Surat Pembaca

Program Gratis Ongkir Shopee Merugikan Dropshipper

Halo, nama saya Alexander. Saya sudah cukup lama melakukan dropship di Shopee, selama ini selalu berjalan baik-baik saja tanpa kendala. Namun akhir-akhir ini, semenjak Shopee gencar-gencarnya promo gratis ongkir, masalah dimulai.

Yang pertama, sistem Shopee yang dulu bisa memasukkan resi manual, sekarang setiap kali ada orderan saya harus live chat dulu dengan CS Shopee untuk konfirmasi ganti nomor resi, sedangkan orderan saya cukup banyak. Kalau setiap hari ada 5 orderan saya chat CS Shopee sampai 5 kali, karena harus konfirmasi satu persatu. Ini tentu sangat merepotkan, karena saya jualan di Shopee hanya sampingan saja. Kalau dulu, tinggal copy nomor resi, masukin manual, sudah beres.

Yang kedua, sejak tanggal 9 September, promo gratis ongkir Shopee saya tidak dikembalikan oleh Shopee. Pertama saya mengira hanya error sistem, padahal ongkir yang saya keluarkan untuk pengiriman ke Ternate selisih Rp40 ribu. Namun setelah pengiriman selanjutnya, begitu lagi sampai 4 pengiriman. Saya jelaskan di sini pembeli membeli barang dapat subsidi gratis ongkir dari Shopee, sedangkan saya dropship memesan barang dari aplikasi lain, tentu harus bayar ongkir.

Kemudian saya mengadukan hal ini ke CS Shopee, katanya akan diteruskan ke pihak terkait. Setelah saya tunggu, ada email dari Shopee, dikatakan saya harus melampirkan resi fisik. Nah ini masalahnya, saya kan dropship, bagaimana saya bisa melampirkan resi fisik ini? Akhirnya saya minta ke supplier saya, ternyata juga tidak pegang resi fisik, karena corporate atau perusahaan, dan barang yang dikirimkan juga langsung di-pick up oleh jasa kirim.

Saya mulai putus asa, kemudian saya coba minta ke jasa kirim, ternyata jawabannya juga sama, saya harus minta ke cabang jasa kirim yang mengirimkan barang saya. Padahal saya waktu itu langsung ke kantor pusat jasa kirim ybs. Saya jadi bingung, akhirnya saya putuskan akan komplain ke kantor Shopee langsung di daerah Mega Kuningan, ternyata semua pegawainya WFH, dan komplainan saya tidak ditangani.

Saya jadi bingung, Shopee yang punya ahli IT yang canggih kenapa tidak bisa melacak resi pengiriman serta ongkir yang tertera, atau pura-pura tidak tahu? Padahal pelacakan secara online sangat akurat. Saya tentu ada bukti resi pengiriman secara online dari aplikasi tempat saya memesan barang, tapi CS Shopee hanya minta resi fisik. Kalau saya bukan dropship mungkin itu bukan masalah, permintaan Shopee ini terlalu mengada-ada di zaman yang serba online ini,

Saya jelas sangat kecewa, karena kerugian akibat beda ongkir ini lebih dari Rp100 ribu, sedangkan saya jualan dropship mengambil untung hanya 2 ribu per item. Jadi saya malah rugi karena ada 2 pengiriman yang cukup jauh, yang 1 ke Medan dan ada yang ke Ternate.

Semoga Shopee melihat postingan saya dan mengerti kendala yang dihadapi dropshipper seperti saya, karena saya dropship di marketplace yang lain tidak pernah ada masalah seperti ini.

Terima kasih. Salam.

Alexander Hutagalung
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hallo sender, boleh saya minta kontaknya, saya juga mengalami pengalaman yg sama terkait kerugian gratis ongkir sebagai dropshipper shope ke shopee

    Bagaimana caranya yaa agar uang dikembalikan oleh shopee?

    Karna saya sudah komplain beberapa kali tapi jawaban ttap saja tidak ada solusi

  • Lucu sih, menurut sy dropshiper ga haram.. dia jg tdk merampas brg kepunyaan org, Gak jg mencuri.. aplg dropship atas izin supplier/pemilik brg tsb.. haramny drmn? Klo emg haram, sales haram ga? Menjual brg dengan Mahal k pembeli, blgnya ini brg sudah murah pdhl untungnya bs lebih2 ? bos2 yg buka perusahaan semua haram dnx? Jualan dgn keuntungan yg lmyn tggi n kualitas brg bs d blg GA bgs, tp blg k customer bagus.. Bukan berarti anda bkn dropshiper, bs dgn seenaknya blg ini itu haram.. haram ga haram yg tentuin Tuhan bkn kalian ?? Lucu dahh... Sy dsni ga mau menyebutkn ttg agama, tp sy tw org yg dkit2 sebut haram itu agama apa ?

    • Dikit2 haram, baju haram, makanan haram... Yg haram itu bkn yg masuk k mulut, melainkan yg keluar Dari mulut.. pemikiran xan yg haram ???
      Intinya yg dkit2 sebut haram itu orgnya negatif thinking ya, heran gw ?