Kurir Anteraja Sameday Pick-up Suka-Suka dan Tokopedia Lepas Tangan

Selamat malam,

Entah harus kemana lagi saya mengeluhkan / mengadukan permasalahan yang saya hadapi selama beberapa bulan terakhir, sehingga memutuskan untuk menceritakannya di sini.

Saya seller di Tokopedia dengan nama toko Eyleen Store dan beberapa toko lainnya di bawah naungan saya. Saya berlokasi di Jakarta Pusat. Kurir Anteraja Sameday kerap sekali pick up di toko suka suka, dan hampir kerap kali H+1 baru di pick up paketnya.

Sedangkan customer memesan menggunakan layanan Anteraja Sameday dengan ongkos yang lebih mahal dengan harapan bisa mendapatkan pesanan di hari yang sama.

Saya sebagai seller yang mendapatkan imbas dari komplen customer yang tidak kunjung mendapatkan paket yang mereka pesan dengan layanan Anteraja Sameday, bahkan tidak sedikit yang mengganggap bahwa toko lambat dalam mengirimkan pesanan customer.

Bahwa saya mengetahui batas request kurir untuk Anteraja Sameday adalah pukul 14:00 WIB dan semua pesanan yang menggunakan layanan Anteraja Sameday telah direquest pick up sebelum batas jam tersebut. Tentu dengan harapan bahwa paket akan segera diambil dan diantarkan ke pembeli, namun kenyataannya selalu diambil keesokan harinya, sehingga kerap kali menyebabkan keluhan dari customer kepada penjual, ya penjual yang menghadapi komplen tersebut, bukan Tokopedia, bukan Anteraja.

Kejadian ini telah berlangsung berbulan-bulan lamanya dan terjadi hampir setiap hari. Saya memiliki nomor kurir Anteraja Sameday yang biasa pick up di toko saya, dan setiap kali dihubungi untuk di pick up, tidak menjawab telepon maupun chat WhatsApp saya.

Terlebih lagi jika kurir tersebut sedang libur atau berhalangan, maka paket akan diambil H+2. Status di lacak pun selalu berubah bahwa sudah sampai di lokasi seller, dengan foto entah dimana, namun paket tetap tidak diambil, dan status akan berubah kembali / jalan setelah keesokan harinya dijemput.

Entah perubahan status yang kurir lakukan untuk apa? Apakah menghindari penalty dari perusahaan karena telat pick up paket? Tetapi seller dan buyer yang dirugikan di sini.

Saya telah melaporkan hal ini berulang kali ke customer service Anteraja melalui sambungan telepon dengan menyebutkan salah satu contoh nomor resi, dan hanya kata-kata laporan akan diteruskan ke team terkait.

Tentu paket tetap diambil keesokan harinya seperti tidak ada pengaruh apapun melaporkan hal tersebut melalui customer service. Tanpa ada perubahan sama sekali berbulan-bulan, sampai lelah untuk melaporkan melalui telepon, kirim email ke customer service Anteraja pun hanya mendapatkan balasan yang serupa tanpa ada perubahan/perbaikan layanan pick up Anteraja Sameday.

Mengadukan permasalahan yang saya hadapi ini melalui media sosial Anteraj (Instagram) pun tidak mendapatkan respon/balasan sama sekali. Saya juga telah mengadukan hal tersebut melalui media sosial Tokopedia (Instagram) pun tidak mendapatkan respon/balasan sama sekali.

Perlu diketahui bahwa sejak awal permasalahan ini muncul, layanan Anteraja Sameday di Tokopedia telah saya nonaktifkan, namun pesanan yang menggunakan layanan Anteraja Sameday terus masuk, dan saya terus menghadapi permasalahan yang sama. Saya mencoba menanyakan hal ini kepada customer service Tokopedia melalui chat bantuan, mendapatkan jawaban bahwa selama opsi “Sameday 8 jam” dalam kondisi tercentang, maka layanan Anteraja Sameday tetap masuk walaupun sudah menonaktifkan layanan Anteraja Sameday di kolom kurir.

Saya tidak bisa menonaktifkan layanan “Sameday 8 jam” tersebut untuk menghindari masuknya pesanan menggunakan Anteraja Sameday, karena di situ juga termasuk akan menonaktifkan layanan Grab Sameday dan Gojek Sameday.

Perlu diketahui bahwa sekitar 40% dari total keseluruhan pesanan dalam 1 hari menggunakan jasa instan/Sameday (Grab/Gojek). Jika saya menonaktifkan Sameday, akan berpengaruh pada pesanan yang masuk.

Atas hal tersebut, saya pun menilai bahwa Tokopedia seperti memaksakan atau tidak memberikan pilihan untuk menerima pesanan dengan layanan Anteraja Sameday, serta tidak berbuat apapun atas kendala yang saya hadapi selama beberapa bulan terakhir ini. Jadi menonaktifkan seluruh layanan Anteraja pun bukan solusi, selama layanan Anteraja Sameday masuk di dalam “Sameday 8 jam” di opsi pengiriman.

Sampai hari ini saya tidak mendapatkan solusi dari pihak Tokopedia sebagai marketplace dan perbaikan layanan Anteraja Sameday atas semua keluhan, saran, dan kritik yang saya lakukan selama beberapa bulan terakhir.

Semua ini demi kenyamanan saya sebagai seller yang berjualan di Tokopedia dan customer yang menggunakan layanan Anteraja.

Rony Rahardja
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Kurir Anteraja Sameday Pick-up Suka-Suka dan Tokopedia Lepas Tangan

  • 11 April 2024 - (13:25 WIB)
    Permalink

    harus nonaktifkan anteraja secara keseluruhan(imbasnya anteraja reguler dan economy juga stop) baru bisa ….
    semoga ada perbaikan pickupnya

    1
    1
  • 11 April 2024 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Minggu lalu ada belanja dari tokoijo dengan kurir anteraja. Paketnya stay di kota transit terakhir sampai 3 hari gak bergerak.

  • 12 April 2024 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Disable aja layanan Anteraja bos. Dari 2022 udah bermasalah. Entah kenapa Tokopedia masih saja menggunakan layanan kurir ini terutama untuk yang sifatnya promosi (gratis ongkir/gratis ongkir ekstra) padahal sudah sangat banyak keluhan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kurir Anteraja Sameday Pick-up Suka-Suka dan Tokopedia Lepas Tangan

oleh Eyleen dibaca dalam: 3 menit
3