Surat Pembaca

Rating Merchant GoFood Dipermainkan

Saya pemilik dari merchant “Pecel Lele dan Ayam Geprek Fire Chicks, Rawamangun” di aplikasi GoFood (sebelumnya resto bernama Dish & Co). Makin ke sini saya merasa kecewa dengan sistem di GoFood terkait rating resto.

Saat bulan November 2020 saya curiga rating saya makin turun, tapi masih belum saya tanggapi. Pada awal Desember saya mulai perhatikan rating resto yang tadinya 4.5 pada akhir November, menurun menjadi 4.4 pada awal Desember (saya cek menggunakan aplikasi gojek dengan handphone pribadi).

Saya meminta laporan rating dari bulan November akhir via aplikasi GoBiz (tanggal terakhir saya lihat rating 4.5). Sampai tanggal saat rating menjadi 4.4 tidak ada 1 customer pun yang memberikan rating. Saat dicek menggunakan handphone lain pun rating-nya semua berbeda-beda. Bahkan saat saya pinjam hp teman untuk mengecek rating, resto saya malah hanya mendapat nilai 3.8 pada TANGGAL YANG SAMA.

Pada tanggal 8 desember 2020 saya komplain ke CS Gojek dan hanya mendapat jawaban jika itu semua “URUSAN SISTEM INTERNAL”.

Tidak berapa lama, rating kembali turun dan saya komplain kembali dan dijawab dengan jawaban yang terkesan hanya mencontek jawaban sebelumnya tanpa ada tindak lanjut.

Kemudian saya sudah bodo amat dengan rating yang makin hari makin tidak jelas perhitungannya. Pada tanggal 1 Januari 2021 saya iseng cek rating resto saya sudah naik menjadi 4.3 kembali. Kemudian saat tanggal 2 Januari 2021 rating saya kembali turun menjadi 4.2. Saya kembali meminta laporan rating dari tanggal 10 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021. Customer banyak yang tidak memberikan rating dan tidak ada 1 pun yang memberi rating jelek, tapi rating resto saya justru turun tanpa alasan yang jelas. 

Dan sekarang rating saya kembali anjlok menjadi 3.7, padahal selang sejam sebelumnya masih 3.8 (saya tidak sempat screen capture).

Bagaimana bisa rating saya turun terus menerus sedangkan tidak ada user yang memberikan rating??  Jika memang kendala sistem kenapa tidak segera dibenahi? Karena permasalahan ini sudah dari beberapa bulan lalu. Tentu saja terkait rating sangat penting, apalagi bagi merchant yang baru bergabung seperti saya. Saya sudah lelah komplain via CS, karena hanya mendapat jawaban yang itu-itu saja, tapi tidak ada perbaikan maupun tindak lanjutnya.

Titik
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Menurut gw, ini fitur sedikit merugikan pihak resto.

    Kenapa? Sebab driver kadang g pernah mau paham proses yg dilakukan oleh pihak resto. Tolak ukurnya cuma prosesnya cepet apa enggak.

    Ditambah lg tingkat kedewasaan driver jg berbeda2. Kebanyakan orang lapangan itu tempernya tinggi dan selalu pgn hasil yg instant.

    Pihak resto juga tidak diberi hak untuk memberikan rating ke pihak driver, sehingga membuat driver cenderung semena2 kepada pihak resto.

    Sharing opini aja dari sisi resto...

  • Saya sebagai konsumen gofood bukan pemilik resto sejauh ini tidak melihat hal yg aneh dari rating resto. Kalo sy perhatikan rating dinilai dari bintang yg dikasih konsumen dan sesuai dengan rata2 bintang dari konsumen.

    • Saya selaku pemilik resto merasa dirugikan dengan adanya penilaian dari driver gofood.saya perhatikan rating dari pelanggan selalu bintang 5 tapi bintang diresto selalu menurun dari 4.6 trurum 4.1 selang 1 bulan turun lagi jadi 3.9 tolong pihak management gofood dihapuskan itu penilaian dari driver.

  • KACAU NIH.. MAKIN ANCUR UMKM INDONESIA.. KATANYA PRODUK ANAK BANGSA...
    HATI-HATI BUAT PARA RESTO INI SALAH SATU YG BIKIN RATING RESTO ANDA JADI ANEH, seharusnya gofood tidak perlu membuat driver bisa memberikan rating ke resto. Apalagi nga sedikit driver lama baru datang, makanan jadi dingin dan dikomplain pelanggan (saya jual mie dan ayam, mie jadi lembek dingin kelamaan nga diambil), apalagi kalau driver punya banyak akun ojol lain makin lama deh sampai ke customer, walaupun sudah super partner masih bisa di cancel by system, baru tau ini setelah ngalamin berkali-kali, kacau memang.

    Kalau lagi ada orderan makan ditempat dan orderan online lain nga bisa semudah itu semua masakan sekaligus bisa dimasak cepat, apalagi kalau orderannya bermacam jenis.
    Kalau mau begini kasih juga dong resto biar bisa nge-rate driver yg attitudenya buruk dan nga sopan kalau nagih orderan, biar adil lah... (anda sopan kami pun segan, begitu kan...).

    https://www.youtube.com/watch?v=pSif3Nnp2wk
    Driver bisa memberikan rating kepada resto gofood partner || Cara menaikan rating resto di gofood