Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-ichi Life

Pembaca yang terhormat,

Saya adalah nasabah pemegang polis asuransi Panin Dai-ichi Life. Saya ingin menyampaikan kepada manajemen Panin Dai-Ichi Life agar lebih meningkatkan kinerja dalam layanan pengajuan klaim manfaat asuransi yang sangat terbilang lama dan tidak berkomitmen sebagai “BY YOUR SIDE FOR LIFE“. Saya mengutarakan disini atas proses pengajuan klaim manfaat asuransi dengan tertanggung atas nama Phoey Giok Nio, nomor: 2017028409, 2020016660, 2020013967.

Pada tanggal 12 Januari 2021 mama meninggal dunia di rumah sakit. Keluarga besar pun tidak ada yang menduganya sama sekali sakit yang diderita mama. Karena sebelumnya mama selalu sehat, dan semasa hidupnya tidak pernah dirawat di rumah sakit atau pun didiagnosis penyakit krisis.

Pada bulan Juni 2020 mama ada demam. Karena dokter umum dekat rumah tutup dan semua dokter juga tidak ada yang praktek (karena kondisi pandemi), kami akhirnya bawa mama periksa ke RS di Jakarta Barat. Karena kondisi pandemi, dokter menyarankan cek lab hematologi. Dari hasil lab, dinyatakan semua aman dan baik-baik saja, kemudian mama saya diberi resep obat pada umumnya orang berobat dan pulang ke rumah.

Kisah ini dimulai Desember 2020, ketika mama menderita demam dan mual. Masih dalam kondisi pandemi, kami ajak mama ke Rumah Sakit lagi untuk berobat. Dokter yang menanganinya memberikan obat pada umumnya dan kami pun lanjut pulang ke rumah. Namun sakitnya ini masih berlanjut hingga sampai akhirnya mama meninggal.

Berdasarkan petunjuk dari agen asuransi, per tanggal 26 Januari 2021 pengajuan klaim kematian pun kami ajukan dengan dokumen yang diperlukan lengkap sesuai prosedur klaim asuransi termasuk rekam medis.

Yang ingin saya utarakan di sini adalah proses pengajuan ini, sampai 31 Mei 2021 belum kami terima titik terang atas pengajuan klaim ini sama sekali. Sudah hampir 5 bulan kami menunggu, padahal semua berkas sudah diterima lengkap oleh Panin Dai-Ichi Life.

Kami masih dan terus menanyakan perihal pengajuan kami ini ke agen asuransi, tapi yang kami dapatkan hanya informasi dari agen balasan email Departement Claim, yang isinya selalu dengan jawaban sedang investigasi, sedang proses, mohon ditunggu, minta tambahan waktu 14 hari, tambahan waktu lagi 7 hari, tambah waktu lagi 14 hari, sedang tunggu verifikasi rumah sakit, minta waktu lagi 14 hari, terus berlanjut hanya disuruh menunggu tanpa mengetahui sampai kapan.

Kami jadi bingung, sekelas Panin Dai-Ichi Life asuransi terbesar di Jepang dengan pengalaman 110 tahun, mengapa proses klaimnya seperti ini dibuat sangat sulit dan lama sekali? Hingga akhirnya surat resmi diterbitkan oleh Panin Dai Ichi tanggal 20 Mei 2021 dengan isi tercantum “masih terus melakukan proses verifikasi”.

Saya hanya ingin klarifikasi proses pencairan klaim kematian mama saya dapat segera diselesaikan. Nilai klaim kami tidaklah besar, tidak sebanding dengan nama besar Panin Dai-ichi Life “By your side for life“.

Kesabaran nasabah juga harusnya dihargai. Apalagi batas waktu maksimal sudah tidak ada masanya, mau ditunggu berapa lama lagi? Apakah pembayaran premi juga dapat dibayar dengan kata mohon bersabar tanpa LAPSE polis? Apakah harus dimuat di media terlebih dahulu untuk mencairkan klaim nasabah baru dilayani dengan baik? Butuh tambahan berapa waktu lagi untuk investigasi klaim kematian di Panin Dai-Ichi Life?

Liahnita
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Panin Dai-ichi Life:
[Total:9    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan PT Panin Dai-ichi Life atas Surat Ibu Liahnita

Redaksi Mediakonsumen.com yang terhormat, Bersama ini, kami ingin menyampaikan tanggapan resmi PT Panin Dai-ichi Life perihal keluhan pembaca yang telah...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-ichi Life

  • 12 Juni 2021 - (14:31 WIB)
    Permalink

    jangan pernah beli asuransi. dari pada bayar premi bagus duit nya disimpan dibawah bantal. jgn disimpan dibank jg. bank sekarang tidak lagi aman.

  • 12 Juni 2021 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Di masa pandemi begini, ikut asuransi jiwa atau kesehatan (apalagi yg unit link) lebih banyak kerugiannya daripada untungnya. Di Facebook page resmi perusahaan2 asuransi yg populer banyak sekali keluhan klaim yg sengaja tidak dibayar dengan berbagai macam alasan. Amit2 jangan lagi pakai asuransi.

  • 14 Juni 2021 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca yang saya sampaikan disini pada tanggal 12 Juni 2021 berjudul “Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life”, saya atas nama Liahnita mengucapkan terima kasih kepada seluruh Manajemen Asuransi Panin Dai-Ichi Life yang telah menanggapi, memproses dan menyelesaikan pembayaran klaim asuransi per tanggal 13 Juni 2021 dan saya telah menerima pencairan dana klaim Asuransi Panin Dai-Ichi Life per tanggal 14 Juni 2021. Terima Kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Panin Dai-ichi Life?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-ichi Life

oleh Liahnita dibaca dalam: 2 menit
5