Refund Dana di Tiket.com tidak Diproses

Tanggal 29 Agustus 2016 saya melakukan booking tiket pesawat melalui travel di aplikasi android yaitu tiket.com. Order ID : 30116940 dengan tujuan Sby – Jkt Halim Perdana Kusumah (HLP) pk 19.30. Saat booking pk 16.00 WIB masih ada 3 pesawat, akhirnya saya proses booking dan akan menyelesaikan pembayaran untuk penerbangan pk 19.30 sebesar Rp. 1.384.450,-. Saya hanya diberi waktu 1,5 jam untuk menyelesaikan pembayaran. Begitu ruwetnya proses pembayaran melalui ATM karena saya terbiasa melakukan pembayaran via internet banking. Sehingga dengan waktu yang mepet akhirnya proses pembayaran via ATM dinyatakan berhasil.

15 menit kemudian, saya mulai curiga karena e-tiket tidak segera dikirimkan via email, lalu saya coba hubungi pihak CS tiket.com dan pihak CS menyampaikan bahwa status booking saya TIDAK BERHASIL. Namun saya diberi pilihan untuk refund dana atau mengulang kembali order booking dari awal lagi. Karena waktu sudah mepet dengan jam keberangkatan saya, akhirnya saya putuskan untuk tetap menunggu hingga pengecekan selesai.

Pukul 18.10 email dari pihak tiket.com kembali masuk yang menyatakan bahwa pembayaran saya telah diterima namun tidak berhasil dikonfirmasi. Akhirnya saya putuskan untuk me-refund dana. Dengan konsekuensi saya harus melakukan order booking kembali dari awal. Ternyata semua penerbangan malam itu menuju JKT HLP telah habis, mau tidak mau saya harus pindah tujuan ke JKT CGK. Tidak mau kejadian ke-2 kalinya, saya melakukan order booking via travel online di aplikasi android yang lain yang lebih bonafid. Alhamdulillah kami mendarat di JKT CGK malam itu, walaupun proses refund dana belum selesai.

Keesokan harinya tgl 30 Agustus 2016, saya menanyakan mengenai proses refund melalui CS. Alangkah kagetnya saya, proses refund akan ditransfer kembali ke rekening saya ternyata membutuhkan waktu selama 14 hari kerja dimulai sejak hari pertama konfirmasi. Apa, 14 hari? Itu dana akan saya gunakan untuk tiket pulang dari JKT – SBY. Tiket.com memberikan waktu untuk penyelesaian transfer booking hanya 1,5jam sedangkan proses refund akan dilayani selama 14 hari kerja. Whatss?? SANGAT TIDAK FAIR.

Akhirnya dengan nada kesal dan marah saya hubungi CS kembali via chat, saya sampaikan bahwa saya hanya mau ditransfer hari ini maksimal pukul 15.00 karena dana tersebut merupakan dana satu-satunya untuk beli tiket pulang. Betul saja, pukul 14.59 saya mendapat email notifikasi dari tiket.com bahwa dana telah ditransfer.

Setelah saya cek rekening bank, sama sekali tidak ada dana masuk sebesar Rp. 1.384.450,- dari pihak tiket.com. Saya kembali cek email notifikasi, ternyata dalam notifikasi tersebut pihak tiket.com menghilangkan 1 digit nomer rekening bank saya. Ini jelas-jelas SANGAT-SANGAT MENGECEWAKAN dan SAYA MERASA TELAH DIRUGIKAN secara waktu dan pikiran. Hingga surat ini saya tulis, belum ada dana refund sebesar Rp. 1.384.450,- yang ditransfer oleh pihak tiket.com ke rekening saya. Terima kasih.

R. Hadi S.
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tiket.com:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Tiket.com atas Surat Pembaca Berjudul : Refund Dana di Tiket.com tidak Diproses

Redaksi Yth. Sehubungan dengan surat pembaca di Mediakonsumen.com pada Hari Selasa, 30 Agustus 2016 dengan Judul “Refund Dana di Tiket.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Refund Dana di Tiket.com tidak Diproses

  • 13 Februari 2018 - (01:15 WIB)
    Permalink

    Tolong pemesanan tiket pesawat saya Citilink nomer pemesanan 41538483 dari Surabaya ke Jakarta jam 21.15 tgl 13 Februari 2018 dibatalkan karena saya sudah melakukan pemesanan tiket pesawat maskapai lain. Jangan coba2 ditangguhkan!!!  Sebelumnya saya sdh konfirmasi pertelpon katanya refund dikembalikan penuh,  kok skrng bilang cuma 30 %?? Kapok saya pesan tiket lewat tiket.com ternyata cuma dibohongi aja.. 

  • 20 Agustus 2018 - (02:52 WIB)
    Permalink

    Sampai saat ini juga refund saya tidak masuk” . .
    Pertama sya tlp cs krna kesalahan nomina pada pembayaran dan CS bilang bahwa akan di proses 1-7hari kerja, hari ke 6 sya tlp lagi dan tanya perihal email konfirmasi dan ternyata kata’a 1-14hari kerja kemudian sya diminta no rek . .
    Pada hari ke 9 sya dpt email konfirmasi meminta no rek, sya balas dan 3 hari kemudian sya tlp CS bertanya kapan kira” dana sya masuk dan CSnya bilang uang akan masuk ke rek dengan waktu 1-14hari kerja setelah dpt email konfirmasi !!!
    Pelayanan’a betul” TIDAK MEMUASKAN !! Omongan CS gak pernah singkron dan slalu di putar” tanpa kejelasan !!

  • 3 Januari 2019 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Wadduuh barusan ngalamin nih,
    Kasusnya saat melakukan pembayaran, aplikasi tiket.com error dan notice muncul bahwa transaksi saya kadaluarsa.
    Saya diminta untuk melakukan pemesanan dan pembayaran ulang.

    Ternyata setelah melakuka pengecekan mutasi, dana saya sudah terdebet sebanyak 2 kali.

    Kok bisa?
    Saya bingung, biasanya utk transaksi dengan pembayaran briva, bila transaksi sudah terbayarkan. Maka sistem akan menutup transaksi dan tidak menerima pembayaran ulang untuk kode ordee yang sama.

 Apa Komentar Anda mengenai Tiket.com?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Dana di Tiket.com tidak Diproses

oleh tomblonk dibaca dalam: 2 menit
3