Biaya Notifikasi SMS Kartu Kredit Bank UOB yang Tidak Jelas

Pada tanggal 3 Juli 2019, saya menerima tagihan kartu kredit UOB. Karena saya tidak melakukan transaksi apapun sebulan terakhir ini, maka tagihan saya 0, tapi ternyata di detail tagihan terselip 1 transaksi yang tidak familiar di tagihan sebelumnya, yaitu: biaya notifikasi SMS sebesar Rp5.000.

Memang biaya ini bukan sesuatu yang baru di dunia kartu kredit Indonesia, sudah di beberapa bank menerapkan biaya ini. Beberapa bank bisa diajukan penghapusan biaya, ada yang tidak bisa. Setahu saya, biaya ini dikenakan untuk memberikan SMS notifikasi jika ada transaksi di kartu kredit yang kita pakai, bukan SMS OTP. Jadi jika kita tidak mengaktifkan SMS notifikasi ini, maka jika ada transaksi di kartu kredit, maka kita tidak akan menerima SMS, tapi OTP akan tetap terkirim.

Yang menjadi keanehan disini, selama 1 bulan sejak tagihan bulan sebelumnya, tidak pernah ada transaksi apapun di kartu kredit ini, tetapi kenapa dikenakan biaya SMS? Hari itu juga langsung menghubungi Call Center UOB 14008, diterima oleh CS bernama Ika.

Q: sejak kapan UOB ada biaya notifikasi SMS
A: sudah sejak awal bulan Juni
Q: Rekan-rekan saya yang tagihan di akhir Juni, kok ga dikenakan tagihan notifikasi SMS
A: Baru dikenakan di tagihan yang tercetak di bulan Juli (jawaban ga sinkron, tadi dijawab awal bulan juni, sekarang berdalih khusus cetak tagihan Juli)
Q: Bisa tidak diajukan penghapusan biaya nya
A: [nada tunggu]… Tidak bisa
Q: Kenapa saya dikenakan biaya ini padahal, selama sebulan tidak ada transaksi sama sekali, tidak pernah terima SMS notifikasi apa-apa
A: akan di konfirmasi ke pihak terkait [nada tunggu]….
bahwa biaya notofikasi SMS mencakup penerimaan SMS notifikasi dan email
Q: Jadi email tagihan termasuk SMS?
A: bahwa biaya notofikasi SMS mencakup penerimaan SMS notifikasi dan email [jawaban sama diulang]
Q: Jadi meskipun saya tidak ada transaksi, dan hanya terima email, akan dikenakan biaya notifikasi?
A: bahwa biaya notofikasi SMS mencakup penerimaan SMS notifikasi dan email [jawaban sama diulang]
Q: Saya keberatan, karena jelas-jelas di tagihan tertulis “Biaya Notifikasi SMS JUN19”, padahal saya tidak menerima SMS Notifikasi apapun selama bulan Juni, selain sms OTP untuk login di internet banking dan sms-sms promosi. Tolong dibuatkan laporan keberatan
A: dibuatkan laporan dengan nomor 190703107927, dan akan dihubungi 2 hari kerja

WOW.. banget ya UOB ini, sejak kapan email masuk kategori SMS NOTIFIKASI? luar biasa. Ini yang gak bener bank-nya atau CS-nya yang kurang ‘asuhan’?

Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari UOB terkait hal ini. Sebenarnya kemarin malam hari MINGGU, saya ada panggilan telepon dari nomor 021-29264600, waktu mau diangkat ternyata putus, cek di internet, banyak yang bilang ini nomor UOB. Saya pikir masa sih, bank telepon ke nasabah di hari Minggu pukul 20.00 malam lho.

Terima kasih.

Hendra Sastra Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank UOB Indonesia:
[Total:8    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Biaya Notifikasi SMS Kartu Kredit Bank UOB yang Tidak Jelas

  • 10 Juli 2019 - (01:24 WIB)
    Permalink

    kyk prrnh juga kena ni biaya, CC BNI gw pernh jrng pk, eh ada tu biaya notif, byngkan saja klo nasabah ada 1 juta orng, kena biaya ini heeheehheheh, tu duit bisa pake buat renovasi 10 masjid, eh pas nasabah kena macetttt,bank berkilah mereka rugi, dr biaya 5.000 itu klo nutup tu kredit macet, pasti dunia udah kiamat wwwwwkkkkkkk

 Apa Komentar Anda mengenai Bank UOB Indonesia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Biaya Notifikasi SMS Kartu Kredit Bank UOB yang Tidak Jelas

oleh Hendra Sastra dibaca dalam: 2 min
1