Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

Saya Roni Faldi, nasabah Shopee SPinjam sekaligus Shopee SPayLater (sama-sama dari PT Lentera Dana Nusantara dan sama-sama di platform Shopee) dengan nomor HP 08131001***7. Khusus SPayLater, saya sudah lama menjadi nasabahnya, dari bulan November 2019 dengan limit terakhir Rp7.900.000.

Yang saya pahami, siklus penagihan SPayLater, pinjaman tanggal 25 sampai tanggal 24 bulan berikutnya, akan ditagihkan tanggal 25, dengan periode bayar tanggal 25 sampai tanggal 05. Berkaca dari siklus SPayLater tersebut, pada tanggal 25 Mei 2021 saya melakukan pencairan Shopee SPinjam senilai Rp5.250.000 (dana diterima Rp5.197.500 ), dengan 2x angsuran @ Rp2.832.280.

Bukti pencairan yang saya terima dari SPinjam
Bukti pencairan yang saya terima dari SPinjam

Menurut hemat saya, saya harus membayar tagihan pertama pada tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021, dan yang kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021.

Namun dua hari setelah pencairan, tagihan pertama saya muncul dan saya ditelepon sama pihak Shopee SPinjam untuk membayar saat itu juga, sampai paling telat 5 Juni (2-10 hari setelah pencairan). Jelas saya tidak menerima, dan saya sampaikan keluhan saya tersebut pada pihak penagih dari Shopee SPinjam. Saya minta agar pihak yang berwenang di SPinjam menelepon saya. Perlu diketahui:

  • Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.
  • Di syarat dan ketentuan Shopee SPinjam, saya tidak mendapati ketentuan harus membayarnya kapan (periode bayar).
  • Pada hari yang sama (25 Mei 2021), saya juga melakukan transaksi Shopee SPayLater yang jatuh temponya tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021.
  • Di perjanjian kredit pun tidak dijelaskan secara gamblang tentang siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).

Hal yang terjadi setelah komplain saya tersebut:

  1. Permintaan saya untuk dihubungi via telpon oleh pihak yang bertanggung jawab di Shopee SPinjam tidak dikabulkan sampai sekarang (hanya ditelepon penagih).
  2. Beberapa kali saya berbalas email yang berbelit-belit, yang salah satu isinya file mengenai ketentuan bayar, yang mana hal tersebut belum saya ketahui sebelumnya (SPinjam tidak transparan).
  3. Saya telah membayar angsuran pertama saya Rp2.832.280 tanggal 5 Juli (sesuai kewajaran dan tepat waktu menurut versi saya).
  4. Tanggal 8 Juli 2021 saya dihubungi untuk pertama kalinya oleh pihak ketiga (mungkin DC).

Hal yang saya inginkan:

  • Agar pihak Shopee SPinjam transparan terhadap konsumen.
  • Agar pihak Shopee SPinjam dapat menelepon saya dan mendengarkan keluhan saya secara langsung.
  • Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal (membayar angsuran kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021) dan menghilangkan denda akibat ketidaktransparanan Shopee SPinjam, karena saya memang tidak merasa telat bayar.
  • Saya minta perlindungan saya sebagai nasabah.

Saya mohon pihak Shopee SPinjam memahami dan memberi solusi keluhan ini. Saya juga meminta saran dari pembaca Media Konsumen.

Roni Faldi
Kab. Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPinjam:
[Total:867    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

96 komentar untuk “Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

      • 9 Juli 2021 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Saya juga gitu balasan dari pihak shopeenya berbelit belit jadi masalahnya tidak kelar kelar sampai sekarang

        4
        2
          • 9 Juli 2021 - (20:24 WIB)
            Permalink

            Belum tuntas tuntas tagihan spaylater dan spinjam semakin membengkak , saya diamin saja entar kalau ada yang nagih saya bawa saja ke kantor polisi

            11
            1
          • 10 Juli 2021 - (13:40 WIB)
            Permalink

            Kalau saya baca artikel mas ini, pertama kali pinjam tgl 25 mei yaa. Jelas sekali jatuh temponya akan tgl 5 juni, karena tgl 25 mei pembayaran masih ikut periode bulan juni. Beda lagi kalau pinjam di tanggal 26 mei, akan ikut pada periode bulan agustus yang jatuh temponya tgl 5 agustus. Saran buat temen2 semua sebelum melakukan pinjaman harus diketahui informasi dengan jelas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman seperti mas ini. Dan menurut saya spinjam sangat transparan meskipun saya belum pernah meminjam, dan alhamdulillah cukup paham bagaimana mekanisme kerja spinjam.

            58
            8
          • 11 Juli 2021 - (13:01 WIB)
            Permalink

            Gk ussah dibayar lagi aja gan.. Hancurkan rentenir jaman now

            6
            5
        • 9 Juli 2021 - (19:33 WIB)
          Permalink

          duh besar juga ya bunganya. mknya kl skdr 2-10jt sy nyediain pinjaman tanpa bunga ke sodara deket. kasian udah susah mesti bayar bunga gede ke rentenir online gini.
          etapi dibantu memudahkanpun ada aja yg curang kl soal waktu ngebayar, jd curhat nie hahaha

          semoga cepet selesai deh gan, saran sy jngn main riba.

          10
          2
          • 10 Juli 2021 - (23:14 WIB)
            Permalink

            Ya wajar pinjam tgl 25 juni tgl 5 juli japo pak.. kecuali tgl 26 bapak pinjam nya di tagihnya tgl 5agustus.. kebijakan pun sama kok kaya di spay latter kalo konfirmasi terima barang tgl 25 pasti tgl 5 ikut masuk tagihan, kecuali konfirmasi penerimaan barang tgl 26 tuh baru masuk tagihan bulan depannya lagi..
            Saran sih jgn sampai telat bayar karna mempengaruhi BI checking, kredibilitas lancar pinjaman bank juga mudah soal nya..

            15
            1
          • 11 Juli 2021 - (05:52 WIB)
            Permalink

            Maaf mas bro kepencet 🙏🙏🙏

            1
            1
      • 9 Juli 2021 - (19:59 WIB)
        Permalink

        Hemat saya..punya uang belanja boleh sesuai kebutuhan..g punya uang mendingan sabar dulu aja deh..saya pengguna shoppe juga Spaylater setelah saya pergunakan dan pelajari ternyata eh ternyata..(3 huruf bahasa jawa…) mendingan punya uang top up shoppe pay aja deh jadi ribet..

        16
        2
      • 10 Juli 2021 - (13:50 WIB)
        Permalink

        Yang saya tahu klo SPinjam memang jatuh tempo tgl 5. Tapi klo SPayLater bisa pilih jatuh tempo tgl 25 atau tgl 5.

        2
        1
    • 10 Juli 2021 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Saya juga pengguna spinjam terkadang sayapun bingung.tapi belakangan saya baru tau klo spinjam itu belum berijin ojk dan belum terdaftar klo gk salah sih.jadi cuma spaylatter aja yg sudah berijin dan terdaftar.

    • 10 Juli 2021 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Sekedar saran aja. Ada baiknya sebelum minjam cari tau dahulu semuanya. Sebenarnya bisa di cari tau koq sistemnya gimana.
      Jadi spinjam itu, misalkan pencairannya sekitar 1-10hari sebelum tanggal penagihan, maka, masuk penagihan bulan berikutnya. Tapi klo hari pencairan lebih dari 10 hari sebelum tanggal penagihan, maka tagihan akan masuk ke penagihan yg berjalan/tercepat.
      Contoh:
      Penagihan tanggal 5 setiap bulan. Pencairan tanggal 27 juli, maka tagihan akan masuk bulan berikutnya. Tapi klo pencairan dana tanggal 23, yg mana jaraknya ke tanggal 5 bulan depannya lebih dari 10 hari, maka dipastikan penagihan untuk yg cair tanggal 23 bln ini, yaitu tanggal 5 bulan depannya. Misal 23 juni cair, akan masuk penagihan tanggal 5 juli.
      Semua ada loh di shopee keterangan yg ini. Ada contoh2 nya.

    • 11 Juli 2021 - (02:29 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah mau Spinjam mau Spaylater. Menang sendiri maunya. Anteupkeun weh Lur. Itu si Boss nya Shopee juga anteng2 aja.
      Nanya2 ke CS cuma itu2 aja jawabannya. Ga akan kasih solusi. Mereka juga cuma pegawai biasa. Malah bikin jengkel sendiri ke kita nya.
      Promosi besar2 an, tapi hal2 yang begini tim nya malah kurang sigap.

      1
      2
    • 11 Juli 2021 - (06:37 WIB)
      Permalink

      Shopee paylater itu siklusnya serupa tapi ga sama ama shopee pinjam., Mksudny gmn?., Klw paylater itu, agan beli barang tgl 25 mei., Nah misal agan trima tgl 27 mei., Artinya jatuh tempo masuk di tgl 5 juli., Karna prhitunganny dimulai dari tgl 25 sampai tgl 5., Dan itupun baru mulai di hitung dari pas wktu barang ditrima., Beda sama shopee pinjam., shopee pinjam itu instan,. Agan cairin tgl 25 mei ya tgl 25 mei juga agan trima uangny., Konsekuensinya., Tagihan anda langsung naik cetak di hari itu juga , dan imbasny ya dari waktu pencairan ke jatuh tempo, cuma selang waktu 10 hari (tgl 25 mei pencairan, lalu jatuh tempo di tgl 5 juni), klw mau jeda waktu nya lebih pnjang, ya anda mstiny cairkan pinjaman di antara tgl 26 mei sampai tgl 5 juni., Dipastikan naik cetaknya jatuh di tgl 25 juni dgn jatuh tempo di tgl 5 juli., saran ane Tlg pahami dlu aturan maenny., Barulah eksekusi.,

    • 31 Juli 2021 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah pake s pinjam ga prnh bermsalah malah limit naik trus, trkdang bagi ibu rumah tangga spay later dan s pinjam SngaT d butuh kan, tiba2 mendadak rusak magic com atau perlatan lain bisa nyicil tanpa ribet dgn prsyratan lain2, bisa minjam tanpa d nyinyiran org lain 😆😆

  • 9 Juli 2021 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Agan salah sudah benar itu di tagih tgl 5 juni , ada keterangannya koq di Spaylater….kemungkinan jatuh tempo yang Agan pilih adalah tgl setiap tgl 5 , kemungkinan agan berpikir untuk pinjam tgl 25 mei berpikir 1 bulan lagi baru bayar..tapi sepertinya salah perhitungan… karena trx tgl 25 termasuk periode jatuh tempo tgl 5 …. karena di tagihkan tgl 25 ..ada koq di catatan SPlater …

    30
    • 9 Juli 2021 - (10:52 WIB)
      Permalink

      mungkin kalau agan mencairkan tgl 26 sudah masuk periode berikutnya dimana tagihan akan muncul tgl 1 dan tagihan tersebut akan jatuh tempo tgl 11 ..untuk masalah periode ini saya kurang paham yang memilih siapa karena belum aktifkan paylater

      2
      1
      • 9 Juli 2021 - (12:07 WIB)
        Permalink

        Kalu saya mengetahui siklusnya yang mengharuskan bayar tgl 5 juni pasti saya tidak ambil. Tgl 26 pun ngambilnya tetap harus bayar tgl 5 juni.. penagih pihak shoope hanya saranin ngambil tgl 5 ke atas

        1
        1
        • 11 Juli 2021 - (06:44 WIB)
          Permalink

          Klw ngambilnya tgl 26, dipastikan jatuh temponya tgl 5 loncat bulan gan., Contoh., Klw agan nyairin tgl 26 mei, tagihannya pasti di tgl 5 juli , krna naik cetak tagihannya jatuh di tgl 25 juni., Tapi lain halnya klw agan nyairin di tgl 25 mei, konsekuensinya., Naik cetak lngsung di hari itu juga., Artiny, tagihan akan jatuh tempo di tgl 5 juni., (Jeda 10 hari dari pncairan ke tgl jatuh tempo)., Rugi.,

    • 9 Juli 2021 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Tidak ada keterangan saat saya melakukan pengambilan tgl 25 mei tersebut… Keterangan baru muncul 2 hari setelahnya, tapi transaksi di Spaylater tgl 25 mei baru muncul 25 juni..

      • 11 Juli 2021 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Ngakak. Wkwkwkw. Makanya pak teliti dong. Kalo gini kan ente jadi di bully. Baca lagi pak jangan malas. Okay brother. Semoga jadi pelajaran. t&c itu pentng kawan, jgn malas untuk di baca ya.

        • 11 Juli 2021 - (14:53 WIB)
          Permalink

          Ya betul sekali mas. T&C itu suka ga dibaca ama konsumen indonesia. Pas bermasalah, jadi lemah posisinya.

          Yok baca Syarat dan Ketentuan sebelum mengambil tindakan apapun. Kalau belum jelas, jangan ambil tindakan, cari tau sampai jelas!

    • 11 Juli 2021 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Saya sering dapat tawaran seperti shopee pinjam.
      Tp gak pernah saya ambil…
      Selain tkut utang saya juga takut kejadian yg sama.

      Entah kenapa skrg shopee barang sampai dana nya tidak langsung masuk ke dompet shopee saya, masih nunggu beberapa hari. Padahal semua sudah jelas ongkir, admin, biaya penanganan dll

      1
      1
  • 9 Juli 2021 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Mustinya nunggu tgl 26. Sama kaya cc aja, kalo transaksi di tanggal cetak tagihan, kadang masuk ke tagihan yg kecetak malemnya, kadang masuk ke tagihan yg kecetak bln depan.

    2
    1
    • 9 Juli 2021 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Tidak sama dengan CC siklusnya dan sangat tidak transparan… Menghubungi via telpon pun gak bisa, diminta ditelponpun tidak dikabulkan

  • 9 Juli 2021 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru tahu kalau periode/tgl jatuh temponya sama dengan Shopeepaylater. Saran saya buat teman teman pembaca, jangan aktifkan SPINJAM.

    7
    3
    • 9 Juli 2021 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Shopee? Aku Install untuk liat liat harga doang. Belanja aja nggak, apalagi aktifkan ini itu.
      Cukupkanlah belanja sesuai kantong saja, ada lebih boleh belanja yang mewahan atau mahalan, nggak cukup uang jangan tergiur dan terkena fasilitas ngutang untuk di bayar kemudian. Belum lagi kalau ketiban sial seperti yang banyak teman lain sudah share MK ini soal penipuan.

      3
      1
  • 9 Juli 2021 - (12:20 WIB)
    Permalink

    S&k spinjam dan spaylater berbeda.
    Sebelum centang dan memilih setuju, ada baiknya screenshoot poin-poin penting.
    Jika tidak jelas dan ragu, bertanya dulu, jangan pake asumsi.
    Jika sudah terjadi, ya tinggal ikuti instruksi dan petunjuk selanjutnya saja.

    11
    • 9 Juli 2021 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Terimakasih, Disyarat dan ketentuan Spinjam di aplikasi shoope tidak dimuat hal tersebut pak, bapak boleh cek sendiri.
      Kalu di aplikasi yg saya gunakan lainya jelas dijelasin kapan harus bayarnya.. jadi sama enak dan bahan pertimbangan yang baik bagi konsumen sebelom mencairkaan

    • 9 Juli 2021 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Di SPinjam ada kok keterangan cicilan brp kali dan tgl jatuh tempo kapan saja. Cukup transparan. Saya sudah beberapa kali pakai Spinjam dan tidak ada masalah.

    • 10 Juli 2021 - (02:33 WIB)
      Permalink

      Mohon Maaf mas, sebaiknya sebelum meminjam di spinjam dan shopee pay later, mamasnya baca dulu kontraknya.
      Kontraknya memang begitu limit pembayaran terakhir spinjam setiap tanggal 5, spaylater tgl 11.
      Masnya ga baca kontrak
      Jadi masnya harus cerdas juga, pinjam pas bayar pembayaran tanggal 5
      Biasakan baca kontrak sebelum anda meminjam 🙏

      5
      3
  • 9 Juli 2021 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Lebih parah saya pak….saya telat bayar Spinjam yg angsuran pertama malah muncul tagihannya double sama yg angsuran kedua beserta dendanya pula…hahahaha….setelah dilunasi semua,,,eh malah limit SpayLater & Spinjamnya dinolkan semua…mantep emang shopee

    7
    1
  • 9 Juli 2021 - (13:50 WIB)
    Permalink

    jadi kasus ini karena peminjam tidak membaca ketentuan Spinjam dengan seksama … ada semua koq di Website nya bisa di baca dengan Jelas , setelah saya baca2 Spinjam di pukul rata jatuh tempo tgl 5 menurut keterangannya sampe di gambar2 kan…
    “SPinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun.”

    10
    1
    • 9 Juli 2021 - (14:02 WIB)
      Permalink

      tapi turut berduka , mayan banyak tuh dendanya… semoga segera di gantikan dengan keuntungan2 yang lain Gan

      • 9 Juli 2021 - (14:11 WIB)
        Permalink

        Terimakasih banyak pak…
        Tapi saya gak nerima, saya hanya mau bayar angsuran saya tepat waktu.

        • 9 Juli 2021 - (14:36 WIB)
          Permalink

          Untuk Shope pinjam mmg tanggal 5 jatuh temponya. Tapi saya lupa diawal diberitahu atau tidak tanggal jatuh temponya.

          • 9 Juli 2021 - (15:20 WIB)
            Permalink

            Jatuh tempo memang tanggal 5 pak aries… Cuman periode penghitunganya tidak jelas dan tidak dijelasin pada konsumen…

  • 9 Juli 2021 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Di ane sih jatuh tempo tanggal 5 udah jaln 5bln, duitnya dipake modal usaha. Ane selalu bayar di tanggal 3, Karena tidak mau bermasalah dengan hutang. Yang ujungnya ribut di dunia dan kebawa ke akhirat yah jadi mending pas ada uang ya bayar saja. Soal RIBA urusan masing2, karena kebutuhan org ber beda2.

    12
    • 9 Juli 2021 - (18:06 WIB)
      Permalink

      Iya jatuh tempo nya tgl 5 tiap bulanya.
      Tapi kasus sqya harusnya saya jatuh tempo tgl 5juli & 5 agustus…

  • 9 Juli 2021 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Saya mengambil pinjaman tgl 23 juni jatuh tempo pembayaran pertama tgl 5 juli, saya ambil lg pinjaman tgl 29 juni jatuh tempo 5 agustus. Jadi kalau di liat dari kasus bapak kemungkinan kalau pinjaman tgl 25 juni jatuh tempo pembayaran pertama tgl 5 juli, kalau tgl 26 juni baru masuk ke pembayaran pertama tgl 5 Agustus. Saran saya untuk menjaga nama baik sebaiknya ya di bayar sesuai tgl jatuh tempo tagihan. Karena memang tidak ada keterangan waktu pembayaran pinjaman ketika kita mengajukan Spinjam, baru ada begitu pinjaman disetujui.

    • 9 Juli 2021 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Nah ini sesuai sama yang sy liat di youtube. Kalau minjem maks 10 hari sblum tgl 5, jatuh temponya bakalan di bulan brikutnya. Krna bpk minjemya tgl 29 juni brarti itu diatas tgl 27 juni makanya bisa dpt jatug tempo 5 agus. Klu minjemnya dibawah tgl 27 juni, temponya bakalan kena tgl 5 juni (krna gak termasuk dlm wktu 10 hari itu)

    • 9 Juli 2021 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Hanya ada 1 cara agar pihak shope menelepon anda, galbaykan 2 bulan, pasti 1500702 akan nelpon,sistem shoope itu ketika pihak ke 3 udah g snggup/gagal menghubungi dan menagih utang, baru mereka ngadu ke shopee..

  • 9 Juli 2021 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Sebelum urusan sama hutang cek faq pak. Di shopee dah lengkap deh perasaan. Dulu sy coba hutang 150 jt pun ngga ada masalah sampe kena denda gitu. Ini link ketentuan kalau buat spinjam. https://seller.shopee.co.id/edu/article/6928

    Ada baiknya di bayar denda nya biar ga numpuk2. Semua by sistem. Sistem ga punya belas kasih. Kalau nunggak ya bakal lipet2 nanti bunganya.

    • 10 Juli 2021 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pak, tapi saya tetap tidak akan membayar.
      Ada nya sarat dan ketentuan pojok kanan atas dan tidak memuat periode pinjaman.

      • 10 Juli 2021 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Maaf nih mas sekedar kasih saran, daripada nanti malah membengkak bunganya mending dilunasin dulu. Dan coba tanya lewat live chat shopee kalau ada yang perlu ditanyakan lagi

  • 9 Juli 2021 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Coba deh tonton dan cari di YT tentang Spinjam. Spinjam itu jatuh temponya tgl 5 sy pun begitu. Nah pernah liat di yt kalau mau minjem disaranin 10 hari sblum tgl 5, misalnya tgl 27. Klu kita minjem tgl 27 juni, jatuh temponya adlh 5 agus. Tp klu minjemnya di bawah tgl 27 juni, jatuh temponya ttap kena 5 juli..ntah itu blum sbulan atau gk. Saran sy sih buat yg mau pake Spinjam, Spaylater, lbih baik cari² dulu penjelasannya di YT biar lbih tahu

    • 10 Juli 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Kalu hal diatas dijelasin di awal saya bisa menerima, tapi hal seperti diatas baru saya ketahui setelah saya berkomunikasi soal keluhan. Pinjam meminjam itu bisnis kepercayaan dan semuanya harus terbuka dan dapat diketahui serta dipahami konsumen. Nah ini kalu memang ada aturan itu dari dulu. Ya percuma andai tidak dikasih tau..

  • 9 Juli 2021 - (23:44 WIB)
    Permalink

    YG JELAS JANGAN PERNAH AKIFKAN PAYLATER,..dri pd terjerumus pd poin yg merugikan anda dri aplikasi apapun itu,.

    3
    1
  • 10 Juli 2021 - (04:47 WIB)
    Permalink

    kocak mmg kaum ngutanger .da salah ngotot jelas2 ada di keterangan syarat dan ketentuan.makanya di baca jgn main centang setuju aja.

    • 10 Juli 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Ada Spinjam gak ?
      Silahkan baca syarat dan ketentuanya ?
      Disana tidak dijelasin.
      Saya ngutang bukan buat makan, tapi buat usaha… Jadi anda yang kocak

      • 11 Juli 2021 - (09:24 WIB)
        Permalink

        ga ada di s&k? link yg pake warna biru di s&k coba lo buka. kl gak tulisan pelajari lebih lanjut lo klik .bener2 kocak lo wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkewkwkwkwwkwkwkwk

  • 10 Juli 2021 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Mau anda pinjam tanggal berapa di shopee,bayar nya tetap tgl 5 bulan berikutnya.kalo gak bayar tagihan ada kena tambahan bunga + pokok tagihan . Lagian keren ,pijam 5 jt’an bayar nya 2x. Trus gak di bayar lagi… Abis itu komplen ke media. Baca dulu lah persyaratan yg mereka punya,pahami. Baru kalo udah jelas,pinjam lah dengan bijak.dan bayar tepat waktu.

  • 10 Juli 2021 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Banyak sekali kasus di MK yang seharusnya tdk perlu terjadi asalkan mau membaca dan mencari informasi selengkap-lengkapnya.

    Saya harus bilang bahwa bapak sudah salah memahami sistem SPinjam karena, maaf, “malas membaca”.

    Ketentuan SPaylater & SPinjam jelas berbeda. Coba simak kententuan SPinjam dan simulasinya di sini:
    https://seller.shopee.co.id/edu/article/6928

    Pada simulasi disebutkan:
    Misal pencairan di tgl 25 April, maka jatuh tempo pertama di 5 Mei.
    Sedangkan jika pencairan di tgl 26 April, maka jatuh tempo pertama di 5 Juni.

    Ketentuan ini sudah jelas sekali tertuang utk pemakaian SPinjam. Dan karena dana Anda dicairkan pada tgl 25 Mei, maka seusai dgn ketentuan SPinjam jatuh temponya di tgl 5 Juni. Seandainya dana anda cair di tgl 26 Mei, maka jatuh temponya adalah tgl 5 Juli. Maka dari itu anda menerima peringatan dari SPinjam agar segera dibayar paling lambat 5 Juni 2021.

    Berkaca dari kalimat2 yg Anda tulis di atas, bisa disimpulkan seperti apa karakter anda dalam hal “kemauan membaca”. Saya kutip beberapa dari kalimat anda di surat:

    1. “Menurut hemat saya, saya harus…”
    >Nah mengapa harus menurut hemat anda? Ini adalah sebuah sistem. Sebagai pengguna dan penerima manfaat dari sistem, tentu tidak bisa membuat asumsi sendiri dgn mengatakan “menurut hemat saya”. Pelajari sistemnya dulu keseluruhannya, baru kita punya hak utk bersuara jika memang sistem tdk berjalan seperti yg disepakati.

    2. “Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.”
    >Memang tidak tertera, karena aturan jatuh tempo sudah disepakati di halaman syarat & ketentuan seperti pada link di atas. Nasabah yg sdh mengaktifkan layanan pinjaman/kredit di lembaga finansial manapun dianggap sudah memahami betul seluruh syarat & ketentuannya. Tidak ada alasan utk tdk tahu. Mengaktifkan/menggunakan fasilitas kredit sama artinya dgn menyetujui semua syarat & ketentuannya.

    3. “siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).”
    >>>> Ini poin yang paling penting. Dan hal ini yang menjebak Anda, pak. Anda malas membaca karena dalih “soalnya panjang”. Bagaimana argumen anda bisa dibela jika anda sendiri acuh pada ketentuannya yg menyebabkan anda menjadi tidak mengerti tentang aturan sistemnya?

    4. “Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal”
    >Yang masuk akal yang seperti apa? Masuk akal yang sesuai asumsi “menurut hemat saya” dari anda sendiri? Sistem SPinjam sudah sesuai menagih berdasarkan ketentuan dan simulasinya. Dan ini sistem milik mereka yg sdh anda setujui begitu anda memanfaatkan layanan SPinjam, bukan sistem milik anda sendiri. Maka anda harus tunduk pada sistem yg sudah anda setujui dr awal. Anda bersikeras tapi dasarnya salah, tentu hanya akan membuang-buang waktu anda.

    Saya mohon maaf sebelumnya,
    jika nada saya keras di sini. Karena sudah terlalu banyak komplain2 dari pengguna jasa kredit di media konsumen tapi ternyata karena kesalahan dr diri sendiri yang kurang literasi, malas membaca (sudah membudidaya sejak lama di Indonesia), dan kurang aktif mencari informasi sebanyak2nya.

    Hanya karena salah pemahaman, membuat asumsi sendiri, maka akibatnya apa?
    1. Diri anda sendiri yang dirugikan dgn bunga dan denda.
    2. Kolektibilitas kredit anda menurun dan mempersulit anda memperoleh fasilitas kredit di lembaga lain karena SPinjam pelaporan performa kreditnya ke OJK/SLIK.
    3. Membuang2 energi untuk komplain ke CS berkali-kali dan harus berhubungan dgn debt collector.

    Intinya, masalah ini sebenarnha sepele. Hanya dibutuhkan kemauan untuk MEMBACA, maka ini tidak perlu terjadi.
    Saya harap kita semua membiasakan utk mau membaca lengkap dan paham sepaham2nya sebelum menandatangani atau menyetujui klausul dan pasal dari fasilitas pinjaman apapun bentuknya agar di kemudian hari tidak merugikan diri sendiri.
    Salam.

    28
    • 10 Juli 2021 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Bisa” masnya yg bilang spinjaman ga transparan seolah merasa drugikan dan dipermainkan shopee,
      Dsni sdh jelas dia tidak mau bnar” membaca ketentuannya.
      Hanya sekedar klik”
      Masih aja membela diri benar ,mau bawa shopee ke kantor polisi,bisa” dia yg masuk bui lari dri utang😂

  • 10 Juli 2021 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Aduh bapak…. ! Katanya pengguna Spaylater & SPinjam sudah lama, tapi gak faham juga. Ujung²nya menyalahkan Shopee karena kekurangfahaman bapak. Spinjam & Spaylater akan ditagihkan 10 hari sebelum jatuh Tempo ( Jatuh Tempo tgl 5 setiap bulan). Jika bapak meminjam di tgl 25 Juni 2021, ya pastilah jatuh tempo di 5 juli 2021. Beda lagi klo bapak meminjam di tgl 26 Juni 2021, pasti jatuh tempo masuk di tgl 5 Agustus 2021. Jadi ya bukan salah Shopee jika bapak ditagih. Hadeeh,, sudah salah kok mengadu ke media konsumen. Cari² info dulu pak sebelum upload. Biar ndak malu

    12
    • 10 Juli 2021 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Intinya tingkatkan literasi, disiplin dan kritis. Saya pemakai spaylater, ttp tidak lebih dr 2jt dan paling lama 6bln cicil krn klo sampe 12bln bunganya sangat gede. Jangan tergiur penawaran manis krn misi marketing adalah jualan barang sebanyak mungkin 😁😁😁

      • 10 Juli 2021 - (09:03 WIB)
        Permalink

        Benar sekali mas, orang indonesia sekarang sangat kurang sekali tingkat literasinya.
        Tidak mau membaca dengan teliti dan memahami konteks literasi dan diatas pun ada komentar mencari video penjelasan diinternet (waduh klo yang menjelaskan sesat kan bahaya 😁), saya tidak setuju dengan kebiasaan menonton/menyaksikan video seperti ini.
        Dan saya prihatin karena minat untuk membaca masyarakat sangat kurang sekali 🤦

      • 10 Juli 2021 - (10:26 WIB)
        Permalink

        Spylayer ngambil 25mei bayarnya 25juni-5juli. Hal tersebut sudah dijelasin di atas.. kalu soal literasi silahkan anda baca sendiri di syarat dan ketentuan Spinjam. Sebelom menghakimi

        • 10 Juli 2021 - (15:18 WIB)
          Permalink

          Bro lu udah gagal paham tapi dikasih saran bener kok gak terima bro. Itu udah jelas kesalahan lu banyak bro.
          1. Lu pinjam tapi lu gak tau aturan mainnya.
          2. Lu nuduh shopee gk transparan,tapi lu gak mau baca syarat²nya bro, lu bilang kepanjangan
          3. Lu batu bro dikasih saran yg baik eh lu nya malah ngegas balik.
          sebenarnya lu buat artikel mau nyari saran, atau lawan debat? Jadi coba dah diserap dengan baik saran saran yg diberikan teman teman yg lain bro.dan budayakan membaca bro, dan lu udah merusak nama besar shopee loh. Kalau shopee baca ini artikel, wah malah lu dibawa ranah hukum bro, saran gua lu hapus dah ini artikel setelah lu tau kesalahan lu apa.👍🏻

          5
          1
    • 10 Juli 2021 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Harusnya gak disembunyiin disitu tapi disarat dan ketentuan Spinjam… Akun shope saya cuman pembeli.

    • 10 Juli 2021 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Bner malu”in aja.
      Dia yg slah shopee yg ditduh.
      Dia aja males baca.
      Jelas peraturan spinjam semu sma.
      Dia aja gagal paham jadinya seakan shopee yg ngrugiin dia.
      Pdhal dia aja yg males baca detailnya

  • 10 Juli 2021 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Sebelum pinjam2 ada baiknya browsing dulu. Shopee pinjam kalau pinjamnya dalam 10 hari sebelum jatuh tempo maka jatuh temponya di tgl 5 bulan2 berikutnya. Kalau lebih dari 10 hari maka jatuh tempo tgl 5 bulan berikutnya. Harus perhatikan bulan yg ada tgl 31nya jgn dipukul rata. Shopee paylater jg begitu

  • 10 Juli 2021 - (08:20 WIB)
    Permalink

    saya rasa anda orang yang cukup pintar,

    tapi kok ya nda juga,

    anda menjabarkan sendiri semua ketidakjelasannya spinjam dan tidak transparan nya, tapi anda sendiri yang minjam di sana

    kok bisa?

    “karena saya sebelum pinjam tidak lihat/cari tahu dlu” ya itu dia kelihatan nda pintar nya
    mau pinjam kok setelah pinjam baru cari tahu platform nya seperti apa

  • 10 Juli 2021 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Skema spinjam

    Tanggal jatuh tempo pembayaran akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya apabila pinjaman diterima 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo periode tersebut.

    Contoh:

    Tagihan Anda dapat diakses setelah pinjaman berhasil ditransfer ke rekening Anda. Anda dapat melakukan pembayaran kapanpun sebelum tanggal jatuh tempo.
    Skenario 1: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 17 April, maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode yang sedang berjalan yaitu 5 Mei.

    Skenario 2: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 30 April, maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode berikutnya yaitu 5 Juni.

  • 10 Juli 2021 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga pinjam dr Shoope pinjam tgl 20 n saya juga punya shoopee pay later. Saya harus bayar cicilan pertama sblm tgl 5. Karena uangnya buat modal dagang jadi masih bisa bayar. Memang kita harus jeli n teliti. GK perlu takut sama pihak ke tiga/DC. Karena hutang piutang bukan kriminal.

  • 10 Juli 2021 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Ternyata Pinjol banyak yang ga jujur usahanya, kebanyakan merugikan kami konsumen, seperti saya di ovo paylater ditokopedia,cicilan belanja hanya 1,6jutaan. Saya bayar pas sadar udah 2,1 jutaan,tagihan ga ada habisnya muncul. Sudah saya laporkan tetap suruh bayar,padahal uang saya aja sudah masuk lebih,hati2 dengan Pinjol,mending ga punya duit sekalian daripada kejebak kemudian hari seperti saya,shoppe pinjam juga sy seperti terikat jadinya
    Jauhi Pinjol rekan rekan,hidup aman dan bahagia tanpa dibohongi Pinjol sistem gobloknya

    1
    3
  • 10 Juli 2021 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Soal Spinjam, saat kita akan melakukan pinjaman, sudah jelas sekali ada list jumlah yang harus kita bayar sesuai tenor, berapa cicilannya dan kapan jatuh temponya. Saya rasa penulis tidak teliti atau mengabaikan semua keterangan yang ada.

    Saya sudah 4 bulan pakai Spinjam amanaman saja tuh. Ini fasilitas paling keren yang pernah ada ketimbang harus pinjwm di bank konvensional sekalipun.

    Untuk Shopeepaylater juga tentunya sangat transparan. Cuma tidak saya gunakan ini karena bunga cukup besar.

    Lakukan segala sesuatu dengan teliti agar tidak menyalahkan pihak lain. Ini sebuah sikap yang bijak, daripada nanti mempermalukan diri sendiri.

  • 10 Juli 2021 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya seharusnya shopee pay later sudah benar mas. Memang tagihan pertama batasnya sampai 5 Juni.

  • 11 Juli 2021 - (01:28 WIB)
    Permalink

    Menulis di MK dengan membuat asumsi sendiri, menuduh SPinjam gak transparan, bla bla bla. Patut diduga Anda mau cari perhatian, biar gak bayar gitu?

    Lebih banyak ruginya jika anda gak bayar, akun SPinjam anda pasti di blokir, mungkin akun anda sebagai pembeli juga bisa dibekukan. Disamping itu, anda akan di datangi DC, dipermalukan dsb. Soal tanggal jatuh tempo gak ada yang perlu dipermasalahkan, sudah jelas dan anda sendiri yang pilih tanggal jatuh temponya. Setelah anda pakai uangnya baru anda bilang tidak transparan?

  • 11 Juli 2021 - (01:50 WIB)
    Permalink

    Kapan Pinjaman Saya Jatuh Tempo?

    SPinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun.

    Tanggal jatuh tempo pembayaran akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya apabila pinjaman diterima 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo periode tersebut.

    Contoh:

    Tagihan Anda dapat diakses setelah pinjaman berhasil ditransfer ke rekening Anda. Anda dapat melakukan pembayaran kapanpun sebelum tanggal jatuh tempo.

    Skenario 1: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 17 April, maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode yang sedang berjalan yaitu 5 Mei.

    Skenario 2: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 30 April, maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode berikutnya yaitu 5 Juni.

    Catatan:
    Hal ini juga berlaku apabila Anda mengajukan lebih dari 1 pinjaman.

  • 11 Juli 2021 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Dear Pak Roni,

    Pihak Shopee menjelaskan syarat dan ketentuan dalam kontrak sbb

    2.17. “SPayLater Powered By LDN” adalah bagian dari Layanan SPayLater yang memberikan Fasilitas Pinjaman yang disediakan oleh LDN dengan produk dan/atau tenor angsuran Fasilitas Pinjaman sebagaimana dijelaskan dalam Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ) Layanan pada Platform Shopee ditautan berikut: https://help.shopee.co.id/s/article/shopeepaylater

    2.18. “SPinjam” adalah bagian dari Layanan yang memberikan Fasilitas Pinjaman dalam bentuk uang tunai yang disediakan oleh LDN dengan produk dan/atau tenor angsuran Fasilitas Pinjaman sebagaimana dijelaskan dalam Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ) Layanan pada Platform Shopee ditautan berikut: https://help.shopee.co.id/s/article/General-ShopeePinjam

    Merujuk pada link yg terdapat dalam kontrak tsb maka mekanisme tanggal jatuh tempo Spinjam sbb

    Tanggal jatuh tempo pembayaran akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya apabila pinjaman diterima 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo periode tersebut.

    Contoh:
    Tagihan Anda dapat diakses setelah pinjaman berhasil ditransfer ke rekening Anda. Anda dapat melakukan pembayaran kapanpun sebelum tanggal jatuh tempo.

    Skenario 1: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 17 April (18 hari sebelum tanggal jatuh tempo), maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode yang sedang berjalan yaitu 5 Mei.

    Skenario 2: Apabila pinjaman diterima pada tanggal 30 April (5 hari sebelum tanggal jatuh tempo), maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode berikutnya yaitu 5 Juni.

    Skenario Pak Roni: 25 Mei pukul 08.43 WIB saat anda menerima pencairan dana sudah terhitung 11 hari sebelum tanggal jatuh tempo Spinjam yakni tanggal 5 Juni pukul 00.00 WIB. Coba anda hitung tanggal beserta jamnya kalau perlu. Artinya, sistem (yang tentunya sudah anda setujui di dalam kontrak yg tidak mau anda pahami seluruhnya) akan menetapkan tagihan pertama di tanggal 5 Juni. Sistem juga akan mengingatkan untuk pembayaran tagihan pertama menjelang akhir bulan, meskipun menurut anda itu baru 2 hari setelah pencairan.

    • 11 Juli 2021 - (09:37 WIB)
      Permalink

      percuma di jelasin sama kaum ngutanger .kaum ngutang mau bayar ogah ,yg punya utang yg selalu merasa bener .wkwkwkwkwkwk

      • 12 Juli 2021 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Begitu ya.. hehe
        Saya cuma kasian saja karena sepertinya beliau ngotot bayar hanya di tanggal yang menurut beliau pribadi benar. Padahal itu hanya menjadikan dendanya semakin banyak. Keluhan seperti apapun kalau sebenarnya kita sendiri yang gagal memahami kontrak & sistem, akan jadi percuma.

        Semoga Pak Roni bisa membaca seluruh komentar & saran dari pembaca Media Konsumen atas permasalahannya.

        • 13 Juli 2021 - (12:56 WIB)
          Permalink

          padahal selain di s&k,di kotak tulisan PELAJARI LEBIH LANJUT juga ada skema pembayaran tagihan.bahkan di kasih contoh pinjam tanggal berapa ,bayarnya tanggal berapa. SEBAGIAN +62 MMG HOBI PAMER2 KEGOBLOKANNYA..WKWKWKWK

  • 11 Juli 2021 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Kalau anda baca syarat dan ketentuan kontrak secara penuh, harusnya anda mengerti bahwa mekanisme sistem secara penuh dijelaskan pada link tsb

    Kalau anda masih berpendapat hal tsb tidaklah transparan, harusnya anda jangan pinjam di platform yang menurut anda tidak transparan tsb

    Faktanya, anda mengetahui dari awal bahwa Spinjam tidak menyertakan tanggal jatuh tempo. Apalagi anda enggan membaca dan memahami syarat dan ketentuan secara menyeluruh. Artinya saat menekan tombol ajukan pinjaman, anda secara sadar mengetahui bahwa mekanisme bayar Spinjam sama dengan mekanisme bayar Spaylater hanyalah asumsi anda pribadi. Anda pun secara sadar BELUM JUGA menemukan penjelasan mengenai tanggal jatuh tempo Spinjam, MESKIPUN sudah “sekilas” membaca syarat dan ketentuan yang menurut anda tidak transparan. Lalu, kenapa anda masih nekat pinjam?

  • 11 Juli 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Pak anda ngaku nya pake SPayLater itu dari tahun 2019. Saya baru pake SpayLater awal tahun 2020. Baru gunain SPinjam awal tahun 2021. Yang saya tau dan alami selama ini, kalo ingin masa tagihannya jadi 1 bulan, itu harus pesan/pake SPayLater/Spinjam itu diatas tanggal 25 pak. Yaitu 26 dst.. Kalo masih tgl 25 dan 25 kebawah, itu ditagihnya 10 hari kemudian/maksudnya masih masuk tagihan bulan yang sama. dari dulu saya pake gak ada pernah perubahan pak. SpayLater dan SPinjam sama waktu tagihannya. Harusnya bapak yang juga sudah lama pake, mengerti akan hal ini. Dan saya nilai dan pahami dari kasus bapak, bahwa ini murni keteledoran bapak yang salah mengira waktu reset tagihan baru. Bukan tanggal 25 pak, tapi tanggal 26. Dan di shopee sudah tertera harusnya kapan bapak bayar. Kecuali bapak baru pertama kali pake aplikasi Shopee, baru saya bisa memahami, tapi kata bapak sudah dari tahun 2019 dan dari penjelasan anda, anda tau dan sadar kalau ada waktu reset masuk ke tagihan baru, yang berarti anda pernah membaca persyaratan di shopee. Tapi sayangnya anda salah mengira waktu resetnya. Yah kalo dalam hal ini, ini murni kesalahan anda sendiri pak. Entah anda lupa pas itu atau bagaimana, tp bagaimanapun disini saya nilai anda yang salah.

  • 11 Juli 2021 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Iya emang begitu peraturan y.. Klo bapak minjam tgl 25 mei otomatis tagihan y masuk ke tgl 5 juni.. Kecuali klo bapak minjem tgl 26 tagihan y yah tgl 5 juli.. sama klo spaylater pun begitu misal y bapak nerima barang tgl 24 mei bapak harus bayar paling lambat tgl 5 juni.. Tapi klo nerima barang tgl 26 mei bayar 5 juli.. Saya rasa pemberitahuan d shopee sudah cukup jelas bahkan sangat jelas.. D syarat dan ketentuan y..

  • 15 Juli 2021 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Sama nih, yg pertama kali pinjam emang bener sesuai jadi bulan depannya bayar. Nah pas kedua pinjam ditanggal 25 eh ditagihnya bulan ini jg harus bayar, untungnya minjemnya gak gede2 bgt jadi masih sanggup 😁😅 jadi nantu kalo mau pinjem di atas tgl 25 aja atau awal bulan. Eh tapi saya udah gak mau pake lagi spinjam sih, alhamdulillah udah tercukupi. Niatnya mau ditutup tp gak bisa kata cs-nya jadi diabaikan aja 🤦🏻‍♀️😂

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPinjam?

Ada 96 komentar sampai saat ini..

Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

oleh Abadi dibaca dalam: 2 menit
96