Surat Pembaca

Pengembalian Dana di Shopee yang Sangat Lambat

Nama saya Inge Citra. Saya pelanggan Shopee yang sudah cukup lama. Namun baru kali ini saya sangat-sangat kecewa dengan pelayanan Shopee yang membuat saya gak akan belanja lagi di sana. Kronologinya adalah ketika pembelian saya dibatalkan karena stok yang saya inginkan gak ada. Akhirnya saya dan penjual sepakat untuk membatalkannya pada tanggal 30 November 2018. Namun uang tidak langsung masuk ke Shopee Pay saya dengan alasan saya mesti perbarui dan lain sebagainya.

Saya ikuti apa yang diperintahkan oleh pihak Shopee, tapi alhasil tetep gak masuk juga ke Shopee Pay saya. Akhirnya saya telepon ke call center Shopeed lagi dan baru diinfokan bahwa saya disuruh masukin nomor rekening saya. CS a.n. Pak Akto ada email ke saya mengenai masalah pengembalian dana yang akan langsung masuk ke rekening saya dalam 3-5 hari kerja setelah saya masukin nomor rekening saya (bukti terlampir).

Tapi di hari ke-5 yang Bpk. Akto janjikan saya dihubungi lagi oleh pihak dari Shopee dan saya disuruh melampirkan KTP dan foto bersama KTP. Di sini saya merasa sangat marah.

1. Kenapa saya mesti seribet ini meminta pengembalian uang saya?
2. Kenapa pelayanan Shopee sangat lambat dan seakan bertele-tele?
3. Kenapa mesti saya yang telepon Shopee duluan untuk menanyakan uang saya? Mana inisiatif kalian?

Nominal memang sangat kecil (Rp95.000) tapi kenapa seribet ini pengembalian dananya? Apa ini SOP Shopee? Saya sangat-sangat kecewa dengan Shopee. Pelayanannya sangat buruk.

Terima kasih.

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sama, saya sedang melakukan proses pengembalian dana dan barang, buset dah bertele tele banget, mulai dari 12 hingga 19 Juni 2020 ini. Berarti sudah berjalan sekitar 8 hari tapi prosedurnya lamanya minta ampun.

  • Saya juga mengalami voucher d penjual masih ada tp stelah bayar tnyata abis tpaksa saya cancel. Cancel tgl 12 sampe sekarang uda lebih dr 3x24jam msh belum kembali dana saya.. Sampai darah tinggi chat cs jawaban itu2 aja suruh tunggu 1harinke depan trus,emailpun tidak ada balasan. Sangat kecew pakai banget. Klo nominal uang cuma pluhan ribu ga saya pkirin trus,ini jutaan.. Parahh shopee!!!! KECEWAAAAAAAAA BERATTTTTTTT!!!

  • Saya pelanggan baru shopee.sama seperti kejadian yg dialami teman teman yg lain nya bahwa pengembalian dana saya belum juga masuk kerekening saya dari shopee. Dgn alasan belum 1x24 jam hari kerja padahal akun shopee dan rekening utama saya sudah terverifikasi dr tgl 21 07 2020 tetapi sampai saat ini tgl 24 07 2020 belum juga masuk sudah 7 org cs yg saya hubungi jawaban tetap sama tidak memuaskan bagaimana dengan uang kami yg ada dishopee. Ini mohon bantuan nya pada media konsumen untuk dapat memberi solusinya apa yg harus kami lakukan..

  • Saya pelanggan baru shopee.sama seperti kejadian yg dialami teman teman yg lain nya bahwa pengembalian dana saya belum juga masuk kerekening saya dari shopee. Dgn alasan belum 1x24 jam hari kerja padahal akun shopee dan rekening utama saya sudah terverifikasi dr tgl 21 07 2020 tetapi sampai saat ini tgl 24 07 2020 belum juga masuk sudah 7 org cs yg saya hubungi jawaban tetap sama tidak memuaskan bagaimana dengan uang kami yg ada dishopee. Ini mohon bantuan nya pada media konsumen untuk dapat memberi solusinya apa yg harus kami lakukan.. Saat ini

  • Saya mengalami kasus yang sama.begitu rumit dan ribetnya pengembalian dana shopee.dari tgl 2 februari sampai tanggal 10 februari blm kembali juga.minta verifikasi ktp lah...minta no rek lah.minta screenshoot lah..hadeh ribet....mau diikhlaskan nominal nya jutaan..cari duit itu susah loh.saya merasa dilempar kemana mana..cs yang dihubungi tak menyelesaikan masalah...malah buat gantung aja..kapok lah di shopee..unistal aja..bye..pelayanan,tanggung jawab buruk..sangat buruk sekali.sampai detik ini dana saya belum kembali...

  • Aku juga melakukan Pembatalan, dananya itu gak sedikit hampir ke 6 jutaan, lama banget dikembalikannya. Katanya sih harus menunggu, emang ya kalau mau belanja itu harus cari yang aman dan cepat kerjanya dan pastinya harus membela pembeli. Soalnya shopee itu pro ke penjual daripada pembeli. Untuk yang mengalami hal yang sama dengan kita, alias dananya lama dikembalikannya. Sebaiknya jangan belanja lagi disana, cari ajah aplikasi yang lain yang lebih mengutamakan konsumen. Saran saya ke Shopee, kalau kalian terus menahan dana pembatalan seperti itu, kalian seakan-akan mencuri uang Kami, itu uang Kami jadi seharusnya kalian tidak banyak mencampuri urusan uang Kami mau dipakai apa. Sepertinya kalian mengandalkan dana itu untuk menutupi pengeluaran Shopee.

  • shopee ribet.. refund ke rekening bank aja harus verifikasi foto diri.. saya sudah input nomor rekening semestinya itu cukup untuk bisa diproseskan refund saya. Kembalikan uang saya Rp.274.412,-.. Kapok belanja di Shopee