Sistem Blibli Travel Merugikan Pelanggan

Kepada Blibli.com Divisi Travel.

Saya ingin melayangkan komplain atas transaksi saya di blibli.com dengan nomor transaksi 12023546713 yang dibatalkan secara sepihak oleh blibli.com dengan alasan kamar sudah tidak tersedia. Saya justru menanyakan mengapa jika kamar sudah tidak tersedia, pihak blibli.com masih menjual kamar tersebut?

Pada awalnya saya melakukan transaksi dikarenakan saya baru saja menerima voucher travel dari pihak blibli.com yang sudah seharusnya saya terima dari sebulan yang lalu. Voucher tersebut bernilai 20 juta rupiah dengan jumlah kode sebanyak 20 kode dimana 1 kode voucher tersebut bernilai 1 juta rupiah. Transaksi menggunakan voucher tersebut hanya bisa digunakan oleh email yang terdaftar (Email saya) dan tidak ada minimum pembelian sesuai syarat dan ketentuan yang tertulis pada email kode voucher tersebut.

Awalnya saya ingin menggunakan voucher tersebut untuk penerbangan keluar negeri. Rupanya sistem blibli.com terus-terusan menunjukkan error dan saya harus terus-terusan mengulang untuk mengisi data diri seperti nomor paspor, nama penumpang dan hal-hal lainnya yang sungguh membuat saya jengkel karena benar-benar menghabiskan waktu saya. Karena saya jengah, saya memutuskan untuk menggunakan voucher tersebut untuk melakukan perjalanan di dalam negeri dan saya memilih Bintan sebagai destinasi saya.

Saya memutuskan awalnya untuk membooking kamar Rainforest Seaview di Banyan Tree Resort Bintan untuk 3 malam. Transaksi saya berjalan lancar dan kode voucher saya bisa digunakan hingga sampai di tahap pembayaran. Ketika proses redeem voucher berhasil, tiba-tiba sistem blibli.com menyatakan transaksi tersebut dibatalkan dan kode voucher saya menjadi tidak valid lagi.

Saya memutuskan untuk menghubungi pihak blibli.com melalui live chat dan mereka mengatakan bahwa pesanan saya di-cancel dikarenakan kamar tersebut sudah tidak tersedia dan saya akan diberikan kode voucher pengganti dikarenakan transaksi tersebut dibatalkan. Saya justru merasa hal tersebut janggal karena setelah transaksi saya dibatalkan, saya masih melihat kamar tersebut dinyatakan tersedia oleh sistem blibli.com.

Saya kembali melayangkan komplain dan bertanya mengapa hal tersebut terjadi dan pihak blibli.com mengatakan bahwa sistem mereka saat ini baru bisa mengecek ketersediaan kamar hotel ketika transaksi sudah selesai dilakukan? Loh bukannya itu justru menipu ya? Saya masih belum bisa menerima penjelasan pihak blibli.com terhadap penanganan keluhan saya ini.

Tidak lama kemudian saya menerima kode voucher pengganti dan lucunya saya tidak bisa menggunakan kode pengganti tersebut dikarenakan menurut customer service blibli.com, kode tersebut hanya bisa dipakai untuk transaksi online selain travel. Saya jelas emosi dan jengkel menerima pernyataan tersebut. Pihak blibli pun mengatakan akan kembali meneruskan perihal ini ke pihak dan terkait dan waktu tunggunya cukup lama. Setelah 3 hari, pihak blibli.com mengatakan bahwa saya sudah bisa menggunakan voucher tersebut. Tetapi lucunya voucher tersebut justru saat ini penggunaannya tidak dapat digabungkan. PERUSAHAAN MACAM APA INI? Jelas-jelas emosi saya semakin meledak setelah menerima pernyataan tersebut.

Saya saat ini hanya ingin menuntut hak saya kepada blibli.com untuk

  1. Saya ingin pihak blibli.com berhenti menipu pelanggan dengan menjual kamar yang ketersediannya belum terjamin masih tersedia.
  2. Saya ingin pihak blibli.com segera bertanggung jawab untuk mengembalikan voucher saya sesuai dengan ketentuan yang sebelumnya.
  3. Jika pihak blibli.com tidak bisa memperbaiki sistem, saya menuntut hak saya agar pihak saya bisa membeli produk tersebut secara langsung ke merchant tetapi diberikan kompensasi senilai 20 juta sesuai dengan nominal voucher tersebut.

Saat ini saya curiga bahwa pihak blibli.com berusaha untuk menjegal penggunaan voucher saya senilai Rp20 juta tersebut dengan melakukan sistem error terselubung seperti ini. Saya menuntut pihak blibli.com untuk bertanggung jawab terhadap keluhan saya ini apabila mereka memiliki niat baik untuk menyelesaikan keluhan saya.

Terima kasih.

I Made Mahendra Budhiastra
Jatiwaringin, Pondok Gede
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Sistem Blibli Travel Merugikan Pelanggan

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Sistem Blibli Travel Merugikan Pelanggan

Made Mahendra B 2 menit
5