Tokopedia Tidak Tegas dalam Menyelesaikan Kendala Saya

Saya merupakan salah satu pelanggan Tokopedia yang melakukan transaksi pembelian tiga jenis barang pada tanggal 27 November 2017 dengan nomor INV/20171127/XVII/XI/118434532 melalui penjual di Tokopedia yang status lokasinya berada di Jakarta.

Pada tanggal 29 November 2017 saya mendapat kiriman barang dari JNE di mana DESKRIPSI dan JUMLAH barang tidak sesuai dengan pesanan saya dan penjual baru menginformasikan bahwa terdapat salah satu barang yang dikirim dari Batam. Sehingga pada hari itu juga saya melakukan komplain melalui pusat resolusi untuk melakukan refund dua dari tiga barang yang saya pesan sambil menunggu kiriman dari Batam. Sedangkan barang yang saya terima, sudah saya kirimkan kembali ke penjual.

Pada tanggal 2 Desember 2017, saya mendapatkan informasi bahwa barang kiriman dari Batam tersebut tidak lolos X-Ray dan dokumen BPOM tidak lengkap, sehingga barang tersebut akan dikembalikan ke penjual/pengirim. Sesuai dengan ATURAN yang dibuat oleh Tokopedia, jika barang tidak diterima oleh pembeli dalam jangka waktu 5 hari, maka pembeli berhak untuk meminta refund.

Dalam proses di pusat resolusi, terdapat hasil kesepakatan di mana uang saya akan di-refund jika penjual sudah MENERIMA kembali barang yang dari Batam tersebut (terlampir bukti kesepakatannya).

Pada tanggal 22 Desember 2017, status kiriman JNE dari Batam tersebut sudah dikembalikan ke penjual. Sehingga saya meminta REFUND ke Tokopedia. Namun ternyata penjual malah mengirimkan kembali barang tersebut dengan nomor resi yang berbeda TANPA KONFIRMASI dari saya dan beralasan bahwa yang melakukan RESEND adalah pihak JNE, sedangkan pihak JNE mengatakan bahwa barang tersebut sudah dikembalikan ke pengirim dan tidak mungkin JNE melakukan RESEND tanpa sepengetahuan pengirim.

Yang membingungkan saya adalah bahwa pihak Tokopedia tidak tegas terhadap hasil keputusan dan tidak komitmen terhadap kesepakatan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dan solusi terakhir pada tanggal 24 Desember 2017 adalah meminta saya untuk MENUNGGU dan MENERIMA barang tersebut yang mana sudah TIDAK saya butuhkan lagi.

Mohon Tokopedia untuk segera melakukan REFUND terhadap dana saya dan bertindak TEGAS terhadap Penjual yang berjualan di Tokopedia. Karena terhitung sudah hampir sebulan masalah ini tidak selesai.

Martinus
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:3    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Tokopedia Tidak Tegas dalam Menyelesaikan Kendala Saya

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Tegas dalam Menyelesaikan Kendala Saya

oleh Martinus dibaca dalam: 1 min
4