Surat Pembaca

Uang Tabungan di Rekening BRI Hilang, Belum Ada Kejelasan dan Penyelesaian Sampai Sekarang

Saya nasabah BRI Semarang dengan nomor rekening 303601002******. Pada tanggal 05 Juni 2021, saldo tabungan saya raib dari rekening sejumlah Rp5.450.000. Saya mengetahuinya ketika cetak rekening koran.

Menurut teller, saya telah melakukan transaksi via ATM sejumlah tsb di atas. Padahal saya tidak melakukan transaksi apapun sejumlah tsb di atas via ATM. Kemudian oleh teller saya disarankan lapor ke call center BRI 14017.

Saya telah lapor dan dijanjikan penyelesaian dalam 20 hari kerja. Namun sampai saya menuliskan kejadian ini di Media Konsumen, saya belum mendapatkan penyelesaian apa-apa. Saya telah bolak-balik telepon call center dan datang ke kantor BRI unit terdekat, hanya mendapat jawaban: “Ditunggu ya bu..”, “Sepertinya ini top up Shopee, OVO atau lainnya”, “Kalau Ibu ngeklik link aja berarti ibu sudah menyetujui dan tidak ada penggantian dari BRI“, dan jawaban lainnya dari call center dan teller BRI.

Pertanyaan saya, jika transaksi via ATM bagaimana mungkin? Padahal kartu ATM ada di dompet saya. Jika top up transaksi online pasti ada nama penggunanya juga kan? Jika klik link yang saya tidak paham, apa itu kemudian saya dianggap setuju? Bagaimana mungkin saya menyetujui uang saya dikeruk orang lain yang saya tidak tahu gimana caranya dia mengeruk? Apakah ada kemungkinan orang dalam BRI yang melakukan karena bisa membaca data ATM saya sebagai nasabah BRI?

Mungkin buat BRI dan seluruh jajarannya, uang sejumlah tsb di atas hanya jumlah yang kecil, tapi buat saya, nasabah sederhana, uang tsb nilainya sangat besar. Saya berharap penyelesaian segera dari BRI, supaya kasus-kasus seperti saya tidak terjadi kepada nasabah yang lain.

Saya berharap BRI bisa menemukan hacker dan berharap pengembalian uang tabungan saya. Selanjutnya agar BRI dapat lebih meningkatkan keamanan data nasabah supaya tidak gampang diretas hacker. Terima kasih atas kerjasamanya.

Rahel Nita Damaiyanti Nadeak
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Buset dah, ternyata banyak juga tikusnya di Bank label BUMN.
    Dan pernyataan terakhir CS adalah normal / sukses / resmi.
    Enak banget ya congor berucap kek gitu si CS, padahal sistem keamanannya bobrok.
    Saran gw, buat yg di label bank BUMN. Mending transaksi manual di ATM biar cape ngantri tapi minim resiko pencurian, jgn pake SMS banking, Internet Banking, Mbanking pokok,a yg model online. Datang kecabang terdekat, minta off semua layanan online perbankannya meskipun cuma terima notice / laporan transaksi keuangan. minta cuma manual ATM aja yg bisa transaksi.