Sulitnya Proses Klaim Asuransi BRI Life Telepro Medicash Optima

Yth. PT Bank Rakyat Indonesia dan PT Asuransi BRI Life,

Setelah lebih dari 6 tahun menjadi nasabah BRI, saya percaya bahwa BRI adalah lembaga keuangan yang baik dan tidak pernah mengecewakan nasabah. Namun penilaian saya mulai berubah, setelah kejadian beberapa hari terakhir ini. Kenapa BRI malah merugikan nasabah? Kenapa BRI tidak bisa melayani dengan baik dan membantu nasabah?

Itulah pertanyaan-pertanyaan saya berdasarkan rangkaian cerita sebagai berikut:

Tanggal 04 April 2022

Saya ditelepon sebanyak 3 kali dengan nomor yang berbeda-beda. Telepon pertama diangkat hanya saja saya diam, lalu saya langsung matikan.

Telepon kedua tidak diangkat sama sekali dan yang ketiga saya angkat, karena beliau menjelaskan dengan jelas bahwa beliau dari BRI dan menawarkan program BRI Life dengan iming-iming hanya selama 2 tahun. Kalau asuransi tidak dipakai selama dimulai sampai berakhir, akan ada “Bonus Sehat” berupa pengembalian 25% premi yang dibayarkan.

Lalu saya menanyakan bagaimana proses pencairan? Dijawab, “Prosesnya mudah, bisa via email atau langsung datang ke BRI.”

Tanggal 9 Mei 2023

Saya mendatangi dan menanyakan pada CS BRI Unit Linggapura, Brebes, agar keraguan dan kekhawatiran saya hilang karena banyaknya penipuan BRI Life. Saya bertanya, “Apakah asuransi ini bisa berhenti sebelum waktunya?”. Jawabannya tidak bisa, harus menunggu batas waktu yang tertulis pada buku polis tersebut. Akhirnya saya percaya sampai menunggu 2 tahun lamanya.

Tanggal 6 Maret 2024

Saya datang lagi dan menanyakan, “Apakah bisa berhenti dan tidak ingin diperpanjang karena akan berakhir asuransi ini pada tanggal 6 April 2024?”. Saya diberi pesan untuk bertemu Mbak B*, pegawai BRI Life di Bumiayu, Brebes.

Sampai di sana saya tidak bertemu, karena Mbak B* ada keperluan, akhirnya disarankan bertemu Mas R*. Setelah menunggu 1 jam kemudian bertemu Mas R* dan saya menanyakan, “Apakah bisa berhenti asuransi ini dan bagaimana proses pencairan?”

Dijawablah, “Saya tidak pegang asuransi ini, Ibu dapat dari mana asuransi ini?”. Saya jawab ditawarkan oleh pihak BRI via telepon dan dia mengaku ada program BRI Life hanya 2 tahun dan proses pencairannya mudah, sehingga akhirnya saya menyetujui tapi  kenyataannya malah dipersulit!

Mas R* menjawab dengan agak ragu untuk menjelaskan bahwa ini adalah dari Telemarketing BRI. Bisa cairkan pun harus via telepon atau orangnya. Saya menjawab dulu dijelaskan bahwa proses klaimnya sangatlah mudah, mau dipakai ataupun tidak, kenyataannya malah dipersulit! Masih ada bukti nomornya.

Setelah saya mendesak akhirnya dibantu untuk call center BRI Life yang mana bisa dicairkan setelah batas waktu yaitu bulan April 2024 dan bisa via email.

Tanggal 19 April 2024

Saya mengirim pengajuan klaim dengan berkas yang sudah terpenuhi. Namun setelah pengajuan via email, masih saja dipersulit dengan alasan ada yang belum dibayarkan. Sedangkan selama masih ada saldo pihak BRI Life tidak mendebitnya. Padahal proses pembayaran autodebit setiap tanggal 6 selama waktu 2 tahun (hanya 2 bulan tidak didebit), tapi tidak dapat diproses untuk pengajuan klaimnya (sudah feeling ada yang janggal).

Betapa kecewa dan marahnya saya karena pihak BRI dan BRI Life tidak bertanggung jawab! Hampir setiap hari saya meminta jawaban. Namun un tidak ada satupun jawaban yang membuat saya percaya, baik itu dari WhatsApp centre, email resmi BRI Life maupun staf BRI Life.

Semoga dengan surat pembaca ini BRI Life dan Bank BRI dapat bergerak cepat menyelesaikan klaim secara profesional dan tidak mempermainkan nasabahnya. Untuk teman-teman pembaca, hati-hati jangan sampai terulang kembali apa yang saya alami. Jangan asal percaya sama asuransi jenis apapun!

Akhir kata, terima kasih mediakonsumen.com sudah menyediakan media ini, dan terima kasih pula kepada para pembaca yang mungkin akan mendukung ataupun menyalahkan saya.

Tati Oktavia
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sulitnya Proses Klaim Asuransi BRI Life Telepro Medicash Optima”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Tati...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Sulitnya Proses Klaim Asuransi BRI Life Telepro Medicash Optima

  • 28 Mei 2024 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Aku pernah punya asuransi di BRI Life dan bisa cair ko kak. Aku sih ngurusnya langsung ke BRI Life nya. Semoga cepet kelar ya kak, pasti nanti dibantu sama pihak asuransi atau bank nya biar cepet kelar.

  • 28 Mei 2024 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Tinggal dilihat perjanjian aja…
    kalau ga bayar 2 bulan itu bagaimana?

    ,…..alasan ada yang belum dibayarkan. Sedangkan selama masih ada saldo pihak BRI Life tidak mendebitnya. Padahal proses pembayaran autodebit setiap tanggal 6 selama waktu 2 tahun (hanya 2 bulan tidak didebit),

  • 28 Mei 2024 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Apakah anda sudah membaca buku polis nya?
    biasanya di dalam buku polis tersebut ada mekanisme apabila gagal debet

    Sebaiknya pelajari dahulu buku polis yang diterima

    Kebanyakan orang seringkali ikut asuransi tanpa membaca buku polis
    hanya bermodalkan kata2 manis dari si agen asuransinya itu sendiri

    0
    2
    • 28 Mei 2024 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Ditawari via telpon percaya karna dari pihak BRI pertanyaan yang saya ajukan pun mau karna katanya mudah diklaim dan jika tidak dipake manfaatnya pun akan ada bonus dan saldo kembali,awalnya saja juga orangnya susah percaya namanya asuransi ditelpon sampe 3x,ke 3nya baru diangkat..
      Tidak dijelaskan dalam buku polis juga kenapa gagal ga kedeptnya

  • 28 Mei 2024 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Banyak amet cerita aneh asuransi ini di Media Konsumen. Menurut saya sih ini sudah terencana. Duit sangat besar. Yang bersangkutan pasti orang2 penting. Ngak bakal bisa dibetulin.

    • 28 Mei 2024 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Bener banget kak,,
      buat pelajaran untuk para pembaca agar tidak mengalami yang saya alami jangan percaya apapun jenis asuransi

  • 28 Mei 2024 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Tidak dijelaskan dalam buku polisnya..
    Orang BRI Life aja menjelaskan agak ragu bisa kembali apa engga saldonya,akhirnya saya memutuskan menulis disini dg rasa kecewa pada BRI dan BRI Life tidak akan percaya dengan asuransi jenis apapun,semoga bisa dijadikan pelajaran untuk teman2 pembaca

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Proses Klaim Asuransi BRI Life Telepro Medicash Optima

oleh Tati Oktavia dibaca dalam: 2 menit
13