PT KAI DAOP 3 Cirebon Tidak Antisipatif Saat Peak Season Libur Isra Miraj 2021 untuk Test Genose

Pesan tiket untuk Argo Cirebon sejak tgl 12/03/2021 jam 10.34.55 melalui Alfamart terdekat stasiun Cirebon untuk keberangkatan tgl 14/03/2021 atas nama istri dengan kode booking DR348Z0 keberangkatan pukul  16.05 jurusan Cirebon Bekasi.

Sebelum melakukan pemesanan ke Alfamart tsb, saya terlebih dahulu minta info kepada Petugas KAI 2 orang yang jaga tiket. Dan menurut mereka, sdh tidak bisa pesan lagi dan di arahkan ke Alfamart tsb. Dan info lain yang saya tanyakan masalah Test Genose, malahan menuut 2 petugas tersebut, 1/2 jam sampai 1 jam saja cukup koq sebelum keberangkatan untuk test Genose-nya.

Tanggal 14/03/2021, pukul 14.35.21 WIB, kita merapat untuk melakukan Genose, tetapi saat di pendaftaran langsung diblok oleh Petugas KAI nya dan disampaikan bahwa Tes Genose sudah overload? Dan langsung diarahkan dengan Tes Antigen saja dengan tarif Rp105.000,-

Dengan tanpa rasa bersalah apalagi memberikan solusi terbaik, petugas membiarkan kami begitu saja. Ada kesan, TERSERAH mau seperti itu silahkan kalau tidak ya sudah….

Buat apa kalian buka pesan OnLine kalau memang demikian adanya? OL artinya kalian bisa antisipasi berdasarkan data dari OL tsb harusnya. Okelah yang Go Show lain ceritanya.

Di sini ada faktor KETELEDORAN dari pihak KAI Daop 3 Cirebon ini untuk ANTISIPASI hal yang dimaksud. Sorry, bukan nominal Rp20.000 atau Rp105.000 yang saya permasalahkan disini, TETAPI lebih ke soal tanggung jawab moral dan profesionalisme dari PT KAI DAOP 3 Cirebon ini. Sudah tahu pasti rame, data dari pemesanan OL juga sdh bisa dipredilsi tetapi kenapa TIDAK DIANTISIPASI?

Why? Percuma buang-buang waktu, buang energi dll buat pesan jauh-jauh hari juga datang 2,5 jam lebih awal kalau pada hasil akhirnya seperti itu.

OK lah bisa di-refund uang tiket tsb, TETAPI saat minta di-refund uang tiket tsb, koq petugasnya tidak ramah yah?Seolah olah tidak menerima kenapa harus refund? Apa alasannya? Dan ketika disampaikan alasannya, tidak ada penjelasan apapun dari perugas tiket tsb apalagi kata maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi (petugas di tiket counter ada mas bagus dan 2 wanita, yang pake kacamata yang tidak ramah sama sekali). Harusnya sebagai seorang profesional, adalah empati sedikit, minta maaf akan lebih baik.

Sudah melakukan komplain melalui cs@kai.id dan kontak_pelanggan@kai.id, tetapi hanya direspon normatif dan ‘ala kadarnya’ saja dan cenderung ‘membela diri” tanpa mengakui kesalahan yang terjadi. Tidak ada empati sama sekali, hanya dibalas itu “kondisional’ saja, padahal kalau untuk masa berlaku Genose yang normalnya 3×24 jam ini diubah jadi 1×24 jam saja untuk weekend tsb sudah disebar beberapa hari sebelumnya. TETAPI untuk antisipasi “kondisional’ pemeriksaan Genose tersebut tidak dilakukan sama sekali.

Mohon maaf, di sini apakah sepertinya ‘ada permainan’ supaya calon penumpang mau tidak mau diarahkan ke Rapid Test Antigen saja, instead of Genose (20.000 ke 105.000)?

Demikian, semoga menjadi catatan dan perhatian untuk PR KAI kedepannya terutama DAOP 3 Cirebon.

Agus Kusmawan
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:3    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “PT KAI DAOP 3 Cirebon Tidak Antisipatif Saat Peak Season Libur Isra Miraj 2021 untuk Test Genose

  • 16 Maret 2021 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama di stasiun gambir
    Tes genose dibilang sudah overload padahal saya datang 5 jam sebelum keberangkatan dan diarahkan ke rapid test antigen bayar 105 ribu

    Seperti ada tangan tangan gaib yang tidak menginginkan genose ada untuk membantu warga indonesia dengan harga murah
    Entah siapa yg salah!!

  • 17 Maret 2021 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Oh begitu yah ternyata, saya harus siapin duit lebih kalau mau naik Kereta. Terima kasih sudah berbagi info.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

PT KAI DAOP 3 Cirebon Tidak Antisipatif Saat Peak Season Libur Isra Mi…

oleh Aguz Kusmawan dibaca dalam: 2 min
2