Surat Pembaca

Traveloka Melakukan Refund yang Tidak Sesuai

Dear Team Redaksi Media Konsumen,

Saya mohon bantuannya agar permasalahan refund saya dengan Traveloka segera terselesaikan. Singkat cerita, pada tanggal 18 April 2024, saya melakukan pemesanan melalui aplikasi Traveloka untuk keperluan booking hotel.

Saya melakukan pemesanan dan pembayaran pada tanggal 18 April 2024 atau pada hari yang sama pukul 03:02 WIB, dengan nomor pemesanan “1135211098” untuk reservasi hotel pada tanggal 20-22 April 2024.

Namun karena kesalahan saya, saya telah melakukan double booking, dan kedua booking tersebut sudah terbayar. Kemudian yang ingin saya refund adalah bookingan pertama dengan nomor pemesanan “1135211098”.

Karena belum ada satu jam, saya langsung melakukan request refund pada pukul 03:26 WIB. Di situ tertulis bahwa jika pembatalan dilakukan pada 3 hari sampai 2 hari sebelum jam check-in, seharusnya saya mendapatkan full refund sebesar Rp. 898.098, namun pada kenyataannya, saya hanya mendapatkan refund sebesar Rp. 449.098.

Yang saya pertanyakan dan permasalahkan adalah, mengapa Traveloka mengacu pada peraturan yang mana “hingga 1 jam sebelum jam check-in”, padahal ini masih terhitung 3 hari sampai 2 hari dari jam check-in saya yang mana saya check-in pada 20 April 2024 pukul 14.00.

Seharusnya refund saya full karena mengacu pada poin “3 hari sampai 2 hari dari jam check-in”.

Mohon Traveloka lebih bijak lagi, tidak melakukan pembodohan, serta tidak menipu konsumennya dalam hal refund. Jika seperti ini sama saja dengan melakukan pemerasan secara tidak langsung terhadap konsumen.

Mohon pihak Traveloka segera menghubungi saya untuk penyelesaian masalah ini, karena saya sudah kontak CS melalui live chat tapi tidak ada jalan tengah dan jawabannya selalu “ngawur”.

Yulia
Lampung Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Traveloka Melakukan Refund yang Tidak Sesuai”

Kepada Yth., Bapak/Ibu Yulia Indah Permatasari, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Yulia Indah...
Baca Selengkapnya

Komentar