Surat Pembaca

Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

Saya Roni Faldi, nasabah Shopee SPinjam sekaligus Shopee SPayLater (sama-sama dari PT Lentera Dana Nusantara dan sama-sama di platform Shopee) dengan nomor HP 08131001***7. Khusus SPayLater, saya sudah lama menjadi nasabahnya, dari bulan November 2019 dengan limit terakhir Rp7.900.000.

Yang saya pahami, siklus penagihan SPayLater, pinjaman tanggal 25 sampai tanggal 24 bulan berikutnya, akan ditagihkan tanggal 25, dengan periode bayar tanggal 25 sampai tanggal 05. Berkaca dari siklus SPayLater tersebut, pada tanggal 25 Mei 2021 saya melakukan pencairan Shopee SPinjam senilai Rp5.250.000 (dana diterima Rp5.197.500 ), dengan 2x angsuran @ Rp2.832.280.

Bukti pencairan yang saya terima dari SPinjam

Menurut hemat saya, saya harus membayar tagihan pertama pada tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021, dan yang kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021.

Namun dua hari setelah pencairan, tagihan pertama saya muncul dan saya ditelepon sama pihak Shopee SPinjam untuk membayar saat itu juga, sampai paling telat 5 Juni (2-10 hari setelah pencairan). Jelas saya tidak menerima, dan saya sampaikan keluhan saya tersebut pada pihak penagih dari Shopee SPinjam. Saya minta agar pihak yang berwenang di SPinjam menelepon saya. Perlu diketahui:

  • Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.
  • Di syarat dan ketentuan Shopee SPinjam, saya tidak mendapati ketentuan harus membayarnya kapan (periode bayar).
  • Pada hari yang sama (25 Mei 2021), saya juga melakukan transaksi Shopee SPayLater yang jatuh temponya tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021.
  • Di perjanjian kredit pun tidak dijelaskan secara gamblang tentang siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).

Hal yang terjadi setelah komplain saya tersebut:

  1. Permintaan saya untuk dihubungi via telpon oleh pihak yang bertanggung jawab di Shopee SPinjam tidak dikabulkan sampai sekarang (hanya ditelepon penagih).
  2. Beberapa kali saya berbalas email yang berbelit-belit, yang salah satu isinya file mengenai ketentuan bayar, yang mana hal tersebut belum saya ketahui sebelumnya (SPinjam tidak transparan).
  3. Saya telah membayar angsuran pertama saya Rp2.832.280 tanggal 5 Juli (sesuai kewajaran dan tepat waktu menurut versi saya).
  4. Tanggal 8 Juli 2021 saya dihubungi untuk pertama kalinya oleh pihak ketiga (mungkin DC).
Status SPinjam saya pada saat ini
Bukti pembayaran tagihan pertama saya

Hal yang saya inginkan:

  • Agar pihak Shopee SPinjam transparan terhadap konsumen.
  • Agar pihak Shopee SPinjam dapat menelepon saya dan mendengarkan keluhan saya secara langsung.
  • Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal (membayar angsuran kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021) dan menghilangkan denda akibat ketidaktransparanan Shopee SPinjam, karena saya memang tidak merasa telat bayar.
  • Saya minta perlindungan saya sebagai nasabah.

Saya mohon pihak Shopee SPinjam memahami dan memberi solusi keluhan ini. Saya juga meminta saran dari pembaca Media Konsumen.

Roni Faldi
Kab. Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Hanya ada 1 cara agar pihak shope menelepon anda, galbaykan 2 bulan, pasti 1500702 akan nelpon,sistem shoope itu ketika pihak ke 3 udah g snggup/gagal menghubungi dan menagih utang, baru mereka ngadu ke shopee..

  • Sebelum urusan sama hutang cek faq pak. Di shopee dah lengkap deh perasaan. Dulu sy coba hutang 150 jt pun ngga ada masalah sampe kena denda gitu. Ini link ketentuan kalau buat spinjam. https://seller.shopee.co.id/edu/article/6928

    Ada baiknya di bayar denda nya biar ga numpuk2. Semua by sistem. Sistem ga punya belas kasih. Kalau nunggak ya bakal lipet2 nanti bunganya.

    • Terimakasih pak, tapi saya tetap tidak akan membayar.
      Ada nya sarat dan ketentuan pojok kanan atas dan tidak memuat periode pinjaman.

      • Maaf nih mas sekedar kasih saran, daripada nanti malah membengkak bunganya mending dilunasin dulu. Dan coba tanya lewat live chat shopee kalau ada yang perlu ditanyakan lagi

  • Coba deh tonton dan cari di YT tentang Spinjam. Spinjam itu jatuh temponya tgl 5 sy pun begitu. Nah pernah liat di yt kalau mau minjem disaranin 10 hari sblum tgl 5, misalnya tgl 27. Klu kita minjem tgl 27 juni, jatuh temponya adlh 5 agus. Tp klu minjemnya di bawah tgl 27 juni, jatuh temponya ttap kena 5 juli..ntah itu blum sbulan atau gk. Saran sy sih buat yg mau pake Spinjam, Spaylater, lbih baik cari² dulu penjelasannya di YT biar lbih tahu

    • Kalu hal diatas dijelasin di awal saya bisa menerima, tapi hal seperti diatas baru saya ketahui setelah saya berkomunikasi soal keluhan. Pinjam meminjam itu bisnis kepercayaan dan semuanya harus terbuka dan dapat diketahui serta dipahami konsumen. Nah ini kalu memang ada aturan itu dari dulu. Ya percuma andai tidak dikasih tau..

      • Numpang tanya, gimana kalau kita minjam di tamggal 4 bulan juli apakah tanggal 5 bulan juli langsung bayar cicilan awal? Atau gimana? Maaf blm pernah minjam sebelumnya

  • YG JELAS JANGAN PERNAH AKIFKAN PAYLATER,..dri pd terjerumus pd poin yg merugikan anda dri aplikasi apapun itu,.

  • kocak mmg kaum ngutanger .da salah ngotot jelas2 ada di keterangan syarat dan ketentuan.makanya di baca jgn main centang setuju aja.

    • Ada Spinjam gak ?
      Silahkan baca syarat dan ketentuanya ?
      Disana tidak dijelasin.
      Saya ngutang bukan buat makan, tapi buat usaha... Jadi anda yang kocak

      • ga ada di s&k? link yg pake warna biru di s&k coba lo buka. kl gak tulisan pelajari lebih lanjut lo klik .bener2 kocak lo wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkewkwkwkwwkwkwkwk

  • Mau anda pinjam tanggal berapa di shopee,bayar nya tetap tgl 5 bulan berikutnya.kalo gak bayar tagihan ada kena tambahan bunga + pokok tagihan . Lagian keren ,pijam 5 jt'an bayar nya 2x. Trus gak di bayar lagi... Abis itu komplen ke media. Baca dulu lah persyaratan yg mereka punya,pahami. Baru kalo udah jelas,pinjam lah dengan bijak.dan bayar tepat waktu.

  • Banyak sekali kasus di MK yang seharusnya tdk perlu terjadi asalkan mau membaca dan mencari informasi selengkap-lengkapnya.

    Saya harus bilang bahwa bapak sudah salah memahami sistem SPinjam karena, maaf, “malas membaca”.

    Ketentuan SPaylater & SPinjam jelas berbeda. Coba simak kententuan SPinjam dan simulasinya di sini:
    https://seller.shopee.co.id/edu/article/6928

    Pada simulasi disebutkan:
    Misal pencairan di tgl 25 April, maka jatuh tempo pertama di 5 Mei.
    Sedangkan jika pencairan di tgl 26 April, maka jatuh tempo pertama di 5 Juni.

    Ketentuan ini sudah jelas sekali tertuang utk pemakaian SPinjam. Dan karena dana Anda dicairkan pada tgl 25 Mei, maka seusai dgn ketentuan SPinjam jatuh temponya di tgl 5 Juni. Seandainya dana anda cair di tgl 26 Mei, maka jatuh temponya adalah tgl 5 Juli. Maka dari itu anda menerima peringatan dari SPinjam agar segera dibayar paling lambat 5 Juni 2021.

    Berkaca dari kalimat2 yg Anda tulis di atas, bisa disimpulkan seperti apa karakter anda dalam hal “kemauan membaca”. Saya kutip beberapa dari kalimat anda di surat:

    1. “Menurut hemat saya, saya harus…”
    >Nah mengapa harus menurut hemat anda? Ini adalah sebuah sistem. Sebagai pengguna dan penerima manfaat dari sistem, tentu tidak bisa membuat asumsi sendiri dgn mengatakan “menurut hemat saya”. Pelajari sistemnya dulu keseluruhannya, baru kita punya hak utk bersuara jika memang sistem tdk berjalan seperti yg disepakati.

    2. “Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.”
    >Memang tidak tertera, karena aturan jatuh tempo sudah disepakati di halaman syarat & ketentuan seperti pada link di atas. Nasabah yg sdh mengaktifkan layanan pinjaman/kredit di lembaga finansial manapun dianggap sudah memahami betul seluruh syarat & ketentuannya. Tidak ada alasan utk tdk tahu. Mengaktifkan/menggunakan fasilitas kredit sama artinya dgn menyetujui semua syarat & ketentuannya.

    3. “siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).”
    >>>> Ini poin yang paling penting. Dan hal ini yang menjebak Anda, pak. Anda malas membaca karena dalih “soalnya panjang”. Bagaimana argumen anda bisa dibela jika anda sendiri acuh pada ketentuannya yg menyebabkan anda menjadi tidak mengerti tentang aturan sistemnya?

    4. “Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal”
    >Yang masuk akal yang seperti apa? Masuk akal yang sesuai asumsi “menurut hemat saya” dari anda sendiri? Sistem SPinjam sudah sesuai menagih berdasarkan ketentuan dan simulasinya. Dan ini sistem milik mereka yg sdh anda setujui begitu anda memanfaatkan layanan SPinjam, bukan sistem milik anda sendiri. Maka anda harus tunduk pada sistem yg sudah anda setujui dr awal. Anda bersikeras tapi dasarnya salah, tentu hanya akan membuang-buang waktu anda.

    Saya mohon maaf sebelumnya,
    jika nada saya keras di sini. Karena sudah terlalu banyak komplain2 dari pengguna jasa kredit di media konsumen tapi ternyata karena kesalahan dr diri sendiri yang kurang literasi, malas membaca (sudah membudidaya sejak lama di Indonesia), dan kurang aktif mencari informasi sebanyak2nya.

    Hanya karena salah pemahaman, membuat asumsi sendiri, maka akibatnya apa?
    1. Diri anda sendiri yang dirugikan dgn bunga dan denda.
    2. Kolektibilitas kredit anda menurun dan mempersulit anda memperoleh fasilitas kredit di lembaga lain karena SPinjam pelaporan performa kreditnya ke OJK/SLIK.
    3. Membuang2 energi untuk komplain ke CS berkali-kali dan harus berhubungan dgn debt collector.

    Intinya, masalah ini sebenarnha sepele. Hanya dibutuhkan kemauan untuk MEMBACA, maka ini tidak perlu terjadi.
    Saya harap kita semua membiasakan utk mau membaca lengkap dan paham sepaham2nya sebelum menandatangani atau menyetujui klausul dan pasal dari fasilitas pinjaman apapun bentuknya agar di kemudian hari tidak merugikan diri sendiri.
    Salam.

    • Bisa" masnya yg bilang spinjaman ga transparan seolah merasa drugikan dan dipermainkan shopee,
      Dsni sdh jelas dia tidak mau bnar" membaca ketentuannya.
      Hanya sekedar klik"
      Masih aja membela diri benar ,mau bawa shopee ke kantor polisi,bisa" dia yg masuk bui lari dri utang?

    • Sepengalaman saya pak pernah pakai, spinjam beda sama spaylater. Spinjam mau tgl 26,27 sampe tgl 5 cairin pun tetep di bln itu cicilan pertamanya. Jadi memang lebih baik cairkannya setelah tanggal 5, maka jatuh temponya tgl 5 bulan berikutnya.

  • Aduh bapak.... ! Katanya pengguna Spaylater & SPinjam sudah lama, tapi gak faham juga. Ujung²nya menyalahkan Shopee karena kekurangfahaman bapak. Spinjam & Spaylater akan ditagihkan 10 hari sebelum jatuh Tempo ( Jatuh Tempo tgl 5 setiap bulan). Jika bapak meminjam di tgl 25 Juni 2021, ya pastilah jatuh tempo di 5 juli 2021. Beda lagi klo bapak meminjam di tgl 26 Juni 2021, pasti jatuh tempo masuk di tgl 5 Agustus 2021. Jadi ya bukan salah Shopee jika bapak ditagih. Hadeeh,, sudah salah kok mengadu ke media konsumen. Cari² info dulu pak sebelum upload. Biar ndak malu

    • Intinya tingkatkan literasi, disiplin dan kritis. Saya pemakai spaylater, ttp tidak lebih dr 2jt dan paling lama 6bln cicil krn klo sampe 12bln bunganya sangat gede. Jangan tergiur penawaran manis krn misi marketing adalah jualan barang sebanyak mungkin ???

      • Benar sekali mas, orang indonesia sekarang sangat kurang sekali tingkat literasinya.
        Tidak mau membaca dengan teliti dan memahami konteks literasi dan diatas pun ada komentar mencari video penjelasan diinternet (waduh klo yang menjelaskan sesat kan bahaya ?), saya tidak setuju dengan kebiasaan menonton/menyaksikan video seperti ini.
        Dan saya prihatin karena minat untuk membaca masyarakat sangat kurang sekali ?

      • Spylayer ngambil 25mei bayarnya 25juni-5juli. Hal tersebut sudah dijelasin di atas.. kalu soal literasi silahkan anda baca sendiri di syarat dan ketentuan Spinjam. Sebelom menghakimi

        • Bro lu udah gagal paham tapi dikasih saran bener kok gak terima bro. Itu udah jelas kesalahan lu banyak bro.
          1. Lu pinjam tapi lu gak tau aturan mainnya.
          2. Lu nuduh shopee gk transparan,tapi lu gak mau baca syarat²nya bro, lu bilang kepanjangan
          3. Lu batu bro dikasih saran yg baik eh lu nya malah ngegas balik.
          sebenarnya lu buat artikel mau nyari saran, atau lawan debat? Jadi coba dah diserap dengan baik saran saran yg diberikan teman teman yg lain bro.dan budayakan membaca bro, dan lu udah merusak nama besar shopee loh. Kalau shopee baca ini artikel, wah malah lu dibawa ranah hukum bro, saran gua lu hapus dah ini artikel setelah lu tau kesalahan lu apa.??

    • Harusnya gak disembunyiin disitu tapi disarat dan ketentuan Spinjam... Akun shope saya cuman pembeli.

    • Bner malu"in aja.
      Dia yg slah shopee yg ditduh.
      Dia aja males baca.
      Jelas peraturan spinjam semu sma.
      Dia aja gagal paham jadinya seakan shopee yg ngrugiin dia.
      Pdhal dia aja yg males baca detailnya

  • Sebelum pinjam2 ada baiknya browsing dulu. Shopee pinjam kalau pinjamnya dalam 10 hari sebelum jatuh tempo maka jatuh temponya di tgl 5 bulan2 berikutnya. Kalau lebih dari 10 hari maka jatuh tempo tgl 5 bulan berikutnya. Harus perhatikan bulan yg ada tgl 31nya jgn dipukul rata. Shopee paylater jg begitu

  • saya rasa anda orang yang cukup pintar,

    tapi kok ya nda juga,

    anda menjabarkan sendiri semua ketidakjelasannya spinjam dan tidak transparan nya, tapi anda sendiri yang minjam di sana

    kok bisa?

    "karena saya sebelum pinjam tidak lihat/cari tahu dlu" ya itu dia kelihatan nda pintar nya
    mau pinjam kok setelah pinjam baru cari tahu platform nya seperti apa