Merasa Tertipu Diskon Besar Promo ‘Superdeal’ saat 3rd Anniversary JD.id

Hari Kamis tanggal 28 Maret 2019 bertepatan dengan 3rd Anniversary – Ulang tahun ke-3 Jd.id, saya memesan Handphone Asus Zenfone 5Z – ZS620KL – 6GB/128GB Blue 128G di JD.id melalui promo ‘Superdeal’ Jd.id. Selang 2 hari yaitu tanggal 30 Maret 2019 hari Sabtu, saya menelpon CS Jd.id untuk menanyakan status pesanan saya karena saya merasa sedikit khawatir dengan tidak adanya pergerakan status pesanan saya setelah pembayaran.

Saat itu langsung saya tanya kepada CS yang menghandle saya mengenai apakah Promo ‘Superdeal’ itu diskonnya valid dan sudah di-screening/verifikasi tim Jd.id? CS yang bersangkutan menjawab bahwa promo superdeal itu benar adanya. Lalu saya lanjut menanyakan tentang status pesanan saya di no. 260993122. Saat itu CS-nya mengatakan tidak ada masalah dengan pesanan saya dan harga promo yang saya bayar itu benar adanya dan menghimbau saya untuk menunggu dan tidak perlu khawatir.

Saya saat itu cuma menekankan kepada CS-nya untuk jangan sampai dan saya tidak mau pesanan saya ini dibatalkan karena refund metode debit online itu sangat memakan waktu. Dengan melihat beberapa contoh kasus di refund Jd.id di situs mediakonsumen dan beberapa artikel di internet. CS menyanggupi request saya dan mengatakan tidak akan di-cancel.

Hari Senin, 1 April 2019 sekitar pukul 10.30, tidak disangka saya mendapat email pembatalan otomatis. Padahal saya sudah request pada CS hari Sabtu saya tidak mau dan jangan sampai refund dan sudah disanggupi CS yang bersangkutan bahwa tidak akan refund karena masih dalam pengemasan dan tidak ada masalah, tapi kenyataannya dibatalkan sepihak. Hari Senin itu saya sudah komplain lewat telepon secara berkala sampai 3 kali dan jawabannya hanya diulang-ulang saja tidak ada solusi. Ketiga CS yang bersangkutan hanya menjawab akan ‘ditindaklanjuti’ ke pihak terkait dan saya disuruh menunggu 2×24 jam. No pelaporan saya di 802688339.

Hari Selasa, 2 April pukul 19.32 saya mendapat email dari Cs jd.id yang bernama Atika di cs@jd.id. CS Atika dengan mudahnya meminta maaf lalu memberikan ‘voucher kompensasi’ senilai Rp100 ribu. Saya saat itu langsung membalas email tersebut dan mengatakan kalau voucher kompensasi ini bukan penyelesaian yang saya inginkan, dan saya tekankan untuk tidak memberi solusi secara sepihak.

Hari Kamis, 4 April saya lagi-lagi followup sendiri sebanyak 2 kali. Saya langsung menanyakan bagaimana tindak lanjut yang sering dijanjikan CS pada tanggal 1 April. Cs pertama bernama Jojo, mengatakan bahwa dia sudah memberikan no.telpon saya ke pihak terkait tersebut dan menjanjikan saya akan dihubungi pihak terkait besoknya pada tanggal 5 April (sampai saat saya tulis surat ini sekitar pukul 19.00 – 5 April tidak ada pihak Jd.id satupun yang menelpon saya). Saat itu saya kembali komplain bahwa kenapa pesanan saya dibatalkan otomatis padahal ini promo resmi dari JD.id dan juga Cs yang menghandle saya hari Sabtu 30 Maret sudah menyanggupi bahwa tidak akan ada pembatalan/refund karena tidak ditemukan ada masalah pada pesanan saya.

CS Jojo juga mengatakan pesanan saya ini statusnya pembatalannya ‘masih dalam proses’ jadi ‘belum’ ada tindakan refund dan CS Jojo mengatakan kalau ada keputusan refund akan dihubungi terlebih dahulu.

Ok sampai saat itu saya masih tenang, lalu tidak lama saya buka email saya dan kembali dikejutkan dengan adanya email dari Cs jd.id yang bernama Atika lagi di cs@jd.id di tanggal yang sama. Email tersebut mengatakan bahwa pengembalian dana pesanan saya di no.260993122 sudah diproses oleh tim keuangan terhitung tanggal 1 April 2019. Sangat berbeda dengan jawaban dari CS Jojo yang mengatakan belum adanya tindakan refund.

Akhirnya saya telepon lagi pada Tanggal 4 April tersebut dan kali ini Cs yang menghandle saya bernama Setia. Saya menanyakan kenapa bisa ada 2 jawaban berbeda antara CS Jojo dan CS Atika di email tentang refund tersebut. Dan CS Setia menjawab bahwa saat pesanan saya dibatalkan tanggal 1 April refund saya langsung diajukan di hari itu juga. Dan lebih kecewa lagi saat saya komplain, CS Setia memberi info bahwa menurut informasi yang dia dapat pesanan saya ini dibatalkan karena ‘kesalahan harga’. Saya cukup tercengang dengan jawaban ini karena ini promo superdeal yang merupakan promo reguler di Jd.id dan juga bertepatan dengan ulang tahun Jd.id bisa-bisanya dengan mudah dibatalkan dengan dalih ‘kesalahan harga’, Apa hal ini tidak aneh?

Sampai disini saya sudah sangat kecewa dan makin kecewa lagi.

Pertama – Saya sudah percaya dan saya tidak ada kecurigaan karena saya pikir mungkin diskon besar ini sesuai dengan timing perayaan 3rd anniversary Jd.id

Kedua – Kenapa dengan mudahnya Jd.id membatalkan pesanan dengan dalih ‘kesalahan harga’ ? Apa ini tidak mempermainkan kepercayaan customer namanya?

Ketiga – Tidak adanya usaha dari Jd.id untuk menghubungi saya sampai detik ini, dari beberapa hari ini hanya saya yang selalu menelpon sendiri

Empat – Promo ‘Superdeal’ harusnya sudah melalui tahap screening/verifikasi tim Jd.id seperti yang sudah saya konfirmasikan ke CS diatas, harusnya Jd.id mampu bertanggung jawab penuh. Dan alasan ‘kesalahan harga’ itu sangat amat tidak layak bagi saya terlebih karena Jd.id sudah berani memasang dan menerbitkan promo itu untuk dibeli harusnya tidak ada alasan seperti itu.

Mohon kepada pihak JD.ID untuk menjelaskan kasus tersebut dan segera menghubungi serta memberikan solusi terbaik kepada saya. Saya sudah merasa amat sangat dikecewakan oleh kejadian ini.

Terima kasih.

Pieter K.
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 1.7]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Pieter

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Pieter pada 6 April 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Merasa Tertipu Diskon Besar Promo ‘Superdeal’ saat 3rd Anniversary JD.id

  • 6 April 2019 - (13:37 WIB)
    Memang mengesalkan, tapi nampaknya konsumen sudah gak bisa berbuat apa-apa, karena “palu sudah diketok.”
    & kelihatannya seller ybs memang rada2 …, kalau gak salah bukan cuma produk ini yang “dibeginikan,” ada produk lain juga kena “kasus” yang sama.
    Memang pihak marketplace juga gak luput dari kesalahan, karena toh itu promo kan resmi event dari marketplace, bukan event pribadi dari seller. & “rasa tanggung jawabnya” cuma sekedar dikasih voucher yang expiry date-nya IMO tergolong cukup singkat tuh.
    Tapi ya mau bagaimana lagi, memang selalu konsumen dalam posisi yang lebih lemah kok.

    IMO mending konsentrasi ke proses refund aja, karena itu pun bisa berlarut-larut, apalagi kalau mereka bisa beralasan “proses tertunda gara-gara komplen ‘tidak mau refund’ masih dalam proses”…

    Salam arema.

    • 6 April 2019 - (14:22 WIB)
      UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

      Pasal 10

      Pelaku usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai:

      a. harga atau tarif suatu barang dan/atau jasa;
      b. kegunaan suatu barang dan/atau jasa;
      c. kondisi, tanggungan, jaminan, hak atau ganti rugi atas
      d. suatu barang dan/atau jasa;
      e. tawaran potongan harga atau hadiah menarik yang ditawarkan;
      e. bahaya penggunaan barang dan/atau jasa.

  • 10 April 2019 - (15:32 WIB)
    Update:
    – Tgl 8 April saya dihubungi oleh Cs Yeni selaku cs untuk bagian keluhan media. Cs Yeni menjelaskan bahwa pesanan saya dibatalkan karena kendala stok. Yang lagi-lagi tiap cs memiliki alasan cancel yang berbeda dimana sebelumnya di tgl 4 April, Cs Setia menyebut adanya ‘kesalahan harga’.
    Terlepas dari adanya perbedaan ‘alasan cancel’ saya meminta dan menekankan pada Cs Yeni untuk menfollowup ke pihak finance agar segera mempercepat refund saya karena disebut refund saya sudah diproses Tanggal 1 April.

    Saat itu saya disuruh menunggu 7-14 hari untuk refund tapi saya meminta tolong Cs Yeni untuk memberikan Update kepada saya secara periodik untuk status refund tsb dan disanggupi oleh Cs Yeni akan diupdate dan dikontak tiap 2 hari.

    – Tgl 9 April saya cek rekening dan refund saya untungnya sudah masuk per Tanggal 9 April.

    – Tgl 10 April saya cukup mengapresiasi komitmen Cs Yeni, yang menghubungi saya kembali sesuai janjinya Tgl 8 April. Saya juga sudah mengkonfirmasi kalau Tgl 9 April kemarin refund sudah saya terima.

    Saya cuma berharap kedepannya jangan ada lagi problem seperti ini. Pihak Jd.id harusnya mampu bertanggung jawab dan berkomitmen penuh dengan promo/harga yang telah dipasang. Jangan ada lagi alasan – alasan pembatalan karena stok habis, kesalahan harga dll. Karena ini berhubungan dengan masalah kepercayaan pelanggan.

    Dan juga untuk kedepannya semoga keluhan pelanggan mampu di handle dengan cepat tanpa harus digantung tanpa kepastian. Serta semoga Jd.id dapat memberikan feedback dengan berinisiatif memberikan update kepada keluhan pelanggan tanpa harus membuat pelanggan menunggu dan menfollowup sendiri problemnya lewat beberapa media.

    Terimakasih untuk Mediakonsumen.com yang sudah memberikan wadah untuk keluhan saya.
    Dan juga Terimakasih untuk Pihak Jd.id yang sudah membantu akselerasi keluhan saya sehingga tidak sampai berlarut-larut.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu Diskon Besar Promo ‘Superdeal’ saat 3rd Ann…

Pieter K 3 menit
3