Transaksi Dibekukan Sepihak oleh Bukalapak

Saya Alis Muntono, pengguna setia Bukalapak yang telah bergabung sejak 29 April 2016. Selama ini saya hanya menggunakan akun untuk melakukan transaksi pembelian. Tapi setelah bergabung dengan produsen satu produk, saya mulai berjualan di Bukalapak.

Alhamdulillah, dapat pembeli pertama pada tanggal 20 April 2019, senilai Rp2.500.000 dengan nomor transaksi 191963084769. Pembelian saya proses dan saya kirim sesuai pesanan. Sayang karena terburu-buru, dan di Kantor Pos pas sedang ramai pengunjung, saya tidak mengirim produk melalui Pos Indonesia seperti yang diminta pembeli, tapi melalui JNE.

Produk dikirim dan saya inputkan resi di akun. Lagi-lagi saya membuat kesalahan tidak menginput nama jasa pengiriman tapi saya justru input kode resi pengiriman: TRKAA01964082119. Jadi inputan saya seharusnya Jasa Pengiriman: JNE No Resi: TRKAA01964082119. Ketika saya mau melakukan edit sudah tidak bisa. Tapi dari history otomatis sudah berjalan dan bisa saya pantau. Pada saat barang sudah sampai, saya langsung mengingatkan pembeli untuk melakukan konfirmasi barang telah diterima.

Sayang konfirmasi yang dilakukan pembeli ternyata tidak diakui oleh Bukalapak. Sehingga, uang penjualan produk pertama saya tidak dapat saya cairkan. Setelah berhari-hari mencoba komunikasi dengan admin Bukalapak akhirnya ada pemberitahuan bahwa transaksi penjualan saya dibekukan karena terindikasi fiktif, karena pembeli menggunakan pembayaran dengn Kartu Kredit. Saya tidak habis pikir, kalau memang ada peluang pembeli melakukan kecurangan, harusnya ada pemberitahuan agar saya tidak melanjutkan proses pengiriman barang dan saya bisa membatalkan penjualan saya. Bagaimana saya tahu pembeli membayar menggunakan kartu kredit?

Sekarang penjualan saya tertahan di Bukalapak, barang sudah terlanjur dikirim dan diterima oleh pembeli. Dan pembeli menolak mengembalikan barangnya karena dia sudah membayar. Saya mohon Bukalapak bisa memberikan solusi kepada saya. Terima kasih.

Alis Muntono
Tarakan – Kalimantan Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Alis Muntono

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Transaksi Dibekukan Sepihak oleh Bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Transaksi Dibekukan Sepihak oleh Bukalapak

Alis Muntono 1 menit
1