JNE YES Terlambat dan Pelayanan yang Semakin Jelek

Entah sudah berapa banyak artikel yang saya baca, terkait semakin buruk dan jeleknya pelayanan dari JNE. Saya yakin diluar sana banyak juga yang mengalami dann akhirnya komplain, tetapi tidak mendapat solusi atau alasan yang jelas dari agen-agen JNE. Yang ada hanya disuruh sabar karena masih dalam proses pelaporan, atau jawaban-jawaban lain yang bersifat formalitas saja.

Hanya sedikit yang mengerti dan memanfaatkan media “Surat Pembaca” untuk melakukan komplain terhadap kerugian yang di alaminya. Lewat media ini saya ingin melakukan komplain saya terhadap JNE.

Saya melakukan transaksi pembelian dengan sebuah toko online pada tanggal 16 Oktober 2017, yang mana pengirimannya menggunakan fasilitas JNE YES (Yakin Esok Sampai) karena saya harus keluar kota segera. Nomor resi-nya sebagai berikut 020230283829917, dengan pengiriman dillakukan dari Bandung ke Jakarta.

Saya melakukan kontak dengan toko online tersebut, dan mendapat info yang mana sudah diserahkan ke pihak JNE-nya dihari yang sama pada pagi hari (16 Oktober 2017). Jika melihat paket pengiriman yang saya ambil yaitu JNE YES (Yakin Esok Sampai), seharusnya barang yang dikirim itu sudah saya terima paling telat di sore hari (17 Oktober 2017). Seharusnya tidak ada masalah dengan pengiriman tersebut, karena alamat yang saya berikan itu jelas dan dilengkapi dengan nomor handphone pribadi saya.

Tetapi saya terkejut, ketika sampai siang hari (18 Oktober 2017) barang yang saya tunggu tak kunjung datang. Saya kemudian menelepon dan berbicara dengan Call Centre JNE untuk menanyakan status pengiriman saya. Informasi yang dapat disampaikan kepada saya hanya berupa “permohonan maaf” dan “akan segera dilaporkan ke bagian pengiriman” karena paket saya masih tertahan di JNE Warehouse. Saya kemudian bertanya berapa lama lagi paket akan saya terima di tangan saya, dan Call Centre tersebut mengatakan untuk memproses laporan saya ini diperlukan “maksimal 4 hari (hari kerja)”. Saya menarik kesimpulan dari informasi di atas, bahwa jika tidak ada kendala kemungkinan paket tersebut saya terima maksimal tanggal 24 Oktober 2017, karena dipotong Sabtu dan Minggu.

Di sini saya selaku konsumen merasa sangat dirugikan, dengan kejadian ini. Dari segi materil saya sudah kehilangan banyak waktu dan upaya yang dihabiskan untuk klarifikasi telepon ke JNE. Sekarang saya mengerti rasa yang dialami oleh konsumen-konsumen JNE yang lainnya, terkait permasalahan yang muncul akibat kurang profesionalnya JNE ini.

Saya ingin tahu apakah ada kompensasi yg diberikan pihak JNE pada konsumen-konsumen yang mengalami masalah serupa, atau mungkin pengembalian selisih dana dari paket JNE-YES yang menjadi JNE Regular.

Terima kasih.

Eshario
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai YES JNE:
[Total:48    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Eshario

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di MediaKonsumen.com pada tanggal 18 Oktober 2017 berjudul JNE YES Terlambat dan Pelayanan...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “JNE YES Terlambat dan Pelayanan yang Semakin Jelek

  • 15 Mei 2018 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal ini sudah puluhan kali dan tidak ada diberikan kompensasi apapun. Hari ini saya sengaja mencari artikel apakah ada yang komplain dengan JNE? dan ternyata saya menemukan artikel ini. Ternyata banyak yang dirugikan oleh JNE. Tepat pertanggal ini saya juga melakukan komplain ke JNE pusat dan saya tidak mendapatkan titik terang karena hanya mendapat jawaban nanti kita follow up.
    Karena saya tau JNE YES tidak pernah tepat waktu maka saya memakai jasa JNE Reguler ternyata 8 hari pun barang tak kunjung datang. Saya tulis komentar disini karena saya merasakan hal yang sama dengan artikel ini, Saya sudah rugi waktu dan materil dan tetap tidak mendapatkan solusi.

    Saya hari ini mulai bertanya apakah mereka berfikir tentang seberapa penting barang yang dikirim oleh konsumen, seberapa urgent barang yang dikirim konsumen?

    (No Resi saya 050050027330618 yang tidak kunjung datang sampai hari ini)

    Terima kasih.
    Jonathan
    Bali

  • 10 Oktober 2018 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Waaah..ternyata banyak teman yang mengalami jeleknya JNE ,saya pernah beli barang masih satu kota,pengiriman menggunakan JNE,tetapi barang baru sampai 8hari kemudian,setiap di cek on proses mulu,kali ini nyoba JNE yes,ternyata sudah 3hari masih di JNE tempat asal barang,padahal cuma Cirebon Jakarta.udh email ke Cs JNE tapi ga da respon.

  • 11 Februari 2019 - (08:48 WIB)
    Permalink

    JNE singkatan dari Jangan Ngarap Ente.
    Puluhuan mungkin bahkan ratusan kali saya terkendala seperti ini. Untung saya sudah beralih ke kurir yang lebih profesional.

  • 17 Februari 2019 - (13:57 WIB)
    Permalink

    014880010136019 ( JAKARTA – KENDAL )
    Orderan dr penjual saya call katanya sudah masuk ke JNE YES dan resi diatas jg sudah tertera tgl 15 – tgl 17 februari 2019 siang ini saya lacak masih juga diGATEWAY JAKARTA .
    tolong pihak JNE respon komplain dr konsumen diperhatikan..trimakasih

  • 2 Mei 2019 - (11:52 WIB)
    Permalink

    baru tau ini gw jne yes ternyata lambaaat amat slogan nya ajah cepat Memiliki layanan costumer service yang responsif dan cepat dalam menangani berbagai keluhan konsumen.
    JNE memiliki banyak cabang yang bisa ditemukan dengan mudah, bahkan pada jam-jam setelah pulang kantor sekalipun .
    Memiliki jaminan uang kembali (garansi), jika sewaktu-waktu kiriman barang melampui batas pengiriman yang ditentukan (khusus paket jenis tertentu).
    Memiliki sistem tracking yang baik, sehingga Anda dengan mudah bisa melacak keberadaan dan proses pengiriman barang kiriman. YTH JNE SEBAGAI KONSUMEN KAMI SUNGGUH KECEWA TERHADAP PELAYANAN KINERJA ANDA DAN PERFORMA KERJA ANDA
    SAAT KELUAR BICARA MAKI KEPANJANGAN JNE JANGAN-JANGAN NIPU ENTEH WKWKWKWKW

  • 2 Mei 2019 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Ada kompensasinya, garansi uang kembali kalau barang yang diterima terlamat lebih dari 2 hari, karena paket YES itu harus diterima konsumen keesokannya, baca di webnya, cuma pihak JNE ga pernah mau pusing dengan keluhan konsumen karena merasa market leader.

 Apa Komentar Anda mengenai YES JNE?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

JNE YES Terlambat dan Pelayanan yang Semakin Jelek

oleh Esha dibaca dalam: 2 menit
6