Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit Mandiri di Bukalapak

Pada tanggal 18 Maret 2021 saya dikejutkan oleh adanya SMS notifikasi dari Kartu Kredit Bank Mandiri, terkait dengan adanya transaksi di Bukalapak sebesar Rp 15.436.614 dengan menggunakan Kartu Kredit Mandiri saya.

Pada tanggal yang sama saya langsung menghubungi Mandiri untuk melaporkan kejadian tersebut, dan dari pihak Kartu Kredit Mandiri telah dilakukan pemblokiran Kartu Kredit saya. Kemudian saya disuruh membuat laporan sanggahan transaksi tersebut, yang akan membutuhkan waktu investigasi selama 45-180 hari kerja.

Setelah itu pada tanggal yang sama juga, saya menghubungi CS Bukalapak dan melaporkan kejadian tersebut. Hanya saja saya kecewa dengan lambatnya proses penanganan fraud Kartu Kredit di Bukalapak. Pihak CS Bukalapak hanya membantu membuat laporan tanpa ada menginfokan inisiatif dari Bukalapak untuk mencegah transaksi tersebut.

Email tanggapan dari Bukalapak untuk nomor tiket 26532758 juga baru saya terima 4 jam kemudian yang menginfokan bahwa Bukalapak sedang meminta beberapa data/bukti dari pihak penjual atau pembeli dari transaksi pembajakan Kartu Kredit tersebut.

Kemudian pada tanggal 20 Maret 2021 saya menerima email dari Bukalapak yang menginfokan bahwa dalam investigasi Bukalapak meminta data verifikasi kepada pihak pelapak dan dari data tersebut transaksi dinyatakan valid. Bukalapak sama sekali tidak menjelaskan bagaimana transaksi tersebut dinyatakan valid, padahal sedang ada laporan pembajakan Kartu Kredit dari saya untuk transaksi tersebut.

Selanjutnya saya juga kecewa dengan Mandiri yang menagih bunga pada tagihan bulan April Kartu Kredit saya untuk transaksi tersebut. Padahal dalam email yang saya terima tanggal 30 Maret 2021 terlampir surat dengan no OPT.CCR/CHM.6904/2021 menyatakan di salah satu poinnya (poin 3) bahwa selama proses investigasi, transaksi yang disanggah tidak dimasukkan dalam perhitungan bunga. Saya sangat menyayangkan Mandiri tidak bisa menepati janji sesuai surat yang dibuatnya sendiri padahal hingga tulisan ini saya buat masih dalam proses investigasi dari Bank Mandiri.

Saya meminta pihak Bukalapak dan Mandiri untuk pro aktif dan sigap menindaklanjuti pembajakan Kartu Kredit Mandiri saya di Bukalapak. Saya juga meminta pihak Bukalapak untuk bertanggungjawab dengan mengembalikan dana yang sudah terdebet di Kartu Kredit saya.

Eddy Hariono
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri:
[Total:21    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Perihal Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit Mandiri di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit Mandiri di Bukalapak

  • 7 Mei 2021 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Apakah tidak ada kode otp yang masuk melalui SMS atau WA ?
    Seharusnya transaksi menggunakan kartu kredit butuh kode otp .

  • 7 Mei 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Tergantung payment gatewaynya, 2D atau 3D.
    Yang 2D jelas gak minta otp, saya gak tau bukalapak bagaimana.

    Kalo agan pernah masukin data cc nya, ke situs belanja dan menyimpan, ketika lupa logout atau komputer agan kena virus atau apalah namanya ransomware atau apalah namanya, dengan mudah bisa disalahgunakan.

  • 7 Mei 2021 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Kasus sy alami sy rasa sama. bukalapak Harus belajar dari keluhan konsumen .kejadian 15/2/2020 Bukalapak lihat pelaporan pasti ada.dengan kerugian 16.000.000 .00 juta 2 kartu kridit .itu sy alamai .sudah sy telpon hanya lewat 15 menit .jawapan masih di ifintigasi .ditelpon harus buat pelapora di polisi .dan tidak mau memberitau penipunya .sedangkan buat pelaporan kalau kurang lengkap buktinya ngak diterima .kejadian jam 3 sore . Lewat 15 menit kemudian sy kaget .bahwa sy di hipnotis .kartu sy kena penipuan.dan aneh nya sy telpon barang sudah di ambil ojol apa ini yg di maksud melindungi .sy rasa kalau Bukalapak sigap dan tanggap pasti ketangkap penipunya hanya lewat 15 menit barang di ambil Ojol .dan ahirnya sy haru membayar dan mencicil di bank . keadaan pandemi serba susah makan susah harus bayar cicilan .

  • 7 Mei 2021 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Bukalapak sudah terkenal tidak aman, lebih baik hindari, karena pernah terjadi kebobolan database user. Kemudian untuk kasus yang merugikan konsumen akibat kesalahan dari Bukalapak, mereka tidak responsif dan cenderung tidak mau disalahkan.

    1
    1
  • 7 Mei 2021 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Mencantumkan Kartu Kredit ke Aplikasi Marketplace atau dompet digital lainnya menurut saya sangat beresiko. Tentu saja tiga angka validasi dicantumkan juga. Kartu Kredit untuk pembayaran manual di kasir saja sekarang wajib pakai PIN.
    Berhati hati lah!

  • 8 Mei 2021 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Transaksi pembobolan ini menggunakan kode OTP kah?
    Jika tanpa kode OTP, percayakan dlu kepada pihak bank untuk investigasinya. Dari kasus2 yg sy alami sendiri dan yg sy temui dr beberapa kenalan sy, selalu dikembalikan oleh pihak bank jika memang transaksi tersebut tidak melalui OTP.

    Lalu terkait masih dikenakannya bunga, mgkn karena sistem, jd otomatis dianggap pembayaran blm lunas. Lebih baik konfirmasi kembali ke call center Mandiri dan ajukan penghapusan bunganya.

    Sy percaya bank bs melihat sebuah transaksi berhasil apakah melalui kode OTP atau tidaknya, jd bersabar dan tunggu hasil investigasi keluar.

  • 8 Mei 2021 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Itu memang hasil Investigasi Buka lapak hanya Valid or Not saja ya? Ga ada tindaklanjut seperti dibelikan barang apa? Dikirim ke mana? Melalui apa? Siapa yang terima?

    Bunga Mandiri abaikan saja itu kalau dah dapet surat begitu…… Mau bunga system jalan sebanyak apa kan udah ada pernyataan dari Mandiri tar di veto wkwkwk

  • 9 Mei 2021 - (11:39 WIB)
    Permalink

    PANTES AJ, SY ADA TRANSAKSI BELI DI BL TGL 16 APRIL PAKE DEBIT CARD, EEH DIBATALKAN OLEH PENJUAL KRN STOK KOSONG. PENGEMBALIAN DANA DIJANJIKAN 14HR KERJA, NYATANYA SAMPE HARI INI TGL 9 MEI BELUM JUGA DIKEMBALIKAN..SELAMA 1 MINGGU SEBELUMNYA SY UD KOMPLAIN VIA TWITTER, TP SEPERTINYA BL PURA2 BEGO, LUCUNYA MINTA NO KARTU KREDIT, PDHL SY TRANSAKSI PAKE KARTU DEBIT (TERNYATA ADA TUJUANNYA).. BERIKUTNYA MASIH MINTA BILLING STATEMENT (MUNGKIN BL BERHARAP CUSTOMER LENGAH DI BILLING STATEMENT TIDAK DITUTUPI NO KREDITNYA).. KOMPLAINAN SY JUGA SUDAH SY UPLOAD DI MEDIA KONSUMEN HARI INI..BUAT YANG LAIN, PIKIR2 DEH TRANSAKSI DI ONLINE SHOP INI..!!!

  • 19 Mei 2021 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan terima kasih atas masukannya.

    Menindaklanjuti pengaduan Bapak perihal di atas, kami telah memproses penghapusan bunga Mandiri Kartu Kredit sebesar Rp434.815,- dan saat ini sanggahan transaksi Bapak masih dalam proses investigasi. Informasi tersebut juga telah kami sampaikan kepada Bapak melalui telepon pada tanggal 7 Mei 2021 dan Bapak telah menerima dengan baik atas penjelasan yang telah kami sampaikan.

    Bank Mandiri akan dan terus melakukan perbaikan agar dapat memberikan layanan prima kepada seluruh nasabah Bank Mandiri.

    Apabila terdapat pertanyaan ataupun saran kepada Bank Mandiri, Bapak dapat menghubungi Mandiri Call 14000 (24 jam) atau website http://www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau email mandiricare@bankmandiri.co.id.

    Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasama Bapak.

  • 23 Mei 2021 - (02:09 WIB)
    Permalink

    Asli deh kartu kredit mandiri ini super ga aman, saya juga baru aja kena bobok dari foodpanda taiwan, padahal ga pernah dan tau merchant itu. Otp juga gak ada tiba2 dapet notif gitu aja kalo ada transaksi sukses. Gapaham lagi sama keamanan kartu kredit bank mandiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Pembajakan Kartu Kredit Mandiri di Bukalapak

oleh albher088 dibaca dalam: 1 min
10