Surat Pembaca

Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

Saya Roni Faldi, nasabah Shopee SPinjam sekaligus Shopee SPayLater (sama-sama dari PT Lentera Dana Nusantara dan sama-sama di platform Shopee) dengan nomor HP 08131001***7. Khusus SPayLater, saya sudah lama menjadi nasabahnya, dari bulan November 2019 dengan limit terakhir Rp7.900.000.

Yang saya pahami, siklus penagihan SPayLater, pinjaman tanggal 25 sampai tanggal 24 bulan berikutnya, akan ditagihkan tanggal 25, dengan periode bayar tanggal 25 sampai tanggal 05. Berkaca dari siklus SPayLater tersebut, pada tanggal 25 Mei 2021 saya melakukan pencairan Shopee SPinjam senilai Rp5.250.000 (dana diterima Rp5.197.500 ), dengan 2x angsuran @ Rp2.832.280.

Bukti pencairan yang saya terima dari SPinjam

Menurut hemat saya, saya harus membayar tagihan pertama pada tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021, dan yang kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021.

Namun dua hari setelah pencairan, tagihan pertama saya muncul dan saya ditelepon sama pihak Shopee SPinjam untuk membayar saat itu juga, sampai paling telat 5 Juni (2-10 hari setelah pencairan). Jelas saya tidak menerima, dan saya sampaikan keluhan saya tersebut pada pihak penagih dari Shopee SPinjam. Saya minta agar pihak yang berwenang di SPinjam menelepon saya. Perlu diketahui:

  • Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.
  • Di syarat dan ketentuan Shopee SPinjam, saya tidak mendapati ketentuan harus membayarnya kapan (periode bayar).
  • Pada hari yang sama (25 Mei 2021), saya juga melakukan transaksi Shopee SPayLater yang jatuh temponya tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021.
  • Di perjanjian kredit pun tidak dijelaskan secara gamblang tentang siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).

Hal yang terjadi setelah komplain saya tersebut:

  1. Permintaan saya untuk dihubungi via telpon oleh pihak yang bertanggung jawab di Shopee SPinjam tidak dikabulkan sampai sekarang (hanya ditelepon penagih).
  2. Beberapa kali saya berbalas email yang berbelit-belit, yang salah satu isinya file mengenai ketentuan bayar, yang mana hal tersebut belum saya ketahui sebelumnya (SPinjam tidak transparan).
  3. Saya telah membayar angsuran pertama saya Rp2.832.280 tanggal 5 Juli (sesuai kewajaran dan tepat waktu menurut versi saya).
  4. Tanggal 8 Juli 2021 saya dihubungi untuk pertama kalinya oleh pihak ketiga (mungkin DC).
Status SPinjam saya pada saat ini
Bukti pembayaran tagihan pertama saya

Hal yang saya inginkan:

  • Agar pihak Shopee SPinjam transparan terhadap konsumen.
  • Agar pihak Shopee SPinjam dapat menelepon saya dan mendengarkan keluhan saya secara langsung.
  • Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal (membayar angsuran kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021) dan menghilangkan denda akibat ketidaktransparanan Shopee SPinjam, karena saya memang tidak merasa telat bayar.
  • Saya minta perlindungan saya sebagai nasabah.

Saya mohon pihak Shopee SPinjam memahami dan memberi solusi keluhan ini. Saya juga meminta saran dari pembaca Media Konsumen.

Roni Faldi
Kab. Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau anda baca syarat dan ketentuan kontrak secara penuh, harusnya anda mengerti bahwa mekanisme sistem secara penuh dijelaskan pada link tsb

    Kalau anda masih berpendapat hal tsb tidaklah transparan, harusnya anda jangan pinjam di platform yang menurut anda tidak transparan tsb

    Faktanya, anda mengetahui dari awal bahwa Spinjam tidak menyertakan tanggal jatuh tempo. Apalagi anda enggan membaca dan memahami syarat dan ketentuan secara menyeluruh. Artinya saat menekan tombol ajukan pinjaman, anda secara sadar mengetahui bahwa mekanisme bayar Spinjam sama dengan mekanisme bayar Spaylater hanyalah asumsi anda pribadi. Anda pun secara sadar BELUM JUGA menemukan penjelasan mengenai tanggal jatuh tempo Spinjam, MESKIPUN sudah "sekilas" membaca syarat dan ketentuan yang menurut anda tidak transparan. Lalu, kenapa anda masih nekat pinjam?

  • Pak anda ngaku nya pake SPayLater itu dari tahun 2019. Saya baru pake SpayLater awal tahun 2020. Baru gunain SPinjam awal tahun 2021. Yang saya tau dan alami selama ini, kalo ingin masa tagihannya jadi 1 bulan, itu harus pesan/pake SPayLater/Spinjam itu diatas tanggal 25 pak. Yaitu 26 dst.. Kalo masih tgl 25 dan 25 kebawah, itu ditagihnya 10 hari kemudian/maksudnya masih masuk tagihan bulan yang sama. dari dulu saya pake gak ada pernah perubahan pak. SpayLater dan SPinjam sama waktu tagihannya. Harusnya bapak yang juga sudah lama pake, mengerti akan hal ini. Dan saya nilai dan pahami dari kasus bapak, bahwa ini murni keteledoran bapak yang salah mengira waktu reset tagihan baru. Bukan tanggal 25 pak, tapi tanggal 26. Dan di shopee sudah tertera harusnya kapan bapak bayar. Kecuali bapak baru pertama kali pake aplikasi Shopee, baru saya bisa memahami, tapi kata bapak sudah dari tahun 2019 dan dari penjelasan anda, anda tau dan sadar kalau ada waktu reset masuk ke tagihan baru, yang berarti anda pernah membaca persyaratan di shopee. Tapi sayangnya anda salah mengira waktu resetnya. Yah kalo dalam hal ini, ini murni kesalahan anda sendiri pak. Entah anda lupa pas itu atau bagaimana, tp bagaimanapun disini saya nilai anda yang salah.

  • Iya emang begitu peraturan y.. Klo bapak minjam tgl 25 mei otomatis tagihan y masuk ke tgl 5 juni.. Kecuali klo bapak minjem tgl 26 tagihan y yah tgl 5 juli.. sama klo spaylater pun begitu misal y bapak nerima barang tgl 24 mei bapak harus bayar paling lambat tgl 5 juni.. Tapi klo nerima barang tgl 26 mei bayar 5 juli.. Saya rasa pemberitahuan d shopee sudah cukup jelas bahkan sangat jelas.. D syarat dan ketentuan y..

  • Sama nih, yg pertama kali pinjam emang bener sesuai jadi bulan depannya bayar. Nah pas kedua pinjam ditanggal 25 eh ditagihnya bulan ini jg harus bayar, untungnya minjemnya gak gede2 bgt jadi masih sanggup ?? jadi nantu kalo mau pinjem di atas tgl 25 aja atau awal bulan. Eh tapi saya udah gak mau pake lagi spinjam sih, alhamdulillah udah tercukupi. Niatnya mau ditutup tp gak bisa kata cs-nya jadi diabaikan aja ??‍♀️?

  • Mudah mudahan @OJK Memperketat aturan pinjol ,serem liat bungan nya ,jangan sampai deh nyemplung ,sekali nyemplung umumnya kebawa arus dan sedikit yg selamat ,apalagi mereka berlindung dibawah aplikasi ternama , aman dari lacakan ojk wkwkwk ,oiya apalagi kamuflase mereka pintar ,bunga sih kelihatan kecil ,mereka sikat anda di biaya layanan dan jasa lainnya ,pinjam 2 juta cair 1.7 ,total bayaran bisa 2.9-3,2 juta ,cova deh di itung baik2 jatuhnya bisa 80-120%