Beli HP di Shopee, Isi Paket yang Diterima Malah Bedak

Pada tanggal 15 Februari 2020 saya melakukan transaksi beli hp Redmi note 8 di Shopee dengan pembayaran cicilan Kredivo

Dan 16 Februari saya cek barang sudah dikirimkan seller melalui JNE seperti tertera no resi di bawah ini

Dan saya khawatir menunggu paketan datang karena JNE biasanya kiriman 1 hari sampai. Kirim tanggal 16 harusnya 17 sudah ada tracking, dan ternyata tracking muncul tanggal 18. Perasaan sudah gak enak, gak pernah beli hp online soalnya. Cuma karena tertarik review yang bagus dan banyak akhirnya coba beli di Shopee.

Dan datanglah paketan tanggal 19 Des, yang menerima Bapak saya karena pada waktu itu saya bekerja. Pada saat suami saya ambil paketan tersebut suami curiga karena kok rasanya paketan enteng banget, seperti bukan HP, akhirnya dibukalah isi paketan depan rumah.

Dan ketakutan saya menjadi kenyataan, paketan saya ternyata isinya bukan hp, melainkan bedak.

paketan awal rapi

Video unboxing:

setelah dibuka dalamnya seperti ini

Langsung dong malam itu juga komplain ke Shopee dan ditindak lanjuti. Seller menolak pengembalian dana karena merasa sudah kirim barang sesuai , dengan bukti resi dari seller barang dengan berat 0.450 gram.

Saya kaget, ini kenapa beli hp kok gak ada asuransi, kata seller sudah otomatis dari Shopee karena JNE cashless gak bisa diedit.

Saya mencoba timbang ke JNE deket rumah:

Saya komplainlah ke pihak JNE, diinvestigasi gak sampe 7 hari kerja pihak JNE telepon bilang kiriman sudah sesuai. Karena tidak ada indikasi repacking/jebol, diterima pembeli dalam keadaan baik, maka saya disuruh klaim refund ke Shopee, bahwa JNE tidak menanggung biaya kehilangan barang.

Saya bingung dong, terus di sini siapa yang akan tanggung jawab, yang main curang sebenarnya pihak mana? Pihak ekspedisi atau penjual?

Dan pihak Shopee sampai sekarang jika ditanya kelanjutan kasus saya, jawabannya masih investigasi terus, sudah hampir 1 bulan lamanya saya menunggu, sampai cicilan Kredivo saya mau jatuh tempo. Akhirnya terpaksa saya bayar dulu lah cicilan saya sesuai info pihak Kredivo,  daripada nanti saya dikejar debt colector. Bukti video dan bukti foto sudah saya lampirkan dengan jelas, kenapa dana saya masih belum juga dikembalikan? Dan tolong untuk pihak terkait JNE dan Shopee segera menyelesaikan permasalahan saya ini.

Shopee memberikan promo gratis ongkir untuk buyer tetapi kenapa asuransi tidak ada? Padahal yang saya beli HP harga tidak murah menurut saya yang hanya sekelas karyawan biasa ini.

Apakah garansi Shopee untuk perlindungan konsumen masih berlaku? Saya disuruh konfirm ke ekspedisi terus oleh admin Shopee padahal saya sudah berkali-kali komplain by phone dan wa JNE pusat jawaban sama, dan harus berapa lama lagi saya harus menunggu investigasi ini? Saya pembeli merasa dirugikan sekali dengan kejadian ini, kepikiran terus dengan kasus ini, karena uang segitu berharga buat saya.

Pihak JNE tolong jika menerima kiriman barang HP/ barang berharga lainnya apakah tidak dicek terlebih dahulu isi di dalamnya? Entah itu diasuransikan atau tidak. Dan apakah tidak ada bukti foto penerimaan barang dan tanda tangan surat pernyataan pengirim dan pihak JNE untuk meminimalisir kasus seperti saya ini?

Terima Kasih untuk suara konsumen yang sudah berkenan memuat keluhan saya

Wahyu Krisma Murti
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Belanja di Shopee:
[Total:18    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Wahyu

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 17 Maret 2020 berjudul “Beli HP di Shopee,...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Beli HP di Shopee, Isi Paket yang Diterima Malah Bedak

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Belanja di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Beli HP di Shopee, Isi Paket yang Diterima Malah Bedak

oleh Wahyu Murti dibaca dalam: 2 menit
11