Kecewa JD.ID Tidak Bisa Refund Dana sesuai Tanggal yang Dijanjikan

Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya dalam surat terbuka ini sebagai customer JD.ID

Kronologinya para tanggal 8 Juni 2018 says membeli sebum jam tangan mark Fossil Townsman Navy Blue Dial Navy Blue Leather seharga IDR2.812.000. Pada saat itu saya melakukan kesalahan pemesanan jenis barang, barang yang saya inginkan adalah Fossil Grant Automatic ME3054, karena kesalahan tersebut saya tanyakan kepada Customer Service JD.ID apakah bisa ditukarkan dengan barang yang saya inginkan.

Solusi dari customer service adalah dengan membatalkan pesanan saya dan pengembalian dana 1-3 hari. Akhirnya saya lakukan pembatalan dengan aplikasi mobile JD.ID di sistempun tercatat pesanan tidak dilanjutkan.

Pada tanggal 10 Juni ada email masuk yang menyatakan pesanan dalam proses pengiriman padahal saya sudah membatalkan saat itu saya otomatis menelepon kembali CS JD.ID menanyakan kenapa tetap dikirim padahal saya sudah membatalkan. Saat itu CS JD menyatakan bahwa ada kesalahan sistem dari JD.ID sehingga barang tetap terkirim solusi yang diberikan CS adalah dengan menolak barangnya saja saat terkirim di alamat.

Pada tanggal 11 Juni barang datang melalui kurir pengiriman JX Express (kurir & logistik JD.ID) dan langsung saya tolak sesuai instruksi customer service JD.ID. Saat itu saya menghubungi CS JD.ID kembali menanyakan kapan pengembalian dana karena saya ingin membeli barang yang saya inginkan. Sesuai SOP dan janji mereka terhadap customer adalah 1-3 hari kerja.

Sampai tanggal 13 Juni tidak ada pengembalian dana saya telepon kembali, karena complaint saya tentang pengembalian dana mereka menuliskan sedang ditindaklanjuti ke pihak terkait dan meminta bukti pembayaran, nomor rekening dan nama bank untuk proses pengembalian dananya. Langsung saja saya reply dengan info yang mereka butuhkan nomor rekening saya, bukti pembayaran dan nama bank.

Tidak ada pengembalian dana hingga tanggal 20 Juni, mereka menanyakan kembali nomor rekening, nama bank dan bukti pembayaran lalu saya reply lagi spt email saya sebelumnya dan saya telepon kembali ke CS JD.ID menanyakan kapan pengembalian dana mereka mengatakan finance baru bisa mengembalikan saat tanggal 22 Juni menunggu bank buka setelah libur lebaran.

Tanggal 25 Juni masih saja tidak ada pengembalian dana juga saya telepon kembali kali ini menurut mereka dalam waktu 1×24 jam finance akan mengurus pengembalian dana.

Tanggal 28 Juni tidak ada pengembalian dana saya telepon kembali kali ini janji mereka 3 x 24 jam akan diurus pengembalian dana dan Customer Service yang sebelumnya menghubungi saya Dovy Gustian akan menelepon bapak.

Tanggal 29 Juni Dovy Gustian CS JD.ID menelpon saya menanyakan alasan pembatalan dan saya jelaskan kembali karena kesalahan pemesanan jenis barang ( sudah saya jelaskan berkali kali juga ke CS lainnya yang bertanya harusnya juga ada di histori percakapan saya dengan CS lainnya ) dan saya tanyakan kapan pengembalian dananya karena mereka sudah janji 1×24 jam & 3×24 jam. Dia mengatakan segera karena sudah tau alasan pembatalannya.

Tanggal 4 Juli, CS yang bernama Dovy Gustian mengirim email sama persis seperti tanggal 13 Juni (Tidak ada progress) yang isinya akan ditindaklanjuti kembali dan hingga HARI ini tidak ada pengembalian dana.

Saya sangat kecewa sekali dengan pihak JD.ID yang tidak menepati janji untuk refund dan sistem yang selalu melakukan kesalahan. Saran saya jika melakukan transaksi dengan JD.ID jangan sampai melakukan kesalahan atau membeli barang yang tidak pasti karena proses refund dana yang mereka janjikan 1-3 hari itu adalah kebohongan. Saya tahu JD adalah sebuah perusahaan besar yang pelayanannya sangat baik karena beberapa kali saya berbelanja di mother company mereka yaitu JD.com dan sangat cepat dalam pengiriman, tetapi saya kecewa dengan manajemen yang di Indonesia.

Semoga online shopper lebih berhati-hati saat berbelanja di JD.ID,

Untuk JD.ID jika membaca surat terbuka saya mohon segera lakukan kewajiban anda karena hal tersebut adalah hak saya dan barang yang saya tidak jadi membeli sudah anda terima kembali dan dinyatakan via telepon.

Terima kasih.

Ezra Stevanus Wenas
081286606***
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:2    Rata-Rata: 4/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Ezra Stevanus Wenas

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Ezra Stevanus Wenas pada hari Sabtu, 7 Juli 2018 lalu di...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa JD.ID Tidak Bisa Refund Dana sesuai Tanggal yang Dijanjikan

oleh Ezra Stevanus dibaca dalam: 2 min
0