indikatornya tidak menyala. Sebagai orang yang mengerti sedikit tentang listrik, saya melihat bahwa ini kemungkinan terjadi akibat tidak ada supply listrik, bisa jadi ELCB water heater trip, atau MCB di panel trip.

Tanggal 15 Februari 2024, ada notifikasi kalau unit sudah diperbaiki dan akan timbul biaya, setelah saya tanyakan masalahnya apa, katanya stopkontak tercabut. Dari laporan tersebut timbul workorder (WO-ROTPM-2402140069) yang harus saya bayarkan sebesar Rp. 55.000 incl PPN.

Dari sini lalu saya menanyakan ulang melalui Liopartner, permasalahannya apa, kenapa timbul biaya. Sebab kalau hanya MCB trip atau ELCB trip, tentu saja tidak mungkin ada biaya sebesar itu. dan bagian pengecekan unit Travelio harusnya bisa mengatasi masalah sederhana seperti itu.

Setelah saya tanyakan, disebutkan kalau colokan tercabut, dan dikirim foto yang menunjukkan kalau rumah stopkontak tercabut, padahal foto sebelumnya tidak ada kerusakan seperti pada foto yang barusan dikirim. Dan kalaupun stopkontak tercabut dan rumah stopkontak tercabut dari dudukan, tentu saja ada yang menariknya dari tembok, ini tidak mungkin tercopot sendiri. Lalu kenapa hal seperti ini dibebankan ke pemilik? Padahal seharusnya yang membayar adalah yang mencabut colokan tersebut.

Masalah yang kedua:

Tanggal 8 Maret 2024 dikatakan ada perbaikan unit karena jet shower bocor. Saya juga langsung menanyakan hal ini kepada Travelio, sebab saya ingin mengetahui bocornya itu kenapa? Sebab segalanya masih baru, koq ada masalah, maka saya minta agar barang yang rusak diserahkan kepada saya agar bisa diperiksa. Pada laporan ini tidak ada foto disertakan sebagai bukti.

Ternyata tanggal 18 Maret jet shower sudah diperbaiki, dan karena libur chat saya baru dibalas tanggal 12 Maret 2024, dan kantanya alat yang rusak sudah dibuang, sehingga tidak ada lagi bukti kerusakan. Menurut saya ini juga tidak merupakan proses yang benar, sebab jika ada kerusakan, dan hanya asal diganti atau tanpa konfirmasi detil ke owner.

Mungkin dari kedua masalah ini, Travelio perlu memperbaiki sistem yang dia buat, sebab tidak semua owner adalah buta masalah peralatan listrik, dan peralatan yang ada di unit. Dari kedua permasalahan ini sama sekali tidak ada konfirmasi bukti untuk membuktikan perbaikan dengan benar, sebab bisa saja ada ketidakjujuran teknisi yang mengakibatkan kerugian owner jika hanya memberikan foto dan seperti kasus pertama foto berubah, dan pada kasus kedua, tidak ada foto.

Sebagai penutup, jika memang kerusakan itu ternyata bukan kesalahan dari unit tentu saja tidak boleh dibebankan ke pemilik unit. Saya perlu berbicara secara langsung dengan teknisi, dan manajemen Travelio jika hal ini masih terus dijawab secara bahasa robot ke owner.

Salam,

Willy
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Perbaikan Unit Travelio Dibebankan ke Owner, Padahal Bukan Kesalahan Owner/Unit

  • 16 Maret 2024 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Gak masuk akal juga sih…main diperbaiki ini itu dimintain bukti barang yg diganti jwbnya sudah gak ada barangnya…

  • 17 Maret 2024 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Ini jelas kesalahan telak travelio. Tanpa sepengetahuan pemilik sebelumnya sdh main betulkan sendiri alias sok tau.

    Jangan pengen duitnya doang dari mitra, tp jangan ngelunjak!

  • 18 Maret 2024 - (08:22 WIB)
    Permalink

    emang di apartement situ tidak ada agen property yang menyediakan jasa sewa apartement

    saya prefer ke agen property biasa
    karena sebelum diserahkan ke agen kuncinya, pasti dicek bersama sama dahulu kinerja fasilitas isi unit

    sehingga kalo konsumen akhirnya ada yang komplen mengenai kerusakan, tidak serta merta 100% dibebankan ke owner seperti di atas

  • 28 Maret 2024 - (11:24 WIB)
    Permalink

    CaseClosed

    Akhirnya diberi kesempatan diskusi lanjutan dengan travelio
    hasilnya
    1. biaya perbaikan akan di reimburse kembali oleh travelio
    2. akan dilakukan perubahan manage apartemen menjadi “own managed”, sehingga perbaikan akan dilakukan setelah saya menyetyjui apa yang harus dilakukan.
    3. travelio menyediakan “jalur Urgent” untuk diskusi melalui email sehingga maslah dapat lebih cepat ter atasi, tidak harus menunggu jam operasional lio partner

    Terimakasih travelio

    willy

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Perbaikan Unit Travelio Dibebankan ke Owner, Padahal Bukan Kesalahan O…

oleh Willy dibaca dalam: 2 menit
5