CIMB Niaga Tidak Serius Menangani Keluhan Nasabah

Ini kedua kalinya saya menulis surat atas ketidakpuasan saya terhadap pelayanan CIMB Niaga. Sebelumnya saya sudah pernah menulis kekecewaan saya melalui Media Konsumen tanggal 05 Mei 2021. Alhamdulillah, masalah tersebut sudah diselesaikan. Namun tidak lama dari itu muncul kembali masalah yang sama namun tidak ditangani dengan baik oleh pihak CIMB Niaga.

Bermula dari keluhan saya pada tanggal 19 April 2021 terkait biaya keterlambatan, saya menghubungi petugas call center 14041. Dalam percakapan, sang petugas call center mengatakan bahwa personal loan saya terdaftar autodebet. Namun saya katakan bahwa setiap bulannya saya selalu membayar manual ke rekening personal loan saya (mungkin bisa didengar recording percakapan saya pada saat itu). Saya pun tidak mengetahui kalau personal loan saya tersebut terdaftar autodebet.

Karena penasaran, akhirnya untuk angsuran bulan Mei saya setorkan lebih awal (07/05/2021-foto terlampir) untuk berjaga-jaga karena jatuh tempo saya berdekatan dengan hari raya Idulfitri. Saya ingin memastikan saja apakah benar angsurannya akan terdebet otomatis dari rekening saya.

Namun pada tanggal 17 Mei 2021 saya kembali mendapatkan peringatan via WA dari CIMB Niaga Consumer Collection bahwa saya dianggap belum membayar angsuran. Mengetahui hal tersebut saya kembali membuat keluhan di 14041, menanyakan kenapa tidak terdebet secara otomatis? Saya keberatan jika timbul biaya keterlambatan, karena saya sudah menyetorkan angsuran saya sebelum jatuh tempo. Laporan pun dibuat dan jika ingin mengetahui progress laporan saya dapat di cek via WA customer care 14041.

Tanggal 19 Mei saya coba cek progress laporan, diinfokan masih dalam proses, tanggal 20 saya cek juga masih dalam proses. Tanggal 2 Juni kembali saya cek, karena saya sudah mulai ditagih oleh pihak collection yang maunya menagih, tapi tidak mau mendengarkan keluhan nasabah. Dari hasil pengecekkan laporan saya via WA customer care 14041, diinfokan bahwa pihak CIMB Niaga sudah coba menghubungi saya tanggal 20 Mei dan keterangannya tidak dijawab oleh saya.

Mengetahui hal tersebut saya coba mengecek kembali call log pada tanggal tersebut, saya screenshot call log dan saya tanyakan kepada customer care. Namun pihak customer care menjawab bahwa tidak ada satu pun nomor telepon yang ada di call log saya yang berasal dari CIMB Niaga. Mendapat informasi seperti itu saya mulai kecewa dan saya minta agar keluhan saya segera diproses karena saya tidak mau berlarut-larut.

Tanggal 3 Juni akhirnya ada yang menghubungi saya, tapi dari pihak collection yang menyarankan saya untuk segera melakukan pembayaran. Namun saya infokan bahwa saya menunggu konfirmasi dari pihak customer care apakah uang saya didebet langsung dari rekening atau saya bisa langsung bayar ke rekening personal loan saya. Dan seperti biasa, pihak collection tidak peduli dengan keluhan saya, mereka hanya mau saya bayar, bayar dan bayar.

Karena kesal akhirnya saya bayarkan langsung angsuran ke rekening personal loan saya dan saya kembali tanyakan progress keluhan saya via WA customer care 14041. Saya kirim bukti pembayaran angsuran saya dan saya minta agar biaya keterlambatan dikoreksi. Namun saya masih belum mendapat kabar terkait keluhan saya.

Akhirnya ada yang menghubungi saya dari pihak collection terkait keluhan saya, dan dari percakapan saya dengan pihak collection, sepertinya pihak collection masih menyudutkan saya seolah-olah ini adalah kesalahan saya. Setelah berdebat beberapa lama akhirnya pihak collection membuat proses pengajuan koreksi dan diinfokan AKAN MENGABARI hasilnya.

Tanggal 10 Juni saya membayar angsuran ke rekening personal loan saya lebih awal untuk menunjukkan bahwa saya tidak ada niat untuk menunda kewajiban saya. Dan akhirnya tanggal 23 Juni saya mendapatkan peringatan kembali dari collection via WA bahwa saya masih ada kekurangan pembayaran. Ini berarti keluhan saya tidak diperhatikan dengan baik.

Saya sudah kembali tanyakan ke pihak customer care via WA, diinfokan masih dalam proses. Hingga tulisan ini saya muat di Media Konsumen (02 Juli 2021) tidak ada satu pun yang mengkonfirmasi terkait keluhan saya, dan yang pasti saya sudah dikenakan 2x biaya keterlambatan.

Saya menunggu itikad baik dari pihak CIMB Niaga/Collection Consumer CIMB Niaga, karena sekarang sudah memasuki bulan Juli dan saya tidak mau ada lagi biaya-biaya yang timbul setelah itu. Demikian kekecewaan ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hardhana Ardwistia Ardiato
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank CIMB Niaga:
[Total:26    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Hardhana

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Hardhana Ardwistia Ardiato yang berjudul “CIMB Niaga Tidak Serius Menangani Keluhan Nasabah” (Mediakonsumen.com, 3...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “CIMB Niaga Tidak Serius Menangani Keluhan Nasabah

  • 3 Juli 2021 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Semoga ada follow up segera dr pimpinan CIMB Niaga. Karena di era digital saat ini, sangat mudah pelanggan/nasabah menyampaikan keluh kesahnya melalui media2 online, termasuk MK ini bila sudah melalui jalur resmi dirasa tidak ada kejelasan dan dikecewakan.

    • 3 Juli 2021 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Mending langsung dateng ke cabangnya mas, kalo sebelumnya ada bukti sudah bayar juga sekalian dibawa, karena kalo lwt media sosial gini kan lebih makan waktu ya daripada langsung ke cabangnya.. Smoga cepet selesai ya masalahnya🙏🏻

    • 3 Juli 2021 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Namanya proses pembelajaran hidup, jatuh berkali-kalipun juga tidak apa2. Kegagalan dalam hidup pun juga bisa kita alami berkali2 dan itu akan menjadi pengalaman. Hidup orang berbeda-beda, tidak bisa disamakan dengan hidup orang lain. Tinggal bagaimana kita menjalani dan menikmati hidup kita

  • 3 Juli 2021 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Pak Hardhana, yang mengulangi di lubang yang sama itu pihak kreditur. Karena setelah saya baca, entah ada kendala apa dari kreditur, sehingga merugikan anda selaku debitur yang sudah aktif menunaikan kewajiban dengan baik. Tapi itu tentu hal positif kalau anda masih bisa memaklumi mereka. Saya apresiasi. Semoga bisa segera selesai kendalanya dan mereka mau belajar dari ini sehingga tidak mengecewakan Bapak lagi di angsuran berikutnya.

  • 3 Juli 2021 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Niaga mmg tidk profesional sering mengubah aturan ,yg tidak d sadari oleh nasabah,.terutama perbankan dri on account jdi octo saver ,yg tdinya tdak ada biaya tabungan dgn cttan tdk boleh d bwah saldo minimum,.sdh d laporkan k cs tpi tetap tidak ada tindakan,.saldo tetap terpotong,. akhirnya ada sms yg msuk ,saldo minimum hrus naik,kok baru d tlpon baru ada pemberitahuan pd nasabah,.mmg tdk profesional

  • 7 Juli 2021 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah senin 05/07/2021 sudah ada pihak CIMB Niaga yang konfirmasi terkait keluhan saya, semoga masalah ini dapat segera diselesaikan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

CIMB Niaga Tidak Serius Menangani Keluhan Nasabah

oleh hardhana dibaca dalam: 3 menit
10